Tips Karir

Panduan Lengkap Cara Menambahkan Pengalaman di Linkedin yang Benar

Anang Cahyono

Cara Menambahkan Pengalaman di LinkedIn
Ilustrasi profil LinkedIn, Source: linkedin.com

Iberian-Partners.com – Salah satu bagian penting yang tidak boleh kalian lewatkan pada profil LinkedIn yaitu pengalaman atau experience. Namun sayangnya, masih ada banyak pengguna mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui bagaimana cara menambahkan pengalaman di LinkedIn.

Ketika pengguna mencantumkan pengalaman di LinkedIn, maka akan ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya yaitu sebagai sarana untuk mempromosikan diri. Oleh karena itu, menambahkan pengalaman kerja ataupun magang di LinkedIn harus dilakukan secara teliti.

Secara garis besarnya, cara menambahkan pengalaman di LinkedIn dapat dilakukan dengan mudah, entah itu melalui situs web maupun aplikasi. Saat menambahkan pengalaman, ada beberapa komponen perlu dicantumkan, mulai dari posisi, jenis pekerjaan, lokasi dan lain sebagainya.

Nah, apabila di antara kalian berencana ingin mencantumkan pengalaman di profil LinkedIn, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana caranya. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menambahkan pengalaman di LinkedIn disertai sejumlah manfaatnya.

Manfaat Menambahkan Pengalaman di LinkedIn

Seperti sudah disinggung di awal, terdapat sejumlah manfaat bisa didapatkan ketika seseorang mencantumkan pengalaman atau experience pada profil LinkedIn. Dimana pengalaman dalam hal ini mempunyai maksud sebagai riwayat pekerjaan ataupun karir pernah kalian lakukan sebelumnya.

Sebenarnya, penambahan pengalaman pengguna bisa dilakukan pada saat pertama kali mereka membuat akun LinkedIn. Jadi, nantinya kalian akan diminta untuk mengisi sejumlah informasi penting terkait pengalaman kerja, mulai dari posisi, jenis pekerjaan, nama perusahaan, lokasi dan masih banyak lainnya.

Namun, sebelum memahami bagaimana tata cara menambahkan pengalaman di LinkedIn lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaatnya. Adapun sejumlah manfaat mencantumkan riwayat pengalaman kerja di profil LinkedIn tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Memperluas Relasi

Manfaat pertama mencantumkan pengalaman di LinkedIn yaitu membangun serta memperluas relasi. Seperti diketahui, salah satu kunci sukses dalam berkarir ialah berkoneksi serta berinteraksi dengan orang lain yang mempunyai pengalaman lebih banyak sehingga membuat kalian mendapatkan pengetahuan baru.

2. Sarana Mempromosikan Diri

Penambahan pengalaman juga dapat dijadikan sebagai sarana mempromosikan diri. Artinya, membangun profil LinkedIn secara profesional mampu memberikan kesan baik bagi para recruiter ataupun orang lain ketika mengunjungi profil kalian.

3. Memudahkan Melamar Pekerjaan

Kejelasan profil maupun data diri seseorang sangat berperan penting terhadap diterima atau tidaknya mereka saat melamar pekerjaan. Nah, ketika profil LinkedIn mempunyai informasi lengkap seperti data diri, pengalaman dan lain sebagainya, maka akan memudahkan kalian dalam melamar suatu pekerjaan.

4. Menunjukkan Prestasi Bisnis

Manfaat terakhir ketika menulis pengalaman kerja di LinkedIn yaitu untuk menunjukkan sertifikasi serta sederet prestasi selama menjalankan suatu bisnis maupun usaha. Tentunya cara ini akan membantu seseorang dalam menarik serta membangun kepercayaan pelanggan.

Cara Menambahkan Pengalaman di LinkedIn

Setelah mengetahui beberapa manfaat menambahkan pengalaman kerja di LinkedIn, maka selanjutnya tinggal mencari tahu bagaimana cara melakukannya. Seperti halnya saat ingin melihat ID LinkedIn, saat ini penambahan pengalaman atau experience di LinkedIn juga bisa dilakukan melalui browser ataupun aplikasi.

Di dalam kolom pengalaman, nantinya kalian bisa mengisi ataupun menulis berbagai macam informasi terkait pengalaman kerja ataupun bisnis yang sudah pernah dilakukan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik mengenai tata cara menambahkan pengalaman di LinkedIn.

1. Lewat Browser

Cara menambahkan pengalaman di LinkedIn pertama dapat dilakukan melalui situs ataupun website resmi platform tersebut. Situs tersebut bisa penggunanya akses melalui browser di perangkat smartphone, laptop maupun komputer/PC. Berikut adalah panduan lengkapnya.

1. Buka Profil LinkedIn

Buka Profil LinkedIn

Pertama-tama, silahkan login ke dalam akun LinkedIn melalui browser di perangkat smartphone, laptop maupun komputer. Setelah berhasil masuk ke halaman utama atau beranda akun LinkedIn, silahkan ketuk tombol Saya lalu pilih Lihat Profil.

2. Tambahkan Pengalaman

Tambahkan Pengalaman

Pada halaman profil LinkedIn, akan tertera berbagai macam informasi mengenai pemilik akun. Cara selanjutnya silahkan scroll layar ke bawah sampai menemukan kolom Pengalaman. Nah, untuk menambahkan pengalaman baru, tekan tombol Plus (+) di bagian kanan layar.

3. Pilih Tambah Posisi

Pilih Tambah Posisi

Setelah menekan tombol Plus di kolom Pengalaman, nantinya akan muncul dua opsi, yaitu Tambah posisi serta Tambahkan jeda karier. Karena disini kalian ingin menambahkan pengalaman yang berfokus pada pekerjaan, maka silahkan pilih opsi Tambah posisi.

4. Menambahkan Pengalaman

Menambahkan Pengalaman

Nantinya secara otomatis muncul jendela atau pop up mengenai kolom penambahan pengalaman di LinkedIn. Silahkan isi semua data yang tersedia sesuai dengan pengalaman kalian. Adapun beberapa data perlu diisi di pengalaman tersebut yaitu seperti di bawah ini.

  • Posisi.
  • Jenis pekerjaan.
  • Nama perusahaan.
  • Lokasi.
  • Jenis lokasi.
  • Tanggal mulai bekerja.
  • Tanggal bekerja berakhir.
  • Industri.
  • Deskripsi pengalaman.
  • Keahlian.
  • Lampiran media.

5. Simpan Pengalaman

Simpan Pengalaman

Setelah semua data terisi dengan lengkap, ketuk tombol Simpan untuk menambahkan pengalaman. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara menambahkan pengalaman di LinkedIn berhasil dilakukan.

Source tutorial: Tim Iberian-Partners.com

2. Lewat Aplikasi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, penambahan pengalaman kerja di LinkedIn juga dapat dilakukan melalui smartphone menggunakan aplikasi. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik cara menambahkan pengalaman di LinkedIn melalui aplikasi di HP Android maupun iPhone di bawah ini.

1. Masuk Profil LinkedIn

Masuk Profil LinkedIn

Langkah pertama, silahkan buka dan jalankan aplikasi LinkedIn di smartphone. Pastikan terlebih dahulu perangkat mempunyai koneksi jaringan internet stabil agar pengoperasian aplikasi LinkedIn dapat berjalan lancar. Jika sudah, silahkan masuk ke akun pengguna dengan menekan tombol Lihat profil.

2. Tambah Pengalaman

Tambah Pengalaman

Pada halaman akun pengguna, akan muncul berbagai macam informasi tercantum di dalam LinkedIn. Cara berikutnya silahkan gulir layar ke bawah sampai menemukan kolom Pengalaman. Nah, untuk menambahkan pengalaman baru, tekan tombol Plus (+) di bagian kanan layar smartphone.

3. Ketuk Tambah Posisi

Ketuk Tambah Posisi

Kemudian muncul pop up baru berisikan dua opsi, yaitu Tambah posisi serta Tambahkan jeda karier. Nah, karena disini kalian ingin menambahkan pengalaman kerja, maka pilihlah opsi Tambah Posisi.

4. Menambah Pengalaman

Menambah Pengalaman

Pada tahap ini, silahkan isi semua data pengalaman kerja secara lengkap serta teliti. Nantinya akan ada beberapa kolom wajib diisi, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Posisi.
  • Jenis pekerjaan.
  • Nama perusahaan.
  • Lokasi.
  • Jenis lokasi.
  • Tanggal mulai bekerja.
  • Tanggal bekerja berakhir.
  • Industri.
  • Deskripsi pengalaman.
  • Keahlian.
  • Lampiran media.

5. Menyimpan Pengalaman

Menyimpan Pengalaman

Apabila semua data pengalaman posisi kerja di LinkedIn sudah berhasil terisi, silahkan tekan tombol Simpan. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka pengalaman kerja atau prestasi bisnis akan dicantumkan pada profil LinkedIn.

Source tutorial: Tim Iberian-Partners.com

Tips Menambahkan Pengalaman di LinkedIn

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara menambahkan pengalaman kerja atau bisnis di LinkedIn melalui browser beserta aplikasi. Seperti sudah dibahas sebelumnya, pengalaman menjadi bagian penting yang akan berpengaruh terhadap penilaian seseorang di dalam dunia kerja.

Pasalnya, pengalaman kerja mampu menjadi salah satu media promosi seseorang untuk mendapatkan peluang pekerjaan sesuai kemampuan ataupun keahliannya. Hal tersebut menjadikan salah satu alasan kenapa pengalaman atau experience di LinkedIn harus dibuat secara teliti.

Dengan pengalaman kerja lengkap dan jelas, akan membuat kemungkinan peluang dilirik oleh perekrut menjadi lebih besar. Nah, sebagai informasi tambahan di bawah ini akan kami berikan beberapa tips mengisi ataupun menulis pengalaman kerja di profil pengguna LinkedIn.

1. Tulis Lengkap Pengalaman

Apabila kalian mengisi pengalaman untuk satu posisi pekerjaan, pastikan isi data informasinya lengkap. Ketika memberikan informasi secara lengkap serta transparan, maka hal tersebut akan memudahkan calon perekrut untuk meninjau pengalaman kalian dengan instan.

2. Masukkan Informasi Relevan

Apabila mempunyai pengalaman lebih dari satu dengan jenis beragam, sebaiknya masukkan saja ke dalam bagian pengalaman. Akan tetapi, perlu diingat bahwa akan lebih baik lagi jika kalian juga memilah informasi apa saja yang perlu serta tidak perlu dimasukkan.

3. Cantumkan Link Perusahaan

Pada saat menambahkan pengalaman di LinkedIn, kalian akan diminta untuk mengisi nama perusahaan tempat bekerja. Nah, masukkan pula link berupa situs web ataupun media sosial perusahaan.

4. Periksaan Ejaan & Tata Bahasa

Tips terakhir agar pengisian pengalaman kerja di LinkedIn dapat menarik perhatian para rekrutmen yaitu dari segi ejaan hingga tata bahasa. Oleh karena itu, perhatikan kembali terkait ejaan serta tata bahasa pada saat memasukkan pengalaman di LinkedIn.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar cara menambahkan pengalaman di LinkedIn melalui browser di desktop maupun aplikasi mobile. Dimana penambahan pengalaman kerja di LinkedIn akan memberikan sejumlah manfaat, salah satunya yaitu sebagai sarana promosi diri.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa pengisian pengalaman di LinkedIn harus menggunakan ejaan dan tata bahasa yang benar agar mampu menarik perhatian para rekrutmen. Selain itu, pastikan juga informasi pengalaman kerja ataupun prestasi bisnis di LinkedIn relevan dengan keahlian serta kemampuan kalian.


Editor: Ari | Penulis: Anang

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga