Berita

Tugas Utama Admin Elsimil, Berikut Penjelasannya!

Bayu Grahita

Tugas Utama Admin Elsimil
Tugas Utama Admin Elsimil, Source Image: Iberian-Partners.com

Iberian-Partners.com – Belakangan ini banyak orang ingin mengetahui apa tugas utama admin Elsimil. Karena pekerjaan tersebut terbilang mudah untuk ditekuni dan memiliki persyaratan yang cukup ringan.

Elsimil merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kemenag Indonesia guna membantu calon pengantin mempersiapkan pernikahan hingga kehamilan. Secara tidak langsung, tugas utama admin Elsimil erat kaitannya dengan software tersebut.

Namun, apakah tugas utama admin Elsimil hanya sebatas itu saja? Tentu tidak, ada beberapa tugas lain yang dikerjakan oleh karyawan tersebut guna mendukung masyarakat merawat anak supaya tidak terkena stunting.

Bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa tugas utama admin Elsimil sesuai dengan standar operasional kerjanya. Silakan simak pembahasan Iberian-Partners.com di bawah ini supaya lebih memahami apa saja tugas admin aplikasi tersebut.

Pengertian Admin Elsimil

Pengertian Admin Elsimil

Admin Elsimil adalah petugas Kota maupun Kecamatan yang mengelola aplikasi elektronik siap nikah dan hamil (Elsimil). Sebagai program BKKBN dalam upaya menurunkan angka stunting, Elsimil berguna untuk melihat kondisi calon pengantin, berat badan menurut umur, serta tinggi badan menurut umur.

Admin Elsimil dibutuhkan oleh calon pengantin untuk lebih memahami tentang pencegahan stunting melalui sebuah program dengan 1000 hari pertama kehidupan. Melalui aplikasi tersebut, admin akan membantu masyarakat melihat kesiapan catin, apakah sudah siap membina rumah tangga nantinya.

Jadi, Elsimil adalah aplikasi edukasi serta sistem elektronik yang ditujukan kepada calon pengantin siap nikah dan hamil. Aplikasi tersebut dibentuk skrining serta edukasi kesehatan reproduksi maupun perbaikan gizi catin perempuan guna menuju perilaku hidup sehat.

Aplikasi Esimil diluncurkan BKKBN pada Tahun 2022 guna mendapatkan sertifikat sebagai syarat wajib yang harus dimiliki calon pengantin. Catin hanya perlu pergi ke klinik swasta, puskesmas, bidan atau dokter tersebut untuk mendapatkan sertifikat Elsimil.

Tugas Utama Admin Elsimil

Tugas Utama Admin Elsimil Lengkap

Dengan mengetahui pengertian admin Elsimil, tentunya Anda sedikit mendapatkan gambaran tugas utamanya. Di mana, pekerjaan tersebut bertugas mengatur memonitoring, serta mengontrol segala aktivitas terkait aplikasi Elsimil.

Melihat Elsimil, ada beberapa hal yang perlu dicek dari tinggi, berat badan, lingkar lengan atas, dan kadar hemoglobin. Karena, aplikasi ini dibuat guna meningkatkan kesejahteraan calon keluarga baru untuk mendapatkan kualitas hidup baik dengan upaya pencegahan stunding sedari dini.

Admin Elsimil memegang perang penting terhadap pengelolaan aplikasi, memastikan berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat bagi calon pengantin. Berikut adalah tugas utama admin Elsimil:

1. Memudahkan Pendaftaran Akun Elsimil

Salah satu tugas utama admin Elsimil, yakni membantu catin ketika proses pendaftaran akun pada aplikasi Eslimil. Admin harus mendampingi peserta dari menjelaskan cara pendaftaran Elsimil, membantu mengisi formulir pendaftaran, melengkapi syarat administrasi serta konfirmasi akun Elsimil calon pengantin.

Dengan adanya bantuan dari admin Elsimil, diharapkan catin mudah mendapatkan akun Elsimil. Sehingga, kehidupan baru catin dapat berjalan baik tanpa halangan apapun hingga 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

2. Mendampingi Pengisian Elsimil

Sesudah calon pengantin membuat akun, admin Elsimil memiliki tugas utama lainnya yaitu mendampingi peserta mengisi berbagai kuesioner serta data diri yang dibutuhkan. Proses pendampingan tersebut penting dilakukan guna memastikan catin mengisi kuesioner dengan benar guna memberikan data lengkap serta akurat.

Biasanya proses pendampingan pengisian kuesioner maupun data diri catin, admin Eslimil membutuhkan waktu kurang lebih 60 hingga 90 menit. Setelah itu, admin wajib mengecek kembali semua kuesioner dan data diri untuk memastikan sudah teriisi benar.

3. Mengelola Aplikasi Elsimil

Tugas paling mendasar admin Elsimil adalah mengelola aplikasi Elsimil. Tugasnya mencakup input data calon pengantin ke dalam sistem, berkomunikasi dengan catin lewat aplikasi, menyediakan informasi mengenai Elsimil, dan memberikan edukasi kepada catin tentang penggunaan fitur di dalam aplikasi.

Dalam mengelola Elsimil, admin juga harus memastikan semua fitur dapat diakses, data tersimpan dengan aman, serta tidak mengalami gangguan teknis. Apabila aplikasi mengalami kendala, maka admin harus segera melakukan pembaharuan.

4. Melaksanakan Rekapitulasi Data

Semua data calon pengantin yang berhasil dimasukkan ke dalam Elsimil, nantinya perlu melalui prosedur rekapan admin. Hal tersebut erat kaitannya dengan tugas utama admin yakni, rekapitulasi data meliputi analisa data demografi, mengevaluasi efektivitas program, dan membantu jumlah catin Elsimil.

Hasil data tersebut nantinya akan dilaporkan kepada instansi pemerintah seperti Kementerian Agama Indonesia. Selanjutnya catin akan menerima rapor berbentuk sertifikat berdasarkan kuesioner serta data dirinya.

Apabila sertifikat Elsimil hasilnya berisiko atau merah, pernikahan tetap boleh dilangsungkan. Akan tetapi, Tim Pendamping Keluarga (TPK) akan memberikan rekomendasi guna menunda kehamilan.

5. Menjalin Hubungan dengan Instansi

Demi meningkatkan kualitas Elsimil, admin harus bisa menjalin hubungan dengan berbagai instansi terkait meliputi Dinas Kesehatan, Kantor Urusan Agama (KUA), Rumah Sakit dan lain sebagainya. Bentuk kerja sama tersebut sebagai tugas utama admin untuk mengoordinasi mengenai program edukasi calon pengantin, mengembangkan fitur, serta pelatihan penggunaan Elsimil.

Adanya hubungan baik dengan berbagai instansi, diharapkan Elsimil bisa memberikan manfaat kepada catin dari tahap pernikahan hingga kehamilan. Sehingga, catin dapat memperoleh 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang baik.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai pengertian dan tugas utama admin Elsimil yang belakangan ini diperbincangkan masyarakat Indonesia. Kesimpulannya, tugas utama Admin Elsmil adalah sebagai pendamping calon pengantin membuat akun, mendampingi pengisian kuesioner hingga mengelola aplikasi supaya bisa diakses dengan lancar.

Mungkin itu saja informasi dari Iberian-Partners.com mengenai tugas utama admin Elsimil. Semoga dengan adanya pembahasan di atas, dapat menambah wawasan mengenai pentingnya pekerjaan tersebut untuk memudahkan calon pengantin mendapatkan sertifikat Elsimil.

Photo of author

Bayu Grahita

Bayu Grahita, alumnus Universitas Udayana, telah menulis topik berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan keahlian dan pengalamannya, Bayu memberikan wawasan baru tentang tren industri, membantu pembaca navigasi pasar kerja.

Baca Juga