Berita

Maintenance Alfamart Adalah, Pengertian, Tugas, Gaji dan Loker

Dwiki Lutfianto

Maintenance Alfamart Adalah, Pengertian, Tugas, Gaji dan Loker
Ilustrasi: Maintenance Alfamart Adalah, Pengertian, Tugas, Gaji dan Loker, source: Facebook Valenzuela City

Iberian-Partners.com – Sebagai salah satu Perusahaan Retail terkemuka di Indonesia, Alfamart memberi kesempatan banyak orang untuk mengisi berbagai posisi pekerjaan, salah satunya adalah Maintenance Support. Pekerjaan ini bisa dimiliki oleh siapa saja, bahkan lulusan SMA/SMK sekalipun, asal sudah memenuhi kualifikasi.

Setiap Branch Alfamart di seluruh Indonesia pastinya mempunyai karyawan di bagian Maintenance. Karyawan ini nantinya mempunyai beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan.

Contoh tugas Maintenance Alfamart adalah memperbaiki masalah Kelistrikan maupun sistem yang terjadi di gerai Alfamart. Dengan begitu, profesi ini tidak bisa diberikan pada orang-orang yang sama sekali tidak mengetahui pemahaman soal Kelistrikan.

Sementara itu, untuk urusan Gaji atau upah petugas Maintenance Support di Alfamart nantinya dibedakan dengan Crew Store, Kasir dan beberapa bagian lainnya. Berikut telah kami siapkan penjelasan soal pengertian, tugas hingga Gaji karyawan Maintenance di Alfamart.

Maintenance Alfamart Adalah

Maintenance Alfamart Adalah
source: disnaker.slemankab.go.id

PT Sumber Alfaria Trijaya menjadi salah satu lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Perusahaan ini merupakan induk dari usaha Retail Alfamart dan Alfamidi yang sekarang sudah tersebar di seluruh pelosok Negeri.

Masing-masing Branch Alfamart maupun Alfamidi membutuhkan karyawan untuk mengisi jabatan sebagai Kasir, Crew Store, Helper hingga Maintenance Support. Nah, khusus untuk jabatan atau posisi Maintenance, biasanya setiap Maintenance Staff bakal ditugaskan di beberapa Branch atau Store Alfamart.

Mungkin banyak dari kamu yang masih kurang paham atau bahkan baru mendengar ada pekerjaan sebagai Maintenance di Alfamart. Oleh karena itu, disini kami bakal menjelaskan secara lengkap pengertian dari profesi tersebut.

Secara umum, petugas Maintenance adalah orang yang ditugaskan oleh Perusahaan untuk menangani permasalahan sistem, peralatan dan lain sebagainya. Setiap Perusahaan mempunyai ketentuan tersendiri mengenai tugas dan tanggung jawab untuk para Maintenance.

Untuk Maintenance Support / Branch Maintenance Support / Maintenance Staff di Alfamart adalah jabatan atau posisi pekerjaan di Alfamart yang bertugas melakukan pemeriksaan, pemeliharaan hingga perbaikan sistem Kelistrikan di gerai maupun Kantor Alfamart.

Selain itu, para Maintenance Staff juga akan menerima tugas untuk melakukan perbaikan dan perawatan terkait peralatan maupun infrastruktur yang ada di Toko maupun di Kantor. Dalam arti lain, Maintenance Staff di Alfamart adalah karyawan atau Staff Perbaikan yang ditugaskan menangani segala permasalahan terkait sistem Kelistrikan, peralatan dan lain sebagainya.

Dalam mempekerjakan Staff Perbaikan, pihak Alfamart maupun Alfamidi juga menerapkan sistem kontrak. Artinya, setiap beberapa bulan sekali mungkin Store akan membuka lowongan kerja baru untuk mengisi bagian Maintenance.

Tugas Maintenance Support

Tugas Maintenance Support
source: bee.id

Setelah mengetahui pengertian dari Maintenance Staff atau Staff Perbaikan di Alfamart, sekarang kamu juga perlu tahu apa saja tugas dan tanggung jawab yang dibebankan pada karyawan Alfamart di bagian tersebut.

Jadi, selain tugas utama yang kami sebutkan di atas, nantinya masing-masing Staff Perbaikan di Alfamart juga akan menerima tugas, diantaranya adalah:

1. Cek Rutin Peralatan di Branch Alfamart

Setiap Staff Perbaikan nantinya harus melakukan pengecekkan secara rutin di beberapa Branch Alfamart sekitar, mulai dari peralatan yang digunakan di masing-masing Store hingga Kelistrikan, contohnya adalah cek kondisi komputer Kasir, mesin Absensi hingga jalur Kelistrikan di gerai tersebut.

2. Melakukan Penanganan

Apabila dari hasil pengecekkan ditemukan adanya masalah, maka Maintenance akan bertanggung jawab melakukan perbaikan atau penanganan agar tidak menimbulkan masalah baru.

3. Menganalisa Kebutuhan Biaya

Ketika melakukan penanganan terhadap suatu masalah, kadang perlu membeli beberapa Part atau komponen yang dibutuhkan, seperti Kabel, Keyboard PC dan lain sebagainya. Nantinya para Staff Perbaikan diminta menganalisa biaya yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan tersebut.

4. Melakukan Perawatan Rutin

Setelah selesai melakukan perbaikan, nantinya petugas juga perlu melakukan perawatan secara rutin agar masalah sebelumnya tidak terjadi lagi. Perawatan ini nantinya meliputi semua peralatan kerja sekaligus Kelistrikan di masing-masing Branch Alfamart atau Alfamidi.

5. Melaporkan Hasil Kerja

Terakhir, Staff Perbaikan di Alfamart juga wajib menyampaikan laporan hasil kerja, dimana isi dari laporan tersebut adalah:

  • Jadwal kunjungan pengecekkan rutin dalam 1 bulan
  • Jenis masalah yang terjadi
  • Pengeluaran untuk belanja kebutuhan perbaikan
  • Jadwal kunjungan perawatan rutin
  • Kondisi peralatan / Kelistrikan setelah mengalami perbaikan (apakah ada muncul masalah baru atau tidak)

Selanjutnya laporan tersebut di kirim ke Kepala Cabang atau Branch Alfamart untuk dimasukkan ke dalam laporan Perusahaan.

Gaji Maintenance Staff

Gaji Maintenance Staff
source: Twitter @alfamart

Kemudian untuk urusan Gaji, tidak sedikit orang yang membandingkan Gaji Alfamart dan Gaji Indomaret di semua jabatan, termasuk jabatan sebagai Maintenance. Ya, keduanya adalah Perusahaan Retail dengan persaingan cukup ketat.

Lantas, berapa Gaji yang disediakan Alfamart untuk membayar Staff Perbaikan atau Maintenance Staff nya? Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, setiap bulan nya seorang Maintenance Staff akan menerima Gaji sebesar Rp. 1.500.000Rp. 2.500.000 menyesuaikan UMK di wilayah tempatnya bekerja.

Sedangkan Indomaret juga menerapkan ketentuan sama dalam menggaji Teknisi Maintenance, yaitu berdasarkan UMK. Tapi, khusus untuk Maintenance Staff di gerai Alfamart akan memperoleh beberapa Tunjangan, diantaranya adalah:

1. Tunjangan Intensif

Setiap Staff Perbaikan bakal menerima Tunjangan Intensif apabila bisa menjaga riwayat kehadiran tepat waktu (tidak terlambat) selama periode 1 bulan kerja.

2. Uang Makan

Uang Makan juga bakal diterima oleh masing-masing Staff Perbaikan setiap kali melakukan kunjungan ke Branch Alfamart.

3. Uang Transport

Selain Uang Makan, ada juga Uang Transport dari pihak Alfamart. Hanya saja kami kurang paham mengenai waktu pemberian nya, apakah di akumulasi kan dalam Gaji bulanan atau diberikan setiap kali ada kunjungan.

4. Tunjangan BPJS Ketenagakerjaan

Kemudian, Staff Perbaikan atau Maintenance Staff juga bakal didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya. Dengan begitu, apabila terjadi kecelakaan kerja, Sakit maupun kondisi lain yang mengakibatkan petugas harus menerima perawatan medis, maka seluruh biaya akan di cover BPJS Ketenagakerjaan.

5. Bonus

Terakhir, beberapa gerai Alfamart juga menawarkan Bonus bagi para Maintenance Staff yang berhasil melakukan pekerjaan nya dengan baik. Besaran Bonus ini bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Loker Maintenance Alfamart

Loker Maintenance Alfamart
source: disnaker.slemankab.go.id

Setelah menyimak informasi lengkap terkait pengertian, tugas, tanggung jawab hingga besaran Gaji Maintenance Alfamart, pastinya banyak dari kamu yang ingin melamar kerja di posisi tersebut.

Jika begitu, Alfamart menerapkan kualifikasi atau persyaratan wajib yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:

  • Pria
  • Usia maksimal 28 tahun
  • Pendidian SMK/SMA/Sederajat (diutamakan SMK Jurusan Kelistrikan)
  • Memiliki kendaraan pribadi
  • Memiliki SIM C
  • Bersedia bekerja secara Mobile

Selain itu, ada beberapa berkas juga yang umum dalam melamar kerja, contohnya adalah SKCK, Surat Keterangan Sehat, Pas Foto dan lain sebagainya. Sedangkan untuk informasi lowongan pekerjaan di Alfamart sebagai Maintenance kamu bisa cek di halaman ini.

Kesimpulan

Maintenance Alfamart memiliki nama lain seperti Maintenance Staff serta Branch Maintenance Support. Ketika bekerja di posisi ini, tugas kamu adalah melakukan pemeriksaan peralatan maupun infrastruktur di Alfamart hingga melakukan penanganan terhadap masalah yang terjadi.

Gaji dari Alfamart untuk para Staff Perbaikan antara 1,5 sampai 2,5 jutaan. Ketentuan UMK atau UMP adalah acuan pihak Alfamart dalam menerapkan Gaji Maintenance Support. Jadi, Staff Perbaikan di setiap Branch Alfamart mungkin berbeda-beda.


Editor: Ari

Photo of author

Dwiki Lutfianto

Dwiki Lutfianto, lulusan S1 STMIK Amikom Purwokerto, telah mengabdikan diri sebagai penulis berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Keahliannya merangkum perubahan pasar kerja memberikan perspektif berharga bagi pembaca yang ingin mengikuti tren industri terkini.

Baca Juga