Berita

Credit Marketing Officer Adalah, Arti, Tugas, Gaji dan Kualifikasi

Fathur Kurniawan

Credit Marketing Officer Adalah
Ilustrasi Credit Marketing Officer, Source: vivahr.com

Iberian-Partners.com – Kini pekerjaan sebagai credit marketing officer adalah salah satu profesi impian banyak kalangan. Pasalnya kebanyakan fresh graduate di Indonesia memiliki preferensi kerja pada bidang keuangan khususnya perbankan.

Selain itu, tugas maupun tanggung jawab credit marketing officer adalah menjalin relasi dengan dealer, mencapai target penjualan hingga melaksanakan prosedur survey ataupun analisa kelayakan setiap konsumen.

Adapun kriteria utama menjadi credit marketing officer adalah latar belakang pendidikan, di mana para kandidat lulusan SMA/ SMK harus memiliki pengalaman. Sementara tingkatan Diploma (D3) cenderung memerlukan pada jurusan yang relevan saja.

Ingin berkarir sebagai credit marketing officer? Sebelum memutuskan keinginan tersebut, penting bagi kalian mengetahui arti, tugas, gaji serta kualifikasinya. Berikut adalah deskripsi lengkap mengenai profesi tersebut guna menjadi acuan.

Arti Credit Marketing Officer

Arti Credit Marketing Officer
Source: markey.id

Mungkin jika kalian pernah berurusan dengan instansi finance atau leasing tidak akan asing dengan CMO. Di mana credit marketing officer adalah salah satu pihak yang bertugas memperkenalkan ke masyarakat atau membantu calon nasabah guna mendapatkan pembiayaan di bank maupun aplikasi pinjaman.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan jumlah pinjaman serta portofolio adalah tugas lain dari credit marketing officer. Dengan kata lain, profesi ini merupakan seorang pegawai di mana menjalankan tugas secara mandiri di lapangan.

Dalam praktiknya, credit marketing officer adalah pihak yang bekerja menghadapi nasabah secara langsung untuk sosialisasi kredit ke masyarakat, meninjau identitas klien serta melakukan evaluasi kelayakan mereka saat pengajuan pinjaman.

Dapat dikatakan jika CMO adalah salah satu posisi jabatan suatu lembaga keuangan atau perbankan pada divisi pemasaran. Banyak kalangan salah mengartikan bahwa pekerjaan ini layaknya surveyor, nyatanya hal tersebut tidak benar. Mengingat tugas keduanya cukup berbeda.

Peran dan Tugas Credit Marketing Officer

Peran dan Tugas Credit Marketing Officer
Source: voi.id

Meskipun tugas utama credit marketing officer adalah mengumpulkan data nasabah, namun job desk profesi tersebut masuk ke divisi marketing pada instansi finance. Hal demikian dikarenakan mereka bekerja di lapangan guna memberikan sosialisasi kredit atau pinjaman kepada klien serta membina relasi.

Secara ringkas, berikut adalah rincian peran seorang credit marketing officer bagi kalian peminat profesi ini:

  • Mencari nasabah.
  • Melaksanakan sosialisasi produk pendanaan ke masyarakat dengan tujuan menarik nasabah baru.
  • Membantu nasabah memproses kredit di aplikasi pinjaman maupun bank.
  • Menginformasikan terkait kelayakan calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman.
  • Menjalin hubungan baik antara nasabah maupun dealer.
  • Menganalisa pembiayaan tahap pertama serta mengevaluasi penerima fasilitas pinjaman.
  • Mencapai target penjualan berdasarkan ketentuan perusahaan.

Mengingat banyaknya tugas CMO, oleh sebab itu ketika melamar pekerjaan terkait pihak perusahaan akan menerapkan prosedur training serta memastikan kualifikasi kandidat sudah sesuai kriteria guna melaksanakan pekerjaan secara optimal kendati cukup berat.

1. Menganalisa Data

Tugas pertama seorang CMO adalah memastikan tahapan analisa data nasabah sudah diterapkan, lalu dilanjutkan dengan menyerahkan informasi kepada divisi Credit Analyst untuk memperoleh persetujuan pencairan dana pinjaman.

Maka dari itu, hitungan Debt Service Ratio (DSR) penting diketahui oleh CMO agar nantinya keputusan pihak Credit Analyst bisa diperkirakan secara tepat. Sehingga nasabah akan mendapatkan fasilitas pinjaman guna memenuhi kebutuhannya.

2. Melaksanakan Pemasaran

Selain itu, sebagai divisi marketing seorang CMO juga memiliki peran di antaranya adalah pemasaran produk guna meningkatkan omset perusahaan. Namun, sektor ini pada perusahaan finance seperti leasing atau perbankan mempunyai target guna menaikkan jumlah nasabah.

Makin banyak nasabah rekrutan divisi marketing, semakin besar insentif CMO. Kendati terlihat menjanjikan, namun harus diingat bahwa tanggung jawab profesi tersebut cukup kompleks karena penentuan kelayakan nasabah berada di tangannya.

3. Melaksanakan Survey

Sebelum pencairan dana pinjaman setelah nasabah mengajukan, perusahaan harus menerapkan prosedur survey di mana CMO sebagai pelaku diharuskan mengevaluasi kelayakan klien. Saat pelaksanaan, mereka diwajibkan menelaah keaslian data tempat tinggal, pekerjaan, penghasilan per bulan serta jumlah anggota keluarga.

Hal demikian bertujuan guna mengetahui situasi maupun kondisi kehidupan nasabah. Prosedur ini kerap disebut Screening tahap pertama di mana akan menghasilkan penolakan atau persetujuan pinjaman.

4. Memastikan Kelancaran Kredit Nasabah

Memastikan kelancaran kredit nasabah adalah tugas terberat CMO. Pasalnya, seseorang dengan posisi jabatan tersebut tidak dapat asal membawa klien tanpa mengetahui kualitas serta arus finansialnya.

Perusahaan lembaga keuangan atau perbankan umumnya menetapkan kebijakan terhadap CMO supaya mempertahankan kualitas serta performanya agar tidak merugikan instansi. Di mana First Installment Default menjadi indikator kinerja dari seorang credit marketing officer.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Nasabah

Ketika pengajuan nasabah disetujui credit analyst, CMO tetap wajib menjalin relasi baik terhadapnya. Sebab, tugasnya belum serta merta terselesaikan karena harus memantau kualitas kredit klien serta memastikannya mampu membayar First Installment Default (FID) sesuai ketetapan perusahaan.

Gaji Credit Marketing Officer

Gaji Credit Marketing Officer
Source: www.skilljar.com

Membahas perihal gaji credit marketing officer, umumnya diberlakukan berdasarkan kebijakan UMR masing-masing wilayah. Secara umum, rata-rata upah per bulan seorang CMO di perusahaan finance atau leasing di Jakarta adalah Rp5.020.709.

Sementara pada daerah lain gaji CMO mungkin saja lebih besar atau kecil sesuai kebijakan perusahaan maupun regulasi masing-masing daerah. Dengan adanya gambaran nominal di atas, tentu kalian dapat memperkirakan jumlahnya jika bekerja pada instansi BUMN karena terdapat tunjangan bagi para pegawai.

Kualifikasi Credit Marketing Officer

Kualifikasi Credit Marketing Officer
Source: www.gramedia.com

Setelah mengetahui arti, peran dan tugas serta besaran gaji CMO tentu kalian tertarik bukan? Terdapat beberapa syarat kualifikasi menjadi CMO untuk dipersiapkan, di mana persyaratan umumnya adalah mencakup usia, latar pendidikan hingga kriteria lain.

Berikut adalah kualifikasi lengkapnya:

  • Usia maksimal 27 tahun
  • Berpenampilan menarik
  • Latar belakang pendidikan D3 atau Sarjana semua jurusan minimum IPK 2,75
  • Mempunyai pengalaman paling minim satu tahun di perusahaan pendanaan.
  • Mempunyai pengetahuan perusahaan pendanaan retail.
  • Komunikatif, berintegritas ataupun berinisiatif baik.
  • Memiliki kemampuan baik dalam hal komunikasi dan negosiasi.
  • Berorientasi terhadap target.
  • Berorientasi terhadap kepuasan pelanggan.
  • Siap bekerja di bawah tekanan.
  • Mempunyai jiwa kepemimpinan.
  • Selalu bekerja keras serta bertanggung jawab.
  • Manajemen waktu dengan baik.
  • Mempunyai berat badan ideal.

Info Loker Credit Marketing Officer

Info Loker Credit Marketing Officer
Source: www.klikpendidikan.id

Apabila saat ini belum menemukan ketersediaan loker CMO di berbagai platform sosial media, surat kabar maupun brosur. Tak perlu khawatir, pasalnya kini tersedia laman Info Lowongan Kerja Credit Marketing Officer yang bisa kalian akses secara gratis.

Pada laman tersebut, tersedia info loker terbaru mengenai jabatan terkait. Adapun informasi tentang jenis pekerjaan lain seperti BUMN, CPNS, Fresh Graduate hingga Magang yang tim Iberian-Partners.com update setiap harinya. Maka dari itu, kami sarankan segera daftarkan diri selagi loker masih tersedia.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan profesi sebagai credit marketing officer adalah pekerjaan dengan tanggung jawab memastikan kualitas nasabah di mana akan mengajukan pinjaman ke perusahaan leasing atau perbankan yang mempekerjakannya.

Selain itu, tugas-tugas serta kualifikasi sebagai CMO juga telah tersedia pada pembahasan di atas. Sekian informasi dari Iberian-Partners.com. semoga bermanfaat serta memperluas wawasan terkait sebuah pekerjaan di lembaga leasing atau perbankan tersebut.


Editor: Ari 

Photo of author

Fathur Kurniawan

Fathur Kurniawan, alumni STMIK Amikom Purwokerto, telah menulis di Iberian-Partners.com selama 2 tahun, spesialisasi berita profesi dan pekerjaan. Dedikasinya mencerminkan dalam tulisan yang informatif dan inspiratif, membantu pembaca memahami dinamika pasar dan peluang karir terkini.

Baca Juga