Berita

Apa Itu Magang, Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Tips

Giring Erlangga

Apa Itu Magang
Apa Itu Magang, Source Image: Canva

Iberian-Partners.com – Apa itu magang? Pertanyaan seperti ini seringkali ditanyakan oleh siswa SMK ataupun mahasiswa universitas. Mengingat hal tersebut termasuk ke dalam agenda tahunan kegiatan belajar mengajar.

Sebenarnya definisi magang itu cukup sederhana, yaitu sebuah kegiatan dari pihak SMK ataupun universitas yang ditujukan kepada siswanya guna mendapatkan pengalaman kerja dengan bekerja di suatu perusahaan.

Oleh karena itu magang hanya bersifat sementara, jadi tidak ada penawaran kontrak dari pihak perusahaan. Umumnya kegiatan tersebut berjalan kurang lebih selama 3 bulan hingga 1 tahun sesuai dengan perjanjian yang ada.

Namun pengertian apa itu magang tak hanya sampai di sini saja, tetapi masih ada penjelasan lainnya. Apabila ingin mengetahui secara mendetail tentang definisinya, silakan simak ulasan berikut.

Apa Itu Magang?

Pengertian Magang
Source Image: Canva

Apa itu magang? Pengertiannya merupakan suatu agenda berlatih bekerja dan belajar secara langsung di sebuah perusahaan selama jangka waktu tertentu. Di dunia kerja, kegiatan tersebut seringkali dikenal sebagai program internship. Namun orang awam lebih akrab dengan sebutan magang.

Pada dasarnya program magang diselenggarakan oleh sebuah universitas dan SMK, baik negeri ataupun swasta. Peserta internship diharapkan bisa memahami sistem kerja secara profesional dalam industri sebenarnya. Sehingga berbeda dengan freelance, peserta magang biasanya tidak mendapat kepastian tentang gaji yang diterima.

Umumnya magang hanya dilaksanakan oleh siswa SMK dan mahasiswa di tingkat akhir. Di sejumlah prodi, internship termasuk sebagai salah satu mata kuliah utama di mana nantinya akan memengaruhi nilai mahasiswa. Namun ada juga prodi tidak mengharuskan mahasiswa melakukan internship.

Kalian tentunya tidak asing dengan istilah apa itu PKL (Praktek Kerja Lapangan). Meski sebenarnya sama saja, tetapi perbedaan internship dan PKL hanyalah perbedaan istilahnya saja. PKL ditujukan merujuk pada program internship di jenjang SMK serta Diploma.

Sementara itu untuk jenjang pendidikan S1 dan S2, lebih sering menggunakan istilah internship atau magang. Jadi pengertian tentang apa itu magang memang cukup luas. Alangkah baiknya sebelum menjalankan program internship, perlu untuk memahami definisinya secara mendetail.

Tujuan Magang

Tujuan Magang
Source Image: Canva

Sebuah lembaga pendidikan ketika menyelenggarakan sebuah program magang tentunya memiliki tujuan tersendiri. Umumnya hal tersebut bertujuan supaya peserta dapat mengenali dunia kerja dengan baik. Selain itu juga agar merasakan proses penerapan keilmuan atau keahlian dari apa yang sudah dipelajari.

Oleh karena itu program internship menjadi salah satu agenda wajib dilaksanakan oleh sebagian lembaga pendidikan. Adapun tujuan magang beberapa di antaranya:

  • Memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa universitas ataupun siswa SMK. Saat mengikuti program internship, peserta akan mendapatkan hard skill (keterampilan, problem solving hingga analitis). Sedangkan soft skill (etika kerja, kerjasama serta komunikasi).
  • Meningkatkan talenta peserta internship oleh industri masa kini atau mendatang.
  • Meningkatkan rasa percaya diri.
  • Memahami permasalahan industri, lalu mencari solusi konkret.
  • Mendapatkan informasi relevan khususnya bagi mahasiswa universitas pada program studi untuk perbaikan kurikulum.

Manfaat Magang

Manfaat Magang
Source Image: Canva

Periode magang tentunya bisa berbeda-beda berdasarkan peraturan di setiap lembaga pendidikan. Terkadang ada yang menyelenggarakan waktunya selama 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun. Namun beberapa lembaga pendidikan memberikan opsi lama waktu magang berdasarkan pada keputusan peserta.

Namun perlu diketahui bahwa menjalani program magang tentunya akan memberikan berbagai manfaat, khususnya untuk peserta. Dilansir dari beberapa sumber, internship memiliki pengaruh besar terhadap kepribadian, perkembangan dan karir peserta tersebut. Adapun manfaat adanya magang meliputi:

Mempelajari Keterampilan Baru

Ketika melakukan magang, kalian akan belajar banyak keterampilan baru sehingga mampu meningkatkan kemampuan apa yang sudah dipunyai. Misalnya, Praktik Kerja Lapangan sebagai News Crew di salah satu stasiun TV terkenal. Maka kalian dapat belajar tentang cara take voice over, proses produksi, membuat naskah berita dan masih banyak lagi.

Di samping belajar hard skill, kalian juga dapat mempelajari soft skill seperti cara berkomunikasi di tempat kerja, kerja sama tim hingga berpikir kreatif. Hal itu tentunya memberi kesempatan luas untuk mempelajari ilmu dalam dunia kerja. Kalian juga bisa bertanya kepada senior atau praktisi tentang apa saja di mana ingin diketahui seputar pekerjaan tersebut.

Mengenal Dunia Kerja

Mengikuti magang, maka mampu memberikan peluang guna terlibat langsung dalam lingkungan kerja di perusahaan. Sebagai contoh, cara berinteraksi bersama rekan kerja, menyelesaikan pekerjaan dari senior atau atasan hingga mengamati proses bekerja.

Di samping itu juga kalian dapat menerapkan kompetensi atau teori di mana sudah dipelajari di bangku SMK maupun kuliah. Dengan begitu dapat merasakan transisi dari seorang siswa menjadi pekerja di perusahaan.

Menambah Pengalaman Kerja di Lembar CV

Informasi di mana dimasukkan ke dalam CV guna melamar pekerjaan adalah sebuah pengalaman kerja. Oleh karena itu kalian bisa menuliskan pengalaman melakukan internship sesuai yang apa dijalani ke dalam lembaran tersebut. Pastikan tidak lupa guna menuliskan pekerjaan atau achievement ketika magang.

Itu dapat menjadi nilai plus di mata pihak rekrutmen, apalagi jika pengalamannya sesuai dengan posisi apa yang dilamar. Tak hanya itu saja, keterampilan selama internship juga diperbolehkan dimasukkan ke dalam list kemampuan atau keterampilan.

Berkesempatan Menjadi Karyawan Full Time

Berawal menjalani magang, kalian berkesempatan untuk menjadi seorang karyawan full time di suatu perusahaan. Namun perlu diingat hal itu akan menyesuaikan kebutuhan perusahaan, apa ada lowongan pekerjaan yang sesuai atau tidak. Besar kemungkinan peserta internship ditawarkan jadi karyawan full time di perseroan.

Mendapat Relasi

Ketika melakukan internship, tentunya akan bertemu dengan orang-orang baru. Pasalnya kalian akan menjumpai pekerja perusahaan ataupun anak magang lainnya. Dengan begitu dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membangun hubungan baik, mendapat mentor berpengalaman hingga direkomendasikan menjadi karyawan full-time.

Tips Magang Sukses

Tips Magang Sukses
Source Image: Canva

Ketika ingin menjalankan program internship, kalian perlu memperhatikan beberapa hal penting. Seperti contohnya adalah melakukan pencarian informasi yang tepat terkait perusahaan di mana menerima magang mahasiswa universitas ataupun siswa SMK.

Pasalnya terkadang ada beberapa perusahaan tidak menerima seorang peserta internship dari lembaga pendidikan. Namun jika kalian ingin program magang berjalan dengan lancar dan sukses, maka dapat menerapkan tips ini.

Tidak Berorientasi Pada Hasil

Apakah magang digaji atau tidak? Tidak ada peraturan pasti yang mengatur tentang peserta internship mendapat bayaran. Namun beberapa perusahaan ternama biasanya akan memberikan uang saku kepada pekerja dari program tersebut.

Meskipun begitu sebaiknya saat mengikuti Praktik Kerja Lapangan tidak terlalu mengharapkan gaji. Pasalnya peserta internship memiliki kewajiban hanya untuk memperbanyak pengalaman serta menerapkan pengetahuan apa yang sudah dipelajari.

Mengikuti Internship Secara Profesional

Tips selanjutnya adalah mengikuti internship secara profesional. Secara sederhana, sebagai peserta Praktik Kerja Lapangan harus mengikuti seluruh ketentuan yang ada. Kemudian juga dapat menyelesaikan program magang hingga batas waktu di mana sudah ditentukan.

Aktif Mencari Informasi

Untuk bisa mengikuti program Praktik Kerja Lapangan, sudah semestinya perlu mendaftarnya terlebih dahulu. Setiap perusahaan mempunyai standar ketentuan dalam menentukan kandidat seperti apa yang dibutuhkan.

Oleh karena itu bila hendak mendaftar internship di suatu perusahaan, harus mencari informasinya secara mendetail. Kalian dapat mencarinya lewat lembaga pendidikan, media sosial, website perusahaan atau bertanya kepada senior.

Syarat Magang

Syarat Magang
Source Image: Canva

Adapun beberapa syarat magang juga perlu dipahami secara menyeluruh sebelum mendaftar. Syarat-syaratnya terbagi menjadi dua bagian, untuk mahasiswa dan siswa SMK. Syarat-syarat mengikuti program internship, antara lain:

Dokumen

  • Curriculum Vitae (CV).
  • Surat rekomendasi dari sekolah atau universitas.
  • Transkrip nilai.
  • Sertifikat organisasi (opsional).
  • Foto/scan KTP.
  • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak.

Untuk Siswa SMK

  • Memiliki keahlian sesuai dengan industri tempat mendaftar internship.
  • Minimal duduk di bangku kelas XI.

Untuk Mahasiswa

  • Mahasiswa aktif dengan ketentuan semester (D3 minimal smt 4 dan D4, S1 minimal smt 5).
  • Data mahasiswa sudah terdaftar di PPDikti.
  • Mempunyai NISN terdaftar aktif di Dapodik.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mendetail untuk menjawab pertanyaan mengenai apa itu magang. Berdasarkan informasi di atas, agenda dari lembaga pendidikan ini memiliki manfaat serta tujuan bagi pesertanya.

Namun sebelum mengikuti program internship, amat disarankan guna memahami tentang syaratnya terlebih dahulu. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian di mana hendak melaksanakan magang.

Photo of author

Giring Erlangga

Giring Erlangga, lulusan S1 Universitas Gadjah Mada, telah membangun karir sebagai penulis topik pekerjaan dan profesi selama 5 tahun. Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, ia menerjemahkan pengalaman dan pengetahuan akademisnya ke dalam tulisan yang inspiratif dan informatif, membantu banyak orang dalam merancang dan mengembangkan karier mereka.

Baca Juga