Berita

Middle Mile Coordinator Adalah, Pengertian, Tugas, Gaji dan Loker

Bayu Grahita

Middle Mile Coordinator Adalah
Middle Mile Coordinator Adalah, Source Image: Iberian-Partners.com

Iberian-Partners.com – Middle mile coordinator adalah salah satu pekerjaan yang baru-baru ini diperbincangkan para pencari kerja. Lantaran, pekerjaan tersebut tergolong ringan dan memiliki gaji besar.

Tugas dan tanggung jawab middle mile coordinator hampir sama dengan operator atau customer service jasa pengiriman pada umumnya. Hanya saja, pekerjaan tersebut harus mengontrol baik armada, driver hingga slot time linehaul.

Namun sayangnya, sampai saat ini informasi mengenai middle mile coordinator masih sangat minim. Terbukti dari lowongan kerjanya hanya beberapa saja yang dibuka di jasa pengiriman di Indonesia, salah satunya Shopee Express.

Apabila Anda berminat menjadi middle mile coordinator di salah satu jasa pengiriman barang di Indonesia, maka ketahui terlebih dahulu dari pengertian hingga gaji yang didapatkan. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak ulasan di bawah ini.

Middle Mile Coordinator Adalah

Pengertian Middle Mile Coordinator Adalah

Dari kata middle mile yang artinya proses distribusi rantai pasok di mana barang dikirim dari pusat distribusi atau gudang menuju ke tempat pengecer ataupun konsumen akhir. Kemudian coordinator adalah team atau individu yang memberikan instruksi pekerjaan serta melakukan kontrol hasil akhir pengiriman.

Jadi, middle mile coordinator adalah pengawas proses distribusi rantai pasok yang memberikan instruksi dan mengontrol hasil akhir pengiriman. Perannya posisi kerja ini penting untuk mengelola barang dengan jumlah besar, biasanya dalam skala nasional.

Selain itu, posisi kerja ini nantinya akan mengawasi perpindahan barang dengan mengedepankan kecepatan waktu dari gudang penyimpanan ke tempat pengecer. Hal ini dilakukan sebelum barang atau paket tersebut sampai ke konsumen akhir.

Tugas dan Tanggung Jawab Middle Mile Coordinator

Tugas dan Tanggung Jawab Middle Mile Coordinator

Dari pengertian middle mile koordinator sudah tercerminkan salah satu tugas dan tanggung jawabnya. Namun ternyata, perannya tidak itu saja masih ada beberapa jobdesk yang harus dilakukan pekerjaan tersebut.

Lantas, apa saja tugas dan tanggung jawab MM coordinator? Daripada penasaran berikut adalah daftar tugas dan tanggung jawab seorang middle mile coordinator di jasa pengiriman barang:

Mengontrol Armada Pengiriman dan Driver

Tugas dan tanggung jawab MM coordinator yang pertama adalah mengontrol armada pengiriman dan driver. Hal ini merujuk pada pengaturan rute yang efisien guna mengoptimalkan waktu dan biaya pengiriman.

Monitoring Slot Time Linehaul

Tugas MM coordinator berikutnya adalah monitoring slot time linehaul, di mana melibatkan waktu pengangkutan barang dari satu titik ke titik lainnya. Tanggung jawab middle mile koordinator akan diuji, karena pengirimannya menggunakan berbagai moda transportasi seperti kereta, kapal dan pesawat.

Memastikan Time Stamp Barang

Tugas middle mile koordinator selanjutnya adalah memastikan time stamp barang dari kedatangan hingga keberangkatan truk tepat waktu. Kemungkinan terjadi konsolidasi barang dari beragam sumber yang berbeda, baik produsen maupun pemasok.

Tidak menutup kemungkinan juga, ketika pengiriman barang dalam jumlah besar, nantinya akan mengurangi biaya pengiriman serta meningkatkan efisiensi. Namun, tanggung jawab MM coordinator pada tugas ini akan cermin individu yang cermat dan pintar.

Mengatasi Masalah Pelanggan

Tugas terakhirnya adalah mengatasi masalah pelanggan, di mana erat kaitannya dengan masalah pengiriman barang. Contohnya apabila terjadi masalah pada mesin truck, sehingga memungkinkan pengiriman tertunda sampai 1 hari.

Apabila hal tersebut terjadi, maka middle mile coordinator harus menghubungi pihak terkait dan gudang pusat, supaya mengetahui terjadi masalah pengiriman. Sehingga, kepuasan serta kepercayaan pelanggan tetap terjaga.

Syarat Menjadi Middle Mile Coordinator

Syarat Menjadi Middle Mile Coordinator

Syarat untuk menjadi koordinator middle mile di salah satu jasa pengiriman barang Indonesia cukup sederhana. Anda hanya perlu memiliki tingkat pendidikan dan pengalaman sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Daripada Anda penasaran berikut adalah daftar syarat umum menjadi middle mile coordinator di jasa pengiriman barang Indonesia:

Pendidikan

Tingkat pendidikan adalah salah satu tolak ukur berbagai perusahaan jasa pengiriman barang di Indonesia, guna merekrut kandidat yang berminat menjadi koordinator middle mile. Rata-rata perusahaan logistik atau transportasi membutuhkan individu dengan pendidikan minimal SMA atau Diploma.

Pengalaman

Syarat kedua adalah pengalaman, di mana kandidat diharuskan berpengalaman minimal 1 tahun sebagai transport staff pada perusahaan logistik atau transportasi. Ketentuan ini diberlakukan guna mendapatkan pekerja yang bisa menghandle semua tugas maupun tanggung jawabnya.

Keterampilan

Syarat umum terakhir menjadi middle mile koordinator adalah keterampilan, di mana kandidat harus memiliki kemampuan mengoperasikan Microsoft Excel baik VLOOKUP atau SUMIF. Selain itu, calon pekerja juga harus memiliki skill berkomunikasi dengan baik.

Gaji Middle Mile Coordinator

Gaji Middle Mile Coordinator

Upah dari berbagai perusahaan jasa pengiriman di Indonesia untuk posisi koordinator middle mile cukup kompetitif. Rata-rata gaji yang diberikan berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 5.500.000 per bulan.

Namun, besaran gaji tersebut tergantung dari pengalaman karyawan dan penempatan kerja MM coordinator. Selain itu, upah juga erat kaitannya dengan UMK setempat sebagai patokan besarannya.

Info Loker Middle Mile Coordinator Terbaru

Info Loker Middle Mile Coordinator Terbaru

Setelah mengetahui pengertian, tugas, syarat dan besaran gaji koordinator middle mile, tentunya Anda semakin tertarik untuk mendaftarkan diri. Oleh karena itu, Iberian-Partners.com membagikan informasi terkait lowongan kerja middle mile di halaman ini.

Laman tersebut berisi daftar lowongan kerja middle mile koordinator di seluruh perusahaan jasa pengiriman barang Indonesia. Jika didapati loker posisi kerja ini yang terbaru, maka kami akan segera memperbaharuinya.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai pengertian, tugas, tanggung jawab, syarat, gaji dan informasi lowongan kerja middle mile koordinator. Kesimpulannya, middle mile koordinator adalah pengawas distribusi ranai pasok pada suatu perusahaan jasa pengiriman barang.

Mungkin itu saja informasi dari Iberian-Partners.com mengenai middle mile coordinator. Semoga dengan adanya pembahasan di atas, Anda telah memahami apa itu koordinator middle mile perusahaan jasa pengiriman barang.

Photo of author

Bayu Grahita

Bayu Grahita, alumnus Universitas Udayana, telah menulis topik berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan keahlian dan pengalamannya, Bayu memberikan wawasan baru tentang tren industri, membantu pembaca navigasi pasar kerja.

Baca Juga