Gaji

Gaji Tour Leader Terbaru 2024, Bonus dan Tunjangan

Indra Bonit

Gaji Tour Leader Terbaru, Bonus dan Tunjangan
Ilustrasi Gaji Tour Leader, Source Image: lsppariwisata.com

Iberian-Partners.com – Tour Leader menjadi salah satu profesi yang ada di industri pariwisata dan perhotelan. Profesi ini juga cukup banyak diminati, selain gaji Tour Leader yang cukup menggiurkan, mereka juga bisa mendapatkan berbagai benefit menarik.

Pada pembahasan kali ini kami akan membagikan informasi lengkap seputar gaji Tour Leader, berikut bonus dan tunjangan yang didapat. Selain itu akan ada juga informasi menarik lainnya yang bisa kalian simak di artikel kali ini.

Dalam industri pariwisata, kita tentu tidak asing lagi dengan profesi Tour Leader dan juga Tour Guide. Banyak orang salah mengartikan bahwa kedua profesi ini sama, namun kenyataannya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Selain membagikan informasi gaji Tour Leader, kami juga akan informasikan perbedaan antara Tour Leader dan Tour Guide untuk menambah wawasan kalian semua. Baiklah tanpa basa-basi lagi mari kita masuk ke pembahasan utama terkait gaji Tour Leader berikut ini.

Perbedaan Tour Guide dan Tour Leader

Perbedaan Tour Guide dan Tour Leader

Pada pembahasan pertama kami akan menjelaskan lebih dulu terkait perbedaan antar Tour Leader dan Tour Guide. Sampai sekarang masih banyak orang yang menganggap jika Tour Leader dan Tour Guide merupakan profesi serupa.

Nyatanya, kedua profesi ini memiliki beberapa perbedaan, khususnya dalam tugas dan tanggung jawabnya. Mengetahui lebih jelasnya, di bawah ini bisa kalian simak penjelasan lengkap perbedaan antara Tour Leader serta Tour Guide.

1. Fokus Tugas Utama

Tour Leader

Tour Leader akan lebih fokus pada pengaturan praktis maupun logistik perjalanan wisata. Dimana Tour Leader memiliki tanggung jawab penuh untuk mengelola jadwal, moda transportasi, pemesanan hotel, maupun masalah administratif lainnya.

Tour Leader juga harus memastikan bahwa perjalanan wisatawan berjalan lancar dari segi teknis. Profesi ini juga kerap menjadi penghubung antara wisatawan dengan penyedia jasa di destinasi dan memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan lancar sesuai rencana.

Tour Guide

Sedangkan Tour Guide memiliki tugas tanggung jawab untuk memberikan informasi, penjelasan, serta wawasan kepada para wisatawan di tempat yang mereka kunjungi. Disini Tour Guide harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta wawasan luas mengenai aspek-aspek yang terkait dengan tempat wisata tersebut.

Tour Guide juga berperan sebagai pendamping intelektual para wisatawan, menjawab pertanyaan, menjelaskan makna di balik situs-situs penting, serta memberikan konteks lebih dalam mengenai apa yang dilihat oleh para wisatawan.

2. Wawasan dan Skill

Tour Leader

Tour Leader disini perlu memiliki keahlian dan manajemen perjalanan serta organisasi. Mereka harus bisa merencanakan perjalanan wisatawan agar lebih efisien, mengatasi permasalahan, serta beradaptasi dengan perubahan rencana jika diperlukan.

Kemampuan komunikasi yang baik juga sangat diperlukan agar mereka bisa memimpin serta mengoordinasikan kelompok wisatawan.

Tour Guide

Dalam segi ini, sudah pasti Tour Guide wajib memiliki pengetahuan luas mengenai sejarah, budaya, seni, serta aspek penting lainnya dari destinasi yang mereka pandu. Mereka juga perlu berbicara dengan percaya diri serta menarik perhatian audiens.

Memberikan wawasan lengkap, serta menjelaskan konten kompleks dengan cara mudah dimengerti juga menjadi suatu keharusan. Kemampuan berbicara dalam bahasa fasih merupakan kualitas penting bagi seorang Tour Guide.

3. Interaksi dengan Wisatawan

Tour Leader

Tour Leader berinteraksi dengan wisatawan secara praktis. Mereka akan menjadi sumber panduan mengenai aspek logistik perjalanan, informasi jadwal, perubahan rencana, serta hal lainnya. Walaupun tujuan mereka bukan memberikan informasi detail mengenai destinasi, Tour Leader juga harus bersedia menjawab pertanyaan serta membantu wisatawan dengan segala kebutuhan mereka selama perjalanan.

Tour Guide

Interaksi Tour Guide dengan wisatawan ini memiliki sifat edukatif serta informatif. Dimana fokus utamanya adalah memberikan wawasan serta informasi berharga kepada wisatawan. Mereka mungkin akan menjawab pertanyaan, menceritakan hal menarik, serta memberikan panduan banyak tempat-tempat yang dikunjungi.

Tugas dan Tanggung Jawab Tour Leader

Tugas dan Tanggung Jawab Tour Leader

Jika kalian sudah mengetahui informasi perbedaan antara Tour Guide dan Tour Leader. Berikutnya kita akan informasikan juga mengenai tugas serta tanggung jawab Tour Leader. Berikut bisa kalian simak penjelasannya.

Tugas

Selanjutnya disini kami akan menjelaskan kepada kalian terkait tugas serta tanggung jawab seorang Tour Leader. Tour Leader disini akan menjadi seorang pemimpin perjalanan, akan tetapi ia bekerja dalam hal persiapan dan perencanaan kebutuhan para wisatawan saja.

Untuk profesi di lapangan, Tour Leader akan dibantu oleh Tour Guide. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kedua profesi ini memiliki keterkaitan satu sama lain. Kesuksesan sebuah perjalanan wisata para wisatawan juga menjadi tugas dari Tour Leader maupun Tour Guide.

Tanggung Jawab

  • Merencanakan perjalan
  • Memberikan informasi serta edukasi kepada wisatawan
  • Memastikan keamanan setiap wisatawan
  • Memastikan komunikasi terjalin secara efektif
  • Mengatur keperluan logistik
  • Menangani permasalahan yang muncul
  • Menjalin hubungan baik dengan para wisatawan

Gaji Tour Leader

Gaji Tour Leader

Masuk ke pembahasan utama mengenai gaji Tour Leader. Perlu diketahui bahwasanya gaji Tour Leader ini berkisar antara Rp 3.900.000 sampai dengan Rp 10.000.000 per bulan. Sedangkan untuk gaji Tour Leader di luar negeri, profesi ini bisa meraup penghasilan rata-rata sebesar $34.786 per bulan.

Apabila melihat dari upah minimum saat ini, bisa dikatakan penghasilan tersebut sudah cukup bagi kalian yang masih pemula di bidang ini. Penting diingat, nominal tersebut dapat berubah-ubah tergantung dari pengalaman, perusahaan tempat bekerja maupun UMK masing-masing daerah.

Bonus dan Tunjangan Tour Leader

Bonus dan Tunjangan Tour Leader

Lanjut ke pembahasan berikutnya adalah mengenai bonus berikut tunjangan sebagai Tour Leader. Seorang Tour Leader kebanyakan menjadi profesi yang dinaungi oleh perusahaan. Walaupun mungkin ada juga Tour Leader freelance, namun ini sangatlah minim.

Ketika bekerja sebagai Tour Leader di sebuah perusahaan, tentunya disini mereka akan mendapatkan sejumlah benefit, mulai dari fasilitas, bonus maupun tunjangan. Bonus serta tunjangan diberikan juga cukup beragam, diantaranya adalah:

  • Uang makan
  • Uang transport
  • Bonus lembur
  • Bonus akhir tahun
  • Bonus insentif
  • Tunjangan hari raya
  • Tunjangan kinerja
  • Asuransi kesehatan

Diatas bisa kalian simak bahwa Tour Leader bisa mendapatkan beragam benefit yang menguntungkan. Hanya saja disini kami tidak bisa memberikan informasi besaran atau nominal pasti bonus serta tunjangan yang akan didapat oleh profesi satu ini.

Skill dan Kualifikasi Menjadi Tour Leader

Skill dan Kualifikasi Menjadi Tour Leader

Setelah kita mengetahui informasi lengkap terkait perbedaan, gaji, bonus maupun tunjangan Tour Leader diatas. Selanjutnya kita akan bahas mengenai skill serta kualifikasi dibutuhkan untuk menjadi seorang Tour Leader.

Untuk menjadi seorang Tour Leader, disini kalian tentunya harus memiliki skill atau keahlian. Ada beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang Tour Leader, diantaranya adalah:

  • Kemampuan komunikasi yang baik
  • Empati
  • Fast Learners
  • Cepat tanggap
  • Profesional
  • Kemampuan bahasa asing
  • Teliti

Selain harus memiliki skill kemampuan diatas, kalian juga harus memenuhi beberapa kualifikasi dibutuhkan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki semangat bekerja dengan orang lain
  • Memiliki temperamen diplomatis
  • Mampu menangani kelompok tour dengan percaya diri
  • Memiliki keterampilan melayani pelanggan dengan sangat baik
  • Memiliki keterampilan berorganisasi yang baik
  • Memiliki pengalaman sebagai tour leader
  • Memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik
  • Mampu memahami setiap tujuan wisata yang direncanakan secara mendalam
  • Terbiasa dengan laporan keuangan
  • Memiliki sertifikat tour leader

Informasi Lowongan Kerja Tour Leader

Informasi Lowongan Kerja Tour Leader

Buat kalian yang sedang mencari lowongan kerja Tour Leader, kalian bisa langsung mengunjungi halaman ini. Disana ada beberapa info loker Tour Leader yang bisa kalian pilih sesuai minat serta kualifikasi yang dimiliki.

Setiap lowongan kerja Tour Leader tersedia juga telah disertai dengan banyak informasi penting. Mulai dari gaji, kualifikasi lengkap, berkas persyaratan, dan prosedur melamarnya. Adanya hal tersebut tentu akan lebih memudahkan kalian semua untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Jika kalian mungkin membutuhkan lowongan kerja di posisi lain untuk industri perhotelan maupun pariwisata. Kalian juga bisa dengan mudah mencarinya di website kami. Ada banyak sekali loker terbaru di setiap harinya untuk sektor industri ini.

Kesimpulan

Dapat kalian simak pembahasan diatas terkait gaji Tour Leader. Bisa disimpulkan bahwasanya gaji Tour Leader ini berkisar antara Rp 4.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000 per bulan. Besaran gaji tersebut akan bisa naik apabila orang tersebut memiliki pengalaman kerja serta kinerja yang baik.

Disamping itu, bukan hanya mendapatkan gaji pokok saja, akan tetapi mereka juga bisa mendapatkan benefit berupa bonus maupun tunjangan. Itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat serta menambah wawasan kalian semua.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga

Tinggalkan komentar