Berita

Syarat Kerja di Pertambangan Untuk Wanita Semua Lulusan

Aziz Cahyono

Syarat Kerja di Pertambangan Untuk Wanita Semua Lulusan
Ilustrasi Pekerja Tambang Wanita, Source Image: indonesiana.id

Iberian-Partners.com – Sebagai wanita karir yang berminat melamar pekerjaan di perusahaan pertambangan tentu perlu ketahui apa saja syarat masuk kerja. Baik persyaratan kerja pertambangan mulai dari lulusan SMA, SMK atau sederajat, tinggi badan dan beberapa syarat lainnya.

Persyaratan kerja di pertambangan untuk wanita tentu diberlakukan di berbagai posisi jabatan tersedia. Namun apa saja syarat kerja di pertambangan untuk wanita? Apakah wanita lulusan SMA/SMK bisa kerja di tambang?

Ada beberapa pekerjaan di pertambangan yang dapat di Apply oleh wanita. Misalnya posisi kerja wanita di pertambangan sebagai Staff, admin, Engineer dan beberapa posisi jabatan strategis lainnya.

Nah pada artikel kali ini, kami akan menyajikan rangkuman lengkap terkait apa saja syarat kerja di pertambangan untuk wanita. Namun sebelum ketahui persyaratan kerja, silahkan simak terlebih dahulu pembahasan mengenai pekerjaan pertambangan untuk wanita berikut ini.

Pekerjaan Pertambangan Untuk Wanita

Pekerjaan Pertambangan Untuk Wanita
Source: agincourtresources.com

Walaupun pekerja tambang wanita mungkin masih belum banyak terdengar, namun kenyataannya bahwa cukup tersedia banyak posisi jabatan kerja wanita pada suatu perusahaan pertambangan. Baik untuk perusahaan pertambangan mineral, Batubara, Batu-batuan, Underground Mining dan beberapa jenis perusahaan tambang lainnya.

Namun perlu diketahui bahwa, setiap posisi pekerjaan pertambangan untuk wanita tersebut perlu memenuhi kualifikasi atau persyaratan tertentu. Agar lebih mudah ketahui apa saja posisi kerja pertambangan untuk wanita, berikut sudah kami sajikan rangkuman lengkapnya:

Staff Admin

Posisi kerja pertambangan untuk wanita pertama yaitu ada dibagian Staff Admin. Staff admin tambang menjadi salah satu posisi jabatan kerja penting dengan tanggung jawab mengurus segala hal yang berkaitan dengan administratif dalam operasional pertambangan.

Engineer

Posisi kerja pertambangan untuk wanita kedua yakni ada Mining Engineer. Dalam hal ini pekerja wanita akan mendapat tugas dan tanggung jawab dalam ikut serta membuat desain, perencanaan aktivitas dan monitor proses produksi penambangan.

Operator Produksi

Posisi kerja pertambangan untuk wanita ketiga yakni sebagai operator produksi. Dimana walaupun dikenal sebagai posisi pekerjaan yang membutuhkan fisik atau tenaga kuat, namun tidak jarang beberapa perusahaan juga mempekerjakan wanita sebagai operator produksi.

Ahli Teknik Energi

Posisi kerja pertambangan untuk wanita keempat yakni ada Ahli Teknik Energi. Pada pekerjaan pertambangan ini, wanita dituntut untuk mampu merancang, mengembangkan serta mengevaluasi proyek energi tersebut dengan tujuan efisiensi biaya maupun efisiensi dari energi itu sendiri.

Ahli Tambang dan Geologi

Posisi kerja pertambangan untuk wanita selanjutnya yaitu ada Ahli Tambang dan Geologi. Pada pekerjaan pertambangan ini, wanita diharapkan mampu melakukan survei terhadap situs penambangan potensial agar bisa dilakukan identifikasi karakteristik tanah.

Sehingga hasil identifikasi tersebut dapat digunakan untuk penentuan proses, peralatan maupun SOP kerja. Posisi kerja pertambangan untuk wanita ini tentu membutuhkan kualifikasi atau syarat tertentu.

Surveyor Lapangan

Pekerjaan pertambangan untuk wanita selanjutnya yaitu ada Surveyor Lapangan. Pekerja wanita akan mendapatkan tugas serta tanggung jawab dalam melakukan pengawasan maupun evaluasi terhadap pekerjaan yang sedang berlangsung. Selain itu Surveyor Lapangan juga wajib memastikan proyek berjalan sesuai prosedur telah ditetapkan.

Teknisi Laboratorium

Pekerjaan pertambangan untuk wanita selanjutnya yakni ada Teknisi Laboratorium. Pada posisi kerja pertambangan ini, wanita diharapkan melakukan proses penelitian untuk memastikan kelayakan bahan sebelum di proses penambangan. Selain itu, setelah bahan di proses juga perlu dilakukan penelitian lagi oleh Teknisi Laboratorium.

Analis Quality Control

Pekerjaan pertambangan untuk wanita selanjutnya yakni ada Analis Quality Control. Wanita yang bekerja sebagai QC di perusahaan pertambangan wajib memiliki ilmu analisis tinggi serta akurat. Sehingga tidak sembarangan wanita yang dapat mengisi posisi kerja pertambangan ini, namun perlu kualifikasi dan syarat tertentu.

Spesialis K3

Pekerjaan pertambangan untuk wanita selanjutnya yaitu ada Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Para pekerja wanita di jabatan kerja pertambangan ini wajib memastikan prosedur K3 telah dilaksanakan sesuai standar. Misalnya mengenai kondisi lapangan, lokasi kerja, peralatan maupun dari pekerja pertambangan itu sendiri.

Petroleum Accountant

Pekerjaan pertambangan untuk wanita selanjutnya yaitu ada Petroleum Accountant. Dimana para pekerja pertambangan wanita ini diharapkan mampu mencatat dan menyusun strategi keuangan di perusahaan.

Nah setelah ketahui apa saja posisi jabatan pekerjaan pertambangan untuk wanita, sekarang apa saja syarat bekerja di pertambangan untuk wanita? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Syarat Kerja di Pertambangan Untuk Wanita

Syarat Kerja di Pertambangan Untuk Wanita
Source: facebook.com

Berbicara mengenai syarat kerja di perusahaan tambang untuk wanita sebenarnya tidak berbeda jauh dengan syarat kerja pada umumnya. Baik mengenai kualifikasi umum maupun syarat khusus melamar kerja di perusahaan pertambangan. Berikut adalah syarat kerja di perusahaan tambang untuk wanita:

Kualifikasi Umum

Terdapat beberapa kualifikasi umum bagi wanita yang akan melamar kerja di perusahaan pertambangan. Misalnya kualifikasi umur, tinggi badan, pendidikan dan lainnya. Berikut adalah kualifikasi umum kerja pertambangan untuk wanita:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Wanita dengan usia maksimal 25 sampai dengan 26 tahun (tidak semua perusahaan pertambangan memberlakukan syarat usia yang sama, bisa saja lebih rendah maupun lebih tinggi).
  • Wanita dengan tinggi badan minimal 160 cm (tidak semua perusahaan pertambangan memberlakukan syarat tinggi dan berat badan yang sama, bisa saja memberlakukan syarat tinggi badan minimal 150 cm).
  • Pendidikan minimal SMA, SMK atau sederajat (untuk posisi kerja operator), sedangkan untuk jabatan strategis lainnya minimal pendidikan D3, S1, hingga S2.
  • Tidak memiliki tato.
  • Memiliki kesehatan jasmani dan rohani.
  • Jika Fresh Graduate, maka perlu menjalani masa training minimal 3 – 6 bulan.
  • Diutamakan yang memiliki pengalaman di dunia pertambangan.
  • Memiliki kecakapan dalam komunikasi.
  • Bersedia mampu menyelesaikan tugas kerja individu maupun tim.
  • Bersedia kerja di bawah tekanan.

Persyaratan Khusus

Selain memenuhi beberapa kualifikasi umum di atas, calon pelamar kerja pertambangan untuk wanita juga perlu memenuhi beberapa persyaratan khusus berikut ini:

  • Menyiapkan surat lamaran kerja.
  • Melampirkan Curriculum Vitae (CV).
  • Melampirkan dokumen berupa:
    • Ijazah terakhir
    • Transkrip nilai
    • Sertifikat pelatihan
    • Sertifikat prestasi dan lain sebagainya
  • Memenuhi syarat khusus lainnya sesuai ketentuan perusahaan pertambangan.

Skill Dibutuhkan Pekerja Tambang Wanita

Skill Dibutuhkan Pekerja Tambang Wanita
Source: ilmutambang.com

Nah guna mempersiapkan diri kerja di perusahaan pertambangan, ada beberapa informasi mengenai skill yang dibutuhkan bagi calon pelamar wanita. Berikut adalah Skill atau keahlian dibutuhkan pekerja pertambangan wanita:

  • Para wanita diharapkan memiliki tingkat kedisiplinan tinggi.
  • Para wanita diharapkan memiliki kemampuan berbahasa asing, mulai dari Bahasa Inggris, Mandarin dan lainnya.
  • Para wanita diharapkan memiliki fisik dan mental yang kuat.
  • Para wanita diharapkan memiliki profesionalitas yang tinggi.

Selain beberapa skill di atas, tentunya masih banyak lagi keahlian dibutuhkan lainnya sesuai dengan jabatan atau tugas kerja di pertambangan. Sehingga sebelum melamar kerja, alangkah baiknya sesuaikan dengan kualifikasi, syarat maupun keahlian khusus kerja di pertambangan tersebut.

Setelah memenuhi syarat dan memiliki beberapa skill di atas, kalian bisa dapatkan info loker pertambangan disini. Silahkan masukkan nama PT pertambangan sesuai dengan minat maupun sesuai lokasi penempatan kerja.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa syarat kerja di pertambangan untuk wanita diantaranya meliputi level pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat, D3, S1 maupun S2. Selain itu, syarat kerja pertambangan lainnya yaitu seperti tinggi badan minimal 150 – 160 cm dengan usia maksimal 25 sampai 26 tahun.

Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua perusahaan pertambangan memberlakukan syarat kerja yang sama. Sehingga bisa saja perusahaan tambang memberlakukan syarat untuk pekerja wanita lebih rendah maupun lebih tinggi sekalipun.


Editor: Ari

Photo of author

Aziz Cahyono

Aziz Cahyono, lulusan S1 ITB, telah mengukir karir menulisnya selama 6 tahun di Iberian-Partners.com. Fokus pada topik berita profesi dan pekerjaan, Aziz dikenal atas analisis tajam dan gaya penulisannya yang menginspirasi. Karyanya membantu banyak profesional memahami dinamika pasar kerja.

Baca Juga