Berita

Bina Back Office Adalah, Pengertian, Jenis, Skill dan Gaji

Anang Cahyono

Bina Back Office Adalah
Ilustrasi Bina Back Office Adalah, Source Image: Iberian-Partners.com

Iberian-Partners.com – Back office adalah salah satu istilah yang seringkali digunakan oleh perusahaan untuk memisahkan karyawan yang berinteraksi langsung dengan konsumen atau pelanggan. Lalu, apakah kalian sudah mengetahui apa arti dari istilah Bina back office?

Secara garis besarnya, Bina back office adalah sebuah posisi pekerjaan di dalam suatu perusahaan dengan tugas serta tanggung jawab cukup kompleks. Nantinya mereka akan bertugas di dalam proses administratif yang tidak melibatkan interaksi langsung dengan klien.

Di Indonesia, Bina back office adalah sebuah istilah yang seringkali digunakan dalam konteks perbankan, lebih tepatnya yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). Karena Bina merupakan sebuah program BNI yang dilakukan untuk membangun bangsa ke arah kemajuan.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian ingin melamar kerja dengan posisi tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Nah, artikel di bawah ini akan membahas secara lengkap mengenai Bina back office adalah apa disertai tugas, gaji hingga jenjang karirnya.

Bina Back Office Adalah

Pengertian Bina Back Office

Sebelum memahami apa saja jenis pekerjaan di dalam Bina back office, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian ataupun definisinya. Seperti sudah disinggung di awal, back office adalah bagian dari perusahaan yang tidak berhadapan secara langsung dengan klien.

Sementara Bina back office dapat diartikan sebagai salah satu posisi krusial di perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, lebih tepatnya yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya Bina sendiri merupakan program milik BNI yang dilakukan untuk membangun bangsa.

Jadi, Bina adalah sebuah program yang terdaftar sebagai bagian dari pelatihan serta bimbingan kepada angkatan kerja yang belum berpengalaman. Nantinya program tersebut akan memberikan pengetahuan, keterampilan serta kemampuan yang diselenggarakan secara terpadu.

Nah, salah satu posisi yang dibuka di dalam program milik BNI tersebut adalah back office. Secara garis besarnya, Bina back office adalah posisi pekerjaan yang dapat ditempati oleh beberapa orang. Dengan kata lain, back office adalah kebalikan dari posisi front office di perbankan.

Jenis Pekerjaan Bina Back Office

Jenis Pekerjaan Bina Back Office

Setelah memahami Bina back office adalah apa, maka selanjutnya kalian juga perlu memahami apa saja jenis-jenis pekerjaannya. Di dalam program Bina BNI, terdapat beberapa posisi pekerjaan yang terdaftar di dalam kategori tersebut, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. HRD

Jenis pekerjaan pertama yang terdapat di dalam program Bina back office adalah HRD. HRD (Human Resource Development) adalah bagian yang bertanggung jawab dalam proses perekrutan karyawan baru. Selain itu, HRD juga nantinya bertanggung jawab terhadap pengelolaan sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan.

2. Staff IT

Jenis pekerjaan selanjutnya adalah staff IT. Beberapa bank yang mempunyai produk digital biasanya akan dikelola secara dominan oleh staff IT. Nantinya mereka akan melakukan pengembangan maupun pemeliharaan produk agar tidak terjadi crowd, terutama ketika berkaitan dengan data nasabah.

3. Data Analyst

Jenis pekerjaan lainnya di dalam back office adalah data analyst. Profesi ini mempunyai tanggung jawab terhadap pengelolaan data untuk beragam kebutuhan. Dengan kata lain, data analyst adalah pusat data di dalam sebuah perusahaan perbankan.

4. Staff Finance

Seperti diketahui, pengelolaan keuangan perusahaan nantinya dilakukan oleh staff finance. Oleh karena itu, banyak perusahaan mencari staff finance dengan syarat beserta kualifikasi tertentu, salah satu contohnya yaitu calon kandidat adalah lulusan dari Jurusan Perpajakan atau Akuntansi.

5. Legal Officer

Sesuai namanya, legal officer akan mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap permasalahan hukum di suatu perusahaan, entah itu urusan internal maupun eksternal. Selain itu, legal officer juga akan berinteraksi dengan front office secara tidak langsung di suatu perusahaan.

6. Manajer Operasional

Jenis pekerjaan di dalam Bina back office terakhir adalah manajer operasional. Adapun salah satu tugas utama seorang manajer operasional yaitu membantu HRD dalam masalah rekrutmen karyawan. Oleh karena itu, seorang manajer operasional perlu paham mengenai apa yang terjadi di berbagai macam divisi di suatu perusahaan.

Skill Wajib Bina Back Office

Skill Wajib Bina Back Office

Ketika hendak mencari tahu Bina back office adalah apa, tentunya kalian juga perlu memahami apa saja skill wajib dimilikinya. Dimana skill atau keterampilan tersebut pastinya akan membantu seseorang dalam menjalankan tugas beserta tanggung jawabnya secara optimal.

Seperti diketahui, setiap perusahaan juga terkadang mempunyai kriteria khusus yang diberikan kepada calon karyawan ketika sedang membuka proses rekrutmen. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa skill wajib dimiliki oleh Bina back office.

1. Kemampuan Administratif

Skill wajib dimiliki pertama adalah kemampuan administratif. Hal ini dikarenakan seorang back office nantinya bertugas dalam mengarsipkan dokumen, menyajikan informasi penting kepada atasan, mengawasi proses kantor sampai menjawab pertanyaan pada karyawan.

2. Menguasai Ragam Tools

Skill wajib dimiliki selanjutnya adalah pengetahuan tentang beragam tools terkait perkembangan teknologi digital. Oleh karena itu, sebagai seorang back office di perusahaan, nantinya kalian perlu update mengenai ragam tools terbaru yang meringankan pekerjaan.

3. Keterampilan Organisasi

Seorang karyawan back office tidak hanya bertugas dalam mengelola, menyimpan, mengatur serta mengambil dokumen saja. Namun, mereka juga nantinya harus bisa memahami secara mendalam tenang manajemen inventaris serta keterampilan organisasi di sebuah perusahaan.

4. Perencanaan & Penjadwalan

Skill wajib dimiliki berikutnya adalah kemampuan dalam merencanakan serta mengatur jadwal pertemuan, entah itu antar departemen ataupun perusahaan dan klien. Hal ini menjadikan keterampilan strategis serta perencanaan yang sangat baik bisa membantu posisi back office dalam menyusun acara tanpa tumpang tindih.

5. Keterampilan Komunikasi

Meskipun tidak berinteraksi secara langsung dengan klien, namun Bina back office akan sering berinteraksi dengan karyawan di beragam tim serta posisi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya mereka akan bertugas dalam menjadwalkan serta menyelesaikan berbagai kebutuhan bisnis.

Gaji Bina Back Office

Gaji Bina Back Office

Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui mengetahui Bina back office adalah apa, namun belum mengetahui berapa kisaran gaji bulanannya. Berdasarkan beragam sumber informasi yang kami dapatkan, saat ini seorang back office yang bekerja di BNI akan mendapatkan gaji di kisaran Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulannya.

Perlu diingat, posisi back office di bank BNI sendiri sebenarnya cukup beragam, sehingga gaji tersebut akan sangat bergantung pada posisi karyawan itu sendiri. Selain itu, gaji karyawan back office di suatu perusahaan juga nantinya dapat dipengaruhi oleh UMR daerah tempat mereka bekerja.

Selain mendapatkan gaji bulanan, seorang back office juga nantinya berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan yang berasal dari tunjangan intensif kerja, bonus dan lain sebagainya. Namun, kembali lagi bahwa bonus tersebut nantinya akan bergantung pada kebijakan pihak perusahaan.

Info Loker Bina Back Office

Info Loker Bina Back Office

Mengingat gaji Bina back office tergolong cukup besar, maka tak heran apabila banyak orang tertarik untuk mengikuti program milik bank BNI tersebut. Akan tetapi, perlu diingat bahwa perusahaan ini tentunya mempunyai kriteria ataupun kualifikasi tertentu yang harus dipenuhi oleh calon pelamar.

Nah, jika kalian tertarik untuk mengikuti program atau melamar kerja sebagai back office di bank BNI, sebaiknya cari tahu info loker terbarunya melalui halaman ini. Kami ingatkan sekali lagi bahwa sebaiknya penuhi semua syarat hingga ketentuan yang diinginkan oleh perusahaan saat melamar kerja.

Selain itu, perlu diingat pula bahwa setiap perusahaan biasanya akan mempunyai beberapa rangkaian proses rekrutmen yang harus diikuti oleh calon karyawan. Maka dari itu, kalian bisa mengikuti sosial media resmi perusahaan terkait agar bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai perekrutan karyawan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa back office adalah sebuah program yang dibuka oleh BNI untuk fresh graduate yang ingin mencari pekerjaan. Dimana di dalam program tersebut nantinya calon kandidat akan diajarkan tentang beragam hal terkait di dunia pekerjaan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar Bina back office adalah apa, mulai dari pengertian, jenis pekerjaan, skill wajib dimiliki hingga kisaran gaji beserta info loker terbarunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai gambaran ketika ingin melamar kerja sebagai staff back office di suatu perusahaan.

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga