Gaji

Gaji SPG Matahari 2024, Bonus, Tunjangan dan Info Loker

Indra Bonit

Gaji SPG Matahari, Bonus, Tunjangan dan Info Loker
Ilustrasi Gaji SPG Matahari, Source Image: www.updateindonesia.com

Iberian-Partners.com – Sales Promotion Girl atau SPG Matahari menjadi salah satu profesi yang banyak diminati, khususnya perempuan. Matahari Mall juga dikenal kerap membuka loker untuk posisi ini. Gaji SPG Matahari yang didapat juga cukup menggiurkan. Inilah yang menjadi faktor mengapa profesi ini banyak diminati.

Membahas mengenai gaji SPG Matahari, informasi gaji memang menjadi hal penting yang banyak dicari oleh mereka yang umumnya akan melamar di perusahaan atau posisi dituju. Ketika melamar kerja sebagai SPG Matahari, bukan hanya gaji yang akan dicari, namun info terkait syarat, kualifikasi dan cara melamar pun akan mereka cari.

Menjadi perusahaan ritel besar di Indonesia, PT Matahari Department Store Tbk sudah pasti memiliki banyak karyawan yang tersebar di beberapa divisi. SPG mungkin menjadi karyawan dengan kuota paling banyak diantara divisi-divisi lainnya. Tak heran jika setiap minggu nya, Matahari kerap membuka lowongan untuk posisi SPG ini.

Menyinggung soal gaji, SPG Matahari akan mendapatkan besaran gaji yang disesuaikan dengan UMK masing-masing wilayah. Selain mendapatkan gaji pokok, mereka juga akan mendapatkan benefit berupa bonus, tunjangan dan lainnya. Mengetahui lebih lengkap, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama berikut ini.

Tugas dan Tanggung Jawab SPG Matahari

Tugas dan Tanggung Jawab SPG Matahari

Di pembahasan awal kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai tugas dan tanggung jawab SPG Matahari. Berbicara mengenai tugas dan tanggung jawab, banyak orang penasaran sebenarnya apa saja sih tugas dari SPG Matahari?

Menjalani profesi sebagai Sales Promotion Girl di Matahari Mall, disini SPG tentunya dituntut untuk bisa menjadi ujung tombak dalam hal pemasaran beberapa produk yang dipegangnya. Biasanya setiap SPG Matahari akan ditempatkan di booth produk-produk tertentu.

Selain memasarkannya, mereka juga dituntut untuk menguasai atau mengetahui informasi lengkap terkait produk tersebut. Selain tugas tersebut, masih ada lagi beberapa tugas lain yang harus dijalani, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memperkenalkan dan Memasarkan Produk

Pertama adalah memperkenalkan dan memasarkan produk yang ditawarkan. SPG harus mampu memberikan penjelasan detail mengenai produk tersebut, dan memberikan informasi jelas serta akurat. Selain itu, SPG juga harus bisa meyakinkan pelanggan untuk mau membeli produk tersebut.

2. Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan

Memberikan pelayanan kepada pelanggan juga menjadi tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh SPG. Mereka harus ramah, sopan, serta mampu menjawab pertanyaan pelanggan dengan baik terkait produk tersebut. Disamping itu, SPG harus mau membantu pelanggan dalam memilih dan membeli produk.

3. Mempromosikan Produk

Membuat promosi juga merupakan tugas berikutnya yang harus dilakukan SPG. Mereka diharuskan untuk bisa membuat promosi dari produk-produk yang dijual agar lebih dikenal dan mampu menarik minat konsumen untuk membelinya.

4. Mengecek Stok Produk

Berikutnya SPG juga bertanggung jawab untuk mengecek stok produk. Mereka harus memastikan bahwa produk selalu tersedia dan usahakan jangan sampai kehabisan stok, terlebih jika produk tersebut laris manis.

5. Membuat Laporan Penjualan

Membuat laporan penjualan menjadi tugas penting karena nantinya atasan akan membutuhkan laporan tersebut. Dengan demikian, atasan bisa mengetahui penjualan serta memastikan target telah tercapai atau belum.

6. Membuat Laporan Kegiatan

Lalu terakhir adalah membuat laporan kegiatan selama menjalankan tugas. Hal ini bisa membantu perusahaan untuk mengetahui hasil promosi dan penjualan yang dilakukan oleh SPG.

Gaji SPG Matahari

Gaji SPG Matahari

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai tugas serta tanggung jawab SPG, berikutnya kita masuk ke pembahasan utama mengenai gaji SPG Matahari.

Penting diketahui bahwasanya besaran gaji SPG ini akan bergantung pada pengalaman kerja dan juga wilayah tempatnya bekerja. Ini menjadi beberapa hal yang mempengaruhi besaran gaji SPG Matahari.

Namun, umumnya gaji SPG Matahari akan berada di kisaran Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 5.000.000 di setiap bulannya. Jika di rata-rata, SPG Matahari bisa mendapatkan gaji di angka Rp 3.000.000.

Kita tahu bahwa Matahari Mall menjadi pusat perbelanjaan yang banyak tersedia di beberapa kota-kota di seluruh Indonesia. Kebanyakan, perusahaan akan memberikan gaji SPG Matahari dengan mengacu pada UMK atau UMR wilayah terkait.

Apabila kalian bekerja sebagai SPG Matahari di daerah Purwokerto maupun sekitarnya, kemungkinan kalian akan mendapatkan gaji sesuai UMK Purwokerto, yakni Rp 2.100.000 per bulan. Namun, ketika bekerja sebagai SPG di wilayah Jakarta, gaji didapat bisa mencapai Rp 5.000.000 per bulan.

Gaji SPG Matahari memang tidak bisa kita pastikan dengan nominal sekian, karena setiap wilayah tempat SPG Matahari bekerja akan memiliki aturan gaji yang disesuaikan dengan UMK masing-masing wilayah. Dimana hal ini sudah pasti akan diikuti oleh semua perusahaan di wilayah tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa besaran gaji SPG Matahari kemungkinan tidak berbeda jauh dengan gaji Pramuniaga Ramayana yang sudah sempat kami bahas di pertemuan sebelumnya.

Bonus dan Tunjangan SPG Matahari

Bonus dan Tunjangan SPG Matahari

Selain mendapatkan gaji pokok per bulan, nantinya para SPG Matahari juga akan mendapatkan benefit berupa bonus dan tunjangan. Bonus tunjangan ini akan diberikan oleh pihak perusahaan sebagai reward atau hadiah atas loyalitas pegawainya.

Umumnya, SPG Matahari akan mendapatkan benefit berupa uang makan, uang lembur, bonus akhir tahun dan juga tunjangan hari raya. Nominal bonus sertan tunjangan tersebut juga akan menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

Sebagai gambaran saja, berikut informasi bonus berikut tunjangan SPG Matahari yang sudah kami siapkan berikut ini.

  • Uang makan: Rp 300.000
  • Uang transport: Rp 300.000
  • Uang lembur: Rp 80.000 – Rp 100.000
  • Bonus akhir tahun: 1 kali gaji pokok
  • Tunjangan Hari Raya (THR): 1 kali gaji pokok
  • BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan
  • Jenjang karir

Bisa kalian simak diatas bahwasanya untuk informasi bonus akhir tahun dan juga THR, SPG Matahari bisa mendapatkan benefit tersebut dengan besaran 1 kali gaji pokok. Jika mereka memiliki gaji pokok sebesar Rp 3.000.000 per bulan, maka total yang didapat bisa mencapai Rp 6.000.000 (Gaji+THR) dan Rp 6.000.000 di akhir tahun (Gaji+bonus akhir tahun).

Informasi tersebut hanya sebagai gambaran saja, kemungkinan akan ada perbedaan dengan gaji serta benefit yang diberikan oleh perusahaan terkait. Jika membutuhkan informasi lebih jelas, kalian bisa bertanya langsung ke pihak perusahaan.

Syarat dan Kualifikasi Menjadi SPG Matahari

Syarat dan Kualifikasi Menjadi SPG Matahari

Untuk melamar menjadi SPG Matahari, kalian tentunya harus melengkapi semua kualifikasi dan berkas persyaratan yang dibutuhkan. Nah adapun kualifikasi serta berkas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Kualifikasi

  • Pria wanita berusia minimal 18-30 tahun
  • Berpendidikan minimal SMA/SMK sederajat
  • Memiliki kemampuan komunikasi & selling skill yang baik
  • Berorientasi pada kepuasan pelanggan & pencapaian target penjualan
  • Memiliki 3 minimal pengalaman kerja (formal/informal/magang)
  • Tidak buta warna baik penuh maupun parsial
  • Menyertakan sertifikat vaksin Covid-19

Syarat

  • Surat lamaran kerja
  • CV terbaru
  • FC KTP, KK, SKCK
  • FC Ijazah terakhir & transkrip nilai
  • Sertifikat keahlian
  • Surat pengalaman kerja
  • Surat keterangan sehat
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4 & 4×6
  • Dokumen pendukung lainnya

Informasi Loker SPG Matahari

Informasi Loker SPG Matahari

Jika kalian sudah mengetahui informasi terkait gaji, benefit serta juga kualifikasi melamar kerja sebagai SPG di Matahari. Selanjutnya kami akan informasikan kepada kalian semua terkait lowongan kerja SPG Matahari.

Ada banyak sekali info lowongan kerja SPG Matahari di banyak wilayah. Apabila kalian membutuhkan informasi tersebut, langsung saja klik halaman ini. Ada beberapa loker SPG Matahari di beberapa wilayah yang bisa kalian pilih sesuai domisili.

Di dalam loker tersebut, kami juga menyertakan beragam informasi penting mulai dari kisaran gaji, benefit, kualifikasi lengkap, dokumen persyaratan, serta cara melamar. Adanya info tersebut tentu akan lebih memudahkan kalian mempersiapkan segala sesuatunya.

Kesimpulan

Melihat informasi diatas terkait gaji SPG Matahari berikut bonus berikut tunjangannya. Disini dapat kami simpulkan bahwasanya besaran gaji SPG Matahari akan bergantung pada UMK wilayah tempat SPG bekerja.

Selain mendapatkan gaji pokok, mereka juga akan mendapatkan berbagai macam benefit, seperti bonus, tunjangan serta lainnya. Baiklah, mungkin ini saja yang bisa kami informasikan, semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian yang membutuhkan informasi tersebut.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga

Tinggalkan komentar