Berita

8 Contoh Jurnal MOOC PPPK 2023, Download Word dan PDF

Stefhanno Rukmana

Jurnal MOOC PPPK 2023
Ilustrasi Jurnal MOOC PPPK, Source: Youtube P3K BANGKOM ASN LAN RI

Iberian-Partners.com – Jika kalian adalah salah satu dari calon ASN PPPK 2023 pasti pernah mendengar tentang jurnal MOOC PPPK. Jurnal MOOC PPPK menjadi salah satu syarat yang harus kalian penuhi untuk menyelesaikan program pembelajaran.

MOOC adalah singkatan dari Massive Open Online Course, yaitu sebuah platform pembelajaran online yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Di dalamnya terdapat jurnal MOOC dirancang khusus untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan kalian sebagai PPPK.

Namun, apa sebenarnya jurnal MOOC PPPK itu? Apa saja contoh-contoh jurnal MOOC PPPK yang bisa kalian jadikan referensi? Simak pembahasan lengkapnya berikut!

Apa itu Jurnal MOOC PPPK?

Apa itu Jurnal MOOC PPPK
Source: bkpsdm.serangkab.go.id

Jurnal MOOC PPPK adalah sebuah dokumen yang berisi rangkuman dan refleksi kalian tentang materi pembelajaran yang ada di platform MOOC PPPK. Platform ini menyediakan berbagai modul dan video pembelajaran yang terbagi menjadi tiga agenda utama, yaitu:

  • Agenda 1: Sikap Perilaku Bela Negara
  • Agenda 2: Nilai-nilai Dasar ASN Ber-AKHLAK
  • Agenda 3: Kedudukan serta Peran ASN dalam NKRI

Setiap agenda memiliki beberapa subtema yang harus kalian pelajari dan pahami dengan baik. Setelah kalian menyelesaikan setiap subtema, kalian harus membuat jurnal yang merangkum poin-poin penting yang kalian dapatkan dari materi tersebut. Selain itu, kalian juga harus merefleksikan bagaimana kalian dapat menerapkan materi tersebut dalam pekerjaan kalian sebagai PPPK.

Jurnal MOOC PPPK ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan kesiapan kalian dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai PPPK. Jurnal ini juga dapat menjadi bahan evaluasi dan feedback dari tim MOOC PPPK untuk meningkatkan kualitas program pembelajaran online ini.

Tujuan dan Manfaat Jurnal MOOC PPPK

Jurnal MOOC PPPK 2023 memiliki beberapa tujuan dan manfaat, baik bagi peserta maupun bagi tim MOOC PPPK. Berikut adalah beberapa tujuan dan manfaat jurnal MOOC PPPK 2023:

Tujuan bagi peserta

  • Untuk menguji pemahaman peserta tentang materi pembelajaran yang ada di platform MOOC PPPK.
  • Untuk melatih keterampilan menulis dan berpikir kritis peserta tentang materi pembelajaran yang ada di platform MOOC PPPK.
  • Untuk pengembangan sikap serta perilaku bela negara, nilai-nilai dasar dari ASN ber-AKHLAK, kedudukan serta peran dari ASN dalam NKRI.
  • Untuk mempersiapkan peserta dalam menghadapi seleksi kompetensi bidang dan tahap-tahap selanjutnya sebagai calon ASN PPPK.

Manfaat bagi peserta

  • Dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan peserta sebagai calon ASN PPPK.
  • Dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri peserta sebagai calon ASN PPPK.
  • Dapat menjadi bahan belajar dan referensi peserta untuk mengulang dan memperdalam materi pembelajaran yang ada di platform MOOC PPPK.
  • Dapat menjadi bukti dan portofolio peserta sebagai calon ASN PPPK.

Tujuan bagi tim MOOC PPPK

  • Untuk memantau dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran peserta di platform MOOC PPPK.
  • Untuk memberikan feedback dan saran kepada peserta untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di platform MOOC PPPK.
  • Untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dan kendala yang dihadapi peserta dalam mengikuti program MOOC PPPK.
  • Untuk mengembangkan dan menyempurnakan program MOOC PPPK berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari jurnal peserta.

Manfaat bagi tim MOOC PPPK

  • Dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas program MOOC PPPK sebagai sarana pembelajaran online bagi calon ASN PPPK.
  • Dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi program MOOC PPPK sebagai program yang profesional dan berkualitas.
  • Dapat meningkatkan kerjasama dan komunikasi antara tim MOOC PPPK dengan peserta dan stakeholder lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Jurnal MOOC PPPK?

Cara Membuat Jurnal MOOC PPPK
Source: swajar-pppkpintar.lan.go.id

Untuk membuat jurnal MOOC PPPK 2023, kalian harus mengikuti format dan pedoman yang telah ditetapkan oleh tim MOOC PPPK. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

  • Login ke platform MOOC PPPK melalui situs swajar-pppkpintar.lan.go.id dengan menggunakan username dan password yang telah kalian dapatkan saat registrasi.
  • Pilih agenda dan subtema yang ingin kalian pelajari. kalian bisa memulai dari agenda 1, 2, atau 3 sesuai dengan urutan yang disarankan oleh tim MOOC PPPK.
  • Pelajari materi yang tersedia dalam bentuk modul dan video pembelajaran. kalian bisa mengunduh modul dalam format PDF dan menonton video secara streaming atau offline.
  • Setelah kalian selesai mempelajari materi, klik tombol “Buat Jurnal” yang ada di bawah setiap subtema. kalian akan diarahkan ke halaman pengisian jurnal yang terdiri dari dua bagian, yaitu rangkuman dan refleksi.
  • Isi bagian rangkuman dengan menuliskan poin-poin penting yang kalian dapatkan dari materi pembelajaran. kalian bisa menggunakan kalimat sendiri atau mengutip dari modul atau video. Jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya dengan menggunakan tanda kutip dan nomor halaman atau menit. Contohnya:

“Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.” (Modul Agenda 1, hal. 3)

  • Isi bagian refleksi dengan menuliskan pendapat, pengalaman, atau rencana kalian terkait dengan materi pembelajaran. kalian bisa menggunakan kalimat tanya, pernyataan, atau saran untuk merefleksikan materi tersebut. Contohnya:

Bagaimana saya bisa menunjukkan sikap dan perilaku bela negara dalam pekerjaan saya sebagai PPPK? Saya berpikir bahwa saya harus selalu menjunjung tinggi integritas, profesionalisme, dan dedikasi dalam melayani masyarakat. Saya juga harus berkontribusi dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan kesatuan bangsa dengan tidak terlibat dalam hal-hal yang dapat merugikan negara.

  • Setelah kalian selesai mengisi jurnal, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan jurnal kalian. kalian bisa melihat jurnal yang telah kalian buat dengan klik tombol “Lihat Jurnal” yang ada di bawah setiap subtema. kalian juga bisa mengedit jurnal kalian dengan klik tombol “Edit Jurnal” jika kalian ingin melakukan perbaikan atau penambahan.
  • Ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap subtema yang ada di setiap agenda. Pastikan kalian membuat jurnal untuk semua subtema sebelum deadline yang telah ditentukan oleh tim MOOC PPPK.

Contoh Jurnal MOOC PPPK 2023

Jika kalian masih bingung atau kesulitan dalam membuat jurnal MOOC PPPK 2023, kalian bisa melihat beberapa contoh jurnal MOOC PPPK 2023 yang telah dibuat oleh peserta lain sebagai syarat kelulusan. Berikut adalah beberapa contoh jurnal MOOC PPPK 2023 yang bisa kalian jadikan referensi:

1. Contoh Jurnal MOOC PPPK

2. Jurnal MOOC PPPK PDF

3. Download Jurnal MOOC PPPK Pdf

https://www.scribd.com/document/653504437/Jurnal-Mooc-Ayu-Astuti

4. Resume Jurnal MOOC PPPK Agenda 1 2 3

5. Jurnal MOOC Pdf

https://www.scribd.com/document/675178928/Jurnal-Mooc-Pppk-Nakes-2023-Rian-Rimenda

6. Download Contoh Jurnal MOOC PPPK Pdf

7. Resume MOOC PPPK Word

8. Contoh Jurnal MOOC PPPK Word

MOOC PPPK 2023 adalah platform pembelajaran penting bagi calon PPPK, memberikan mereka pembekalan esensial dalam berbagai aspek penting yang berkaitan dengan peran dan tanggung jawab ASN. Jurnal yang disusun merupakan refleksi dari pembelajaran yang diperoleh dan menjadi bagian penting dari proses seleksi PPPK.


Editor: Nanang | Penulis: Stefhanno

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Stefhanno Rukmana

Stefhanno Rukmana, lulusan S1 Universitas Diponegoro, telah menulis tentang berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 8 tahun. Dengan pengalaman luas, Stefhanno menawarkan analisis mendalam dan wawasan unik, membantu pembaca mengatasi tantangan pasar kerja dan meraih kesuksesan karir.

Baca Juga