Berita

Kasir Adalah, Pengertian, Tugas, Gaji dan Info Loker 2024

Bayu Grahita

Kasir Adalah
Ilustrasi Profesi Kasir, Source Image: Analisadaily

Iberian-Partners.com – Kasir adalah salah satu pekerjaan yang kerap dicari oleh masyarakat, karena tugasnya cukup sederhana. Namun, siapa sangka banyak orang belum mengetahui pengertian, skill, tugas dan gaji dari profesi tersebut.

Beberapa skill yang harus dimiliki seorang kasir antara lain komunikasi, teliti, paham teknologi hingga problem solving. Hal ini ditujukan kepada calon pelamar mengenai kualifikasi pendaftaran posisi kerja tersebut.

Tak dipungkiri banyak orang beranggapan bahwa gaji kasir dinilai kecil, tetapi nyatanya berbeda nilai setiap tempat kerjanya. Misalnya, upah petugas keuangan Indomaret dan Alfamart tentu akan berbeda.

Apabila kalian memiliki keterampilan menjadi seorang kasir, ada beberapa lowongan pekerjaan terbarunya. Agar lebih jelas mengenai pengertian, skill, tugas, serta gaji kasir silakan simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Kasir

Pengertian Kasir
Source Image: Post

Kasir adalah individu yang bertanggung jawab dalam melayani pembayaran pelanggan dan memasukkan harus memasukkan uang tersebut ke dalam mesin. Profesi ini kerap dijumpai di minimarket, swalayan. mall dan lain sebagainya. Selain itu, petugas keuangan juga menyediakan metode pembayaran berupa uang tunai serta non-tunai.

Pekerjaan sebagai juru uang ternyata tidak bisa bisa diremehkan, karena profesi ini penting dalam sebuah bisnis. Di mana, posisi kerja ini adalah bagian yang sering bertemu dengan banyak pelanggan. Artinya, semua konsumen akan bertemu dengan kasir untuk melakukan pembayaran.

Pertemuan antara pekerja dan pelanggan adalah bagian terpenting, sebab pelayanan yang diberikan seorang juru uang bisa mempengaruhi pengalaman belanja konsumen. Akan tetapi, apakah pekerjaan kasir hanya sekadar melayani pelanggan.

Skill yang Harus Dimiliki Kasir

Skill yang Harus Dimiliki Kasir
Source Image: Pasarind

Apabila kalian ingin menjadi seorang kasir di swalayan ataupun minimarket, ada beberapa skill yang harus dimiliki. Tidak hanya sekadar menunjukkan kemampuan bekerja saja, namun beberapa perusahaan memberikan kualifikasi posisi kerja tersebut dengan keterampilan.

Lantas apa saja skill yang harus dimiliki seorang kasir? Sebagai salah individu penting karena memegang aset keluar masuknya keuangan dalam bisnis. Berikut adalah skill yang harus dimiliki kasir.

1. Teliti

Ketelitian adalah skill yang perlu dimiliki kasir, karena tanpa keterampilan tersebut kalian bisa saja membuat kesalahan. Dampaknya tidak hanya untuk pekerja saja, melainkan kepada usaha menjadi rugi.

Adanya kualifikasi keterampilan teliti, karena juru uang posisi paling dekat dengan siklus keuangan bisnis. Misalnya, kalian salah memberikan harga sebuah produk, nantinya akan berdampak pada total pembelian menjadi berkurang.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah skill selanjutnya, di mana berguna saat berinteraksi dengan pelanggan setiap harinya. Mulai dari menyapa, membantu menemukan barang, laporan hasil penjualan, melakukan pembayaran. Semuanya, memerlukan adanya skill komunikasi baik dan benar.

Oleh karena itu, komunikasi perlu diasah sebelum kalian mendaftarkan diri sebagai juru uang di bisnis tertentu. Agar nantinya, kalian bisa meningkatkan reputasi toko maupun perusahaan atas pelayanan.

3. Paham Teknologi

Paham teknologi adalah skill berikutnya, pasalnya sudah banyak aplikasi maupun program membantu tugasnya. Oleh sebab itu, posisi kerja ini harus paham skill dasar teknologi mulai dari mengoperasikan komputer dan smartphone.

Adapun kualifikasi lain terhadap skill di mana harus dimiliki juru uang. Seperti membuat laporan menggunakan aplikasi Microsoft Office dan Excel, agar nantinya memudahkan tutup buku di akhir bulan.

4. Keterampilan Berhitung

Meskipun dibantu dengan banyak teknologi, juru uang tetap harus memiliki keterampilan berhitung akurat. Dengan begitu, kalian tetap memperhatikan adanya kesalahan perhitungan atau tidak.

Sebagai juru uang di toko atau retail, ada kemungkinan kalian tidak diberikan alat bantu seperti mesin catek maupun komputer. Dalam situasi ini, kalian harus bisa menghitung harga barang dengan benar.

5. Problem Solving

Problem solving adalah skill kasir di mana berguna untuk menyelesaikan masalah seperti kesalahan laporan dan pembayaran. Juru uang wajib bisa dengan cepat mencari solusi terkait masalah di dalam penghitungan transansaksi.

Tujuan memiliki keterampilan problem solving adalah mengatasi rasa ketidaknyamanan pelanggan maupun atasan. Di mana, kalian dapat membuat situasi menjadi lebih nyaman dan tidak merugikan satu sama lain.

6. Product Knowledge

Product knowledge adalah skill, di mana berfungsi mengenalkan secara mendalam produk penjualan untuk kasir. Dengan adanya keterampilan ini, nantinya juru uang bisa melayani pelanggan dengan cepat.

Tidak menutup kemungkinan juga pelanggan akan melontarkan pertanyaan perbandingan suatu produk dengan lainnya. Di sinilah, keterampilan product knowledge kalian diuji apakah bisa membantu secara akurat atau tidak atas pertanyaan tersebut.

Tugas Kasir

Tugas Kasir
Source Image: Bee

Secara umum tugas kasir memiliki tugas menerima pembayaran barang hingga mencatat belanjaan pelanggan ke dalam nota. Ternyata tanggung jawabnya tidak sampai situ saja, juru uang juga bertugas membuat laporan penjualan harian. Daripada penasaran apa saja tugasnya, berikut adalah tugas kasir lainnya.

  • Menyapa setiap pelanggan dengan baik.
  • Memasukkan barang belanjaan ke dalam mesin guna dihitung total pembeliannya.
  • Menyebut total belanjaan secara jelas.
  • Menerima pembayaran baik secara tunai, cek, kredit atau debit.
  • Memperbaiki perbedaan harga.
  • Memberikan uang kembalian kepada pelanggan.
  • Mengeluarkan tanda terima belanja atau struk belanja
  • Membungkus barang dagangan pelanggan.
  • Menghitung total uang awal dan akhir bekerja.
  • Mencatat dan menghitung total pemasukan.
  • Melapor total pemasukan kepada atasan.
  • Melakukan cek stok secara mulai harian, bulanan dan tahunan.

Selain tugas umum di atas, biasanya beberapa perusahaan juga menerapkan tanggung jawab kepada juru uang hal lain seperti:

  • Membantu pelanggan menemukan barang tertentu.
  • Menimbang dan menentukan harga sesuai.
  • Menukar kupon belanja pelanggan sesuai ketentuan.
  • Menyelesaikan keluhan pelanggan dengan cepat.
  • Menjaga area register rapi serta penuh dengan persediaan diperlukan.
  • Membantu menampilkan, membersihkan dan menyimpan rak dengan baik dan benar.

Dengan adanya tugasnya di atas, setidaknya kalian mengetahui tanggung jawab sebagai jurus uang suatu bisnis. Agar nantinya dapat sharing kepada pekerja dalam bidang tersebut. Lantas berapakah gaji bekerja keras.

Gaji Kasir Terbaru

Gaji Kasir Terbaru
Source Image: Tribunnews

Jika tertarik menjadi seorang kasir, sebaiknya kalian mengetahui kisaran gajinya terlebih dahulu. Pasalnya, tidak semua tempat menetapkan upah posisi kerja tersebut dengan sama.

Artinya, ada kemungkinan gaji kasir bisa berbeda-beda di setiap wilayah. Di mana bisnis melihat Upah Minimum Regional(UMR), sehingga belum dapat dipastikan secara tepat pendapatan seorang juru uang.

Namun Iberian-Partners.com menemukan data dari beberapa narasumber yang bekerja sebagai kasir. Di antara mereka mengatakan bahwa sekarang gaji seorang kasi berada pada kisaran Rp2.000.000 hingga Rp4.000.000.

Info Loker Kasir Terbaru

Info Loker Kasir Terbaru
Source Image: Tim Iberian-Partners

Dengan mengetahui besaran gaji dan tugasnya, tak ayal kini banyak orang mencari informasi lowongan kerjanya. Berbekal keterampilan tersebut, dapat dipastikan kalian lolos kualifikasi.

Bagi yang sedang bingung mencari informasi lowongan kerja kasir terbaru, kalian bisa masuk ke halaman ini. Pada halaman tersebut, nantinya akan selalu update informasi loker terkait pekerjaan kasir di Indonesia.

Kesimpulan

Itulah pembahasan pengertian, skill, tugas, gaji dan informasi lowongan kerja terbaru kasir. Kesimpulannya, kasir adalah posisi penting dalam suatu usaha, di mana bagian tersebut mengontrol pendataan keluar masuknya uang dalam belajaan.


Editor: Ari

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Bayu Grahita

Bayu Grahita, alumnus Universitas Udayana, telah menulis topik berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan keahlian dan pengalamannya, Bayu memberikan wawasan baru tentang tren industri, membantu pembaca navigasi pasar kerja.

Baca Juga