Berita

Event Organizer Adalah, Pengertian, Tanggung Jawab dan Jenis

Indra Bonit

Event Organizer Adalah, Pengertian, Tanggung Jawab dan Jenis
Ilustrasi Event Organizer adalah, Source Image: lifepal.co.id

Iberian-Partners.com – Dalam dunia industri hiburan, kita tentu pernah mendengar istilah Event Organizer atau EO bukan? Nah disini kita akan bahas secara tuntas mengenai Event Organizer adalah, tanggung jawab dan juga jenis-jenisnya.

Kesuksesan sebuah acara besar terkadang memiliki andil yang besar dari para pekerja di Event Organizer ini. Kebanyakan setiap acara atau hiburan besar akan menggunakan jasa EO agar semuanya bisa berjalan sesuai rencana dan sukses.

Tugas tanggung jawab sebagai Event Organizer juga dinilai sangat berat, karena semuanya akan dilakukan dengan sangat detail dan mengikuti kemauan si pemilik acara tersebut. Tak heran jika gaji atau sewa jasa EO ini tergolong tinggi.

Menjadi seorang EO juga membutuhkan skill mumpuni dalam segala sisi. Namun terpenting disini adalah Leadership. Selain itu juga masih ada skill lain dibutuhkan untuk menjadi EO. Baiklah daripada penasaran mari kita simak pembahasan lengkap di bawah ini.

Event Organizer Adalah

Event Organizer Adalah
Source: akseleran.co.id

Jika kalian sering membantu orang untuk mengurus sebuah acara atau hiburan, EO atau Event Organizer mungkin menjadi salah satu karir yang cocok untuk kalian. Mengenai fakta, EO adalah salah satu bagian penting atas keberlangsungan serta kesuksesan acara.

Acara-acara diselenggarakan juga bermacam-macam, seperti pernikahan, olahraga, festival, ulang tahun, sampai peluncuran produk. Jika kalian berminat berkarir di EO, kalian tentu harus memahami lebih jauh mengenai profesi satu ini.

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, Event Organizer adalah orang yang bertanggung jawab penuh dalam merencanakan serta mengatur setiap aspek dalam sebuah acara atau event.

Kebanyakan seseorang yang memilih untuk menggunakan jasa EO, mereka akan menyerahkan sepenuhnya kepada jasa tersebut. Walaupun ada juga beberapa yang sudah memiliki ide tema acara, jadi EO hanya perlu menyempurnakan ide tema acara tersebut yang tentu dibicarakan kembali dengan klien.

Perencanaan budget, pemesanan lokasi atau tempat acara, bekerjasama dengan supplier serta vendor, mengatur perlengkapan acara, serta ikut dalam penyelenggaraan acara. Ini menjadi tugas utama sebagai Event Organizer.

Setiap Event Organizer juga umumnya akan bekerja sangat dekat dengan klien atau mereka yang ingin menyelenggarakan acara agar bisa berjalan lancar serta sukses. Seorang dengan profesi EO juga harus bisa berkomunikasi dengan baik agar setiap keinginan klien bisa dipenuhi.

Tidak sedikit EO yang bekerjasama dengan bisnis lain, seperti fotografi, layanan dekorasi, sampai penyediaan makanan serta minuman.

Tugas & Tanggung Jawab

Tugas dan Tanggung Jawab 4
Source: girlsbeyond.com

Lanjut ke pembahasan berikutnya adalah mengenai tugas tanggung jawab seorang EO. Tanggung jawab utama sebagai seorang EO adalah mengatur event dari awal sampai akhir. Disamping itu, ada juga beberapa tugas tanggung jawab lain, yaitu:

  • Melakukan komunikasi dengan klien untuk bisa memahami keinginan, kebutuhan, serta permintaan khusus mereka dalam sebuah acara.
  • Merencanakan serta mengatur acara sesuai konsep, keinginan, serta preferensi klien.
  • Membuat anggaran sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Memiliki tempat acara paling cocok, memesan, serta mempersiapkan untuk kebutuhan acara.
  • Membuat rancangan agenda, denah tata leta, panduan acara, tiket, pamflet, serta aktivitas promosi lainnya, baik secara tradisional atau digital.
  • Mencari talent MC, tamu khusus, atau entertainer acara yang cocok dengan acara apabila diperlukan.
  • Hadir di acara untuk mengawasi aktivitas serta memastikan detail kecil ditangani sesuai rencana.
  • Mengatasi permasalahan yang bisa saja terjadi dalam sebuah acara.
  • Mendiskusikan serta mengarahkan anggota terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan acara.
  • Melakukan negosiasi dengan mitra lain, seperti fotografer, katering, dekorasi, layanan teknis serta transportasi untuk memastikan kesuksesan acara.
  • Melakukan tugas lain yang diminta oleh klien.

Jenis Acara Event Organizer

Jenis Acara EO
Source: borneoflash.com

Setelah kalian mengetahui mengenai pengertian dan tugas Event Organizer, berikutnya kita akan informasikan juga mengenai jenis-jenis acara yang dipegang oleh Event Organizer, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. One Stop Service Agency

One Stop Service Agency adalah EO yang mengatur event dalam skala besar. Tanggung jawab yang diemban juga sangatlah besar, mulai dari mengatur event baik di tingkat regional, nasional, sampai internasional.

Sebagai contoh, One Stop Service Agency biasanya menghandle sebuah event yang memiliki ribuan peserta, seperti konser musik atau pesta akbar nasional.

2. EO MICE

Berikutnya ada EO MICE. MICE adalah singkatan dari Meeting, Inventive, Convention, dan Exhibition. Jadi, jenis EO ini adalah orang atau kumpulan yang mengurusi event dalam bentuk pertemuan, insentif, konvensi, serta pameran.

Biasanya EO MICE banyak digunakan jasanya oleh kalangan tokoh pengusaha secara perorangan untuk membahas sebuah topik. Lalu, skala caranya juga bisa tingkat lokal maupun internasional.

3. Musik & Hiburan

Lalu ada juga EO event musik & hiburan. Jenis EO ini memiliki spesialisasi dalam menangani kegiatan musik serta event hiburan lainnya. Skala EO ini juga bisa di tingkat regional, nasional sampai internasional.

4. Wedding Planner

Kita sudah banyak tahu bahwa event pernikahan saat ini sudah banyak yang menggunakan jasa Event Organizer. Dengan mengandalkan jasa EO, pihak keluarga maupun pengantin tidak perlu repot mengurus proses pernikahan, lokasi, dekorasi, menu makanan berikut dokumentasi.

Pihak klien hanya perlu membicarakannya dengan pihak EO terkait kebutuhan serta keinginan mereka. Disini, pihak EO nantinya akan mengatur semua proses tersebut.

5. Ulang Tahun

Selain pernikahan, event ulang tahun juga banyak yang menggunakan jasa EO ini. Sesuai dengan tugas tanggung jawabnya, Event Organizer akan menghandle semua urusan event dari awal sampai akhir.

Keahlian Dibutuhkan Sebagai Event Organizer

Keahlian Dibutuhkan Sebagai Event Organizer
Source: kitalulus.com

Menjadi atau bergabung ke tim Event Organizer memang membutuhkan beberapa keahlian. Nah adapun keahlian dibutuhkan untuk menjadi EO bisa kalian simak di bawah ini.

1. Leadership

Pertama adalah Leadership atau kepemimpinan. Sebagai EO, kalian akan memiliki tanggung jawab untuk mengawasi serta mengatur semua aspek dalam sebuah event. Bukan hanya itu saja, kalian juga akan mengatur anggota lain serta juga vendor.

Maka dari itu, keahlian ini sangatlah penting agar nantinya dapat mendelegasikan tugas ke setiap anggota serta memastikan tugas tersebut telah dilakukan sesuai arahan. Apabila setiap hal telah tertata baik, event tersebut juga pasti akan berjalan lancar sesuai keinginan klien.

2. Teliti

Setiap event terkadang memiliki hal-hal kecil yang harus diperhatikan, contohnya dekorasi, waktu pelaksanaan, atau lainnya. Terlebih, jika ada permintaan khusus dari pihak klien seperti warna dekorasi. Nah disini para EO juga harus bisa teliti dalam mengingat keinginan klien, sehingga nantinya event dapat dipersiapkan dengan benar.

3. Manajemen Waktu

Dilansir dari Climbtheladder, Event Organizer akan bertanggung jawab atas persiapan sebuah event seperti bekerjasama dengan vendor atau merekrut staf. Dalam hal ini tentu biasanya akan dikerjakan dalam waktu berbeda-beda.

Bisa saja ada kemungkinan adanya bentrokan jadwal. sehingga akan dialihkan ke waktu lainnya. Maka dari itu, seorang EO harus dapat mengatur waktu secara efektif agar bisa menyelesaikan tugasnya. Inilah mengapa EO harus memiliki skill manajemen waktu.

4. Kerjasama

Seperti kalian tahu bahwa EO ini tidak bekerja sendiri, namun akan bekerja secara tim. Jadi skill untuk bekerjasama atau berkolaborasi dengan tim haruslah baik. Karena disini EO akan selalu berkomunikasi dengan anggota lain, vendor, maupun klien.

5. Multitasking

Melihat tugas tanggung jawabnya, dapat dilihat bahwa ada banyak sekali aspek yang harus dipersiapkan untuk sebuah event. Jadi, keahlian dalam hal multitasking juga diperlukan untuk menjadi EO profesional.

Dengan keahlian ini, dirinya mampu mengurus banyak hal sekaligus, sehingga rencana yang telah ditetapkan dapat berjalan sesuai target serta deadline.

Gaji Event Organizer

Gaji Event Organizer
Source: id.quora.com

Dalam profesi Event Organizer, bisa diketahui bahwa pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang besar. Maka dari itu, tidak heran jika besaran penghasilan atau gaji dipatok juga cukup tinggi.

Menurut beberapa sumber yang kami dapatkan, gaji sebagai seorang Event Organizer ada di angka kisaran Rp 5,4 juta sampai dengan Rp 8,1 juta. Besaran gaji didapat, jika dibandingkan dengan UMP Jakarta, rentang upah EO ini juga sudah melebihi yang ditetapkan.

Akan tetapi, rentang gaji ini bisa saja berubah sesuai dengan UMR daerah masing-masing dimana kalian bekerja.

Kesimpulan

Dari sini bisa disimpulkan bahwa profesi EO ini memang sebuah pekerjaan layanan jasa yang banyak dimanfaatkan oleh banyak orang ketika ingin mengadakan sebuah event. Pekerjaan juga akan dilakukan bersama dengan tim, karena aspek tugasnya sangatlah banyak.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai pengertian Event Organizer, tugas dan tanggung jawabnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga