Berita

Sales Engineer Adalah, Pengertian, Tugas, Skill dan Kualifikasi

Indra Bonit

Sales Engineer Adalah, Pengertian, Tugas, Skill dan Kualifikasi
Ilustrasi Sales Engineer adalah, Source Image: lumina.mba

Iberian-Partners.com – Sales adalah salah satu profesi pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat. Ketahui juga bahwa profesi sales juga terbagi menjadi beberapa jenis, salah satu yang akan kami bahas disini adalah Sales Engineer.

Era modern saat ini, sales Engineer adalah salah satu profesi yang cukup banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan munculnya banyak perusahaan dari berbagai sektor yang membutuhkan ahli marketing alat-alat sains dan IT.

Profesi Sales Engineer juga diproyeksikan untuk tumbuh sebesar 8% dari tahun 2020 sampai dengan 2030 mendatang. Kalian tentu penasaran bukan, apa sih Sales Engineer, tugas dan tanggung jawabnya itu seperti apa?

Disini kami akan membahas secara lengkap, mulai dari pengertian, tugas, tanggung jawab dan kualifikasi menjadi Sales Engineer. Nah daripada kalian bertanya-tanya, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama yang telah kami siapkan berikut ini.

Sales Engineer Adalah

Sales Engineer Adalah
Source: blogkarirdotcom.wordpress.com

Seperti biasa, di pembahasan awal ini kami akan informasikan lebih dulu mengenai apa yang dimaksud dengan Sales Engineer. Sales Engineer adalah seseorang yang bertugas untuk menawarkan serta mempromosikan produk maupun layanan dengan basis teknologi kepada perusahaan-perusahaan yang memerlukan jasanya.

Menjalani profesi sebagai Sales Engineer, disini seseorang tersebut akan dituntut untuk bisa memahami bagian-bagian dari produk akan dipasarkan, seperti halnya dengan fungsi, prosedur kinerja serta lain sebagainya.

Disamping itu, seorang Sales Engineer juga harus melakukan perjalanan bisnis untuk mengunjungi klien serta menjalin hubungan kerjasama baik dengan beberapa pelanggan lama maupun pelanggan baru.

Dalam kerjanya, seorang dengan profesi ini juga harus mampu mengelola serta menafsirkan kebutuhan klien serta membujuknya agar mereka mau menggunakan produk atau layanan tersebut.

Menurut Career Explorer, pekerjaan ini memang memiliki kesamaan dengan profesi lain di bagian penjualan. Dimana mereka harus bisa bekerja di bawah tekanan deadline serta juga target sesuai kebijakan perusahaan.

Besarnya penghasilan di setiap bulan juga tergantung pada kesuksesan mereka menjual produk serta layanan yang dijual. Beberapa orang yang menjadi Sales Engineer bahkan memilih untuk bekerja lebih lama dari jam kerja agar target penjualan terpenuhi.

Tugas & Tanggung Jawab

Tugas Tanggung Jawab 3
Source: clari.com

Untuk informasi berikutnya adalah tugas tanggung jawab. Penting diketahui bahwa kebanyakan perusahaan akan memiliki daftar tanggung jawab berbeda bagi Sales Engineer mereka.

Dimana hal ini berlaku karena setiap perusahaan biasanya memiliki target bisnis berbeda-beda. Nah terkait tugas tanggung jawab dipegang oleh Sales Engineer ini diantaranya adalah:

  • Pertama menyiapkan serta menyampaikan presentasi untuk menjelaskan produk maupun layanan kepada klien.
  • Berunding dengan pelanggan serta teknisi untuk menilai kebutuhan peralatan untuk menentukan persyaratan dibutuhkan.
  • Berkolaborasi dengan tim sales lain untuk mengetahui detail persyaratan klien serta dukungan penjualan.
  • Mengamankan serta memperbarui pesanan berikut mengatur pengiriman produk.
  • Membantu klien mengatasi masalah dalam pengaplikasian alat tersebut.
  • Memberikan rekomendasi kepada klien mengenai upgrade atau bagaimana sebuah perubahan bisa menurunkan anggaran atau meningkatkan produksi dengan alat tersebut.
  • Melakukan penelitian serta mengembangkan sebuah produk baru.

Skill yang Harus Dimiliki

Skill yang Harus Dimiliki
Source: betterteam.com

Menjadi seorang Sales Engineer juga diharuskan memiliki beberapa skill atau keahlian. Nah adapun keahlian yang harus dimiliki adalah sebagai berikut.

1. Marketing

Skill pertama yang wajib dimiliki adalah marketing skill atau kemampuan untuk menjual produk. Dalam hal ini, kalian tentunya akan selalu dituntut untuk bisa menjual produk berbasis teknologi maupun ilmiah. Nah skill disini juga mencakup kemampuan dalam hal komunikasi serta interpersonal.

2. Kemampuan Teknis

Selain skill diatas, seorang Sales Engineer juga diharuskan memiliki kemampuan lainnya, yaitu kemampuan teknis. Disini kalian harus bisa menjelaskan manfaat sebuah produk kepada klien potensial.

Disamping itu, kalian juga harus dapat menunjukkan cara penggunaan produk tersebut kepada klien, kemudian menjelaskan juga bahwa produk tersebut lebih baik daripada produk kompetitor lainnya.

Kemampuan ini juga berbeda-beda, tergantung dengan produk atau layanan ditawarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

3. Persuasif

Selanjutnya adalah skill persuasif. Bukan hanya kemampuan komunikasi biasa saja, disini kalian juga diharuskan memiliki kemampuan persuasif. Menawarkan produk kepada klien potensial juga terkadang tidak selalu berjalan lancar.

Nah disini kalian harus bisa meyakinkan klien bahwa produk ditawarkan benar-benar bisa menyelesaikan masalah dengan penawaran terbaik.

4. Pemecahan Masalah

Skill berikutnya adalah kemampuan pemecahan masalah. Selama proses pemasaran dan penjualan produk serta komunikasi dengan konsumen terkadang kita akan menemukan berbagai masalah.

Nah soft skill ini diperlukan untuk proses brainstorming, interpetasi data, obeservasi masalah, serta menemukan titik temu terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

5. Kerjasama

Soft skill berikutnya adalah kemampuan kerjasama atau kolaborasi. Ada diantara mereka yang bekerja di sebuah perusahaan yang merancang serta membuat produk teknis. Adapula yang bekerja untuk perusahaan penjualan independen.

Walaupun bertugas menjual produk, ada juga yang bekerja dalam tim dengan tenaga penjualan khusus ditempatkan bagian pemasaran.

Kualifikasi Menjadi Sales Engineer

Kualifikasi Menjadi Sales Engineer
Source: betterteam.com

Seperti dilansir dari laman Betterteam, umumnya perusahaan akan mencari seseorang untuk posisi Sales Engineer dengan kualifikasi seperti berikut.

  • Pendidikan minimal sarjana teknik, marketing, atau administrasi bisnis.
  • Memiliki pengalaman kerja di bidang pemasaran dan penjualan maupun teknologi.
  • Jujur, disiplin serta bertanggung jawab
  • Pekerja keras

Dalam kualifikasi ini, pengalaman memang lebih diutamakan. Karena pihak perusahaan juga tidak ingin merekrut seseorang dengan minim pengalaman untuk menjual produk-produk unggulan mereka.

Maka dari itu, kebanyakan perusahaan yang akan membuat ketentuan syarat lamaran kerja khusus bagi mereka yang telah berpengalaman di bidang marketing. Menjual produk berbasis teknologi juga bukan perkara yang mudah, seperti menjual produk makanan ataupun minuman.

Dengan demikian, akan sangat wajar jika perusahaan lebih mengutamakan pelamar berpengalaman dibandingkan dengan mereka yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam hal marketing.

Walaupun tidak perusahaan mematok kebijakan seperti itu, namun kebanyakan perusahaan pasti akan memilih merekrut orang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Perusahaan juga ingin mendapatkan service terbaik agar bisa perusahaan tersebut berkembang.

Gaji Sales Engineer

Gaji Sales Engineer
Source: apptree.com

Berbicara mengenai gaji, profesi pekerjaan satu ini rata-rata akan mendapatkan gaji berkisar Rp 6 juta per bulan. Akan tetapi jumlah tersebut tidaklah mutlak, karena besaran gaji akan tergantung pada daerah dan juga tempat kalian bekerja.

Pihak perusahaan juga biasanya akan memberikan insentif, bonus dan benefit lainnya. Namun, besaran pasti berapa insentif maupun bonus didapat juga tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas bisa kami simpulkan bahwasanya Sales Engineer adalah salah satu profesi pekerjaan di bidang penjualan produk atau layanan berbasis teknologi. Produk dijual juga kebanyakan bukan ke perorangan, namun lebih ke perusahaan-perusahaan.

Menjadi seorang Sales Engineer juga membutuhkan beberapa keahlian, bukan hanya dalam hal marketing saja, namun juga keahlian lain. Ini bisa menjadi penunjang kalian ketika bergabung bersama sebuah perusahaan dan diposisikan sebagai Sales Engineer.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga