Berita

Management Trainee Adalah, Tugas, Gaji dan Loker 2024

Bayu Grahita

Management Trainee Adalah
Ilustrasi Management Trainee, Source Image: KPIConsultancy

Iberian-Partners.com – Management Trainee adalah salah satu program yang kini banyak diincar oleh masyarakat. Selain bermanfaat, pelatihan tersebut juga memberikan tunjangan dan gaji besar bagi fresh graduate

Banyak fresh graduate yang memilih masuk ke Management Trainee, lantaran sebagai batu loncatan dalam dunia karir. Dengan mengikuti program ini, nantinya kalian akan mengerti apa saja tugas serta tanggung jawab di suatu perusahaan.

Salah satu tugas Management Trainee adalah membantu pekerjaan manajer, supervisor atau senior lainnya. Dengan kata lain, posisi kerja ini bisa meningkatkan produktivitas bisnis suatu perusahaan.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang mencari lowongan pekerjaan Management Trainee. Agar lebih jelas mengenai pengertian, jenis, tugas serta gajinya, langsung simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Management Trainee

Pengertian Management Trainee 1
Source Image: Menpan

Menurut para ahli Management Trainee adalah seseorang yang menjalankan pelatihan untuk karyawan baru agar memahami pekerjaannya. Dalam pengertian lainnya, Management Trainee adalah program pelatihan manajemen yang dirancang oleh HRD untuk mencari kandidat berkualitas.

Umumnya pelatihan manajer diperuntukkan bagi fresh graduate berpotensi untuk menempati posisi manajerial. Tujuan adanya program tersebut adalah membentuk talenta muda menjadi calon pemimpin melalui sebuah kualifikasi.

Kualifikasinya dikembangkan oleh perusahaan, di mana memilih fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, khususnya dalam dunia manajemen. Agar nantinya, mereka dapat membentuk sesuai dengan budaya serta nilai kongsi.

Adapun istilah lain untuk menyebutkan program tersebut seperti Management Development Program, Great People Program, Officer Development Program dan masih banyak lagi. Namun dari banyaknya istilah tersebut memiliki kemiripan, kesamaannya adalah mengacu pada kepemimpinan dan pengembangan perusahaan.

Jenis Management Trainee

Jenis Management Trainee
Source Image: Uwienbudi

Program pelatihan manajer ternyata terbagi menjadi beberap jenis, di mana berbeda-beda setiap perusahaannya. Namun, perbedaan tersebut masih didasari dengan tugas utamanya yaitu mencari kandidat berpotensi. Jenis Management Trainee antara lain:

1. Retail

Retail Management Trainee atau RMT adalah pelatihan untuk peserta didik di bidang manajemen ritel, agar menjadi manajer sukses di masa depan. RMT biasanya terdapat pada usaha bersama atau dalam bidang perniagaan contohnya, Alfamart, Indomaret, Superindo dan lain sebagainya.

2. Marketing

Management Trainee Marketing (MTM) adalah sebuah program pengembangan ekstensi, di mana memberikan kesempatan menjadi seorang profesional dalam bidang distribusi. Sebagai peserta didik, nantinya kalian akan menjalankan tanggung jawab seperti menganalisis serta melakukan aktivitas lainnya. Seperti Network Development, Customer Relation Management dan Network Development.

3. Manufacturing

Management Trainee Manufacturing adalah program yang dipersiapkan bagi calon leader, di mana memiliki keahlian dalam bidang Manufacturing seperti di GarudaFood. Agar nantinya individu tersebut dapat memajukan kualitas tim dan memberikan kontribusi banyak kepada perusahaan.

4. Operation

Management Trainee Operation adalah program yang dikembangkan khusus bagi talenta muda. Di mana, mereka memiliki kemampuan analisa, inovatif dan jiwa kepemimpinan. Setelah mengikuti pelatihan tersebut, nantinya peserta didik akan berkembang sebagai pemimpin di masa depan.

5. Fundraiser

Fundraiser Management Trainee adalah program belajar bagi fresh graduate secara komprehensif mengenai fundraising. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan perkembangan menjadi salah satu kandidat pemimpin setelah melalui program ini.

Tugas Management Trainee

Tugas Management Trainee
Source Image: Cakeresume

Hal penting meningkatkan peluang diterima pelatihan manajemen, kalian harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Ada beberapa tugas yang akan diberikan oleh supervisor, manajer atau atasan. Namun, di setiap perusahaan pelatihan tersebut memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda, tugas Management Trainee di antaranya:

  • Menyelesaikan pekerjaan dan membantu tugas manajer lainnya.
  • Berpartisipasi dalam workshop, meeting serta kelas-kelas lainnya.
  • Mengamati dan belajar dari pengalaman rekan kerja lainnya, atas kesalahan dan pengerjaan tugas.
  • Menyerap informasi serta pengetahuan terkait peraturan perusahaan, standar operasional dan proses kerja.
  • Mendengarkan semua masukan yang diberikan oleh supervisor, manajer serta senior lainnya.
  • Mengikuti semua peraturan perusahaan seperti protokol keamanan maupun kesehatan.
  • Memenuhi semua persyaratan ataupun mengikuti semua meeting diadakan dalam training.
  • Membuat serta menyiapkan dokumen untuk laporan kepada manajer ataupun atasan.
  • Belajar tentang solusi permasalahan maupun mendengarkan dengan baik semua pembicaraan ketika dalam training maupun meeting.
  • Bersedia pergi ke kantor ataupun cabang lain untuk ikut serta maupun terjun langsung dalam proses pelatihan.
  • Mengikuti evaluasi serta ikut ujian di akhir sesi training.

Manfaat Mengikuti Management Trainee

Manfaat Mengikuti Management Trainee
Source Image: Gramedia

Beberapa keuntungan didapatkan oleh peserta didik ketika mengikuti program pelatihan manajer. Meskipun pelatihannya cukup lama, beberapa oarang yang belum tentu ingin menjadi seorang manajer.

Tak hanya itu, bisa jadi mereka ragu ketika melihat tugas yang harus dilakukan dalam mengikuti program tersebut. Namun, banyak manfaat saat mengikuti Management Trainee terutama bagi fresh graduate, seperti:

1. Bekerja Sesuai Bakat dan Minat

Manfaat yang didapatkan ketika mengikuti program ini adalah mengajarkan bekerja sesuai bakat dan minat. Sebagian besar perusahaan di Indonesia menggunakan sistem generalisasi pada pelatihan tersebut.

Sehingga dalam pelatihan tersebut, akan diajarkan serta disuguhkan berbagagi jenis divisi pekerjaan. Misalnya seseorang mencoba berbagai jenis pekerjaan mulai dari pemasaran, komunikasi, keuangan, supply chain dan masih banyak lagi.

Melalui hal tersebut, supervisor akan mengetahui di mana kemampuan terbaik individu dalam pekerjaannya. Peserta didik juga dapat mengikuti serta menjelaskan peran pada diskusi perusahaan.

2. Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan jiwa kepemimpinan individu. Di mana dalam pelatihan, semua peserta didik akan dipersiapkan bagaimana cara mengatur manajemen perusahaan.

Tak hanya itu, membangun jiwa kepemimpinan juga harus menguasai sebagaimana yang dibutuhkan seorang manajer. Artinya, peserta didikan akan mendalami hal penting mengenai kemimpinan.

3. Melatih Kemampuan Bekerja Sama

Manfaat lain yang didapatkan adalah melatih kemampuan bekerja sama. Karena, seorang manajer dituntut bisa menjalin kerja sama dengan rekan kerja. Tujuannya memudahkan standar operasional pekerjaan ketika menghadapi konsumen atau pelanggan.

Melalui program ini kemampuan seorang dalam bekerja sama akan terus di latih. Hal tersebut dilakukan supaya nantinya dapat dikuasai setelah lulus program pelatihan. Cara melatih kemampuannya adalah membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.

Dalam kelompok tersebut akan dimanfaatkan sebagai tempat belatih kerja sama dalam beberapa bulan. Nantinya, semua peserta harus dapat menyelesaikan masalah. Di samping iut, mereka juga harus bisa bekerja sama dalam menyelesaikan ujian atau target yang diberikan.

Gaji Management Trainee

Gaji Management Trainee
Source Image: CBC

Alasan mengikut program pelatihan manajer adalah gaji yang didapatkan cukup menggiurkan. Setelah mengumpulkan banyak data Iberian-Partners.com, menyimpulkan bahwa gaji Management Trainee saat ini adalah sebesar Rp5.000.000.

Namun, besaran gaji tersebut bisa berbeda berdasarkan lokasi serta kebijakan perusahaan. Misalnya mengingat UMR suatu daerah besaran gaji seorang MT berasa di Rp4.000.000. Secara otomatis, perusahaan yang menyelenggarakan program tersebut menawarkan gaji serupa.

Lowongan Kerja Management Trainee

Lowongan Kerja Management Trainee
Source Image: Tim Iberian-Partners

Bagi yang bingung mencari kesana kemari lowongan kerja Management Trainee, kalian bisa buka halaman ini. Halaman tersebut akan diupdate terus oleh Tim Iberian-Partners, supaya memudahkan pencari kerja.

Namun sebelum melamar kerja di lowongan tersebut, pahami kualifikasi serta cara mendaftarnya. Sehingga, meningkatkan persentase diterimanya kalian magang di suatu perusahaan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai pengertian, jenis, tugas, manfaat, gaji dan lowongan pekerjaan pelatihan manajemen. Kesimpulannya, Management Trainee adalah suatu program yang ditujukan kepada fresh graduate untuk mempelajari dunia bisnis atau usaha. Meskipun bukan pekerja tetap, kalian juga akan mendapatkan gaji yang cukup menggiurkan.


Editor: Ari

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Bayu Grahita

Bayu Grahita, alumnus Universitas Udayana, telah menulis topik berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan keahlian dan pengalamannya, Bayu memberikan wawasan baru tentang tren industri, membantu pembaca navigasi pasar kerja.

Baca Juga