Berita

12 Perusahaan Farmasi Terbesar di Indonesia 2024

Giring Erlangga

Perusahaan Farmasi Terbesar di Indonesia
Perusahaan Farmasi Terbesar di Indonesia, Source Image: cnbcindonesia.com

Iberian-Partners.com – Ada banyak perseroan farmasi di Indonesia yang memiliki produk obat-obatan dengan kualitas terbaik. Beberapa di antaranya bahkan masuk ke dalam list perusahaan farmasi terbesar di dunia.

Untuk perusahaan farmasi pertama sekaligus terbesar di Indonesia adalah Kimia Farma di mana tergabung di dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun perseroan bidang tersebut lebih banyak didominasi oleh pihak swasta.

Salah satu perusahaan farmasi terbesar milik swasta adalah PT Novell Pharmaceutical Laboratories yang sudah cukup lama beroperasi. Pada dasarnya perseroan swasta ataupun BUMN, masing-masing memiliki pangsa pasarnya sendiri.

Kami telah menyiapkan sebuah list perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, baik nasional ataupun internasional. Apabila kalian ingin mengetahui lebih lengkap mengenai daftarnya, silakan simak ulasan berikut.

Daftar Perusahaan Farmasi Terbesar di Indonesia

Informasi mengenai top 20 perusahaan farmasi terbesar di Indonesia seringkali dicari oleh masyarakat. Pada dasarnya perseroan pada bidang tersebut jumlahnya bisa mencapai kurang lebih 208 perusahaan. Namun perusahaan di mana cukup dikenal banyak orang yaitu PT Novell Pharmaceutical Laboratories.

Upah karyawan PT Novell Pharmaceutical Laboratories menjadi penyebab mengapa perusahaan farmasi ini lebih populer. Pasalnya gaji yang diberikan oleh perseroan tersebut tergolong cukup besar. Adapun informasi mengenai daftar perusahaan farmasi terbesar di Tanah Air dapat kalian ketahui lewat pembahasan di bawah ini.

1. PT Dexa Medica

PT Dexa Medica
Source Image: dexagroup.com

PT Dexa Medika merupakan perusahaan farmasi di Indonesia yang tergabung ke dalam Dexa Group. Sebagai sebuah korporasi terbesar dalam bidang tersebut, perusahaan ini turut berkontribusi untuk pengembangan obat modern asli Indonesia atau biasa dikenal dengan OMAI.

Selain itu PT Dexa Medica juga menjadi perusahaan swasta pertama di Indonesia di mana memproduksi obat generik berlogo atau OGB. Di sisi lain juga telah mendapatkan sertifikasi cara pembuatan obat yang baik (CPOB) di Indonesia.

Sebagai perusahaan farmasi terbesar, membuat PT Dexa Medica memberikan gaji tergolong cukup tinggi kepada karyawannya. Kisaran gaji karyawan entry-level di kongsi tersebut berkisar antara Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000 per bulan.

2. PT AstraZeneca Indonesia

PT AstraZeneca Indonesia Perusahaan Farmasi Terbesar di Indonesia
Source Image: liputan6.com

PT AstraZeneca Indonesia adalah salah satu perusahaan biofarmasi terbesar di Indonesia sekaligus di dunia. Perusahaan ini berpusat di Inggris dan cabangnya telah tersebar di berbagai negara, baik di Benua Asia, Eropa, Afrika ataupun Amerika.

PT AstraZeneca di Indonesia sendiri memiliki fokus terhadap pengembangan, penemuan hingga distribusi obat resep. Terutamanya guna penyakit autoimunitas, onkologi, kardiovaskular, metabolik serta pernapasan.

Namun tak hanya itu saja, PT AstraZeneca Indonesia juga berperan besar dalam pandemi Covid-19. Pasalnya perusahaan asing terbesar di Tanah Air ini turut mengembangkan penemuan beserta komersialisasi vaksin Covid-19.

3. PT Pfizer Indonesia

PT Pfizer Indonesia
Source Image: thejakartapost.com

PT Pfizer Indonesia yaitu sub perusahaan Pfizer Inc di mana merupakan kongsi farmasi serta bioteknologi berskala multinasional. Pfizer membuat beragam produk obat-obatan, baik itu dengan resep ataupun non resep.

Tidak hanya memproduksi obat-obatan saja, tetapi PT Pfizer Indonesia juga mengembang sebuah vaksin untuk menghadapi pandemi Covid-19 bernama Pfizer-BioNTech. Banyak negara termasuk Indonesia menggunakan vaksin buatan dari perusahaan farmasi tersebut.

Adapun seorang pekerja di PT Pfizer Indonesia ini mendapatkan rentang gaji antara Rp 6.000.000 – Rp 8.500.000 per bulan. Menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia membuat kongsi ini kerap membuka lowongan kerja. Loker dari PT Pfizer beberapa di antaranya ditujukan bagi seorang fresh graduate.

4. PT Kalbe Farma Tbk

PT Kalbe Farma
Source Image: market.bisnis.com

PT Kalbe Farma Tbk menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1966. Seiring berjalannya waktu perusahaan tersebut terus melakukan inovasi terbaru guna mengembangkan produk obat buatannya.

Tak hanya membuat produk farmasi, tetapi PT Kalbe Farma Tbk juga mengembangkan suplemen beserta nutrisi. Hingga sekarang perusahaan tersebut sukses mendistribusikan produk-produknya ke mancanegara di 5 benua.

PT Kalbe Farma Tbk seringkali memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung sebagai karyawannya. Bahkan seorang lulusan baru tanpa pengalaman diperbolehkan melamar kerja di perusahaan farmasi terbesar di Indonesia ini. Adapun gaji pekerja PT Kalbe Farma Tbk berada dikisaran Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000.

5. Kimia Farma

Kimia Farma
Source Image: kompas.id

Tak ketinggalan, ada perusahaan BUMN yang menempati posisi di dalam daftar perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yaitu Kimia Farma. Sejak pertama kali berdiri 16 Agustus 1971, kongsi tersebut memiliki perkembangan tergolong cukup cepat.

Pasalnya Kimia Farma sukses mengembangkan produk-produk farmasi di mana bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Beberapa produknya seperti obat modern maupun obat tradisional. Oleh karena itu Kimia Farma berhasil mendapatkan kepercayaan dari orang banyak.

Mengingat lantaran Kimia Farma termasuk dalam perusahaan farmasi terbesar, maka tak heran jika banyak pelamar kerja berminat bekerja di sini. Pasalnya pemberian gaji dari perusahaan tersebut tergolong besar.

6. PT Ferron Par Pharmaceutical

PT Ferron Par Pharmaceutical
Source Image: bursaloker.id

Ferron Par Pharmaceutical merupakan salah satu bagian dari Dexa Group di mana menyediakan pengembangan, produksi hingga pemasaran produk farmasi. Secara resmi perusahaan tersebut berdiri pada tahun 2001 dan sampai sekarang terus berkembang.

Ferron Par Pharmaceutical menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar sekaligus terbaik di Indonesia. Hal itu dikarenakan perusahaan ini telah menciptakan berbagai produk di mana banyak diminati di pasaran.

Tak hanya itu saja Ferron Par Pharmaceutical juga menjadi perusahaan farmasi dengan gaji terbesar di Indonesia. Beberapa posisi karyawan bahkan bisa memperoleh penghasilan per bulan di mana bisa melebihi UMR kota setempat. Di sisi lain Ferron Par Pharmaceutical memberikan fasilitas tunjangan kepada karyawannya.

7. Merck

Merck Perusahaan Farmasi Terbesar di Indonesia
Source Image: orga.co.id

Merck atau atau Merck Sharp Dohme (khusus untuk kawasan di luar Amerika maupun Kanada) yakni salah satu perusahaan farmasi multinasional terbesar di dunia dengan kantor pusatnya berada di Rahway, New Jersey.

Merck Sharp and Dome (MSD) Indonesia memiliki pabrik produksi di Pandaan, Jawa Timur. Melalui pabriknya MSD Indonesia beroperasi sebagai distributor serta produsen. Proses manufaktur perusahaan tersebut memproduksi berbagai jenis produk farmasi. Mulai dari obat-obatan untuk penyakit infeksi, kardiovaskular serta pernapasan.

Pabrik MSD Indonesia menjadi distributor produk manufaktur di Tanah Air hingga ke negara-negara Asia. Produk dari perusahaan farmasi terbesar ini memang sudah cukup dikenal oleh khalayak.

8. PT Novell Pharmaceutical Laboratories

PT Novell Pharmaceutical Laboratories 1
Source Image: wahanacipta.co.id

Daftar perusahaan farmasi terbesar di Indonesia selanjutnya yaitu ada PT Novell Pharmaceutical Laboratories. Didirikan pada tahun 1998, hingga kini produknya sudah digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu Novell Pharmaceutical Laboratories mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

PT Novell Pharmaceutical Laboratories menjadi perusahaan farmasi pertama di Indonesia yang memperoleh lisensi GMP dari Uni Eropa untuk perizinan pabrik injeksi. Perusahaan tersebut memiliki sejumlah pabrik tempat produksi yang tersebar di beberapa wilayah di Tanah Air.

Menjadi perusahaan terbesar membuatPT Novell Pharmaceutical Laboratories begitu banyak diminati oleh para pelamar kerja. Mengingat korporasi farmasi tersebut memberikan gaji besar kepada pekerjanya. Di samping itu bekerja di PT Novell Pharmaceutical Laboratories memiliki jenjang karir lebih terjamin.

9. Bayer Indonesia

Perusahaan Farmasi Terbesar Bayer Indonesia
Source Image: topmedia.co.id

Bayer Indonesia adalah perusahaan farmasi multinasional di mana memiliki fokus utama terhadap inovasi di bidang pertanian serta perawatan kesehatan. Kongsi tersebut sebagai sub perusahaan Bayer AG yang berpusat di Negara Jerman.

Secara badan hukum, Bayer Indonesia didirikan pada tahun 1957. Seiring berjalannya waktu, membuka beberapa sektor industri. Hal itu meliputi Bayer Crop Science, Bayer Health Care hingga Bayer Material Science.

Bayer Indonesia kerap membuka lowongan kerja untuk menempati berbagai posisi dengan beberapa syarat seperti minimal jenjang pendidikan SMA/SMK hingga S1. Prospek karir di perusahaan tersebut termasuk cukup menjanjikan. Seorang pekerja Bayer Indonesia akan diberi pengembangan serta promosi jabatan.

10. PT Interbat

Perusahaan Farmasi Terbesar PT Interbat
Source Image: interbat.co.id

Berawal sebagai distributor produk farmasi di kawasan Eropa sejak tahun 1948. Kini PT Interbat telah berkembang dengan menjadi salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi berbagai macam produk farmasi serta sudah disetujui sejak tahun 1959.

PT Interbat sendiri telah membuka pabrik produksi di sejumlah daerah seperti Sidoarjo, Surabaya dan lain-lain. Perusahaan terbesar dalam bidang farmasi ini memang sudah banyak dikenali banyak orang karena produknya seringkali digunakan.

11. Pharos Indonesia

Perusahaan Terbesar Pharos Indonesia
Source Image: ketik.co.id

Pharos Indonesia adalah salah satu perusahaan farmasi terbesar di Tanah Air yang memproduksi serta memasarkan produk-produknya sesuai dengan kebutuhan masyarakat luas. Perusahaan ini didirikan pada 30 September 1971 oleh Drs. Eddie Lembong, seorang entrepreneur.

Pharos Indonesia merupakan perusahaan farmasi pertama di Tanah Air yang memiliki CPOB. Korporasi tersebut telah memproduksi serta memasarkan lebih dari 400 produk obat resep, obat non-resep (OTC), suplemen, obat tradisional, produk kecantikan hingga makanan.

Tidak hanya fasilitas produksi saja, tetapi Pharos Indonesia juga mempunyai anak usaha retail Century Healthcare serta Apotek Generik dengan jumlah mencapai 400 apotek tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

12. PT Sanbe Farma

PT Sanbe Farma
Source Image: Google Maps

Daftar terakhir perusahaan farmasi terbesar di Tanah Air adalah PT Sanbe Farma yang melaksanakan pengembangan formulasi, penjualan produk obat serta produksi. Perusahaan tersebut didirikan sejak tahun 1975 dan terus berkembang dengan cukup pesat.

PT Sanbe Farma memiliki 8 fasilitas manufaktur di mana disetujui cGMP berdasarkan Standar Internasional. Perusahaan tersebut juga melakukan operasi internasional di sejumlah negara serta memberikan kontribusi besar terhadap perawatan medis global.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai list perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat menambah wawasan bagi kalian yang ingin mengetahui tentang perseroan dalam bidang tersebut.

Photo of author

Giring Erlangga

Giring Erlangga, lulusan S1 Universitas Gadjah Mada, telah membangun karir sebagai penulis topik pekerjaan dan profesi selama 5 tahun. Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, ia menerjemahkan pengalaman dan pengetahuan akademisnya ke dalam tulisan yang inspiratif dan informatif, membantu banyak orang dalam merancang dan mengembangkan karier mereka.

Baca Juga