Berita

20 Contoh Foto Full Body Bank Untuk Lamar Kerja dan Ukuran Yang Benar

Bayu Grahita

Foto Full Body Bank
Foto Full Body Bank, Source Image: Bridestory

Iberian-Partners.com – Foto full body kerap menjadi salah satu syarat melamar kerja di bank. Sebab, perekrut cenderung lebih memperhatikan nilai kebersihan dan keteraturan dalam hal penampilan fisik pelamar.

Hal yang perlu diperhatikan ketika mengambil foto full body adalah ukuran, background dan pakaian. Tujuannya menambah nilai ketertarikan dan minat HRD bank saat melihat surat lamaran kerja kalian.

Tidak dipungkiri sebelum melamar kerja di bank, tentu pelamar membutuhkan contoh foto full body. Supaya terhindar dari kesalahan, di mana bisa menghambat kesempatan lolos seleksi.

Beberapa kriteria foto full body harus diketahui, sebelum mengirimkan lamaran kerja di bank tertentu. Agar lebih jelas terkait ukuran, background, cara mengambil foto serta contohnya, silakan simak ulasan berikut.

Ukuran Foto Full Body Bank yang Benar

Ukuran foto full body melamar kerja di bank yang benar juga sangat penting. Pastikan dimensi tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar. Ukuran yang dianjurkan untuk foto full body bank adalah:

  • Ukuran 3R/4R.
  • Dalam cm: 8,9 x 12,7 cm.
  • Dalam mm: 89 x 127 mm.
  • Dalam inch: 3 x 4 inch.
  • Pixel 200 DPI: 700 x 1000 px.

Pastikan kembali foto kalian dapat diakses serta dilihat dengan mudah melalui aplikasi atau website bank. Ingatlah bahwa foto identitas dapat memberikan kesan positif pada pelamar dan meningkatkan kesempatan lolos seleksi tahap awal.

Background Foto Full Body Bank

Pada umumnya warna background foto lamaran kerja berwarna merah atau biru, ada pun instansi pemerintah di mana menggunakan warna sesuai tahun lahir. Di mana warna biru untuk tahun genap dan merah tahun ganjil.

Perusahaan umum biasanya menggunakan background putih, hitam atau warna netral lainnya. Kebanyakan perusahaan tidak memberikan ketentuan pada background foto full body saat melamar kerja.

Artinya background foto full body bank, bergantung pada instansi pemerintah atau merupakan perusahaan umum. Selain itu, apabila menggunakan warna merah atau biru gunakan warna yang tidak terlalu mencolok dan berbeda dengan pakaian.

Kriteria Foto Full Body Bank yang Benar

Umumnya tidak ada aturan khusus mengenai foto formal yang perlu dicantumkan dalam berkas lamaran kerja. Namun, itulah mengapa banyak orang masih salah atau menganggap remeh foto diri ketika melamar kerja.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, supaya mendapatkan kesan pertama yang baik di mata perekrut atau HDR. Foto full body dalam berkas lamaran dapat membantu penilaian kepribadian pelamar, terutama lewat mimik wajah serta gestur tubuh.

Lantas seperti apa kriteria foto full body bank yang benar dan disukai oleh HDR? Jika kalian bingung apa saja penilaian aspeknya, kriteria foto full body lamaran kerja di bank antara lain:

1. Foto Terbaru

Buat foto lamaran pekerjaan terbaru, sebab manusia mengalami perubahan fisik walaupun sedikit. Bisa saja tampilan wajah berbeda pada ketik kalian foto untuk melamar kerja beberapa tahun lampau. Maka dari itu, disarankan berilah foto paling baru.

Selain itu, latihlah ekspresi wajah kalian saat berfoto full body, di mana memengaruhi hasil tangkapan gambar. Usahakan tersenyum secukupnya, namun tidak terlihat kaku terlebih sampai kelihatan gigi. Hal tersebut akan memberikan pengurangan nilai saat seleksi tahap awal.

2. Berikan Pose

Posisi tubuh kurang tegak akan berpengaruh pada nilai foto full body. Pastikan dagu dan bahu tegak supaya hasil foto tidak bungkuk, sehingga terlihat elegan dan profesional saat perekrut melihat lamaran kerja kalian.

Gunakan sudut pandang, agar memperlihatkan seluruh badan dengan jelas. Kalian bisa mencoba berdiri dengan kaki selebar bahu, menghadap langsung ke kamera serta berikan tatap tegas dan percaya diri.

4. Gunakan Baju Formal

Berpakaian rapi atau formal merupakan salah satu hal yang perlu kalian perhatikan ketika mengambil foto dalam lamaran kerja. Disarankan mengenakan kemeja dan celana panjang, pastikan terlebih dahulu tidak terlihat kusut.

Gunakan sepatu berwarna netral seperti hitam, putih maupun abu-abu agar memberikan kesan seorang profesional. Di samping itu hindari mengenakan pakaian terlalu ketat atau longgar. Adapun tips memilih pakaian tepat saat proses foto full body lamaran kerja di bank di antaranya:

  • Hindari pakaian bermotif baik aksesoris maupun perlengkapan lainnya.
  • Perhatikan kebersihan pakaian.
  • Pilih pakaian sesuai profil bank.
  • Jangan mengenakan aksesoris berlebihan.

Contoh Foto Full Body Bank

Kriteria foto full body untuk melamar kerja di bank sebenarnya berbeda-beda. Namun setidaknya ada beberapa ketentuan umum yang bisa kalian terapkan. Contoh foto full body bank di antaranya:

1. Casual Wanita

Contoh Foto Full Body Bank Casual Wanita
Source Image: Superapp

Contoh foto full body pertama, yakni casual wanita. Seperti gambar di atas wanita tersebut memakai blazer hitam, dan sepatu berwarna tidak mencolok. Ekspresi senyum yang dibawakannya pun tidak berlebihan serta tangan di masukan ke dalam saku celana.

2. Casual Pria

Foto Full Body Bank Casual Pria
Source Image: Superapp

Foto full body casual pria memakai setelan rapi, sehingga terlihat percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan. Dresscode seperti inilah bisa menjadi referensi kalian, dengan kombinasi warna jas dan celana yang seragam.

3. Foto Full Body Berhijab

Contoh Foto Full Body Bank Berhijab
Source Image: Rumah123

Bagi wanita berhijab, mungkin contoh foto full body di atas dapat dijadikan referensi. Sebab warna jilbab tidak berlebihan dan menyatu dengan setelan yang dikenakannya. Selain itu, hijab polos dan tidak bercorak pun terlihat lebih rapi dan ceria.

4. Tanpa Jas Pria

Foto Full Body Bank Tanpa Jas Pria
Source Image: Bankbjb

Contoh full body tanpa jas pria, mungkin berbeda dengan contoh lainnya. Pasalnya potret model di atas tidak mengenakan blazer, namun tetap menggunakan kemeja lengan panjang. Tak semua bank mensyaratkan penggunaan jas untuk foto full body melamar kerja di bank.

5. Tanpa Jas Wanita

Contoh Foto Full Body Tanpa Jas Wanita
Source Image: Tipkerja

Seperti yang terlihat rambut wanita pada contoh foto full body tersebut, tidak dikuncir namun rambuatnya tetap rapi dengan memperlihatkan telinga. Selain itu, pose melipat tangan akan terlihat lebih meyakinkan pihak perekrut atau HRD.

6. Memegang Kancing

Contoh Foto Full Body Bank Memegang Kancing
Source Image: Pinterest

Selain pose melipat atau memasukkan tangan ke dalam saku, adapun gaya tangan memegang kancing dapat menjadi referensi. Tidak perlu khawatir, pose seperti contoh foto full body di atas masih di anggap formal.

7. Setengah Duduk Pria

Full Body Setengah Duduk Pria
Source Image: Madenginer

Foto full body setengah duduk sebenarnya bersifat opsional, maka setidaknya harus punya tangkapan gambar berdiri tegak terlebih dahulu. Meskipun begitu, pose seperti ini juga tetap diperbolehkan, sebab tidak menghilangkan esensi full body itu sendiri.

8. Santai

Contoh Foto Full Body Bank Santai
Source Image: Rumah123

Berbeda dengan foto full body sebelumnya, pose santai untuk melamar kerja di bank tetap bisa digunakan. Sebab beberapa bank masih menganggap gaya santai seperti contoh gambar di atas tetap memiliki kesan formal. Dengan gaya memasukkan satu tangan ke dalam saku jas.

9. Menarik

Contoh Foto Full Body Bank Menarik

Kombinasi warna blazer dan celana warna cream bermotif tidak berlebihan juga dapat digunakan, sebab tidak sedikit bank menganggap foto full body seperti contoh di atas masih tetap formal. Terlebih dengan senyum secukupnya, kalian bisa menarik perhatian HRD.

10. Keren

Contoh Foto Full Body Bank Keren
Source Image: Superapp

Contoh foto full body bank selanjutnya adalah keren, di mana contoh gambar tersebut menunjukkan seorang pria seolah-olah berjalan. Tangkapan gambar candid, juga dapat digunakan untuk melamar kerja di beberapa bank.

11. Formal Pria

Contoh Foto Full Body Bank Formal Pria
Source Image: Rumah123

Dari banyaknya contoh mungkin foto full body inilah yang terlihat paling formal. Pasalnya gambar di atas dapat ditiru dengan mudah karena dasarnya semua bank menginginkan gaya maupun ekspresi tidak berlebihan.

12. Formal Wanita

Contoh Foto Full Body Formal Wanita
Source Image: Ojolakademi

Tak hanya pria, kaum wanita pun bisa menggunakan foto full body formal. Gambar di atas bisa sebagai contoh, bagi yang bingung memakai pakaian seperti apa untuk foto lamaran kerja di bank.

13. Background Merah

Foto Lamar Kerja di Bank Background Merah
Source Image: LinkedIn

Menjadi salah satu alasan kenapa background merah sering digunakan, karena beberapa perusahaan ingin calon karyawannya foto full body dengan latar tersebut. Di samping terlihat formal, latar merah digunakan untuk tahun lahir ganjil.

14. Background Biru

Coontoh Foto Full Body Bank Background Biru
Source Image: LinkedIn

Selain warna merah, background biru pun termasuk dalam kriteria formal di beberapa bank di Indonesia. Sebagai instansi pemerintahan tertentu, biasanya foto full body berlatar belakang tersebut. Ditujukan pada calon karyawan lahir pada tahun genap.

15. Berpose

Foto Full Body Bank Berpose
Source Image: Superapp

Tak sedikit calon karyawan yang berpose seolah-seolah sedang melakukan salah satu pekerjaannya di bank. Namun, contoh foto full body tersebut tidak dipermasalahkan di beberapa bank. Sebab terlihat menarik dan lebih percaya diri terhadap posisi kerja yang mereka tuju.

16. Setengah Duduk Wanita

Foto Full Body Setengah Duduk Wanita
Source Image: Superapp

Selain pria, foto full body setengah duduk juga kerap dilakukan oleh wanita. Sebab pose tersebut tidak mengurangi penilaian apabila lamaran kerja sampai ke HRD. Namun, tidak meninggalkan setelan formal dan rapi sehingga menarik perhatian perekrut.

17. Ukuran 4R

Contoh Foto Ukuran 4R
Source Image: Mployee

Tak ayal banyak orang menyebut ukuran foto full body 4R itu salah, nyatanya beberapa bank tidak mempermasalahkan hal tersebut. Asalkan setelan tetap formal dan rapi, terlebih warna background yang digunakan tidak berlebihan.

18. Profesional

Contoh Foto Full Body Bank Profesional
Source Image: Superapp

Sekarang tak jarang orang mengirimkan lamaran kerja dengan pose foto seolah-olah profesional di posisi kerja yang dituju. Hal tersebut tentu akan lebih menarik perhatian HRD atau perekrut, karena terlihat mampu mengerjakan pekerjaan dengan cepat.

19. Ukuran 3R

Contoh Foto Full Body Bank Ukuran 3R

Ukuran 3R masih kerap digunakan untuk foto lamaran kerja di beberapa bank, karena menurutnya dimensi tersebut pas memperlihatkan keseluruhan badan. Akan tetapi, jangan menghilangkan kesan formal dan siap kerja.

20. Tersenyum

Foto Full Body Bank Tersenyum
Source Image: Swa

Banyak bank tak mempermasalahkan foto seluruh badan calon pelamar tersenyum. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan ketika melemparkan senyuman pada tangkapan gambar tersebut. Jadi, bayangkan ketika tersenyum kepada konsumen saat melakukan pekerjaan tertentu.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh foto full body lamaran kerja di bank dilengkapi pembahasan ukuran, background dan kriteria. Kesimpulannya, foto seluruh badan bank memiliki ketentuan berbeda-beda. Namun, pastikan tetap terlihat formal dan rapi sehingga menarik perhatian HRD.


Editor: Ari | Penulis: Bayu

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Bayu Grahita

Bayu Grahita, alumnus Universitas Udayana, telah menulis topik berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan keahlian dan pengalamannya, Bayu memberikan wawasan baru tentang tren industri, membantu pembaca navigasi pasar kerja.

Baca Juga