Berita

Relationship Manager Adalah, Pengertian, Tugas, dan Gaji

Bayu Grahita

Relationship Manager Adalah
Relationship Manager Adalah, Source Image: Iberian-Partners.com

Iberian-Partners.com – Bagi Anda yang hendak terjun ke dunia sales, relationship manager adalah salah satu pekerjaan yang menarik. Di samping memiliki gaji besar, posisi ini hampir semua perusahaan maupun lembaga keuangan besar membutuhkannya.

Salah satu peran penting seorang relationship manager adalah membantu meningkatkan reputasi perusahaan, supaya dipandang baik oleh masyarakat atau pelanggannya. Pasalnya, pekerjaan ini bisa dikatakan sebagai ujung tombak kongsi untuk mendapatkan banyak relasi bisnis maupun klien.

Namun menjadi seorang relationship manager membutuhkan skill maupun pengalaman di bidang yang relevan. Di mana, kriteria tersebut biasanya tercantum ketika suatu perusahaan maupun lembaga keuangan membuka lowongan kerja ini.

Bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian, tugas, tanggung jawab, skill, syarat, gaji, pengalaman dan lowongan kerja relationship manager. Silakan simak lebih lanjut ulasan Iberian-Partners.com di bawah ini.

Relationship Manager Adalah

Pengertian Relationship Manager Adalah

Relationship manager adalah salah satu bagian tim penjualan di mana perannya penting untuk membangun serta memelihara hubungan dengan klien maupun perusahaan. Di sisi lain, pekerjaan tersebut juga bekerja sama dengan klien untuk meningkatkan sales opportunity serta menarik pelanggan baru.

Tugas relationship manager adalah mengutamakan pelayanannya kepada pelanggan serta mengembangkan rencana penjualan berdasarkan kebutuhan mereka. Oleh karena itu, pekerjaan ini dibutuhkan setiap industri, terutama di posisi pelayanan seperti Bank BRI, Bank DKI dan lain sebagainya.

Selain itu, sebagai manajer hubungan juga nantinya akan ditugaskan untuk membantu klien untuk menyelesaikan persoalan. Di mana mereka berusaha memahami kendala serta mengembangkan rencana guna memenuhi kebutuhan tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Relationship Manager

Tugas dan Tanggung Jawab Relationship Manager

Sama seperti namanya, tugas manajer hubungan adalah untuk membangun dan menjaga reputasi perusahaan. Pasalnya, pekerjaan ini nantinya menjaga alur komunikasi bersama klien dan pelanggannya.

Selain itu, pekerjaan ini juga memiliki sejumlah tanggung jawab guna mencari peluang bisnis baru, menyelesaikan keluhan, menyediakan konsul, dan memastikan klien puas terhadap pelayanan. Lantas, apa hanya itu tugas relationship manager?

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab umum relationship manager:

1. Memahami Profil Pelanggan

Tugas relationship manager yang pertama adalah mampu membedakan dan memahami profil pelanggan. Di mana, klien sering mempresentasikan nilai yang berbeda-beda bagi suatu perusahaan.

Proses memahami dan membedakan profil pelanggan adalah salah satu langkah penting guna membentuk pelayanan yang baik. Pasalnya, mengategorikan sejumlah klien juga diperlukan, karena untuk meningkatkan angka loyalty serta customer retention.

2. Memahami Prospek

Memahami prospek adalah salah satu tugas dari manajer hubungan, karena banyak perusahaan yang belum mengetahui identitas maupun latar belakangan calon pelanggan mereka. Alhasil, klien nantinya dapat memastikan kebutuhan dan mudah ketika memulai proses prospecting.

Tugas tersebut juga berguna untuk memastikan perusahaan mempunyai mekanisme yang bagus, guna menandakan pelanggan secara individual. Di sisi lain, memahami prospek diperlukan, supaya perusahaan nantinya dapat memiliki hubungan lebih personal dengan klien.

3. Berhubungan dengan Pelanggan

Tugas terakhir manajer hubungan adalah berhubungan dengan para pelanggan. Di mana, hal ini diperlukan sebab interaksi tersebut memberikan pengetahuan terhadap kebutuhan mereka. Di samping itu, tugas ini dibutuhkan supaya representatif bisa menjual produk dengan proses yang lebih baik.

Selain tugas utama di atas, ada beberapa job desc lain yang wajib dilakukan relationship manager. Berikut adalah daftar tugas umumnya:

  • Membangun hubungan dengan banyak relasi baik klien individu maupun perusahaan baru.
  • Memiliki pengetahuan mendalam terkait produk layanan perusahaan naungannya.
  • Menganalisa serta mengejar sales opportunity baru.
  • Mengidentifikasi kebutuhan maupun persyaratan klien.
  • Menyediakan klien dengan konsultasi produk komprehensif.
  • Memberikan solusi terhadap masalah yang dialami klien.
  • Menyelesaikan masalah pelanggan secara tepat waktu dan efisien.
  • Memenuhi target revenue dan sales dari pihak stakeholder.
  • Mengidentifikasi kerja sama antar staf terbaik di perusahaan klien guna membangun hubungan lebih menguntungkan.
  • Memperbaharui serta menawarkan kontrak kepada klien maupun pelanggan yang akan habis.
  • Observasi terhadap kinerja bisnis perusahaan kompetitor.

Skill yang Dibutuhkan Relationship Manager

Skill yang Dibutuhkan Relationship Manager

Demi melancarkan tugas dan tanggung jawab sebagai manajer hubungan di suatu perusahaan. Pekerjaan ini membutuhkan sejumlah skill yang dibutuhkan untuk menyelesaikan beberapa masalah maupun tanggung jawabnya.

Ketika Anda ingin menjadi relationship manager yang baik, berikut adalah daftar skill yang dibutuhkannya:

1. Komunikasi

Skill utama yang butuhkan manajemen hubungan adalah komunikasi, di mana kemampuan tersebut mencakup lisan maupun tertulis. Keterampilan tersebut dibutuhkan, karena nantinya pekerjaan ini akan banyak berhubungan dengan konsumen ketika menjalankan pekerjaannya.

2. Negosiasi

Skill yang dibutuhkan manajer hubungan selanjutnya adalah negosiasi, di mana keterampilan tersebut erat kaitannya dengan proses pengambilan keputusan bersama pihak eksternal. Alhasil, dengan adanya negosiasi nantinya manajemen hubungan akan mendapatkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

3. Pelayanan Konsumen

Skill yang dibutuhkan terakhir ketika ingin menjadi manajemen hubungan adalah pelayanan konsumen. Kemampuan ini dibutuhkan, supaya klien mendapatkan pengalaman baik serta terpenuhi kebutuhannya.

Syarat Menjadi Relationship Manager

Syarat Menjadi Relationship Manager

Selain skill di atas, ada beberapa persyaratan umum yang biasanya ditetapkan oleh beberapa perusahaan besar untuk merekrut manajer hubungan. Di mana, kualifikasi ini berguna untuk menilai kemampuan individu untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya pada bidang terkait.

Lantas, apa saja kualifikasi umum menjadi seorang manajer hubungan di perusahaan maupun bank? Berikut adalah syarat menjadi relationship manager secara umum:

  • Memiliki kemampuan analisis yang tajam.
  • Mempunyai pengetahuan mendalam terkait layanan pelanggan dan CRM yang tinggi.
  • Memiliki pengetahuan tentang praktik manajemen hubungan perusahaan.
  • Mampu menyelesaikan masalah perusahaan maupun klien dengan efisien dan cepat.
  • Memiliki latar belakangan minimal sarjana di bidang yang relevan, seperti marketing, bisnis, manajemen dan lainnya.

Gaji Relationship Manager

Gaji Relationship Manager

Adanya tugas, tanggung jawab dan kualifikasi yang berbeda setiap perusahaan maupun lembaga keuangan. Hal tersebut membuat upah manajer hubungan sangat bervariatif di mana tergantung wilayah penempatan ataupun tempat kerjanya.

Rata-rata gaji relationship manager di Indonesia berkisar dari Rp 7.000.000 hingga Rp 25.000.000 per bulan. Semakin besar upah yang didapatkan, tentunya semakin lama individu tersebut dipekerjakan atau dari profil perusahaan yang menaunginnya.

Info Loker Relationship Manager

Info Loker Relationship Manager

Dengan mengetahui kualifikasi dan besaran gaji manajemen hubungan di Indonesia, pastinya membuat Anda semakin tertarik dengan pekerjaan tersebut. Apabila ingin bekerja sebagai relationship manager di berbagai perusahaan, adapun lowongan kerjanya di halaman ini.

Laman tersebut berisi semua lowongan kerja manajer hubungan dari SME, Bank BRI, Bank CIMB Niaga, BTPN dan lain sebagainya. Tim Iberian-Partners.com nantinya akan terus memperbaharui halaman loker tersebut, sehingga Anda mendapatkan tempat kerja yang diinginkan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai pengertian, tugas, tanggung jawab, skill, syarat, gaji dan loker relationship manager. Kesimpulannya, relationship manager adalah seorang yang berperan penting dalam membangun serta memelihara relasi dengan klien atau perusahaan.

Perlu diingat kembali, ketika Anda ingin menjadi seorang manajer hubungan di suatu perusahaan. Ada baiknya, Anda mempersiapkan diri dari segi pengetahuan maupun kemampuan terkait bidang tersebut, agar nantinya mudah untuk bekerja di lembaga keuangan ternama.

Mungkin itu saja informasi terkait relationship manager adalah dari Iberian-Partners.com. Semoga dengan adanya pembahasan di atas, Anda dapat mempersiapkan diri ketika tertarik menjadi manajer hubungan di suatu perusahaan atau lembaga keuangan di Indonesia.

Photo of author

Bayu Grahita

Bayu Grahita, alumnus Universitas Udayana, telah menulis topik berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan keahlian dan pengalamannya, Bayu memberikan wawasan baru tentang tren industri, membantu pembaca navigasi pasar kerja.

Baca Juga