Tips Karir

3 Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik Versi 2024

Dwiki Lutfianto

3 Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik Versi 2024 Terbaru
Ilustrasi Dapodik, Source Image: Dadangjsn

Iberian-Partners.com – Rekam jejak atau riwayat karir dari setiap Guru berstatus PNS maupun Guru Honorer wajib tercantum dalam Dapodik. Kemudian, proses atau cara mengisi riwayat karir Guru nantinya dilakukan oleh Operator Sekolah dengan cara Login melalui kode registrasi Guru tersebut.

Atau jika kamu sudah menerima data Login dari Operator Sekolah, selanjutnya bisa mengisi sendiri riwayat karir Guru, riwayat Pendidikan Formal maupun Kompetensi di Dapodik. Data riwayat karir GTK wajib diisi minimal satu record. Cara pengisiannya bakal kami jelaskan secara lengkap melalui artikel berikut

Dengan cara ini, nantinya petugas dari pusat data bisa melihat riwayat karir Guru di setiap Sekolah. Disamping itu, selain mengisi riwayat karir, para Guru juga bisa memperbaiki data riwayat karir yang sudah tercantum di Dapodik.

Kemudian untuk mengisi maupun memperbaiki data riwayat karir Guru diperlukan beberapa syarat. Berikut telah kami siapkan informasi mengenai syarat, cara hingga tujuan mengisi riwayat karir Guru di Dapodik.

Data Riwayat Karir Guru

Data Riwayat Karir Guru
source: siedoo.com

Guna mempersiapkan Program PPG (Pendidikan Profesi Guru) dalam Jabatan masing-masing Guru perlu mengisi riwayat karir di Aplikasi Dapodik. Program ini merupakan kebijakan dari Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) dengan tujuan menyelesaikan serta menuntaskan Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Kebijakan ini telah tertuang pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2004 tentang Guru dan Dosen.

Namun, bicara mengenai proses pengisian data riwayat karir, beberapa Guru PNS maupun Honorer ada yang masih bingung bagaimana cara mengisinya. Kemudian ada juga dari mereka mengaku tidak bisa mengisi data ini karena belum membuat akun Guru di Dapodik.

Seperti kami sebutkan di atas bahwa proses pengisian riwayat karir nantinya dibantu oleh Operator Sekolah tempatnya mengajar. Sebagai Guru, kamu bisa meminta bantuan Operator Sekolah untuk membuatkan akun Guru sehingga kamu bisa mengisi data tersebut.

Di Aplikasi Dapodik tersedia menu Tukar Akses Pengguna yang memungkinkan para Guru untuk mengakses sekaligus melakukan pengisian riwayat karirnya sendiri. Penggunaan fitur ini nantinya membutuhkan syarat berupa kode registrasi dari Guru tersebut.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut mengenai cara mengisi riwayat karir Guru, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan apa itu riwayat karir Guru serta data apa saja yang tercantum di dalamnya. Secara umum, riwayat karir guru bisa diartikan sebagai riwayat pekerjaan dari seorang Guru, mulai dari sudah berapa tahun mengajar, pernah mengajar di Sekolah mana saja dan lain sebagainya.

Selain itu, data pada riwayat karir Guru juga menyebutkan informasi Lembaga Pengangkat, tanggal SK pengangkatan hingga tanggal akhir tugas bagi Guru yang sudah menyelesaikan masa baktinya. Supaya lebih jelas, berikut telah kami siapkan daftar data yang diperlukan pada informasi riwayat karir Guru, antara lain:

1. Jenjang Pendidikan

Pada informasi riwayat karir Guru nantinya ada kolom Jenjang Pendidikan. Kolom ini berisi keterangan Jenjang Pendidikan Guru itu mengajar, apakah SD, SMP, SMA, SMK, Dosen D3, Dosen S1 maupun lainnya.

2. Jenis Lembaga

Kemudian untuk Jenis Lembaga merupakan informasi Lembaga yang mengangkat PTK menjadi Guru atau Tenaga Pengajar. Contoh, jika kamu merupakan Guru SMP maka jenis Lembaga yang dipilih adalah Sekolah.

3. Status Kepegawaian

Selanjutnya untuk Status Kepegawaian PTK berisi jabatan atau status yang dimiliki Guru di Lembaga tempatnya bekerja, seperti Honorer, CPNS, PNS, PPPK dan lain sebagainya.

4. Jenis PTK

Sedangkan Jenis PTK diisi sesuai SK Pengangkatan Guru di Sekolah maupun Lembaga terkait. Jenis PTK antara lain Guru Kelas, Guru Mata Pelajaran atau Guru BK (Bimbingan Konseling).

5. Lembaga Pengangkat

Hampir mirip dengan Jenis Lembaga, untuk mengisi riwayat Lembaga Pengangkat kamu tinggal menyesuaikan dengan Lembaga yang mengangkat PTK sebagai Guru. Jika Lembaga Pengangkat adalah Disdikbud Kabupaten, maka kamu tinggal mencantumkan nama Dinas tersebut.

6. Nomor SK Kerja

Nomor SK Kerja merupakan nomor Surat Keputusan menjadi Guru yang diberikan oleh Lembaga Pengangkat.

7. Tanggal SK Kerja

Tanggal SK Kerja bisa diisi menggunakan informasi tanggal, bulan serta tahun sesuai yang tercantum pada Surat Keputusan sebagai Guru.

8. Tanggal Mulai Tugas

Tanggal Mulai Tugas (TMT) merupakan informasi waktu kapan kamu mulai bertugas menjadi Guru atau Tenaga Pengajar di Lembaga terkait.

9. Tanggal Selesai Tugas

Sedangkan TST merupakan kebalikan dari TMT, yaitu tanggal kamu selesai bertugas. Bagian ini boleh tidak diisi apabila sampai sekarang status Guru kamu masih aktif atau belum menyelesaikan masa bakti.

10. Tempat Kerja

Pada bagian ini kamu perlu mengisi nama Kota atau Kabupaten dari Lembaga temat kamu bertugas. Contoh, Jakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Banyumas dan lainnya.

11. Tanda Tangan SK Kerja

Kemudian pada kolom TTD SK Kerja nantinya kamu bisa mengisi nama Pejabat yang menandatangani Surat Keputusan pengangkatan PTK dari suatu Lembaga di Aplikasi Dapodik.

12. Mata Pelajaran Diajarkan

Terakhir, kamu perlu juga mengisi nama Mata Pelajaran yang diajarkan di Aplikasi Dapodik.

Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik

Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik
source: Channel Youtube P A K M U N Z

Kemudian perlu kami informasikan juga bahwa masing-masing Guru wajib mengisi minimal satu record GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) di Dapodik, jika tidak maka proses pengisian riwayat karir Guru akan muncul status Invalid. Pahami setiap komponen pengisian data riwayat karir Guru yang telah kami jelaskan di atas agar bisa mengisi data ini di Dapodik dengan benar.

Sementara itu, cara mengisi riwayat karir Guru di Dapodik bisa dilakukan sendiri setelah meminta bantuan Operator Sekolah untuk Login ke akun Dapodik. Selanjutnya, kamu tinggal menyiapkan kode registrasi untuk masuk ke akun GTK sendiri.

Sebelum itu, pastikan kamu sudah menyiapkan perangkat berupa Laptop atau PC serta koneksi internet pastinya. Kemudian siapkan juga data-data yang dibutuhkan, seperti nomor SK, tanggal mulai bertugas, jenis PTK dan lain sebagainya. Jika sudah, silahkan ikuti tata cara berikut guna mengisi riwayat karir Guru di Dapodik:

1. Masuk ke Pengaturan

Masuk ke Pengaturan
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Setelah berhasil meminta akses Login ke akun Operator, selanjutnya kamu tinggal masuk ke menu Pengaturan di sebelah kiri bawah.

2. Pilih Tukar Akses Pengguna

Tukar Akses Pengguna
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Kemudian pilih menu Tukar Akses Pengguna pada layar bagian kanan.

3. Masukkan Kode Registrasi

Masukkan Kode Registrasi
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Lanjut, masukkan kode registrasi pada kolom yang tersedia. Lalu pilih nama Guru yang akan diisi riwayat karirnya. Jika sudah, klik tombol Tukar Pengguna.

4. Klik Menu GTK

Klik Menu GTK
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Pada halaman berikutnya langsung saja kamu pilih menu GTK di sebelah kanan. Lalu akan muncul dua sub menu di bawahnya, silahkan klik saja Guru.

5. Klik Nama Guru

Klik Nama Guru
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Maka pada tampilan layar sebelah kanan akan muncul informasi nama Guru. Disini silahkan ketuk nama Guru tersebut lalu pilih Ubah.

6. Riwayat Karir Guru

Riwayat Karir Guru
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Jika ingin mengisi riwayat karir Guru, silahkan ketuk kolom dengan tanda panah kecil (lihat gambar di atas) lalu cari serta pilih Riwayat Karir Guru.

7. Klik Tambah

Klik Tambah
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Setelah itu klik menu Tambah pada halaman Edit GTK

8. Lengkapi Riwayat Karir Guru

Lengkapi Riwayat Karir Guru
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Sekarang kamu tinggal mengisi riwayat karir Guru pada masing-masing kolom. Gunakan informasi di atas sebagai acuan dalam mengisi setiap kolom riwayat karir Guru, mulai dari Jenjang Pendidikan, Jenis Lembaga, Jenis PTK, SK, Tanggal SK dan lain sebagainya.

9. Ketuk Tombol Simpan

Ketuk Tombol Simpan
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Apabila sudah mengisi semua kolom riwayat karir Guru di Dapodik, silahkan ketuk tombol Simpan guna menyelesaikan proses tersebut. Data tersebut akan tersinkron kurang lebih 4 hari setelah proses pengisian riwayat karir Guru.

Contoh Riwayat Karir Guru

Sampai disini kamu sudah mengetahui apa saja data riwayat karir Guru hingga bagaimana cara mengisi informasi tersebut. Selanjutnya, perlu diketahui bahwa data tersebut nantinya akan melalui proses peninjauan guna menentukan hasilnya Valid atau Invalid.

Kamu bisa melihat status riwayat karir Guru pada menu Edit GTK di aplikasi Dapodik, jika muncul tanda centang berwarna Hijau di bagian paling kiri, artinya informasi kamu Valid. Tapi jika muncul tanda Seru ( ! ) berwarna Merah, maka kamu perlu memperbaiki riwayat karir Guru di Dapodik.

Di bawah ini telah kami siapkan contoh riwayat karir Guru Valid maupun Invalid:

Contoh Riwayat Kerja Guru Valid
source: Channel Youtube Zahraabid Collection

Gambar di atas menunjukkan status riwayat karir Guru Valid sekaligus data sudah tersinkron dengan data pusat.

Contoh Riwayat Kerja Guru Invalid
source: Channel Youtube TUTORIAL KOMPUTER PENDIDIKAN

Sedangkan pada gambar ini menunjukan hasil validasi riwayat karir Guru di Dapodik Invalid atau belum disetujui. Lalu jika terdapat keterangan GTK a/a (nama Guru) dengan Jenis PTK (Mapel / BK / Kelas / lainnya) wajib mengisikan data Kompetensi minimal 1 record artinya GTK tersebut belum mengisi minimal 1 record riwayat karir Guru.

Selain itu, ada juga keterangan penyebab status riwayat karir Guru di Dapodik Invalid, yaitu karena belum melengkapi data pendidikan, informasi tanggal lahir tidak sesuai serta beberapa faktor lainnya. Lalu bagaimana cara memperbaiki riwayat karir Guru di Dapodik? Apakah perlu bantuan Operator Sekolah? Tidak perlu, kamu bisa menangani masalah ini sendiri selama masih memiliki akses ke halaman Dapodik.

Manfaat Melengkapi Riwayat Karir Guru di Dapodik

Manfaat Melengkapi Riwayat Karir Guru di Dapodik
source: bandung.go.id

Jadi, cara mengisi riwayat karir di Dapodik wajib dilakukan oleh setiap GTK. Pengisian riwayat karir minimal adalah 1 record, jika kurang dari itu maka data tidak akan tersinkron. Selain wajib, ternyata dengan cara mengisi riwayat karir di Dapodik, para Guru PNS maupun Honorer punya kesempatan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Potensi Lolos Seleksi PPPK

Setelah berhasil melakukan cara di atas, artinya kamu sudah memenuhi salah satu syarat mengikuti seleksi PPPK. Dengan begitu, jenjang karir kamu sebagai Guru bisa meningkat kalau sampai berhasil lolos seleksi PPPK.

2. Mendapatkan Gaji Tambahan 50%

Bagi para Guru Honorer, cara di atas memungkinkan kamu untuk memperoleh Gaji tambahan dari Dana BOS sebesar 50%. Jika sebelumnya, Dana BOS memberikan 15% sebagai Gaji Guru Honorer di Sekolah Negeri, sedangkan Guru Honorer di Sekolah Swasta 30%, sekarang telah berlaku peraturan baru, dimana 50% Dana BOS bisa diberikan sebagai upah Guru Honorer.

3. Peluang Lolos PPG

Selain itu, mengisi riwayat karir Guru di Dapodik juga berguna agar para Guru Honorer bisa mendapatkan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Hal ini membuka salah satu syarat administratif program PPG Dalam Jabatan. Dengan begitu, Guru Honorer bisa berpeluang memiliki karir cemerlang jika berhasil lolos seleksi PPG Dalam Jabatan.

4. Mendapatkan SIMPKB

Kemudian dengan cara mengisi riwayat karir Guru di Dapodik, maka kamu akan memperoleh SIMPKB. Jika sudah memiliki SIMPKB, maka kamu bisa mengikuti program Guru Penggerak di suatu komunitas belajar maupun rekan Guru di suatu Sekolah.

5. Ikut Program Pelatihan Dari Kemendikbud

Bukan hanya itu, SIMPKB juga menjadi syarat utama untuk mengikuti program pelatihan dari Kemendikbud, contohnya Guru Belajar dan berbagi Seri Asesmen Kompetensi Minimum serta Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

6. Memperoleh Tunjangan

Terakhir, manfaat mengisi riwayat karir Guru di Dapodik adalah mendapatkan berbagai macam Tunjangan, mulai dari BSU (Bantuan Subsidi Upah), Tunjangan Profesi, Tunjangan Transportasi, Tunjangan Fungsional maupun Tunjangan lainnya. Semua jenis Tunjangan ini tidak akan turun apabila data GTK tidak tercantum di Dapodik.

Kesimpulan

Jika melihat penjelasan di atas, cara mengisi riwayat karir Guru di Dapodik cukup mudah, kamu hanya perlu menemui Operator Sekolah supaya mendapatkan akses. Tapi perlu diperhatikan bahwa pengisian riwayat karir Guru harus benar dan sesuai pedoman tabel riwayat karir Guru.

Pada pengisian tempat kerja masih sering terjadi kesalahan, dimana para Guru menuliskan Lembaga atau Sekolah tempatnya bekerja. Padahal, disini hanya perlu mengisi nama Kabupaten atau Kota dari Lembaga tersebut berada.


Editor: Ari | Penulis: Dwiki

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Dwiki Lutfianto

Dwiki Lutfianto, lulusan S1 STMIK Amikom Purwokerto, telah mengabdikan diri sebagai penulis berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Keahliannya merangkum perubahan pasar kerja memberikan perspektif berharga bagi pembaca yang ingin mengikuti tren industri terkini.

Baca Juga