Gaji

Gaji Pegawai KAI Lulusan SMA Semua Posisi 2024

Firman Herdiansah

Gaji Pegawai KAI Lulusan SMA Semua Posisi
Ilustrasi: Pegawai KAI Lulusan SMA, Source: quipper.com

Iberian-Partners.com – Berapa gaji pegawai KAI lulusan SMA? Tentu saja hal ini akan ditanyakan oleh sebagian orang, tidak terkecuali kalian yang memang baru lulus serta sedang mencari loker di PT KAI Indonesia.

Ya, gaji kerap menjadi pertimbangan utama ketika ingin mendaftarkan diri pada posisi yang dibutuhkan oleh PT KAI. Maka dari itu, mengetahui besaran gaji pegawai KAI lulusan SMA penting bagi kalian.

Menjawab pertanyaan berapa besaran gaji pegawai KAI lulusan SMA, dengan berada dan membuka artikel ini maka kalian berada di artikel yang tepat.

Karena kami akan jelaskan secara lengkap gaji pegawai lulusan SMA semua posisi yang ada. Jadi untuk lebih jelas besaran gaji pegawai tersebut, silahkan simak pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Sekilas Tentang PT KAI Indonesia

Sekilas Tentang PT KAI Indonesia
Source: google.com

Sebelum ke pembahasan utama mengenai gaji pegawai lulusan SMA per bulan, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu PT Kereta Api Indonesia atau disingkat PT KAI.

PT KAI menjadi salah satu dari sekian banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tawarkan produk utama berupa layanan transportasi umum menggunakan kereta api.

Layanan yang disediakan PT KAI mencakup angkutan penumpang serta barang. Hingga kini KAI terus melakukan inovasi guna memberikan layanan terbaik bagi penggunanya.

Hingga saat ini KAI sudah memiliki sejumlah anak perusahaan. Di antara lainnya seperti KAI Services, KAI Bandara, KAI Commuter, KAI Wisata, KAI Logistik, serta KAI Properti.

Sejarah berdirinya PT Kereta Api Indonesia (KAI), pada awalnya perkeretaapian Indonesia dimulai dengan pembuatan jalur kereta pertama dari Solo hingga Yogyakarta oleh Gubernur Belanar Mr. L.A.J Baron Sloet Vab de Beele.

Pembangunan jalur kereta api tidak cuma dilakukan di pulau Jawa saja, melainkan juga dibangun di Aceh, Sumatera serta Sulawesi. Namun hingga saat ini jalur kereta api yang dikenal kebanyakan yang ada di pulau Jawa.

Gaji Pegawai KAI Lulusan SMA Semua Posisi

Gaji Pegawai KAI Lulusan SMA Semua Posisi
Source: zonabanten.pikiran-rakyat.com

Sudah dijelaskan singkat tentang PT KAI di atas, selanjutnya mari ke pembahasan utama mengenai gaji pegawai KAU lulusan SMA semua posisi per bulan.

Ya, informasi gaji kerap dicari pertama kali pada saat ada lowongan kerja di perusahaan BUMN ini. Berbicara mengenai gaji pegawai KAI lulusan SMA, silahkan lihat berikut ini:

PosisiGaji / Bulan
Akuntansi / KeuanganRp 4.000.000
Assistant Manager AdministrasiRp 9.250.000
Customer ServiceRp 4.000.000
ExecutiveRp 42.500.000
Executive Vice PresidentRp 42.500.000
FrontlinerRp 2.500.000
General Manager TeknikRp 28.500.000
HumasRp 4.000.000
KondekturRp 6.500.000
ManajemenRp 27.500.000
ManajerRp 16.500.000
MasinisRp 13.000.000
Penjaga palang pintuRp 1.750.000
Pramugara / PramugariRp 4.000.000
Senior Manajer ManagementRp 28.400.000
Software Engineer / ContactorRp 8.000.000
Staf administrasiRp 4.000.000
Staf marketingRp 4.000.000
Staf ticketingRp 3.000.000
SupervisorRp 6.250.000
SecurityRp 3.000.000
PelaksanaRp 5.600.000

Hal yang Mempengaruhi Besaran Gaji

Hal yang Mempengaruhi Besaran Gaji
Source: inilah.com

Melihat dari gaji di atas, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi besaran gaji pegawai KAI lulusan SMA. Beberapa faktor inilah yang perlu juga kalian ketahui.

Lantas apa saja faktor yang mempengaruhi besaran gaji pegawai KAI? Berikut di antara lain faktornya:

1. Jabatan dan Tanggung Jawab

Pertama, dari tabel gaji yang kami sajikan di atas. Setiap posisi atau jabatan memiliki perbedaan gaji per bulan. Dengan begitu faktor posisi jabatan memang jadi faktor utama yang mempengaruhi gaji perbulannya.

2. Pengalaman Kerja

Faktor lain pengaruh besaran gaji pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI) yakni pengalaman kerja. Pegawai dengan pengalaman akan memiliki gaji lebih besar di banding dengan pegawai baru atau freshgraduate.

3. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi besaran gaji per bulan para pegawai KAI. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka gaji didapat akan lebih besar.

4. Kebijakan Perusahaan

Berikutnya, faktor pengaruh besaran gaji pegawai juga datang dari kebijakan perusahaan. Dengan kriteria tertentu pihak perusahaan akan memberikan gaji kepada para pegawainya.

5. Kinerja

Faktor besar kecilnya gaji pegawai KAI juga akan dilihat dari kinerjanya. Bahkan untuk pegawai dengan target kerja bagus, besar kemungkinan bisa mengalami kenaikan gaji.

Bonus dan Tunjangan Pegawai KAI Lulusan SMA

Bonus dan Tunjangan Pegawai KAI Lulusan SMA
Source: era.id

Selain mendapatkan gaji pokok seperti yang kami sebutkan di atas, pegawai PT Kereta Api Indonesia tentu saja akan mendapatkan bonus serta tunjangan yang dapat memperbesar pendapatan gaji per bulan.

Lalu apa saja bonus dan tunjangan didapat oleh pegawai KAI lulusan SMA? Berikut di antara laun bonus dan tunjangan yang akan didapatkannya:

  • Tunjangan anak istri sebesar 10% dari besaran gaji pokok.
  • Tunjangan rumah serta transportasi (kendaraan).
  • Tunjangan jabatan struktural terkait keselamatan perjalanan.
  • Uang perjalanan dinas Rp Rp 375.000 / bulan (Paling sedikit).
  • Perlindungan terhadap resiko untuk posisi masinis sebesar Rp 1 juta rupiah / bulan.
  • Biaya emolumen untuk lulusan SMA sebesar Rp 200.000 / bulan.
  • Tunjangan BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Pemberian tunjangan penampilan untuk bagian Customer Service (CS).
  • Uang premi bagi pegawai (Sesuai dengan jabatan).
  • Tunjangan pensiun sesuai golongan. Besaran sekitar Rp 1.170.600 – Rp 2.124.500.
  • Liburan akan diberikan setiap beberapa bulan sekali.

Melihat dari pemberian gaji serta tunjangan di atas, dapat dikatakan jika bekerja di PT KAI menjamin kehidupan sejahtera. Tidak heran pada saat ada pembukaan loker lulusan SMA di perusahaan BUMN ini banyak peminatnya.

Contoh Slip Gaji Pegawai KAI

Tidak hanya informasi gaji di atas, di sini kami juga akan jelaskan contoh slip gaji pegawai perusahaan BUMN yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI). Berikut adalah contoh slip gajinya:

Contoh Slip Gaji Pegawai KAI
Source: id.pinterest.com

Melihat dari contoh slip gaji di atas, di situ tertulis jelas pendapatan mulai dari gaji pokok, tunjangan, bonus hingga pemotongan seperti pengurangan JHT, JP dan lainnya. Jadi dengan melihat contoh slip gaji di atas diharapkan kalian memahaminya.

Syarat Daftar Pegawai KAI Lulusan SMA

Syarat Daftar Pegawai KAI Lulusan SMA
Source: facebook.com

Sudah mengetahui gaji hingga tunjangan-tunjangan yang didapat oleh seorang pegawai KAI lulusan SMA di atas. Ketika memang kalian tertarik mendaftar pada saat ada loker lulusan SMA dibuka PT KAI.

Tentu saja kalian akan bertanya mengenai syarat apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mendaftarnya. Berikut di antara lain syarat umum daftar di PT KAI untuk lulusan SMA:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Pria / wanita.
  • Usia pelamar minimal 18 tahun / maksimal 25 tahun.
  • Memiliki tinggi badan ideal (Pria 160 cm / wanita 155 cm).
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Miliki penampilan menarik.
  • Tidak bertato.
  • Tidak bertindik untuk pira.
  • Pelamar tidak miliki hubungan perkawinan dengan pekerja PT KAI ketika diterima.
  • Tidak pernah terlibat kasus narkoba.
  • Tidak pernah mendapatkan hukuman penjara.
  • Siap bersedia ditempatkan di seluruh wilayah PT KAI.
  • Lulusan 2020 dan 2021, Ijazah SMK dengan nilai ujian nasional rata-rata 70.

Info Karir dan Lowongan Kerja PT KAI

Info Karir dan Lowongan Kerja PT KAI
Source: kitalulus.com

Melihat gaji serta tunjangan yang didapatkan oleh para pegawai KAI lulusan SMA pada tabel terbilang cukup besar. Hal ini menjadikan minat bekerja di PT KAI sangat besar.

Itu dibuktikan dengan ada banyaknya pelamar ketika perusahaan BUMN yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka lowongan kerja pada posisi yang dibutuhkan.

Jika kalian sedang membutuhkan dan mencari informasi lowongan kerja PT KAI Indonesia, maka bisa buka halaman ini untuk menemukan loker terbaru yang saat ini sedang dibuka.

Lihat serta pahami kualifikasi, syarat diperlukan dan cara melamar atau pendaftarannya. Jika kalian menjadi salah satu yang terpilih, selanjutnya tinggal mengikuti beberapa tes seperti tes kesehatan dan tes lainnya.

Dengan berhasilnya lolos semua tahapan, maka kalian sudah berhasil menjadi pegawai PT KAI dan berpeluang terima gaji seperti sudah disampaikan pada tabel di atas.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan dapat kami sampaikan mengenai gaji pegawai KAI lulusan SMA per bulan, bonus dan tunjangan, serta beberapa informasi terkait lainnya.

Menarik kesimpulan di atas, jika besaran gaji pegawai KAI lulusan SMA dalam setiap bulannya nantinya akan tergantung dari posisi jabatan apa yang ditempati.

Dapat dipastikan jika menjadi pegawai KAI dengan pendidikan terakhir lulusan SMA, maka kalian bisa mendapatkan gaji per bulan sekitar Rp 6,5 jutaan ditambah dengan tunjangan.


Editor: Ari

Photo of author

Firman Herdiansah

Firman Herdiansah, lulusan S1 STMIK Amikom Yogyakarta, telah menulis tentang berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Karyanya, yang kaya analisis dan wawasan, memberikan panduan berharga bagi pembaca yang mencari informasi tentang pasar kerja dan tips karir.

Baca Juga