Gaji

Gaji Ketua KPU Kabupaten Bisa Sampai Rp 12 Juta, Belum Termasuk Tunjangannya

Rizal Tanjung Cemerlang

Gaji Ketua KPU Kabupaten
Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia, Source Image: Kpu.go.id

Iberian-Partners.com – Penyelenggaraan pesta demokrasi di Indonesia mungkin berjalan kurang optimal bila tidak ada peran KPU kabupaten di dalamnya. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja yang ditorehkan, maka gaji besar pun diberikan khususnya bagi ketua.

Biasanya gaji Ketua KPU Kabupaten memiliki porsi cukup besar karena memang tugas serta wewenang yang harus dipikul cukup berat. Apalagi jumlah surat suara di suatu wilayah nantinya sangat berdampak pada hasil kemenangan kontestan Pemilu.

Baru-baru ini beredar kabar jika ternyata gaji Ketua KPU Kabupaten ternyata bisa menembus hingga 2 (dua) digit angka. Tentunya hal tersebut semakin membuat masyarakat penasaran tentang rincian nominal yang sebenarnya.

Guna mengobati rasa penasaran masyarakat terhadap gaji Ketua KPU Kabupaten, maka Kami akan coba jabarkan rincian nominalnya secara lengkap. Oleh sebab itu, coba Anda cermati pembahasan mengenai Komisi Pemilihan Umum di bawah ini.

Sekilas Tentang KPU

Sekilas Tentang KPU
Source: cnnindonesia.com

KPU atau Komisi Pemilihan Umum merupakan sebuah lembaga penyelenggara kontestasi Pemilu bersakala Nasional. Adapun lembaga satu ini bersifat tetap serta mandiri sehingga terbebas dari campur tangan pihak manapun.

Selama menjalankan serangkaian kegiatan pemilihannya, KPU akan dibantu oleh satuan tugas atau panitia di tingkat Provinsi hingga Kabupaten. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar penyelenggaraan Pemilu bisa berjalan secara jujur dan adil di setiap wilayah.

Lantas, apakah masyarakat bisa tergabung sebagai anggota KPU? Menariknya, masyarakat bisa berpartisipasi serta menjadi anggota KPU khususnya di tingkat Kabupaten selama memenuhi syarat serta ketentuan berlaku.

Kemudian, bagaimana seorang ketua KPU di tingkat Kabupaten bisa ditunjuk? Berdasarkan UU No 7 Tahun 2017, Ketua KPU baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten akan ditunjuk dari dan oleh anggota yang sudah disahkan sebelumnya.

Meskipun memikul tanggung jawab besar, seorang anggota hingga ketua KPU juga akan menerima insentif yang nominalnya sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2016 tentang Kedudukan Keuangan Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum.

Tugas dan Wewenang Ketua KPU Kabupaten

Tugas dan Wewenang Ketua KPU Kabupaten
Source: liputan6.com

Sebelumnya sudah dijelaskan jika jabatan sebagai seorang Ketua KPU Kabupaten memang memiliki tanggung jawab besar terkait penyelenggaraan Pemilu. Hal tersebut bisa tercermin dari serangkaian tugas serta wewenang yang harus dijalankan kedepannya.

Supaya bisa dijadikan sebagai gambaran bersama, berikut merupakan tugas serta wewenang seorang Ketua KPU Kabupaten.

1. Tugas

Tugas seorang ketua KPU Kabupaten adalah memastikan serta terlibat dalam serangkaian kegiatan di bawah ini.

  • Penjabaran program serta pelaksanaan anggaran
  • Pelaksanaan semua tahapan penyelenggaraan di Kabupaten maupun Kota berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan
  • Pengkoordinasian serta pengendalian tahapan penyelenggaraan oleh PPK, PPS, dan KPPS sesuai wilayah kerjanya
  • Penyampaian daftar pemilih kepada KPU Provinsi
  • Pemutakhiran data pemilih berdasarkan laporan Pemilu terakhir dengan memperhatikan data kependudukan
  • Persiapan serta penyerahan data pemilih kepada pemerintah untuk kemudian disetujui sebagai daftar pemilih
  • Pelaksanaan serta pengumuman rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu
  • Pembuatan berita acara serta sertifikat perhitungan surat suara
  • Penyerahan berita acara serta sertifikat perhitungan surat suara kepada saksi Peserta Pemilu, Bawaslu Kabupaten hingga Provinsi
  • Penindaklanjutan temuan serta laporan dari Bawaslu Kabupaten
  • Sosialisasi penyelenggaraan Pemilu serta tugas Anggota KPU di tingkat Kabupaten kepada masyarakat
  • Evaluasi serta pembuatan laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu
  • Pelaksanaan tugas lain dari KPU, KPU Provinsi, maupun ketentuan perundang-undangan

Selain tugas, seorang Ketua KPU Kabupaten juga memiliki wewenang sebelum serta sesudah kontestasi Pemilihan Umum berlangsung.

2. Wewenang

Wewenang seorang ketua KPU Kabupaten adalah memastikan serta terlibat dalam pengambilan keputusan atas serangkaian kebijakan di bawah ini.

  • Penetapan jadwal pengambilan suara Kabupaten
  • Pembentukan PPK, PPS, hingga KPPS sesuai wilayah kerjanya
  • Penetapan hingga pengumuman rekapitulasi perhitungan suara Pemilu di tingkat Kabupaten dalam bentuk berita acara maupun sertifikat rekapitulasi suara
  • Penerbitan keputusan KPU Kabupaten guna mengesahkan hasil Pemilu, kemudian mengumumkannya
  • Menjatuhkan sanksi administratif atau penonaktifan sementara anggota PPK serta anggota PPS ketika terbukti melakukan tindakan yang berpotensi menganggu berjalannya proses pengambilan suara

Melalui serangkaian penjelasan tugas serta wewenang di atas, apakah Anda memiliki gambaran tentang sibuknya seorang Ketua KPU Kabupaten? Namun, rasanya segala lelah maupun letih tadi terbayarkan karena adanya fasilitas guna menunjang kinerja.

Gaji Ketua KPU Kabupaten Per Bulan

Gaji Ketua KPU Kabupaten Per Bulan
Source: borneonews.co.id

Tibalah saatnya membahas tentang hal yang cukup membuat banyak orang penasaran tentang informasi penting di balik penyelenggaraan Pemilu, yaitu gaji Ketua KPU Kabupaten. Apakah benar angka atau nominal insentifnya fantastis?

Meskipun nantinya nominal gaji ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten cukup besar, ternyata hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2016 tentang Kedudukan Keuangan Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Umum.

Adapun ketentuan gaji ketua KPU Kabupaten serta anggota berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 2016 bisa diketahui melalui tabel berikut.

StatusGaji Per Bulan
Ketua KPU PusatRp 43.110.000
Anggota KPU PusatRp 39.985.000
Ketua KPU ProvinsiRp 20.215.000
Anggota KPU ProvinsiRp 18.565.000
Ketua KPU KabupatenRp 12.823.000
Anggota KPU KabupatenRp 11.573.000

Berdasarkan tabel di atas, dapat diketahui jika ternyata gaji Ketua KPU Kabupaten berada ada di angka Rp 12.823.000 setiap bulannya. Sementara gaji Anggota KPU di tingkat Kabupaten berada di angka Rp 11.573.000 per Bulan.

Nominal gaji di atas tentunya cukup sepadan dengan tugas, wewenang, serta tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang ketua. Namun perlu dicatat apabila perubahan nominal gaji bisa saja berubah seiring dengan berubahnya peraturan itu sendiri.

Tunjangan Ketua KPU Kabupaten Per Bulan

Tunjangan Ketua KPU Kabupaten Per Bulan
Source: sleekr.co

Selain gaji, ternyata ketua KPU Kabupaten juga akan menerima beberapa tunjangan ketika berada di momen-momen tertentu. Adapun ketentuan mengenai besaran maksimal tunjangan ketua serta anggota KPU Kabupaten sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39 Tahun 2023.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39 Tahun 2023, besaran maksimal tunjangan bagi ketua maupun anggota KPU Kabupaten adalah Rp 8.987.000 berlaku pada Tunjangan Gaji Ketiga Belas serta Tunjangan Hari Raya.

Besaran tunjangan di atas akan diperoleh oleh seluruh Anggota hingga Ketua KPU Kabupaten. Oleh sebab itu pendaftaran anggota KPU terutama di tingkat Kabupaten sangat diminati oleh banyak pihak.

Fasilitas Ketua KPU Kabupaten

Fasilitas Ketua KPU Kabupaten
Source: facebook.com

Apresiasi terhadap kinerja Ketua KPU Kabupaten tidak hanya berhenti pada gaji maupun tunjangan saja. Pasalnya beberapa fasilitas juga akan disediakan selama masa jabatan di dalam lembaga KPU berjalan.

Lantas, apa saja fasilitas untuk Ketua KPU Kabupaten? Ketika menjabat sebagai seorang Ketua KPU Kabupaten, maka pihak terkait akan mendapatkan fasilitas negara berupa rumah dinas, kendaraan dinas, dan jaminan kesehatan.

Lalu, bagaimana dengan fasilitas anggota KPU Kabupaten? Secara umum, negara akan memberikan fasilitas Anggota KPU Kabupaten setara dengan Ketua, yaitu berupa rumah dinas, mobil dinas, hingga jaminan kesehatan.

Syarat Menjadi Ketua KPU Kabupaten

Syarat Menjadi Ketua KPU Kabupaten
Source: nasional.kompas.com

Sebelumnya sudah dijelaskan jika pemilihan ketua KPU baik di tingkat provinsi hingga kabupaten menggunakan sistem demokrasi. Itulah mengapa Anda harus lolos seleksi anggota terlebih dahulu sesuai syarat berlaku.

Adapun syarat menjadi ketua KPU Kabupaten antara lain.

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia terendah adalah genap 30 Tahun ketika mendaftar KPU Kabupaten
  • Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Cita-Cita Proklamasi 17 Agustus 1945
  • Memiliki integritas, merupakan pribadi kuat, jujur, hingga adil
  • Memiliki pengetahuan maupun kapasitas keilmuan terkait Pemilu yang dibuktikan dengan suatu karya tulis
  • Memiliki pengalaman sebagai penyelenggara Pemilu dibuktikan melalui Surat Keputusan Pengangkatan
  • Memiliki riwayat pendidikan minimal SMA Sederajat untuk Anggota KPU Kabupaten
  • Berdomisili di wilayah kabupaten bersangkutan
  • Sehat jasmani rohani berdasarkan pemeriksaan di beberapa fasilitas kesehatan atau Rumah Sakit
  • Tidak pernah tergabung dalam partai politik apapun dinyatakan melalui sebuah surat pernyataan
  • Tidak pernah dipidana berdasarkan putusan pengadilan
  • Tidak sedang menduduki jabatan politik. struktural, hingga fungsional di suatu negeri
  • Bersedia bekerja menggunakan sistem penuh waktu
  • Bersedia tidak menduduki jabatan di BUMN ataupun pemerintahan selama keanggotaan berlangsung

Setidaknya itulah beberapa syarat ketika hendak mendaftar menjadi calon Anggota KPU Kabupaten. Nantinya setelah terpilih, barulah Anda berhak mencalonkan diri menjadi kandidat Ketua KPU Kabupaten.

Kesimpulan

Setelah menyimak pembahasan gaji Ketua KPU Kabupaten di atas, ternyata angka maupun nominal yang diterima cukup fantastis. Namun di balik itu semua, terdapat sebuah tanggung jawab besar mengingat Pemilu harus diselenggarakan berasaskan Luber-Jurdil.

Masih banyak topik pembahasan menarik seputar gaji hingga loker di bidang pekerjaan lainnya. Oleh sebab itu, cek update terbaru dari Kami karena bisa jadi informasi tersebut merupakan salah satu jalan rezeki yang Anda cari selama ini.


Editor: Ari | Penulis: Rizal

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Rizal Tanjung Cemerlang

Rizal Tanjung, lulusan S1 Universitas Negeri Yogyakarta, telah mengukir jejak karir cemerlang sebagai penulis topik pekerjaan dan karir di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Keahlian dan dedikasinya dalam menelusuri serta menyajikan informasi terkini dan relevan terkait dunia kerja telah menjadikannya sumber referensi yang dihargai. Passion Rizal dalam menulis dan analisis yang tajam, memastikan pembaca mendapatkan perspektif berharga untuk mengembangkan karir mereka.

Baca Juga