Gaji

Gaji Cleaning Service Apartemen, Tunjangan, Info Loker 2024

Anang Cahyono

Gaji Cleaning Service Apartemen
Ilustrasi Cleaning Service Apartemen, Source: maidforyounh.com

Iberian-Partners.com – Cleaning service menjadi salah satu jenis profesi yang banyak dijumpai pada industri properti, termasuk apartemen. Mengingat tugas dan tanggung jawab cleaning service apartemen cukup kompleks, maka tak heran jika gaji bulanannya tergolong menggiurkan.

Selain mendapatkan gaji bulanan, cleaning service apartemen juga berhak mendapatkan bonus tambahan dalam bentuk tunjangan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa cleaning service mempunyai sejumlah perbedaan dengan housekeeping, terutama dari segi tanggung jawabnya.

Secara garis besarnya, gaji cleaning service apartemen nantinya akan bergantung pada lokasi daerah hingga perusahaan tempat mereka bekerja. Selain itu, kemampuan hingga pengalaman seorang cleaning service juga nantinya akan mempengaruhi besaran gaji bulanannya.

Nah, apabila di antara kalian berminat untuk menjadi seorang cleaning service di apartemen, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu rata-rata gajinya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai gaji cleaning service apartemen disertai info loker terbarunya.

Apa Itu Cleaning Service?

Apa Itu Cleaning Service
Source: cleansweepofamerica.com

Sebelum pembahasan poin utama mengenai gaji cleaning service apartemen lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian ataupun definisinya. Cleaning service merupakan jasa yang memberikan pelayanan kebersihan bagi perkantoran, apartemen, mall, hotel hingga berbagai macam area umum lainnya.

Biasanya, cleaning service yang terdapat di perkotaan disediakan oleh seorang agen, perusahaan maupun yayasan yang memang khusus dalam menaungi para petugas cleaning service. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya setiap cleaning service diwajibkan untuk mengikuti pendidikan serta pelatihan terlebih dahulu.

Tugas Cleaning Service Apartemen

Tugas Cleaning Service Apartemen
Source: rappler.com

Seperti sudah disinggung di awal, besaran gaji cleaning service apartemen akan sebanding dengan tugas hingga tanggung jawabnya. Dimana seorang yang bekerja sebagai cleaning service akan mempunyai beberapa tugas kompleks di dalam dunia ataupun industri properti, termasuk apartemen.

Pada intinya, cleaning service mempunyai beberapa tugas utama yang harus dilaksanakan secara rutin dalam rangka menyediakan layanan kebersihan suatu apartemen. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah tugas pokok cleaning service apartemen di bawah ini.

1. Pemeliharaan Apartemen Bagian Dalam

Tugas seorang cleaning service pertama yaitu membersihkan beragam peralatan yang terdapat di area dalam apartemen. Adapun beberapa peralatan tersebut di antaranya yaitu seperti lift, dinding, tangga, jendela, lampu, hiasan serta ornamen gedung, jendela, meja, kursi, pintu, plafon dan lain sebagainya.

2. Pemeliharaan Apartemen Bagian Luar

Kemudian tugas cleaning service selanjutnya yaitu membersihkan serta merapikan area di luar apartemen. Dimana sejumlah komponen di area luar apartemen tersebut di antaranya yaitu seperti kebersihan kaca dan jendela bagian luar, membuang sampah, menyapu bagian luar, membersihkan area parkir dan masih banyak lainnya.

3. Pemeliharaan Lantai Apartemen

Nantinya cleaning service apartemen juga akan bertugas dalam membersihkan serta melakukan pemeliharaan lantai bagian dalam maupun luar gedung pada saat area masih sepi. Petugas cleaning service akan melakukan tugas ini menggunakan cairan serta alat khusus untuk membersihkan lantai.

4. Pemeliharaan Toilet

Kebersihan toilet menjadi komponen terpenting pada sebuah apartemen. Hal ini dikarenakan toilet tersebut menjadi ruangan paling sering digunakan oleh para pengunjung apartemen. Petugas cleaning service harus membersihkan toilet secara rutin untuk menjaga kebersihannya.

5. Perawatan Taman

Meskipun tidak semua, namun rata-rata apartemen di kota-kota besar mempunyai halaman ataupun taman. Nah, tentunya kebersihan serta perawatan taman menjadi tugas seorang cleaning service apartemen, seperti menyiram tanaman, membersihkan hingga menanam tanaman baru di area taman.

Skill Wajib Cleaning Service Apartemen

Skill Wajib Cleaning Service Apartemen
Source: bankersfactoring.com

Untuk menjalankan beberapa tugas dan tanggung jawab di atas, tentunya seorang cleaning service apartemen wajib mempunyai sejumlah skill ataupun kemampuan. Selain itu, kemampuan hingga keterampilan tersebut juga nantinya akan menjadi bekal seseorang ketika ingin melamar kerja menjadi cleaning service.

Jadi, nantinya terdapat standar kompetensi khusus bagi seseorang ketika ingin menjalankan profesi sebagai seorang cleaning service apartemen. Adapun beberapa skill maupun kemampuan wajib dimiliki oleh seorang cleaning service apartemen tersebut di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Ketelitian.
  • Ketekunan.
  • Kerja keras.
  • Kemampuan berkomunikasi dengan baik.
  • Kemampuan bekerja dalam tim.
  • Kemampuan bekerja di bawah tekanan.

Gaji Cleaning Service Apartemen

Rincian Gaji Cleaning Service Apartemen
Source: ask.com

Seperti sudah disinggung sebelumnya, besaran gaji cleaning service apartemen dapat berbeda di sejumlah wilayah di Indonesia. Selain itu, gaji cleaning service juga nantinya akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor mulai dari kemampuan, pengalaman kerja hingga jenis apartemen tempat mereka bekerja.

Secara garis besarnya, biasanya gaji cleaning service apartemen akan mendekati UMR ataupun UMK di daerah tempat mereka bekerja. Melansir dari berbagai informasi portal pencairan kerja, gaji cleaning service apartemen berada di kisaran Rp 2.000.000 hingga Rp 4.000.000 per bulannya.

Dimana gaji tersebut umumnya bisa didapatkan oleh seorang cleaning service ketika bekerja di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Bali dan lain sebagainya. Pada intinya, daerah ataupun wilayah kerja seorang cleaning service apartemen nantinya akan berpengaruh terhadap besaran gajinya.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa gaji seorang cleaning service bisa lebih besar dari kisaran tersebut. Dimana peningkatan gaji tersebut bisa didapatkan oleh seorang cleaning service apabila mereka mempunyai performa maupun kinerja baik selama bekerja di suatu perusahaan.

Tunjangan Cleaning Service Apartemen

Tunjangan Cleaning Service Apartemen
Source: acc.co.id

Selain akan mendapatkan gaji bulanan, seorang yang menjalani profesi sebagai cleaning service apartemen juga berkesempatan mendapatkan bonus tambahan. Jadi, nantinya pihak apartemen biasanya akan memberikan bonus tambahan berupa tunjangan kepada para pegawai maupun karyawannya.

Adapun beberapa contoh tunjangan yang bisa didapatkan oleh seorang cleaning service apartemen di antaranya yaitu seperti uang lembur, uang makan, uang transportasi dan lain sebagainya. Selain itu, beberapa perusahaan juga memberikan kebijakan tunjangan seperti THR hingga tunjangan kesehatan (BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan).

Menariknya, perusahaan di dalam dunia properti juga seringkali memberikan bonus kinerja kepada karyawan ketika mereka memberikan performa terbaiknya. Maka dari itu, kemampuan serta keterampilan terkait kebersihan menjadi hal wajib dimiliki oleh seorang cleaning service apartemen.

Syarat Kualifikasi Cleaning Service Apartemen

Syarat Kualifikasi Cleaning Service Apartemen
Source: housing.com

Setelah memahami gaji cleaning service apartemen di seluruh wilayah Indonesia, maka selanjutnya kalian juga harus memahami beberapa syarat kriteria maupun kualifikasi profesi tersebut. Agar lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah kualifikasi umum dibutuhkan untuk menjadi petugas cleaning service apartemen.

  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat.
  • Pria atau wanita berusia maksimal 30 tahun.
  • Mempunyai pengetahuan dasar seputar kebersihan.
  • Menguasai peralatan serta cara penggunaan alat-alat kebersihan.
  • Mempunyai SKCK.
  • Mampu bekerja di bawah tekanan.

Tips Menjadi Cleaning Service Apartemen

Tips Menjadi Cleaning Service Apartemen
Source: nevahomecleaning.com

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai gaji cleaning service apartemen di semua daerah disertai dengan bonus tunjangan per bulannya. Menjadi seorang cleaning service apartemen tentunya membuat kinerja akan tampak sangat cemerlang dihadapan atasan.

Tidak hanya itu, mempunyai kinerja baik di dalam suatu perusahaan juga mampu meningkatkan bonus tambahan. Oleh karena itu, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips ketika ingin menjadi seorang cleaning service apartemen yang baik.

  • Seorang cleaning service harus bisa menjaga kebersihan seluruh ruangan apartemen dengan baik.
  • Harus mempunyai sikap teliti.
  • Harus selalu menyuguhkan tampilan rapi pada ruangan apartemen.
  • Selalu berusaha memberikan sikap cekatan.
  • Miliki sifat rajin dalam menjalani profesi cleaning service apartemen.
  • Selalu merawat fasilitas apartemen dengan baik.
  • Miliki kepribadian yang baik sebagai seorang cleaning service apartemen.

Info Loker Cleaning Service Apartemen

Info Loker Cleaning Service Apartemen
Source: ask.com

Seperti sudah dijelaskan di atas, menjadi seorang cleaning service apartemen berpeluang memberikan gaji besar di setiap bulannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab pihak perusahaan biasanya juga akan memberikan bonus tambahan berupa tunjangan kepada para karyawan ataupun pegawainya.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian sudah memenuhi kualifikasi ataupun kriteria menjadi seorang cleaning service apartemen, maka tidak ada salahnya jika mencoba untuk melamar pekerjaan pada profesi tersebut. Apabila berminat, silahkan cari info loker cleaning service melalui halaman ini.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar rincian gaji cleaning service apartemen disertai dengan bonus tunjangan hingga info loker terbarunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mencari pekerjaan sebagai seorang cleaning service di sebuah apartemen.


Editor: Ari

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga