Berita

Inventory Control Adalah, Tujuan, Tugas, Gaji dan Lowongan

Anang Cahyono

Inventory Control Adalah
Ilustrasi Inventory Control, Source: dsbanking.com

Iberian-Partners.com – Di dalam sebuah bisnis, inventory control adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab profesi ini akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis, terutama dalam hal penyimpanan serta persediaan barang.

Secara garis besarnya, inventory control atau dalam bahasa Indonesia adalah pengendalian inventaris adalah suatu proses pengelolaan dan pengawasan terhadap persediaan barang maupun produk. Salah satu tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa persediaan selalu tersedia dalam jumlah yang cukup.

Memang benar bahwa pengendalian persediaan produk oleh inventory control adalah sebuah aktivitas yang bersifat dinamis serta cukup rumit untuk dijalankan. Akan tetapi, tugas beserta tanggung jawab tersebut akan terbayarkan dengan gaji bulanan yang terbilang cukup besar.

Maka dari itu, apabila di antara kalian tertarik untuk menjalani pekerjaan tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai inventory control adalah apa disertai tugas, gaji hingga info loker terbarunya.

Inventory Control Adalah

Pengertian Inventory Control
Source: kitalulus.com

Sebelum mengetahui apa saja tugas beserta tanggung jawabnya, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian maupun definisinya. inventory control adalah sebuah cara untuk memaksimalkan inventaris yang ada di dalam suatu perusahaan ataupun organisasi bisnis lainnya.

Dimana maksud inventaris dalam hal ini dapat berupa barang jadi atau bahan baku produksi yang ditujukan guna memenuhi permintaan dari para konsumen. Secara garis besarnya, tujuan inventory control adalah untuk memperlancar proses produksi serta mengurangi tingkat risiko kekurangan persediaan barang.

Seperti sudah disinggung di awal, proses inventory control termasuk ke dalam hal sulit untuk dilakukan karena harus dilakukan secara seimbang. Selain itu, sistem manajemen persediaan barang juga tentunya akan sangat berhubungan dengan pengeluaran suatu perusahaan.

Apabila stok barang di perusahaan terlampau besar, maka biaya beban yang harus dikeluarkan guna menjaga stok juga semakin meningkat. Begitu pun sebaliknya, apabila persediaannya terlalu kecil, maka hal tersebut dapat memperlambat proses pengiriman barang pelanggan.

Pada intinya, inventory control adalah proses pengendalian stok barang atau pengelolaan persediaan barang dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan barang, mengurangi risiko pengeluaran biaya tinggi untuk pengelolaan hingga memuaskan pelanggan.

Tugas Inventory Control

Tugas Inventory Control
Source: financesonline.com

Selain harus mengetahui inventory control adalah apa, kalian juga sebenarnya harus memahami apa saja tugas-tugas beserta tanggung jawabnya. Pada umumnya, pelaksanaan pengendalian inventaris biasanya berada di bawah tanggung jawab supervisor dan staff yang diberi job desk oleh perusahaan.

Dimana supervisor bertugas untuk merencanakan, mengawasi serta mengevaluasi ketersediaan barang. Sementara staff nantinya akan menjalankan proses manajemen stok barang tersebut. Maka dari itu, keduanya akan menjalankan tugas penting guna memastikan adanya ketersediaan barang.

Di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi bisnis lainnya, profesi ini harus mampu menjalankan beberapa tugas serta tanggung jawab. Nah, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang inventory control di dalam sebuah perusahaan.

1. Tracking Inventory

Tugas utama inventory control adalah melakukan tracking inventory dengan cara memantau atau melacak produk-produk tersedia. Nantinya mereka juga sekaligus harus mengetahui dimana lokasi penyimpanan produk di dalam sebuah gudang. Hal tersebut menjadikan tracking inventoy harus dilakukan secara real time.

2. Menentukan Persediaan Produk

Tugas selanjutnya adalah menentukan persediaan produk. Dimana pengecekan hingga perekapan data stok barang tersedia maupun harus dikeluarkan merupakan tugas dari staff pengendalian inventaris. Setelah melakukan rekap data, mereka bertugas untuk melaporkannya kepada supervisor.

3. Set Reorder Point

Seluruh barang atau produk tersedia di gudang harus di data secara berkala oleh inventory control. Tujuannya adalah untuk menjamin ketersediaan stok barang supaya tetap bisa mencukupi kebutuhan serta permintaan para konsumen.

4. Audit Rutin

Kemudian tugas berikutnya adalah melakukan audit atau pengecekan jumlah beserta ketersediaan barang secara rutin. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kekurangan maupun kelebihan stok di luar perkiraan.

Hal ini sejalan dengan tugas staff dalam menghitung serta memperkirakan tingkat ketersediaan barang di suatu perusahaan. Biasanya peran ini sangat dibutuhkan pada perusahaan minimarket seperti Alfamart, Indomaret dan lain sebagainya.

5. Menyusun Laporan Ketersediaan Barang

Menyusun dan merekap laporan data penjualan juga termasuk ke dalam tugas seorang staff pengendalian inventaris. Nantinya laporan tersebut berisikan data jumlah persediaan, masuk dan keluarnya barang, pemasok, data kerusakan barang, perputaran stok barang dan lain sebagainya.

6. Melakukan Koordinasi dengan Pemasok

Tanggung jawab inventory control terakhir adalah melakukan koordinasi dengan pemasok untuk memproses barang sesuai kebutuhan perusahaan. Hal tersebut penting dilakukan, sebab menjalin hubungan baik dengan pemasok mampu menjaga stabilitas serta kinerja perusahaan.

Skill Wajib Inventory Control

Skill Wajib Inventory Control
Source: claris.com

Setelah mengetahui inventory control adalah apa hingga apa saja tugas-tugas beserta tanggung jawabnya, maka selanjutnya kalian juga harus memahami apa saja skill wajib dimilikinya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah skill wajib dimiliki oleh staff pengendalian inventaris.

1. Analisis Forecasting

Skill wajib pertama seorang staff pengendalian inventaris adalah kemampuan dalam analisis forecasting. Mereka harus mampu merencanakan jenis dan jumlah produk yang akan diproduksi oleh perusahaan selama periode waktu tertentu dengan mempertimbangkan tingkat persediaan produk di lokasi pelanggan.

2. Problem Solving

Sebagai seorang staff pengendalian inventaris, tentunya mereka harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah dengan baik. Jadi, mereka harus mampu memprediksi konsekuensi dari setiap potensi masalah ataupun isu lalu menemukan cara untuk menyelesaikannya.

3. Mengoperasikan Sistem Informasi

Skill wajib dimiliki terakhir adalah kemampuan dalam mengoperasikan sistem informasi. Hadirnya perkembangan teknologi secara pesat akan membuat perusahaan semakin sulit menjalankan bisnis jika memang masih menggunakan proses manual.

Hal tersebut membuat staff pengendalian inventaris tidak akan mampu berjalan optimal apabila sistem yang menghubungkan antar departemen tidak terintegrasi. Maka dari itu, mereka harus mempunyai keterampilan dalam mengoperasikan sistem informasi secara umum.

Cara Kerja Inventory Control

Cara Kerja Inventory Control
Source: faspay.co.id

Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui inventory control adalah apa hingga apa saja tugas dan tanggung jawabnya, namun kalian belum memahami bagaimana cara kerjanya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, profesi ini membantu perusahaan dalam mengelola persediaan stok barang.

Di dalam pengertian lain, inventory control adalah sistem untuk mengelola tingkat inventaris perusahaan untuk memastikan bahwa jumlah optimal setiap produk selalu tetap terjaga. Adapun sistem ataupun cara kerja staff pengendalian inventaris akan mencakup beberapa kegiatan, di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mengintegrasikan pemindai barcode.
  • Menghitung inventaris secara lengkap.
  • Melacak inventaris fisik dengan pesanan penjualan serta pembelian.
  • Mencatat detail produk, lokasi hingga asalnya.
  • Menyusun laporan inventaris serta penyesuaian.

Manfaat Inventory Control

Manfaat Inventory Control
Source: runsystem.id

Di dalam suatu perusahaan maupun organisasi bisnis lainnya, inventory control berperan penting terhadap proses pengendalian stok persediaan barang. Tentunya kontrol inventaris yang baik bisa membantu sebuah perusahaan dalam menghemat waktu, sumber daya serta pengeluaran biaya produksi.

Melalui tugas beserta tanggung jawabnya, perusahaan dapat memperoleh keuntungan penjualan secara signifikan. Selain itu, terdapat juga beberapa keuntungan ataupun manfaat lainnya ketika perusahaan mempunyai karyawan dengan posisi staff pengendalian inventaris, di antaranya yaitu seperti berikut.

  • Sebagai alat kontrol kualitas stok.
  • Mengontrol organisasi dengan lebih baik.
  • Memastikan laporan akuntansi tercatat secara akurat.
  • Pelaporan secara real time.
  • Pengambilan keputusan tepat.
  • Membantu menghilangkan write-off.

Gaji Inventory Control

Gaji Inventory Control
Source: forbes.com

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai inventory control adalah apa disertai dengan tugas, tanggung jawab hingga sistem ataupun cara kerjanya. Apabila dilihat dari prinsip kerjanya, seorang staff pengendalian inventaris dapat dikatakan mempunyai beban tanggung jawab cukup berat.

Mereka juga nantinya dituntut melakukan pekerjaan menggunakan kemampuan berpikir serta mengontrol data suatu perusahaan. Pada intinya, posisi ataupun jabatan ini memegang peranan penting guna membantu menunjang tujuan perusahaan supaya berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, sudah semestinya bahwa gaji inventory control diberikan dengan layak, sebanding dengan tugas beserta tanggung jawabnya. Berbicara mengenai gaji, posisi penting di perusahaan tersebut mempunyai penghasilan bulanan rata-rata sekitar Rp 6.000.000 hingga Rp 7.000.000.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa pemberian gaji staff tersebut juga akan bergantung pada peningkatan pendapatan perusahaan serta jam kerjanya. Jadi, mereka berkesempatan mendapatkan gaji lebih besar apabila rajin mengambil lembur. Selain itu, jika memenuhi target perusahaan, mereka juga berkesempatan mendapatkan bonus tambahan.

Info Loker Inventory Control

Info Loker Inventory Control
Source: libertystaffing.ca

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa inventory control adalah sebuah pekerjaan dengan tugas serta tanggung jawab cukup berat. Meskipun begitu, gaji yang ditawarkan pada profesi tersebut juga sebenarnya tergolong sebanding dengan perannya di suatu perusahaan.

Nah, jika kalian tertarik melamar pekerjaan menjadi seorang staff inventory control, sebaiknya cari tahu info loker terbarunya melalui halaman ini. Perlu diingat, ketika ingin mendaftarkan diri di perusahaan untuk mengisi posisi atau jabatan tersebut, sebaiknya penuhi semua syarat beserta ketentuan berlakunya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar inventory control adalah apa dilengkapi dengan tugas, tanggung jawab, gaji bulanan hingga info loker terbarunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin mendaftarkan diri menjadi staf pengendalian inventaris di suatu perusahaan.


Editor: Aziz

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga