Berita

35 Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia 2024

Giring Erlangga

Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia, Source Image: voi.id

Iberian-Partners.com – Menurut beberapa sumber, terdapat daftar perusahaan properti terbesar di Indonesia dalam jumlah berada di atas angka 20. Setiap perseroan pada list tersebut memiliki karya-karya terbaik.

Seperti salah satu contohnya adalah perumahan Citra Maja Raya berlokasi di Lebak, Banten yang dibangun oleh PT Ciputra Development (CTRA). Pembangunan komplek pemukiman ini terencana dengan baik.

Namun perusahaan properti terbesar di Indonesia proyeknya tidak hanya membuat komplek pemukiman saja. Beberapa di antaranya memiliki proyek seperti pembangunan hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran maupun ruko.

Selain itu rata-rata perusahaan properti terbesar di Indonesia mempunyai proyek di daerah seperti Jabodetabek, Surabaya, Medan, Semarang, Kalimantan hingga Medan. Adapun untuk mengetahui daftar nama perseroan tersebut, silakan simak ulasan berikut.

Daftar Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia

Properti menjadi salah satu bisnis di mana akan terus mengalami perkembangan di Indonesia. Mengingat bidang tersebut berkaitan erat dengan kebutuhan mendasar manusia. Hal itu pun membuat sejumlah perusahaan properti baru di Indonesia terus bermunculan.

Perusahaan properti terbesar sekaligus terkemuka di Indonesia jumlahnya memang terbilang cukup banyak. Oleh karena itu tidak bisa dimuat ke dalam sebuah daftar yang berjumlah 10 saja. Kami telah merangkum daftar perusahaan properti terbesar di Indonesia dengan urutan tertentu.

1. PT Agung Podomoro Land Tbk

PT Agung Podomoro Land Tbk
Source Image: agungpodomoroland.com

PT Agung Podomoro Land merupakan perusahaan yang dikenal karena telah mengembangkan sebuah kawasan superblok. Sejak awal berdirinya, perseroan tersebut hanya mengembangkan kompleks perumahan di wilayah Simprug, Jakarta Selatan di 1969. Namun siapa sangka bahwa PT Agung Podomoro Land mengalami perkembangan pesat, hingga masuk sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Perusahaan dengan kode emiten APLN telah mengembangkan lebih dari 70 proyek properti, di mana sebagian besar merupakan kelas menengah. Tak hanya itu saja, beberapa proyeknya juga meliputi apartemen, pusat perbelanjaan modern, hotel, perkantoran hingga ruko.

2. PT Alam Sutera Realty Tbk

PT Alam Sutera Realty Tbk
Source Image: alamsuterarealty.co.id

PT Alama Sutera Realty yaitu perusahaan properti populer lantaran mengembangkan kawasan terpadu dengan nama Alam Sutera di tahun 1994. Dalam proyek yang disebut township, terdapat dua gedung apartemen, 37 cluster rumah, setiap clusternya berjumlah 150 hingga 300 rumah.

Selain itu juga ada fasilitas penunjang seperti pusat hiburan, rumah sakit, sekolah serta perbelanjaan. Beberapa karya dari Alam Sutera Realty, yakni Elevee, LIoyd, Paddington Heights, Silkwood Residential, Nykka dan Sutera Sawangan. Sejak 2007, Alam Sutera Realty sukses masuk ke dalam daftar perusahaan properti terkemuka di Indonesia dan sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia, kode

3. PT Ciputra Development Tbk

PT Ciputra Development Tbk
Source Image: sindonews.com

PT Ciputra Development termasuk sebagai perusahaan properti terbesar di Indonesia yang menjadi emiten induk Ciputra Group. Perseroan tersebut melantai di BEI sejak 1994, kode emiten CTRA. Tercatat sampai sekarang, Ciputra Development sudah mengembangkan lebih dari 76 proyek di 33 kota dan total lahan 7000an hektar.

Adapun total aset PT Ciputra Development dapat mencapai angka Rp 34 triliun beserta tenaga profesional jumlahnya 5000 lebih. Beberapa proyek properti Ciputra Development, di antaranya, CitraLand Surabaya, CitraRaya Tangerang, Citra Maja Raya, CitraLand City Losari dan masih banyak lagi.

4. PT Bumi Serpong Damai Tbk

PT Bumi Serpong Damai
Source Image: mediaasuransinews.co.id

PT Bumi Serpong Damai menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia di mana telah melakukan pengembangan terhadap kota mandiri, dengan nama BSD City di Tangerang Selatan serta Tangerang, Banten. Kedua proyek dari perseroan ini, memiliki luas sekitar 6000 hektare lebih, di dalamnya terdiri dari rumah, kawasan perkantoran, mal hingga tujuh universitas.

Beberapa fasilitas di BSD paling terkenal yaitu ICE, BSD Plaza, ITZ BSD, Ocean Park Water, Teraskota, AEON Mall, Giant Hypermarket BSD serta BSD Junction. Di sisi lain proyek perumahan di BSD, meliputi The Zora, AERRA at Eonna, Tanakayu hingga The Blitzfield. Selain itu BSD City menyediakan produk properti lainnya, salah satu contohnya adalah tanah kavling.

5. PT Wijaya Karya Realty (Persero) Tbk

PT Wijaya Karya Realty Persero Tbk
Source Image: thejakartapost.com

Perusahaan properti terbesar di Tanah Air selanjutnya, yaitu ada PT Wijaya Karya Realty (WIKA Realty). Portofolio dari perseroan tersebut memang cukup beragam, mulai dari manajemen properti, jasa konstruksi hingga membangun perumahan. Hampir setiap segmen bisnis dari PT Wijaya Karya Realty mencapai kesuksesan.

Beberapa contoh karya properti PT Wijaya Karya Realty, di antaranya Tamansari Skylounge Makassar, Tamansari Sykylounge Balikpapan, Tamansari Grand Samarinda hingga Tamansari Swarna Residence. Di 2021, WIKA Realty melebarkan sayap bisnisnya, mengambil alih 11 Hotel Indonesia Natour, sembila hotel milik pegadaian serta satu penginapan dimiliki Aerowisata.

6. PT Lippo Karawaci Tbk

PT Lippo Karawaci Tbk
Source Image: cendana.lippohomes.co.id

Urutan keenam perusahaan properti terbesar di Indonesia yakni ada PT Lippo Karawaci. Bagi warga Jabodetabek tentunya sudah tidak asing lagi bila mendengar nama perseroan tersebut. Hal itu dikarenakan segmen bisnis yang dimiliki PT Lippo Karawaci mulai dari mal, pusat kesehatan, rekreasi hingga hotel.

Untuk proyek residensial, Lippo Karawaci mengembangkan Lippo Village, Tanjung Bunga, Holland Village Manado beserta Lippo Cikarang. Lippo Village adalah kota mandiri di mana dihuni warga sebanyak 70 ribu sekaligus menciptakan 48 ribu lapangan kerja. Perusahaan dengan kode emiten LPKR, secara resmi melantai di bursa saham 1996.

7. PT Pakuwon Jati Tbk

PT Pakuwon Jati Tbk
Source Image: chuckshut.com

PT Pakuwon Jati yaitu sebuah perusahaan sudah berdiri sejak 1982, terdaftar di Bursa Efek Jakarta serta Surabaya dari tahun 1989. Perseroan properti ini memiliki portofolio unggulan, di antara lain pengembangan ritel, perhotelan hingga gedung perkantoran. Fokus lokasi pengembangan Pakuwon Jati, yaitu Jakarta, Solo, Bali, Batam, Surabaya, Yogyakarta beserta Bekasi.

Sampai sekarang Pakuwon Jati lebih sering dikenal sebagai salah satu perusahaan pelopor pengembangan superblok. Beberapa contoh karyanya, seperti Kota Kasablanka, Superblok Tunjangan City, Superblok Gandaria City, Superblok Pakuwon Mall. Sementara itu, karya properti residensial Pakuwon Jati, mulai dari CasaGrande Residence, One Icon Residence, La Viz Mansion serta TP Residence.

8. PT Agung Podomoro Group Tbk

PT Agung Podomoro Group Tbk
Source Image: jabarjuara.co

Perusahaan APLN ini memiliki 24 anak usaha serta proyek tersebar di wilayah Jakarta, Bali, Makassar, Balikpapan, Karawang hingga Bandung. Perseroan tersebut dipimpin oleh seorang pengusaha properti sukses, Trihatma K. Haliman. PT Agung Podomoro Group, telah menyelesaikan proyeknya lebih dari 50 properti selama 10 tahun belakangan.

Melalui pengalamannya, PT Agung Podomoro Group berhasil menempati urutan ke-8 dalam daftar perusahaan properti terbesar di Indonesia. Di sisi lain perseroan ini terdaftar sebagai perusahaan properti terbaik kelas kakap. Nama PT Agung Podomoro Group juga sudah cukup banyak dikenal.

9. PT Agung Sedayu Group

PT Agung Sedayu Group
Source Image: agungsedayu.com

Daftar perusahaan properti terbesar di Tanah Air berikutnya adalah PT Agung Sedayu Group. Nama perseroan ini memang sudah dikenal oleh banyak orang. Namun PT Agung Sedayu Group lebih dikenal karena mempunyai proyek residensial maupun pengembangan lahan.

Proyek PT Agung Sedayu Group lebih mengarah terhadap bidang developer perumahan, komersial ataupun apartemen. Perusahaan properti ini telah menyelesaikan berbagai macam proyek, seperti:

  • Hargo Mangga Dua
  • Bukit Golf Mediterania
  • Mangga Dua Square
  • City Resort Residence
  • Green Mansion
  • Senayan Golf Residence
  • Cibubur Country
  • Darmawangsa Square
  • Tendean Square

10. Istana Group

Istana Group
Source Image: bca.co.id

Istana Group merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Perseroan tersebut berada di Bandung, telah membangun berbagai macam properti seperti industri lingkungan hingga pertambangan. Istana Group sudah berdiri sejak tahun 1988, terus mengalami perkembangan pesat.

Sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, Istana Group memiliki visi guna menyediakan berbagai jasa untuk semua komunikasi melalui fasilitas, tanggung jawab sosial serta akomodasi. Istana Group juga menjadi developer di mana dapat mengubah wajah Kota Bandung jadi konvensional modern tanpa harus menghilangkan unsur Paris van Java.

11. PT Puradelta Lestari Tbk

PT Puradelta Lestari Tbk
Source Image: katadata.co.id

PT Puradelta Lestari merupakan perusahaan properti joint venture terbesar di Indonesia, antara Sinar Mas Land bersama Sojitz Corporation asal Jepang. Pada dasarnya perseroan ini mengembangkan Kota Deltamas di mana menjadi sebuah kawasan modern terpadu dengan luas kurang lebih 3200 hektar.

Kota Deltamas memiliki kawasan industri, hunian, komersial yang berlokasi di Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Secara keuangan, menurut laporan laba rugi (income statement) 2022, Puradelta Lestari sukses memperoleh pendapatan sebesar Rp 1,9 T, catatan laba bersih sebesar Rp 1,2 T.

12. PT Jaya Real Property Tbk

PT Jaya Real Property Tbk
Source Image: jayaproperty.com

PT Jaya Real Property menjadi perusahaan publik bergerak dalam bidang properti dengan kantor pusat berada di Tangerang Selatan. Perseroan tersebut didirikan pada tahun 1979. Hingga sekarang, pemegang saham mayoritas PT Jaya Real Property, yaitu Pembangunan Jaya Ancol (Pembangunan Jaya Group).

PT Jaya Real Property telah merampungkan beserta mengembangkan berbagai jenis proyek di lahan lebih dari 3000 hektar berlokasi di sejumlah wilayah Jabodetabek. Perusahaan properti ini berhasil mendapatkan income 2,5 T tahun 2022, laba bersih mencapai Rp 881 miliar.

13. PT Summarecon Agung Tbk

PT Summarecon Agung Tbk
Source Image: sentrabisnislamuda.com

PT Summarecon Agung (Summarecon) awalnya didirikan tahun 1975 oleh seorang pengusaha bernama Soetjipto Nagaria bersama rekan-rekannya. Memiliki proyek awal seperti pembangunan lahan rawa 10 hektar di wilayah Jakarta serta sukses mengubah Kelapa Gading menjadi salah satu kawasan perumahan komersial di Jakarta.

Sebagai perusahaan properti terbesar di Tanah Air, PT Summarecon Agung banyak lebih fokus terhadap pengembangan bisnis property di kawasan Bekasi, Bandung, Karawang, Makassar, Bogor serta Serpong. Dapat dikatakan bahwa bisnis perusahaan tersebut di berbagai daerah mencapai kesuksesan.

14. PT Plaza Indonesia Realty Tbk

PT Plaza Indonesia Realty Tbk
Source Image: bisnis.com

PT Plaza Indonesia Realty mulai beroperasi tahun 1983, memiliki visi untuk membangun properti berkualitas tinggi di lokasi premium. Salah satu perusahaan terbesar di Indonesia ini mengawali bisnisnya dengan membangun komplek Plaza Indonesia. Proyeknya meliputi Plaza Indoinesia Shopping Center, Grand Hyatt Hotel Jakarta dan The Plaza Office Tower.

Namun PT Plaza Indonesia Realty bergerak di berbagai bidang industri, seperti perkantoran, pusat perbelanjaan serta apartemen. Perusahaan properti tersebut mencatatkan pendapatan total Rp 947 miliar hingga akhir kuartal III 2023. Nominal angka income itu mengalami kenaikan sebesar 21,11% dari periode sama tahun lalu, sebesar Rp 781,87 miliar.

15. PT Pollux Properties Indonesia

PT Pollux Properties Indonesia
Source Image: pollux.co.id

PT Pollux Properties Indonesia berdiri tanggal 16 Desember 2014. Meski usianya terbilang baru, tetapi korporasi tersebut sukses menempati posisi di dalam daftar perusahaan properti terbesar di Tanah Air. Salah satu proyek besar dari PT Pollux yaitu pembagunan gedung perkantoran World Capital Tower di atas lahan seluas 8.000 meter persegi di Mega Kuningan.

Selain itu, PT Pollux juga menggarap beberapa proyek seperti Pollux Amarsvati, Pollux Meisterstadt, Pollux Sysuites, Pollux Technopolis hingga Pollux Chadstone. Perusahaan tersebut lebih dikenal sebagai pengembang atau developer properti. PT Pollux merupakan anak perusahaan Pollux Properties Ltd yang berasal dari Singapura.

16. PT Metropolitan Land Tbk

PT Metropolitan Land Tbk Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: liputan6.com

PT Metropolitan Land dibentuk pada tanggal 16 Februari 1994, mulai beroperasi secara resmi di bulan Oktober 1994. Sejak pertama kali berdiri, perusahaan tersebut lebih berfokus terhadap bisnis developer perumahan serta bangunan komersial. Di 2004, perusahaan investasi asal Singapura, Reco Newtown Pte.Ltd bergabung bersama PT Metropolitan.

Masih di tahun yang sama, PT Metropolitan Land juga meraih sertifikat ISO 9001:2000, sebuah pengakuan resmi atas sistem manajemen mutu sudah sesuai standar internasional. Seiring berjalannya waktu, perseroan tersebut pun sukses memasuki daftar korporasi terbesar di Indonesia.

17. PT Pudjiadi Prestige Tbk

PT Pudjiadi Prestige Tbk Perusahaan Properti Terbesar
Source Image: analisafundamentalsaham.com

PT Pudjiadi Prestige merupakan salah satu developer atau pengembang properti di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1980. Berdasarkan sejarahnya perseroan ini didirikan oleh seorang pengusaha properti bernama Sjukur Pudjiadi. PT Pudjiadi telah berkembang menjadi perusahaan pengembang terbesar maupun pemain utama di industri perhotelan Indonesia.

Beberapa proyek PT Pudjiadi Prestige di antaranya Hotel Jayakarta, Apartemen Senopati, Jayakarta Plaza. Secara keuangan di 2022, perusahaan properti ini meraih pendapatan sebesar Rp 471 miliar dengan laba bersih mencapai 279 miliar.

18. PT Roda Vivatex Tbk

PT Roda Vivatex Tbk Perusahaan Terbesar di Indonesia
Source Image: emitennews.com

Urutan selanjutnya dari daftar perusahaan properti terbesar di Indonesia adalah PT Roda Vivatex. Telah berdiri sejak 27 September 1980 oleh pengusaha Tanah Air, yaitu Sutiadi Widjaja. Tercatat PT Roda Vivatex mengelola empat gedung perkantoran, seperti PHE Tower, RDTX Place, Menara Standard Chartered beserta Menara Bank Danamon.

PT Roda Vivatex memulai sejarahnya sebagai perusahaan tekstil dengan pabrik tenun poliester di Citeureup, Bogor. Di tahun 1990 perusahaan properti terbesar ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia. Sampai sekarang PT Roda Vivatex sukses menjadi sebuah perseroan terkemuka di Tanah Air.

19. PT Intiland Development Tbk

PT Intiland Development Tbk Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: homecare24.id

Perusahaan properti terbesar di Indonesia selanjutnya adalah PT Intiland Development. Beberapa proyeknya meliputi gedung Wisma Sarinah, Menteng Prada dan Gedung Graha Pratama. Di sisi lain PT Intiland Development sukses mengembangkan beberapa proyek-proyek besar lainnya.

Sebagai perusahaan properti terbesar di Tanah Air, PT Intiland Development memiliki pengalaman cukup banyak. Perseroan ini sukses membangun Perumahan Pantai Mutiara, Perumahan Taman Semanan, Kota Satelit Darmo di Surabaya, Ngoro Industrial Park di Mojokerto.

20. PT Jababeka Tbk

PT Jababeka Tbk
Source Image: Optika.id

PT Jababeka didirikan tahun 1989, tercatat sebagai perusahaan pengembangan kawasan industri terbuka terbesar sekaligus pertama di Indonesia. Perseroan properti tersebut masuk ke dalam Bursa Efek Jakarta beserta Surabaya sejak 1994. Tak hanya di industri developer property, PT Jababeka juga melebarkan bisnisnya di bidang infrastruktur, jasa, leisure dan hospitality.

Properti utama PT Kawasan Industri Jababeka adalah Kota Jababeka dengan luas mencapai 5.600 hektar di Cikarang, Jawa Barat. Berbagai proyek properti terbesar di Indonesia sukses dikelola oleh perusahaan tersebut. Beberapa di antaranya yaitu Education Park, Kawasan Industri Kendal, PLTGU.

21. PT Bekasi Asri Pemula Tbk

PT Bekasi Asri Pemula Tbk Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: majalahtren.blogspot.com

Kemudian ada PT Bekasi Asri Pemula pada daftar perusahaan properti terbesar di Indonesia. Memiliki visi misi untuk menjadi pelopor terpercaya dalam pengembangan kawasan pemukiman beserta developer terkemuka di Jabodetabek untuk target pasar menengah maupun ke bawah.

PT Bekasi Asri Pemula merupakan perusahaan publik di mana bergerak di sektor developer properti. Perseroan ini awalnya memiliki segmen perumahan bersubsidi tetapi meningkatnya ekonomi di sekitarnya, membuatnya banyak berfokus terhadap semi-real estate maupun komersial untuk kelas menengah.

22. PT Bima Sakti Pertiwi Tbk

PT Bima Sakti Pertiwi Tbk Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: facsekuritas.co.id

Selama lebih dari satu dekade, PT Bima Sakti Pertiwi sukses menjadi salah satu pengembang properti terbesar di Riau. Perseroan tersebut sudah membuktikan partisipasi maupun dedikasinya guna mengembangkan properti-properti terbaik di Kepulauan Riau, terutama di Kota Pekanbaru.

Untuk menjalankan usahanya, PT Bima Sakti Pertiwi tidak hanya memprioritaskan nilai-nilai komersial dalam investasi bisnis, tetapi juga nilai sosial maupun budaya. Salah satu proyek perseroan terbesar ini yaitu Mal Pekanbaru terhubung dengan hotel bintang 5 Grand Jatra Hotel. Proyek mal menjadi yang terbesar di kota tersebut.

23. PT Nusantara Almazia Tbk

PT Nusantara Almazia Tbk
Source Image: market.bisnis.com

Didirikan 26 November 2007, PT Nusantara Almazia bergerak di bidang pengembangan properti. Perseroan ini memiliki fokus utama dalam mengembangkan kawasan di Kota Tangerang beserta Kabupaten Karawang. Selama satu dekade, PT Nusantara Almazia berhasil memasuki daftar perusahaan properti terbesar di Indonesia.

PT Nusantara Almazia juga mengembangkan properti residensial, dengan fokus pada perumahan kelas menengah ke bawah beserta apartemen. Beberapa proyek milik perseroan ini di antara lain, CKM City, Cluster Saung Indah, Apartemen Paris 88, Nusa Residence, Cluster Nusa.

24. PT Ristia Bintang Mahkotasejati Tbk

PT Ristia Bintang Mahkotasejati Tbk Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: pasardana.id

PT Ristia Bintang Mahkota Sejati (RBMS) adalah perusahaan kontraktor dan real estate yang sudah berdiri sejak 1985. Di sisi lain, RBMS juga menjadi perseroan pengembang properti. Namun PT Ristria Bintang Mahkotasejati memilih mengembangkan lahan kecil daripada area dengan luas puluhan atau ratusan hektar.

Sejak Februari 1994, PT Ristia Bintang Mahkotasejati memulai aktivitas operasional secara komersial. Proyek pertamanya dimulai dari perumahan, antara lain perumahan Bintang Metropole di bekasi 20 hektar, disusul perumahan Mahkota Simprug di Ciledug luasnya 45 hektar dan masih banyak lagi.

25. PT Natura City Developments

PT Natura City Developments Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: naturacity.co.id

PT Natura City Depelopments pertama kali didirikan 29 September 2011 menggunakan nama PT Sumber Jaya Adhiguna. Perseroan tersebut memiliki kantor pusat di wilayah Sentul City, Bogor. Meski usia berdirinya belum mencapai dua dekade, tetapi PT Natura City Developments termasuk sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan PT Natura City Developments di bidang perdagangan, pembangunan dan jasa yang berhubungan dengan real estat, properti beserta pengelolaan taman hiburan ataupun rekereasi. Perseroan properti ini mengembangkan kawasan hunian dengan fasilitas pendukungnya seluas 200 hektar di Pengasinan, Gunung Sindur, Bogor.

26. PT Modernland Realty Tbk

PT Modernland Realty Tbk Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: serangkab.info

Daftar perusahaan properti terbesar di Indonesia berikutnya adalah PT Modernland Realty. Berdiri 1983, setahun setelah didirikan, PT Modernland Realty melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), enam tahun setelahnya perseroan tersebut secara resmi meluncurkan proyek perumahan pertamanya, Kota Modern Tangerang.

PT Modernland Realty (MDLN) mencatatkan marketing sales Rp 1 triliun hingga kuartal III 2023. Pencapaian angka tersebut 60% dari target penjualan non bulk-sales. Adapun segmen residensial membukukan dengan jumlah mencapai Rp 822,49 miliar, meningkat sebesar 141% year-on-year. Selain itu di bulan September 2023, Modernland meluncurkan soft launched super cluster, Great Britania di proyek Modernland Cilejit.

27. PT DMS Propertindo

PT DMS Propertindo Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: emitennews.com

PT DMS Propertindo (KOTA) adalah salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang berdiri sejak 2011. Perseroan tersebut bergerak dalam bidang perhotelan, properti serta jasa manajemen hotel, baik secara langsung ataupun tidak langsung lewat anak usahanya. PT DMS Propertindo terbagi menjadi 2 segmen, Real Estate/Properti dan hotel.

Dalam menjalankan bisnis, PT DMS Propertindo menargetkan pengembangan area residensial di berbagai segmen pasar, mulai dari perumahan premium untuk masyarakat berpendapatan tinggi hingga perumahan terjangkau bagi warga berpenghasilan menengah ke bawah.

28. PT PP Properti Tbk

PT PP Properti Tbk Perusahaan Properti di Indonesia
Source Image: emitennews.com

PP PP Properti merupakan salah satu anak perusahaan BUMN terbesar PT PP (Persero) yang mengembangkan tiga segmen bisnis, yakni residensial, mall, edutainment beserta hotel di mana tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tercatat hingga akhir tahun 2020, PT PP Properti memiliki 6 unit hotel, 12 unit pusat perbelanjaan beserta 35 unit residensial.

Di 1991, PT PP Properti melakukan diversifikasi kegiatan usaha dengan membentuk cabang UNK (Usaha Non Konstruksi), meliputi unit developer beserta properti. Perseroan terbesar ini mempunyai visi untuk mengembangkan produk realty maupun properti unggul serta inovatif guna memberikan kenyamanan bagi konsumennya.

29. PT Makmur Berkah Amanda Tbk

PT Makmur Berkah Amanda Tbk Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: emitennews.com

PT Makmur Berkah Amanda Tbk (AMAN) adalah salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia. Perseroan tersebut lebih berfokus pada bisnis kawasan perumahan. Namun setelah mengembangkan perumahan, PT Makmur Berkah Amanda memperluas bisnisnya ke bidang pergudangan maupun kawasan industri.

PT Makmur Berkah Amanda membangun sebuah Safe N Lock seluas 300 hektar, kompleks pergudangan beserta industri di Sidoarjo, Jawa Timur. Perusahaan juga melakukan disversifikasi ke industri perhotelan dengan Marriot International. PT Makmur Berkah Amanda membangun Elemen by Westin Bali Hotel tahun 2018.

30. PT Agung Semesta Sejahtera Tbk

PT Agung Semesta Sejahtera Tbk Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: agungsemestasejahtera.com

PT Agung Semesta Sejahtera (TARA) berdiri pada tanggal 1 Juni 2006 dengan nama PT Garda Jaya Prima termasuk sebagai perusahaan terbesar dalam bidang properti. Perseroan ini mulai beroperasi secara komersial tahun yang sama. Sedangkan kantor pusat PT Agung Semesta Sejahtera berada di Palmerah, Jakarta Barat.

PT Agung Semesta Sejahtera memiliki misi dalam mengembangkan maupun menata pemukiman beserta lingkungannya secara berkesinambungan. Perseroan ini juga bertujuan untuk menjadi pengembang properti inovatif serta terpercaya guna meningkatkan keuntungan bagi semua pihak.

31. PT Bakrieland Development

PT Bakrieland Development
Source Image: bakrieland.com

Daftar perusahaan properti terbesar selanjutnya, yaitu ada PT Bakrieland Development yang didirikan tahun 1990 dengan nama PT Purilestari Indah Pratama. Kemudian namanya berganti menjadi PT Elang Realty. Namun setelah akuisisi oleh Bakrie Group di 1997, secara resmi PT Bakrieland Development ditetapkan sebagai identitas perusahaan.

Proyek PT Bakrieland Development mulai dari pengembangan kompleks, perumahan perkotaan, kawasan komersial, resor, pujasera serta taman hiburan. Beberapa proyek tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Kalimantan, Lampung hingga Sidoarjo.

32. PT Greenwood Sejahtera

PT Greenwood Sejahtera Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: arsitag.com

PT Greenwood Sejahtera adalah perusahaan pengembang properti terbesar di Indonesia dengan kantor pusatnya berada di Jakarta. Bisnis utamanya yakni pengembangan real estat. PT Greenwood Sejahtera mengelola proyek-proyek besar seperti Senayan City, TCC Batavia, Emporium Pluit.

Namun cakupan bisnis PT Greenwood Sejahtera dapat mencakup di bidang konstruksi, investasi, perdagangan, industri beserta layanan transportasi. Kemudian dengan misinya untuk menjadi pemimpin dalam industri pengembangan properti lewat inovasi maupun peningkatan berkelanjutan untuk mendapat nilai kualitas luar biasa.

33. PT Adhi Commuter Properti

PT Adhi Commuter Properti Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia
Source Image: bumninc.com

PT Adhi Commuter Properti (ADCP), pengembang properti berbasis transportasi massal pertama sekaligus terbesar di Indonesia. Menghadirkan hunian dengan keunggulan di mana mempermudah masyarakat dalam menjalani kegiatan harian maupun berkontribusi terhadap penyelesaian masalah perkotaan.

PT Adhi Commuter Properti tergabung sebagai salah satu anak usaha dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Adhi Karya (Persero). ADCP bergerak di bidang properti, hospitality beserta support.

34. PT Duta Anggada Realty

PT Duta Anggada Realty
Source Image: dutaanggada.com

PT Duta Anggada Realty didirikan pada bulan Desember 1983 dengan nama PT Duta Anggada Inti Pratama. Memulai kegiatan usaha komersialnya di tahun 1984. Kantor pusat PT Duta Anggada Realty berlokasi di Plaza Chase, Jakarta.

Lokasi strategis, bangunan prima hingga desain arsitektur adalah ciri-ciri dari properti milik PT Duta Anggada Realty. Hal itu pun membuat perseroan tersebut masuk ke dalam daftar perusahaan properti terbesar maupun terkemuka di Indonesia.

35. PT Perdana Gapuraprima

PT Perdana Gapuraprima
Source Image: gapuraprima.com

Urutan terakhir pada daftar perusahaan properti terbesar di Indonesia ialah PT Perdana Gapura Prima. Perseroan tersebut merupakan entitas induk di mana awal mulanya didirikan dengan nama PT Perdana Gapura Mas. Lalu, namanya berubah menjadi PT Perdana Gapuraprima pada 1 Maret 1999.

PT Perdana Gapuraprima adalah perusahaan developer properti di mana memiliki portofolio proyek pengembangan kawasan hunian beserta komersial untuk segmen pasar menengah ke atas. Kegiatan usaha perusahaan lebih difokuskan terhadap investasi bisnis maupun pengembangan properti.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai daftar sejumlah perusahaan properti terbesar di Indonesia. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat menambah wawasan bagi kalian yang tertarik terhadap perseroan di bidang tersebut.


Editor: Ari

Photo of author

Giring Erlangga

Giring Erlangga, lulusan S1 Universitas Gadjah Mada, telah membangun karir sebagai penulis topik pekerjaan dan profesi selama 5 tahun. Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, ia menerjemahkan pengalaman dan pengetahuan akademisnya ke dalam tulisan yang inspiratif dan informatif, membantu banyak orang dalam merancang dan mengembangkan karier mereka.

Baca Juga