Berita

Contoh Soal P3K Perawat dan Jawabannya 2024-2025

Anang Cahyono

Contoh Soal P3K Perawat dan Jawabannya
Ilustrasi Perawat, Source: fikes.almaata.ac.id

Iberian-Partners.com – Bagi para calon peserta seleksi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) khususnya Tenaga Kesehatan (nakes) seperti perawat, tentunya mereka wajib mempelajari contoh soal ujiannya. Nantinya contoh soal P3K dan jawabannya tersebut dapat dijadikan sebagai bahan belajar dalam mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi.

Seperti diketahui, formasi perawat merupakan salah satu profesi yang cukup banyak dibutuhkan setiap tahunnya. Maka dari itu, mempelajari contoh soal P3K perawat dan jawabannya menjadi poin penting perlu dilakukan agar nantinya tes seleksi bisa dilalui tanpa adanya hambatan.

Di dalam contoh soal P3K perawat dan jawabannya tersebut akan berisikan sejumlah kisi-kisi yang diadaptasikan dari beberapa materi kompetensi umum maupun khusus. Tujuan mempelajari contoh soal tersebut yaitu agar nantinya calon ASN mempunyai skor di atas nilai ambang batas P3K teknis.

Pada intinya, contoh soal P3K ini nantinya akan membantu seseorang agar mampu menghadapi ujian ataupun tes seleksi CASN keperawatan. Maka dari itu, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai contoh soal P3K perawat dan jawabannya disertai materi hingga kisi-kisinya.

Apa Itu P3K Perawat?

Apa Itu P3K Perawat
Source: atmago.com

Sebelum membahas contoh soal P3K perawat dan jawabannya lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, PPPK atau P3K merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk para ASN (Aparatur Sipil Negara).

Jenis formasi yang dimasukkan ke dalam P3K tersebut juga tergolong cukup banyak, salah satunya yaitu perawat yang termasuk ke bidang Tenaga Kesehatan (nakes). Oleh karena itu, P3K perawat dapat diartikan sebagai seleksi CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) untuk mengisi formasi Tenaga Kesehatan.

Melalui program tersebut, pemerintah membebaskan seluruh tenaga kesehatan warga negara Indonesia (WNI) untuk mendaftarkan diri mengikuti tes seleksi. Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk mengikuti tes seleksi P3K perawat, nantinya calon peserta harus memenuhi semua syarat beserta ketentuannya.

Materi Soal P3K Perawat

Materi Soal P3K Perawat
Source: blogs.insanmedika.co.id

Ketika hendak mencari tahu beberapa contoh soal P3K perawat dan jawabannya, tentunya kalian juga harus memahami beberapa kisi-kisi materinya. Perlu diingat, perekrutan P3K formasi perawat dalam Tenaga Kesehatan tersebut tentunya mempunyai beberapa kriteria atau kualifikasi khusus.

Pasalnya, Pemerintah Indonesia telah mempunyai fokus untuk memastikan bahwa setiap P3K yang direkrut merupakan individu profesional serta memiliki kompetensi mumpuni di setiap jabatannya. Oleh karena itu, seleksi P3K perawat tidak hanya mencakup tahap administrasi saja.

Jadi, nantinya akan ada tahap seleksi kompetensi yang mencakup beberapa aspek utama, mulai dari kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural hingga kompetensi teknis. Nah, dalam hal ini nantinya kami akan menjelaskan materi soal P3K perawat khusus pada kompetensi teknis.

Seperti yang sudah tertera di dalam Surat Edaran Pemerintah Indonesia tentang Perawat Ahli Pertama, terdapat dua kategori kompetensi teknis. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara rinci materi kompetensi P3K perawat, entah itu kompetensi umum maupun khusus.

Kompetensi Umum

  • Komunikasi Terapeutik Perawat-klien
    • Seorang perawat harus menguasai kemampuan berkomunikasi bersama pasien secara empatik. Namun perawat juga harus mengedepankan aspek psikologis dan emosi pasien serta mampu membangun hubungan dengan baik.
  • Edukasi dalam Keperawatan
    • Memberikan edukasi kepada para pasien maupun keluarganya tentang kondisi kesehatan, perawatan hingga tindakan tepat terkait penanganannya.
  • Penyelenggaraan Praktik Etik & Legal dalam Pelayanan Keperawatan
    • Memahami serta menjalankan praktik etika dan hukum dalam profesi keperawatan, termasuk hak hingga kewajiban pasien hingga kepatuhan terhadap regulasi.

Kompetensi Khusus

  • Pengkajian Keperawatan
    • Mempunyai kemampuan dalam mengumpulkan data secara relevan mengenai pasien, entah itu melalui wawancara, observasi maupun pemeriksaan fisik.
  • Diagnosis Keperawatan
    • Mampu menganalisis data pengkajian guna menentukan masalah kesehatan pasien serta merumuskan diagnosis keperawatan secara akurat.
  • Rencana Keperawatan
    • Mampu merencanakan tindakan keperawatan sesuai dengan kebutuhan pasien, termasuk penentuan prioritas, perencanaan intervensi serta pemantauan.
  • Tindakan Keperawatan Spesifik Kompleks
    • Mampu melaksanakan langkah keperawatan secara kompleks dan sesuai standar profesional Tenaga Kesehatan.
  • Evaluasi Keperawatan
    • Mampu menilai hasil dari tindakan keperawatan yang sudah dilaksanakan serta melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan.
  • Pendokumentasian Asuhan Keperawatan
    • Bersedia menyimpan catatan secara akurat serta lengkap terkait asuhan keperawatan para pasien.
  • Pengolahan Pelayanan Keperawatan
    • Mampu mengoordinasikan perawatan pasien, bekerja dalam tim serta berkontribusi pada perbaikan pelayanan keperawatan.
  • Tindakan Pencegahan Infeksi
    • Mampu mengimplementasikan protokol kebersihan serta pencegahan infeksi untuk memastikan pasien terhindar dari risiko infeksi.

Ketika memahami materi pokok soal P3K perawat, tentunya akan membantu para peserta seleksi P3K untuk mempersiapkan diri dengan baik. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk mendalami setiap kompetensi terkait bidang Tenaga Kesehatan, entah itu kompetensi umum maupun khusus.

Contoh Soal P3K Perawat dan Jawabannya

Contoh Soal P3K Perawat
Source: gramedia.com

Setelah memahami sekilas pengertian hingga kisi-kisi materi P3K perawat di dalam dunia Tenaga Kesehatan, maka selanjutnya tinggal mencari tahu contoh soal beserta jawabannya. Perlu diketahui, contoh soal P3K perawat dan jawabannya ini nantinya hadir dalam bentuk pilihan ganda.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, mempunyai skor di atas nilai batas ambang menjadi salah satu tolak ukur CASN dapat dinyatakan lolos seleksi. Dimana untuk saat ini nilai batas ambang P3K tersebut sudah diatur oleh keputusan pemerintah sehingga mempunyai ketentuannya tersendiri.

Berbicara mengenai tes seleksi P3K perawat, daftar contoh soal yang akan kami sajikan di bawah ini di rangkum dari sejumlah kisi-kisi serta materi yang terdapat di dalam bidang Tenaga Kesehatan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik contoh soal P3K perawat dan jawabannya berikut ini.

Contoh Soal 1

Memelihara dan meningkatkan kesehatan termasuk . . . dari tujuan keperawatan keluarga.

a. Tujuan umum
b. Tujuan khusus
c. Strategi
d. Sasaran
e. Fungsi

Jawabannya A

Contoh Soal 2

Pihak yang memiliki peran besar untuk mendukung keberhasilan program keperawatan keluarga adalah . . .

a. Dokter
b. Perawat
c. Pemerintah
d. Tenaga kesehatan puskesmas
e. Anggota keluarga

Jawabannya E

Contoh Soal 3

Tahapan yang tepat dalam proses keperawatan keluarga adalah . . .

a. Pengkajian – perencanaan – diagnosis – pelaksanaan – evaluasi
b. Diagnosis – pengkajian – perencanaan – pelaksanaan – evaluasi
c. Pengkajian – diagnosis – perencanaan – pelaksanaan – evaluasi
d. Perencanaan – diagnosis – pengkajian – pelaksanaan – evaluasi
e. Diagnosis – pengkajian – perencanaan – pelaksanaan – evaluasi

Jawabannya C

Contoh Soal 4

Berikut ini adalah sasaran yang tepat untuk menjadi sasaran promosi kesehatan, kecuali . . .

a. Keluarga
b. Sekolah
c. Tempat kerja
d. Butik
e. Puskesmas

Jawabannya D

Contoh Soal 5

Penyakit degeneratif disebut juga dengan . . .

a. Penyakit akut
b. Penyakit langka
c. Penyakit menular
d. Penyakit penuaan
e. Penyakit kronik

Jawabannya D

Link Download Soal P3K Perawat dan Jawabannya

Link Download Soal P3K Perawat dan Jawabannya
Source: fokusmedia.id

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai contoh soal P3K perawat dan jawabannya disertai ulasan maupun rangkuman materi bidang keperawatan. Melalui materi hingga contoh soal di atas diharapkan calon perawat sebagai peserta seleksi P3K CASN dapat mempunyai bekal sebagai persiapan mengikuti tes.

Akan tetapi, contoh soal P3K Tenaga Kesehatan khususnya keperawatan beserta jawabannya di atas hanya kami bagikan sebagian saja. Oleh karena itu, untuk memperdalam materi terkait seleksi P3K perawat, di bawah ini juga akan kami berikan daftar lengkap contoh soalnya dalam bentuk file PDF. Silahkan klik tombol download contoh soal P3K perawat berikut ini.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar contoh soal P3K perawat dan jawabannya dalam format PDF dilengkapi dengan kisi-kisi hingga materinya. Tentunya contoh soal di atas dapat dijadikan sebagai bahan belajar sebelum menghadapi tes seleksi P3K keperawatan bagi para peserta CASN.


Editor: Ari | Penulis: Anang

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga