Berita

Tes Kesehatan Akhir PT KAI, Pengalaman, Penyebab dan Tips

Indra Bonit

Tes Kesehatan Akhir PT KAI, Pengalaman, Penyebab dan Tips
Ilustrasi tes kesehatan, sumber: lifestyle.kompas.com

Iberian-Partners.com – Salah satu tes yang wajib diikuti oleh calon pegawai di PT KAI adalah tes kesehatan. Nah jika kalian belum mengetahui apa saja tes kesehatan akhir yang diikuti, kalian bisa terus simak artikel kali ini. Disini akan ada pembahasan lengkap mengenai pengalaman, penyebab kegagalan tes kesehatan dan tips agar lulus tes kesehatan akhir di PT KAI.

Kita mungkin sudah mengetahui bahwasanya tes kesehatan selalu diperlukan, dimana ini juga sudah menjadi ketentuan perusahaan ketika akan menerima calon karyawan, tidak terkecuali PT KAI. Adanya tes kesehatan akhir atau MCU (Medical Check Up) juga memiliki beberapa manfaat, seperti upaya mendukung kesehatan mental karyawan.

Kemudian mendukung kesehatan pekerja, baik dalam usia produktif maupun usia lebih tuan. Selain ada juga beberapa manfaat lain yang nanti akan kami informasikan kepada kalian semua. Terkait tes kesehatan akhir PT KAI, ada beberapa calon karyawan yang tidak lulus tes ini. Lalu apa sih penyebab gagal tes kesehatan akhir PT KAI?

Untuk penyebab gagal tes kesehatan akhir bisa saja karena beberapa hal, dimana informasi ini bisa kalian pahami agar nantinya bisa lulus tes kesehatan. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, untuk itu kita langsung saja masuk ke pembahasan lengkap mengenai tes kesehatan akhir PT KAI yang telah kami siapkan berikut ini.

Apa Saja Tes Kesehatan Akhir PT KAI

Apa Saja Tes Kesehatan Akhir PT KAI
Sumber: www.kompasiana.com

Seperti kami singgung diatas bahwasanya tes kesehatan menjadi salah satu tes penting yang wajib dilalui oleh para calon pegawai PT KAI. Ada beberapa tahapan tes kesehatan atau medical check up, seperti cek darah, urine, visus, mata, gigi dan masih ada lagi lainnya.

Banyak diantara kalian mungkin belum mengetahui apa saja tes kesehatan akhir PT KAI. Sebenarnya untuk jenis tes kesehatan PT KAI juga tidak beda jauh dengan tes kesehatan seleksi rekrutmen KAI Wisata. Untuk mengetahui secara pasti, di bawah ini kami telah menyiapkan informasi terkait hal tersebut. Inilah beberapa tes kesehatan akhir yang wajib dijalani oleh para calon pegawai baru PT KAI.

1. Darah

Tes kesehatan akhir pertama adalah cek darah. Nantinya para calon pegawai baru PT KAI akan menjalani tes untuk pengecekan darah. Cek darah ini bertujuan untuk melihat apakah calon pegawai baru mengalami beberapa gejala, diantaranya anemia, infeksi tertentu, hepatitis, indikasi HIV, gangguan ginjal atau hati, sampai melihat kondisi gula darah atau diabetes.

2. EKG

Tes kesehatan kedua adalah Elektrokardiografi atau EKG. Tes ini dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi daripada fungsi jantung. Ini tentu penting dilakukan guna memastikan apakah calon pekerja memiliki riwayat jantung atau tidak.

3. Torax

Rontgen Thorax adalah pemeriksaan radiologi di bagian dada guna mengevaluasi kondisi tulang rusuk, jantung, serta paru-paru. Paket skrining ini dapat digunakan untuk membantu menegakkan diagnosis dari berbagai gangguan kesehatan, seperti Gangguan jantung maupun Pneumonia (radang paru-paru).

4. Urine

Setiap calon pegawai PT KAI nantinya juga akan dilakukan tes urine. Tes urine bertujuan untuk memantau perkembangan suatu penyakit diderita, sekaligus untuk melihat respon tubuh terhadap perawatan atau pengobatan dijalani sebelumnya.

5. Visus

Berikutnya ada tes Visus mata atau tes ketajaman. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan mata melihat objek dengan jelas dalam jarak tertentu. Biasanya digunakan untuk mengetahui kelainan refraksi mata, seperti mata minus (rabun jauh), rabun dekat, dan mata silinder.

6. Gigi

Tes gigi ini bertujuan untuk melakukan penilaian menyeluruh terhadap kondisi gigi. Tes juga bisa mendeteksi adanya masalah pada gigi calon karyawan serta memberikan rekomendasi perawatan berikut tindakan yang dibutuhkan.

7. Tinggi dan Berat Badan

Selanjutnya ada tes tinggi dan berat badan. Pengukuran kedua hal ini memiliki tujuan untuk mendapatkan nilai Indeks Masa Tubuh (IMT). Nilai indeks tersebut nantinya akan digunakan sebagai indikator apakah calon pegawai PT KAI memiliki berat serta tinggi badan ideal atau berisiko terkena penyakit menular.

Calon pegawai bisa dikatakan masuk ke dalam golongan kurus dan kekurangan berat badan tingkat berat apabila memiliki skor IMT kurang dari 17. Sedangkan skor 17 sampai 18,4 bisa dinyatakan masuk ke kelompok kekurangan berat badan tingkat ringan.

Calon pegawai bisa masuk ke dalam golongan berat badan normal apabila memiliki skor IMT 18,5 sampai dengan 25. Lalu untuk golongan gemuk atau kelebihan berat badan, nilai skor IMT berada di angka 25,1-27, sedangkan kelebihan berat badan tingkat berat berada di skor lebih dari 27.

8. Tekanan Darah

Pemeriksaan berikutnya adalah tekaan darah. Tes ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui dini risiko hipertensi, stroke maupun serangan jantung. Calon pegawa bisa dinyatakan memiliki tekanan darah norma jika berada di bawah 140/90 mmHg.

9. Buta Warna

Tes buta warna ini bertujuan untuk memastikan seseorang baik serta mampu secara optimal untuk melakukan pekerjaannya. Hal tidak kalah penting disini, tes tersebut bisa mencegah terjadinya kecelakaan kerja serta meminimalkan kesalahan lainnya.

10. Pemeriksaan Bebas Narkoba

Dan untuk tes kesehatan akhir PT KAI terakhir adalah pemeriksaan bebas narkoba. Tes ini wajib dilakukan, bahkan oleh semua perusahaan maupun instansi terkait yang membuka lowongan pekerjaan.

Penyebab Gagal Tes Kesehatan Akhir PT KAI

Penyebab Gagal Tes Kesehatan Akhir PT KAI
Sumber: www.gooddoctor.co.id

Nah setelah mengetahui beberapa jenis tes kesehatan akhir PT KAI, berikutnya kita juga akan bahas mengenai penyebab gagal tes kesehatan PT KAI. Tes kesehatan menjadi tes penting, untuk itu kita tentu tidak ingin bukan jika gagal pada tahap akhir tes kesehatan ini.

Dari banyaknya pelamar di PT KAI, tentu ada beberapa pelamar yang berhasil lulus tes dan ada juga yang gagal lulus tes kesehatan. Kegagalan tes kesehatan ini memiliki beberapa penyebab, diantaranya adalah sebagai berikut.;

1. Tidak Mengikuti Syarat Ketentuan Tes Kesehatan

Penyebab gagal tes kesehatan akhir PT KAI pertama adalah karena calon peserta tidak mengikuti syarat ketentuan berlaku. Syarat ketentuan pastinya wajib diikuti oleh semua peserta tes kesehatan PT KAI. Jika ada peserta tidak mengikuti, maka besar kemungkinan peserta tersebut akan didiskualifikasi.

Syarat ketentuan tes kesehatan biasanya mengharuskan calon peserta menggunakan pakain yang telah ditentukan. Kemudian para peserta wajib datang tepat waktu atau mungkin 30 menit sebelum proses tes kesehatan akhir dilakukan. Ingat, syarat ketentuan ini WAJIB untuk ditaati oleh semua peserta tes kesehatan akhir di PT KAI.

2. Buta Warna

Lowongan kerja untuk posisi manapun di PT KAI memang mewajibkan semua karyawan untuk memiliki penglihatan yang baik. Jika pada saat tes kesehatan peserta dinilai kurang memiliki penglihatan baik atau bahkan buta warna, biasanya peserta akan dinyatakan gagal dalam tahap ini.

3. Tinggi dan Berat Kurang Proporsional

Penyebab gagal tes kesehatan akhir berikutnya adalah karena peserta tidak memiliki tinggi dan berat badan proporsional. PT KAI memang memasukkan syarat tinggi badan minimal untuk bisa diterima sebagai pegawai. Menurut informasi dari beberapa sumber, untuk tinggi badan minimal adalah 165 cm untuk perempuan, sedangkan laki-laki minimal 170 cm.

4. Kondisi Tubuh Tidak Fit

Dalam tahap tes kesehatan akhir, para peserta nantinya akan dicek keseluruhan kondisi tubuhnya. Untuk itu, sebelum melakukan tes kesehatan akhir, kami sarankan untuk tidak begadang dan banyak-banyak mengkonsumsi air putih agar tubuh tetap fit. Apabila peserta tidak menjaga kondisi tubuh dan pada saat tes kesehatan terdeteksi adanya tekanan darah buruk atau kondisi lainnya, maka dalam tahap ini peserta dianggap gagal.

5. Menggunakan Obat-Obatan Terlarang

Lalu penyebab gagal tes kesehatan akhir PT KAI yang paling fatal adalah karena peserta terindikasi menggunakan obat-obatan terlarang. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada toleransi lagi, dimana peserta akan dinyatakan gagal . Bahkan tidak menutup kemungkinan juga bahwa nama peserta akan di blacklist oleh PT KAI, dimana nantinya peserta tersebut akan kesulitan ketika mendaftar lowongan PT KAI lagi.

Tips Lulus Tes Kesehatan Akhir PT KAI

Tips Lulus Tes Kesehatan Akhir PT KAI
Sumber: nova.grid.id

Jika kalian sudah mengetahui beberapa poin diatas terkait penyebab gagal tes kesehatan akhir, disini kami juga akan informasikan beberapa tips agar nantinya kalian bisa lolos tes kesehatan akhir di PT KAI, diantaranya sebagai berikut.

1. Jaga Kondisi Tubuh

Tips agar lolos tes kesehatan akhir PT KAI pertama adalah dengan selalu menjaga kondisi tubuh kalian. Menjaga kondisi tubuh ini bisa dilakukan dengan rajin olahraga, perbanyak minum air mineral, tidur cukup dan mengkonsumsi makanan sehat.

Pola hidup sehat tentu akan memberikan dampak luar biasa pada tubuh kalian, sehingga pada saat tes kesehatan bisa dilalui dengan mudah sampai kalian dinyatakan lulus.

2. Berpuasa Selama 10 Jam

Tips berikutnya adalah coba untuk berpuasa selama 10 jam sebelum tes kesehatan dilakukan. Hal ini sangat dianjurkan oleh dokter atau petugas medis. Hal ini bertujuan agar nantinya hasil pemeriksaan tidak terpengaruh oleh asupan makanan yang dikonsumsi sebelumnya.

Disamping itu, dengan berpuasa sebelum tes kesehatan dilakukan, tubuh dapat membersihkan diri dari sisa makanan di dalam sistem pencernaan, dengan demikian hasil pemeriksaan bisa akurat.

3. Hindari Alkohol dan Obat-obatan

Kemudian tips ketiga yakni hindari penggunaan obat-obatan dan minuman beralkohol. Ini sebaiknya dihindari, minimal 1 hari sebelum menjalani tes kesehatan. Hal ini penting dilakukan karena obat-obatan maupun minuman keras bisa mempengaruhi hasil tes urin dan mempengaruhi penilaian terhadap kondisi kesehatan.

4. Ikuti Syarat Ketentuan Tes

Selanjutnya kalian tentu bisa mengikuti syarat ketentuan tes kesehatan yang telah ditetapkan. Ini tentunya sangatlah penting, karena sudah menjadi kebijakan, maka mau tidak mau kalian harus mentaatinya. Biasanya syarat ketentuan tersebut meliputi, seragam tes, jadwal atau jam tes dilakukan dan lain sebagainya.

5. Berpikir Positif dan Tenang

Ketika menjalani tes kesehatan, jangan biarkan diri kalian terbebani oleh rasa khawatir dan stres berlebihan. Hal ini bisa mempengaruhi hasil tes kesehatan, karena stres berlebih bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan tekanan darah. Untuk itu, cobalah tetap tenang serta usahakan tetap berpikir positif.

Pengalaman Lulus Tes Kesehatan Akhir PT KAI

Pengalaman Lulus Tes Kesehatan Akhir PT KAI
Sumber: www.facebook.com

Membahas mengenai tes kesehatan akhir PT KAI, kami disini akan coba menceritakan pengalaman peserta yang lulus tes kesehatan di PT KAI. Jadi, pada tahap pemeriksaan atau tes kesehatan ini, kalian akan melalui beberapa tahapan. Untuk tes kesehatan akhir disini tidak berbeda dengan tes kesehatan awal, dimana ada pemeriksaan tinggi badan, berat badan, mata, dan lain sebagainya.

Hanya saja untuk tes kesehatan akhir akan ditambah pemeriksaan organ dalam. Beberapa pemeriksaan ini nantinya meliputi pengambilan sampel darah dan urine. Lalu ada juga pemeriksaan rontgen untuk menentukan kesehatan paru-paru, ginjal dan rekam jantung guna menentukan kesehatan jantung. Kemudian ada juga pemeriksaan pada beberapa daerah intim, berlaku bagi peserta wanita dan pria.

Nah terkait detail pemeriksaan, kami tidak bisa menyebutkannya disini, jadi kalian bisa mencari tahu mengenai detail pemeriksaan yang dilakukan pada tahap tersebut. Perlu diketahui bahwasanya semua dokter atau petugas medis yang bertugas tentunya sangatlah profesional berikut juga dengan semua peserta rekrutmen PT KAI. Semua proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan ketentuan serta prosedur yang telah ditetapkan.

Dalam tahapan ini, beberapa peserta yang lulus tes kesehatan akhir juga memberikan anjuran agar selalu menjaga kondisi tubuh sebelum melakukan tes. Berpuasa juga sangat dianjurkan agar nantinya hasil pemeriksaan tidak terpengaruh oleh asupan makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Dimana poin ini juga tertera pada syarat ketentuan mengikuti tes kesehatan dari PT KAI langsung.

Penting disini bahwasanya bagi kalian yang mungkin berhasil lulus tes wawancara dan lanjut ke tahap tes kesehatan akhir, apabila kalian memiliki penyakit keturunan, kemungkinan semua akan ketahuan pada saat tes kesehatan akhir dilakukan nanti. Karena semuanya akan benar-benar dicek oleh dokter dan petugas lainnya.

Dengan mengetahui pengalaman mereka yang telah lulus tes kesehatan akhir, disini kita tentu bisa memahami beberapa poin penting agar nantinya bisa mencari cara agar tes kesehatan bisa terlewati. Bekerja sebagai pegawai PT KAI tentu menjadi dambaan banyak orang. Selain jenjang karir yang bagus, gaji PT KAI juga terbilang besar, bahkan hingga mencapai puluhan juta per bulannya.

Jika kalian sudah masuk ke tahap akhir tes kesehatan, maka jangan sia-siakan peluang emas ini. Pastikan selalu mengikuti setiap syarat ketentuan ditetapkan, kemudian jangan lupa untuk menjaga kondisi tubuh, perbanyakan makan dan minuman sehat serta tidur cukup.

Cara Cek Pengumuman Tes Kesehatan Akhir PT KAI

Cara Cek Pengumuman Tes Kesehatan Akhir PT KAI
Sumber: www.suaramerdeka.com

Untuk informasi terakhir disini kami akan bahas mengenai cara cek pengumuman tes kesehatan akhir PT KAI. Melalui laman resminya, PT KAI memberikan informasi bahwasanya untuk pengumuman hasil seleksi Kesehatan Akhir / Kelulusan akan dipublish melalui website resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) : https://recruitment.kai.id.

Jadi, disini kalian bisa langsung mengunjungi laman resmi PT KAI di https://recruitment.kai.id. Bagi yang belum mengetahui tutorialnya, kalian dapat lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka Laman Resmi Recruitment KAI

Buka Laman Resmi Recruitment KAI

Langkah pertama disini kalian bisa buka laman resmi recruitment PT KAI di https://recruitment.kai.id.

2. Pilih Pengumuman

Pilih Pengumuman

Setelah masuk ke halaman utama, disini kalian bisa memilih tombol menu di bagian pojok kanan atas. Nantinya akan muncul beberapa pilihan menu, silahkan pilih Pengumuman.

3. Cari Pengumuman Lulus Tes Kesehatan Akhir

Cari Pengumuman Lulus Tes Kesehatan Akhir

Nah di halaman ini akan terlihat beberapa informasi terkait pengumuman hasil akhir penerimaan pegawai baru PT KAI. Untuk mengetahui apakah kalian lulus tes kesehatan akhir, kalian bisa mencarinya disini. Jika sudah ketemu, kalian bisa melihat pada bagian tabel peserta lulus tes wawancara dan kesehatan akhir PT KAI.

Daftar Lulus Tes Kesehatan Akhir

Kami tekankan sekali lagi bahwa semua informasi terkait kelulusan tes kesehatan akhir PT KAI akan diinformasikan langsung melalui laman resmi ini. Jadi, kalian bisa mengeceknya secara berkala untuk mengetahui apakah kalian lulus tes kesehatan akhir atau tidak.

Sebagai informasi tambahan, jika kalian membutuhkan informasi terkait lowongan kerja PT KAI semua posisi, kalian bisa langsung mengunjungi halaman ini.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan terkait tes kesehatan akhir PT KAI diatas, disini dapat kami simpulkan bahwasanya tes kesehatan akhir ini merupakan tahap akhir untuk segala macam tes yang dilalui. Disini juga bisa menjadi penentu, apakah kita diterima atau tidak sebagai pegawai baru PT KAI.

Adanya tes kesehatan akhir juga pastinya sudah menjadi syarat ketentuan wajib yang harus diikuti oleh para peserta. Maka dari itu, jika kalian mencoba mengikuti seleksi pegawai baru PT KAI, alangkah baiknya untuk mengetahui dengan seksama seperti apa prosedur tes kesehatan dilakukan, penyebab gagal serta tips agar bisa lulus tes tersebut.


Editor: Ari | Penulis: Indra

Jangan lupa untuk kunjungi kami di Google News serta gabung Channel Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga