Gaji

Gaji Mitra Statistik BPS 2024, Tugas dan Masa Kontrak Kerja

Firman Herdiansah

Gaji Mitra Statistik BPS, Tugas dan Masa Kontrak Kerja
Ilustrasi: Gaji Mitra Statistik BPS, Tugas dan Masa Kontrak Kerja. Source: kaltim.tribunnews.com

Iberian-Partners.com – Selain jadwal dan syarat rekrutmen Mitra Statistik BPS. Banyak orang juga mencari informasi berapa besaran gaji yang didapat oleh Mitra Statistik BPS.

Tentu saja menarik untuk dibahas terkait gaji dari Mitra Statistik BPS tersebut. Maka dari itu informasi gaji, tugas dan masa kontrak kerja Mitra Statistik akan kami bahas secara lengkap.

Ya, menjadi Mitra Badan Pusat Statistik (BPS) memang dianggap menjadi hal yang menguntungkan. Melihat gaji Mitra Statistik BPS tahun sebelumnya saja terbilang lumayan.

Untuk lebih jelas mengenai informasi gaji Mitra Badan Pusat Statistik (BPS) yang didapatkan, silahkan untuk simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Apa Itu Mitra Statistik BPS?

Apa Itu Mitra Statistik BPS
Source: rbtv.disway.id

Sebelum ke pembahasan utama mengenai berapa besaran gaji mitra statistik BPS, alangkah baiknya ketahui dahulu apa itu pengertian dari Mitra Statistik BPS.

Jadi Mitra Statistik BPS merupakan tenaga kontrak yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengumpulkan data atau menyebarkan kuesioner untuk survei.

Adapun untuk Mitra Statistik BPS terdiri dari Mitra Pendataan dan Mitra Pengolahan. Dari keduanya Mitra Statistik BPS tersebut miliki perbedaan dari tugas dan tanggung jawab.

Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri adalah salah satu Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden.

Sebelumnya memang BPS merupakan Biro Pusat Statistik yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

Mitra Statistik BPS juga bukan merupakan pegawai tetap seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bukan juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tugas Mitra Statistik BPS

Tugas Mitra Statistik BPS
Source: rbtv.disway.id

Lalu apa tugas dan tanggung jawab Mitra Statistik BPS? Seperti sudah disinggung sedikit di atas, jika terdapat Mitra Pengolahan dan Mitra Pendataan. Adapun untuk tugas dari Mitra Statistik BPS yakni:

1. Mitra Pendataan BPS

Untuk Mitra Pendataan BPS adalah mitra statistik yang memenuhi syarat dan memiliki tugas melakukan kegiatan pendataan lapangan dalam rangkaian kegiatan sensus / survei BPS.

Mitra Pendataan nantinya akan bertugas melakukan kegiatan pendataan lapangan seperti misalnya survei ke rumah tangga, pelaku usaha, KSA, ubinan, dan lain-lainnya.

2. Mitra Pengolahan BPS

Sedangkan Mitra Pengolahan BPS adalah mitra statistik yang memenuhi syarat dan diberikan tugas melakukan kegiatan pengolahan hasil pendataan lapangan dalam rangkaian kegiatan sensus / survei BPS.

Sama halnya dengan Mitra Pendataan BPS, Mitra Pengolahan BPS juga memiliki tugas dalam mengolah data survei yang berhasil didapatkan dari lapangan.

Melihat tugas Mitra Statistik BPS, tentu saja tidak hanya menuntut ketelitian saja melainkan juga butuh keahlian dalam komunikasi dan pemahaman mendalam tentang tujuan survei.

Segini Besaran Gaji Mitra Statistik BPS

Segini Besaran Gaji Mitra Statistik BPS
Source: dindanews.com

Setelah berhasil mengetahui apa itu Mitra Statistik BPS dan tugasnya. Selanjutnya mari ke pembahasan utama mengenai gaji didapatkan oleh Mitra Pengolahan BPS.

Terkait besaran gaji yang diterima oleh peserta yang dinyatakan lolos setelah berhasil mengikuti rekrutmen BPS hingga saat ini belum terdapat rincian resmi yang diberikan.

Namun melihat dari informasi gaji didapat oleh Mitra BPS pada tahun sebelumnya untuk Sensus Pertanian berkisar minimal di angka Rp 3 – 4 juta.

Meskipun bukan menjadi pegawai tetap, Mitra BPS mendapatkan upah, honor, bayaran atau gaji yang terbilang kompetitif. Namun hal itu akan tergantung dari wilayah kabupaten nantinya kalian ditempatkan.

Jadi gaji Mitra BPS bisa berbeda-beda nominal tergantung dengan biaya hidup di masing-masing daerah tempat kalian ditempatkan tersebut.

Gaji Mitra Statistik BPS tidak akan diberikan per bulan, melainkan setelah mitra berhasil menyelesaikan kegiatan statistik yang diperintahkan atau tugas dan tanggung jawabanya.

Masa Kontrak Kerja Mitra Statistik BPS

Masa Kontrak Kerja Mitra Statistik BPS
Source: beritapasundan.com

Selain apa itu pengertian dan besaran gaji Mitra Statistik BPS yang didapatkan. Pertanyaan berapa lama masa kontrak kerja Mitra Statistik BPS juga kerap dicari-cari oleh orang-orang.

Dalam hal ini, Mitra Statistik BPS bekerja berdasarkan kontrak yang durasinya disesuaikan dengan kebutuhan proyek atau survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik.

Secara umum periode kontrak atau masa kerja melihat dari siklus survei yang mungkin berlangsung beberapa bulan. Namun untuk informasi spesifik untuk tahun ini belum diungkap.

Maka dari itu terus untuk pantau pengumuman resmi dari Badan Pusat Statistik guna dapatkan informasi terbaru mengenai lama masa kontrak Mitra Statistik BPS.

Info Karir Mitra Statistik BPS

Info Karir Mitra Statistik BPS
Source: jatimnetwork.com

Menjadi Mitra Statistik BPS merupakan kesempatan yang baik untuk berkontribusi dalam pengumpulan data statistik yang sangat penting bagi pembangunan dan perencanaan nasional.

Jika di atas sudah berhasil tahu apa pengertian, tugas dan tanggung jawab, masa kontrak kerja dan gaji atas. Tentu ada dari kalian yang tertarik menjadi Mitra Statistik BPS dan mencoba mendaftarkannya.

Dari ketertarikan tersebutlah banyak juga dari kalian yang menanyakan info karir, syarat dan cara daftar menjadi Mitra Statistik BPS guna bisa dapatkan gaji besar tersebut.

Secara umum, syarat umum menjadi calon mitra statistik yakni minimal pendidikan lulusan SMA / sederajat. Usia antara 18 – 50 tahun, sehat jasmani dan rohani, memiliki kemampuan teknis, konsisten, serta domisili sesuai wilayah pendaftaran.

Apakah membutuhkan pengalaman di bidang survei dan sensus? Mengenai pengalaman dalam kegiatan sensus atau survei sendiri menjadi nilai plus bagi para calon, tidak menutup kemungkinan untuk yang baru pertama kali.

Untuk info karir atau lowongan kerja, kalian dapat lihat di halaman ini. Silahkan cari informasi terbaru mengenai lowongan menjadi Mitra Statistik BPS.

Keuntungan Menjadi Mitra Statistik BPS

Keuntungan Menjadi Mitra Statistik BPS
Source: rbtv.disway.id

Lantas apa saja keuntungan yang didapat oleh Mitra Statistik BPS? Ada banyak keuntungan didapatkan, di antara lain keuntungan seperti misalnya:

1. Kontribusi Sediakan Data Pemerintah

Keuntungan pertama adalah telah berkontribusi menyediakan data pemerintah. Ya karena sensus atau survei merupakan salah salah satu program dari pemerintah untuk mengumpulkan data dibutuhkan.

2. Dapatkan Pengalaman dan Pergaulan Baru

Menjadi Mitra Statistik BPS juga mendapatkan keuntungan di dunia survei dan sensus. Selain itu juga memperluas pergaulan, karena dengan melakukan survei akan jumpai berbagai karakter orang berbeda-beda.

3. Mendapat Pendapatan Tambahan

Keuntungan menjadi Mitra Statistik BPS yang sudah pasti mendapatkan uang atau pendapatan tambahan di sela-sela kesibukan sehari-hari.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan pembahasan gaji di atas, Mitra Statistik BPS akan terima gaji ataupun honor sekitar Rp 3 – 4 jutaan. Tentu saja angka tersebut, terbilang cukup besar.

Mungkin itulah informasi dapat Iberian-Partners.com sajikan mengenai besaran gaji Mitra Statistik BPS beserta informasi terkait lainnya.

Seperti misalnya apa itu pengertian Mitra Statistik BPS, tugas dan tanggung jawab beserta lama masa kontrak kerja Mitra Badan Pusat Statistik.

Diharapkan dengan adanya pembahasan gaji Mitra Statistik di atas dapat bermanfaat untuk semua. Terutama bagi kalian yang membutuhkan informasi besaran gajinya.


Editor: Ari

Photo of author

Firman Herdiansah

Firman Herdiansah, lulusan S1 STMIK Amikom Yogyakarta, telah menulis tentang berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Karyanya, yang kaya analisis dan wawasan, memberikan panduan berharga bagi pembaca yang mencari informasi tentang pasar kerja dan tips karir.

Baca Juga