Berita

Cook Helper Adalah, Tugas, Skill, Syarat, Gaji dan Lowongan

Anang Cahyono

Cook Helper Adalah
Ilustrasi Cook Helper, Source: discovertourism.ca

Iberian-Partners.com – Sebagaimana diketahui, cook helper adalah profesi yang mempunyai tugas cukup kompleks di sebuah dapur. Dikatakan bahwa profesi tersebut menjadi sebuah karir pembuka bagi seseorang ketika ingin menjadi profesional chef atau koki.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tugas utama seorang cook helper adalah membantu juru masak utama dalam mempersiapkan menu makanan. Biasanya profesi ini seringkali ditemukan di industri food and beverage serta menjadi bagian dari kitchen crew.

Terdapat beberapa hal menarik untuk dibahas terkait cook helper, contohnya adalah seperti jenjang karir, gaji dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa mereka biasanya tidak berinteraksi secara langsung dengan konsumen, melainkan bekerja di balik layar.

Maka dari itu, apabila di antara kalian tertarik untuk melamar kerja dengan profesi tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai cook helper adalah apa, dilengkapi tugas, gaji hingga info loker terbarunya.

Cook Helper Adalah

Pengertian Cook Helper
Source: onlinedegree.com

Sebelum mencari tahu apa saja tugas hingga tanggung jawabnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian ataupun definisi cook helper. Secara sederhananya, cook helper adalah seseorang yang akan membantu para juru masak atau koki di dapur dalam menjalankan berbagai macam aktivitasnya.

Cook helper atau juga sering disebut sebagai cook assistant (asisten koki) harus memahami bagaimana kecepatan masak para chef, jenis perlengkapan peralatan memasak hingga jenis-jenis bahan makanan maupun minuman. Mereka membantu juru masak untuk memastikan operasional di dapur berjalan lancar.

Namun, perlu diingat bahwa seorang asisten koki tidak boleh memasak suatu hidangan secara utuh. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kemampuannya belum sepadan dengan para chef dalam membuat suatu hidangan, terlebih lagi jika berada di hotel ataupun restoran berkelas.

Meskipun demikian, bukan tidak mungkin seorang asisten juru masak dapat menjadi koki profesional. Nantinya cook helper bisa mengikuti kelas memasak atau jika memang kultur kerja di hotel maupun restoran tersebut bagus, mereka bisa belajar memasak dari pada chef ketika sedang mempunyai waktu luang.

Tugas Cook Helper

Tugas Cook Helper
Source: ik-nouveau.com

Setelah memahami cook helper adalah apa, maka selanjutnya tinggal mencari tahu apa saja tugas-tugas beserta tanggung jawabnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, seorang asisten koki bertugas untuk membantu segala aktivitas dapur seperti mempersiapkan, mengemas, merapikan, membersihkan hingga menyimpan kembali bahan makanan.

Sebuah restoran harus bisa memberikan pelayanan secara maksimal agar membuat para tamu merasa puas serta senang. Daripada penasaran, di bawah ini adalah sejumlah tugas beserta tanggung jawab seorang cook helper di dalam suatu hotel maupun restoran berkelas.

1. Mempersiapkan Peralatan Memasak

Cook helper adalah seseorang yang wajib memahami semua nama peralatan memasak beserta fungsinya. Pasalnya, mereka nantinya akan bertugas membantu para juru masak dalam mempersiapkan peralatan memasak di dapur.

2. Mempersiapkan Bahan Makanan

Tugas selanjutnya adalah mempersiapkan bahan makanan beserta bumbu yang akan diolah oleh juru masak menjadi hidangan siap saji. Adapun beberapa tugas-tugas tersebut di antaranya adalah seperti mencuci bahan, mengiris, mencincang daging, menimbang jumlah kebutuhan bahan, mengupas bahan hingga membuat adonan bumbu.

3. Memastikan Stok Bahan Makanan Terjaga

Selain mempersiapkan bahan makanan, cook helper juga bertanggung jawab memastikan stok bahan makanan terjaga. Mereka harus mempunyai daftar bahan makanan yang masih segar, mana yang harus segera diganti hingga memantau persediaan ataupun stok bahan makanan.

4. Membersihkan Peralatan Masak

Seperti diketahui, sebuah dapur mempunyai peralatan memasak secara terbatas. Apabila sudah digunakan lalu kotor, tentunya harus segera dicuci agar dapat digunakan kembali dalam keadaan bersih. Selain peralatan masak, asisten koki juga bertanggung jawab terhadap kebersihan dapur sebagai tempat mereka bekerja.

5. Membantu Chef Memasak Makanan

Tugas penting berikutnya adalah membantu chef memasak makanan, namun tidak sepenuhnya untuk suatu hidangan. Tugas ini biasanya akan dilakukan ketika koki harus mengerjakan beberapa hidangan dalam satu waktu sehingga membutuhkan bantuan untuk memantau masakan supaya tidak gosong.

6. Menghadiri Briefing Chef

Tugas cook helper terakhir adalah menghadiri briefing chef. Guna kelancaran proses produksi di dalam departemen dapur, seorang atasan biasanya akan mengadakan sebuah briefing. Dalam kegiatan tersebut, semua karyawan di dapur wajib menghadirinya, termasuk asisten koki.

Skill Wajib Cook Helper

Skill Wajib Cook Helper
Source: thefoodiecrawl.com

Selain harus mengetahui cook helper adalah apa hingga daftar tugas beserta tanggung jawabnya, selanjutnya kalian juga harus memahami apa saja skill wajib dimilikinya. Skill dalam hal ini diartikan sebagai berbagai macam keterampilan maupun keahlian yang harus dimiliki oleh seorang asisten koki.

Tujuannya yaitu agar nantinya mereka bisa menjalankan tugas hingga tanggung jawabnya sesuai dengan keinginan serta kebutuhan departemen dapur. Agar lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah skill wajib dimiliki oleh seorang cook helper di dalam sebuah hotel maupun restoran berkelas.

1. Portion Control

Secara sederhananya, portion control adalah sebuah kemampuan untuk mengukur serta mempersiapkan makanan secara akurat. Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan tugas cook assistant dalam menyiapkan bahan-bahan makanan untuk kebutuhan memasak.

2. Food Handling

Sesuai namanya, food handling berkaitan dengan keterampilan seseorang dalam mengelola bahan makanan di dapur. Skill tersebut juga nantinya mencakup kemampuan untuk mematuhi semua aturan penanganan makanan secara benar serta peraturan yang sesuai untuk pembersihan dapur hingga area kerja.

3. Food Preparation

Skill wajib berikutnya adalah berkaitan dengan mempersiapkan bahan makanan. Dimana keahlian ini tidak hanya mencakup memotong-motong bahan makanan saja, namun juga membumbui ataupun memasak beberapa hidangan. Di dalam melaksanakan tugasnya, cook assistant harus bisa membaca resep sehingga bisa memahami kebutuhan bahan hingga bagaimana cara persiapannya.

4. Sanitasi Dapur & Makanan

Keahlian wajib berikutnya harus dimiliki oleh seorang cook helper adalah kemampuan menjaga kebersihan dapur beserta makanan. Adapun beberapa keterampilan tersebut nantinya mencakup sejumlah hal seperti mencuci piring, peralatan masak, meja dapur dan lain sebagainya.

5. Manajemen Inventaris

Beberapa kasus mengharuskan seorang kitchen helper melakukan manajemen inventaris. Dalam hal ini, mereka harus bisa memantau bahan-bahan hingga perlengkapan dapur, termasuk berapa sisa setiap barangnya. Selain itu, mereka juga perlu mengetahui dimana semua barang disimpan sehingga memudahkan chef dalam menemukannya.

6. Soft Skill

Selain harus menguasai berbagai macam kemampuan teknis, seorang asisten koki juga harus menguasai berbagai macam soft skill. Hal ini dikarenakan tugas mereka mencakup banyak sekali jenis pekerjaan, mulai dari membersihkan hingga memasak. Di bawah ini adalah daftar soft skill wajib dikuasai oleh cook helper.

  • Ketelitian.
  • Manajemen waktu.
  • Komunikasi.
  • Kerjasama tim.
  • Ketahanan fisik.

Syarat Menjadi Cook Helper

Syarat Menjadi Cook Helper
Source: sotwe.com/moonshyner

Ketika hendak mengetahui cook helper adalah apa, tentunya kalian juga harus memahami bagaimana kualifikasi maupun kriteria seseorang untuk menjalani profesi tersebut. Dengan kata lain, terdapat beberapa syarat dan ketentuan khusus yang perlu dipenuhi ketika ingin menjadi asisten koki.

Pada saat merekrut seorang cook assistant, sebuah restoran maupun hotel tentunya memberikan kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh calon kandidat. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa kriteria maupun kualifikasi khusus menjadi cook helper.

  • Pria atau wanita berusia 18 sampai 35 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat.
  • Mempunyai keterampilan di bidang tata boga (diutamakan).
  • Memiliki pengalaman pekerjaan di bidang serupa minimal 1 tahun (diutamakan).
  • Mengerti serta memahami teknik cold & hot preparation.
  • Mampu berkomunikasi secara baik serta lancar.
  • Mempunyai disiplin serta tanggung jawab tinggi.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Mampu menggunakan peralatan dapur secara baik.
  • Mempunyai loyalitas tinggi.
  • Mampu berdiri dalam waktu lama.

Jenjang Karir Cook Helper

Jenjang Karir Cook Helper
Source: venawasir.id

Salah satu alasan kenapa banyak orang ingin menjadi seorang cook helper adalah jenjang karir jelas di masa mendatang. Perlu diingat, jangan mendefinisikan asisstant cook secara sempit sebagai seorang yang hanya bisa bekerja di sebuah restoran maupun hotel saja.

Seperti halnya peran chef, cook helper juga mempunyai peluang kerja tergolong cukup luas. Nantinya seorang asisten juru masak dapat bekerja di sebuah restoran, hotel, rumah sakit hingga sebuah yayasan. Semua tempat yang membutuhkan juru masak pasti akan memerlukan asisten pula.

Dikatakan di atas bahwa menjadi asisten koki merupakan jenjang awal bagi seseorang ketika ingin menjalani profesi sebagai chef profesional. Nah, ketika seseorang mempunyai kemampuan memasak, mampu menata dapur hingga mempunyai kreativitas membuat menu makanan, mereka juga bisa membuka usaha tempat makan sendiri.

Selain itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh jenjang karir seorang cook helper di industri food & beverage.

  • Commis.
  • Demi Chef atau Chef de Partie.
  • Sous Chef.
  • Head Chef atau Executive Chef.

Gaji Cook Helper

Gaji Cook Helper
Source: shutterstock.com

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai cook helper adalah apa disertai tugas, tanggung jawab, skill wajib dimiliki, jenjang karir hingga kualifikasinya. Nah, selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besaran gaji seseorang yang menjalani profesi tersebut di sebuah restoran maupun hotel.

Pada umumnya, seorang cook helper akan mendapatkan gaji maupun upah terendah pada hotel bintang 2 berkisar mulai dari Rp 2.000.000 sampai Rp 2.500.000 per bulannya. Sementara pada hotel bintang 3, mereka berkesempatan mendapatkan gaji di antara Rp 4.000.000Rp 5.500.000 per bulan.

Pada intinya, besaran gaji seorang cook assistant akan bergantung pada tempat mereka bekerja. Selain itu, pengalaman hingga keterampilan juga nantinya bisa memengaruhi pertimbangan seorang atasan dalam memberikan gaji kepada para karyawannya, termasuk untuk asisten chef.

Selain mendapatkan gaji ataupun upah pokok bulanan, mereka juga berhak mendapatkan beberapa bonus hingga tunjangan intensif kerja sebagai penghasilan tambahan. Adapun beberapa contoh jenis tunjangan tersebut di antaranya yaitu seperti tunjangan kesehatan, uang makan, transportasi dan lain sebagainya.

Info Loker Cook Helper

Info Loker Cook Helper
Source: tribuneindia.com

Mengingat gaji seorang cook helper tergolong cukup besar, maka tak heran apabila banyak orang tertarik untuk menjalani profesi tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, peluang karir seorang asisten koki saat ini tergolong cukup luas, mulai dari hotel, restoran, rumah sakit dan masih banyak lainnya.

Nah, apabila di antara kalian tertarik untuk melamar kerja menjadi cook helper, ada baiknya cari tahu informasi lowongan kerja terbarunya melalui halaman ini. Akan tetapi, kami ingatkan sekali lagi bahwa setiap perusahaan biasanya mempunyai kriteria atau kualifikasi tertentu yang harus dipenuhi oleh calon kandidat.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar cook helper adalah apa dilengkapi tugas, tanggung jawab, skill wajib dimiliki, kualifikasi, jenjang karir hingga gaji beserta info loker terbarunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin melamar kerja menjadi cook assistant.


Editor: Ari

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga