Berita

Core Value Adalah, Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Manfaat

Aditya Setyawan

Core Value Adalah

Iberian-partners.com – Lembaga, instansi, atau perusahaan adalah salah satu bentuk organisasi yang berisi banyak orang dan punya tujuan sama. Dalam menjalankan tujuan bersama, diperlukan sebuah Core Value.

Core Value sendiri menjadi istilah yang sering dipakai oleh tiap organisasi yang ada di seluruh di dunia. Meski istilah ini dipakai di suatu perusahaan, lembaga, atau instansi, tapi banyak dari kita belum mengetahui apa itu Core Value.

Sebagai pekerja apalagi pemilik perusahaan sudah seharusnya mengerti Core Value. Setidaknya dengan adanya kata ini, semua orang yang ada didalamnya bisa mengikuti dan menyelesaikan tujuan bersama.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Core Value? Apakah istilah tersebut penting di dalam organisasi? Untuk mengetahui secara lengkap dan pasti, kami akan berikan penjelasannya di artikel ini. Mari simak sampai akhir.

Pengertian Core Value

Pengertian Core Value

Berdasarkan sumber yang ada, Core Value diartikan sebagai prinsip atau keyakinan dasar yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang. Dengan adanya prinsip mencerminkan apa yang dianggap penting, bermakna, dan benar.

Selain itu, Core Value juga dipakai sebagai panduan dalam mengambil keputusan, membangun hubungan, serta menyelesaikan masalah. Identifikasi nilai-nilai yang bermakna bisa membantu seseorang mengembangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca juga: Electrical Foreman Adalah, Pengertian, Gaji, dan Tugas

Dalam perkembangan saat ini, Core Value tidak hanya dipakai oleh satu orang saja melainkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan. Di mana istilah tersebut lebih diartikan sebagai prinsip fundamental guna menjadi landasan bagi budaya perusahaan.

Dengan adanya Core Value, setidaknya bisa mencerminkan identitas perusahaan, etika kerja, serta pandangan mengenai bagaimana bisnis harus dijalankan. Kemudian juga menjadi dasar bagi keputusan strategis, kebiasaan perusahaan, hingga interaksi internal dan eksternal dalam berorganisasi.

Karakteristik Core Value

Karakteristik Core Value

Saat perusahaan kamu ingin punya Core Value, maka tidak hanya mempelajari pengertiannya saja. Sebagai pemilik perusahaan, kamu harus mengenal karakteristik dari istilah tersebut.

Berikut beberapa karakteristik Core Value:

  • Menjadi prinsip serta keyakinan yang dipegang teguh oleh individu atau organisasi. Adanya prinsip dasar nantinya bisa tertanam di dalam diri setiap orang yang ada satu tempat.
  • Tetap dan stabil untuk jangka panjang. Di mana nilai yang dijadikan sebagai pedoman oleh perusahaan tidak mudah berganti. Walaupun, pada dasarnya prioritas hidup bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Memiliki arah dan tujuan yang jelas bagi masing-masing orang atau perusahaan dalam menjalankan aktivitas.
  • Cenderung tercemin dalam perilaku serta tindakan sehari-hari. Dengan Core Value bisa diikur dan dianalisis oleh orang lain.

Jenis Core Value dalam Perusahaan

Jenis Core Value dalam Perusahaan

Setelah memahami karakteristik di atas, setiap perusahaan juga harus tahu beberapa jenis Core Value yang sudah lama ada. Setidaknya empat jenis yang nantinya bisa kamu tanamkan di organisasi atau perusahaan, seperti berikut:

Personal values

Personal values diartikan sebagai nilai-nilai pribadi yang dianggap penting oleh seseorang. Contohnya seperti kreativitas, integritas, menjadi hubungan baik, rendah diri, dan tidak mementingkan diri sendiri.

Relationship values

Relationship values merupakan nilai-nilai hubungan yang menunjukkan bagaimana seseorang menjadi hubungan dengan orang lain, seperti dengan keluarga, teman, kolega, atau rekan kerja. Contohnya antara lain kepercayaan, empati, hingga komunikasi.

Societal values

Societal values nilai-nilai sosial yang di mana menggambarkan bagaimana seseorang atau organisasi berhubungan dengan sesama makhluk sosial. Contoh dari nilai ini antara lain kesadaran lingkungan, keadilan, hingga hak tiap individu.

Organizational values

Terakhir adalah Organizational values yang dijadikan sebagai nilai-nilai organisasi. Di dalam organisasi, dibutuhkan sekali nilai ini guna memberikan tujuan agar semua karyawan bisa bekerja sesuatu tujuan yang dicita-citakan.

Pentingnya Core Value dalam Perusahaan

Pentingnya Core Value dalam Perusahaan

Dari semua jenis nilai di atas, tentunya bisa diterapkan di sebuah perusahaan yang kamu miliki. Namun, jika kamu hanya seorang karyawan, maka bisa terapkan secara mandiri. Dengan penerapan nilai tersebut maka kinerja kamu bisa lebih baik.

Bagi perusahaan, nilai, prinsip, atau keyakinan sangat penting diterapkan. Kurang lebih ada 7 hal penting, antara lain:

Menumbuhkan Identitas yang Konsisten

Dengan prinsip dan tujuan perusahaan yang jelas menjadi pondasi untuk membangun ciri khas yang kuat. Adanya prinsip dasar mampu menumbuhkan identitas yang konsisten serta mudah dikenal banyak orang khususnya pelanggan.

Membantu Meningkatkan Kepercayaan

Saat perusahaan mengajarkan pada nilai-nilai prinsip, maka hal tersebut bisa membantu meningkatkan kepercayaan pada masing-masing karyawan. Dengan begitu, maka perusahaan bisa lebih maju karena semua pekerja telah memiliki rasa percaya.

Mengurangi Konflik

Melalui nilai-nilai yang diterapkan, maka setidaknya bisa mengurangi bahkan menghindari konflik antara rekan kerja. Adanya nilai prinsip maka semuanya harus mengikuti secara benar.

Memperkuat Talenta Terbaik

Ketika kamu berada di perusahaan yang punya nilai jati diri yang baik, maka bisa melahirkan serta memperkuat talenta terbaik. Apabila telah tertanam dalam diri, maka perusahaan tidak terus-terus merekrut karyawan baru.

Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Pentingnya memiliki prinsip dasar yang jelas, setiap karyawan bakal punya panduan kuat dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab. Hal ini bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam organisasi.

Mengarahkan Inovasi dan Pertumbuhan

Melalui prinsip dasar setidaknya bisa mengarahkan karyawan agar bisa berinovasi serta menumbuhkan bisnis. Nilai-nilai seperti kreativitas dan ketangguhan bisa membantu perusahaan untuk terus beradaptasi dengan pasar.

Menjaga Keberlanjutan Bisnis

Apabila sebuah perusahaan memiliki nilai dalam memperhatikan sosial dan lingkungan, maka organisasi bisa berkontribusi pada keberlanjutan bisnis jangka panjang serta menjaga reputasi baik.

Langkah-Langkah Membangun Core Value

Langkah Langkah Membangun Core Value

Pada dasarnya pengertian mengenai Core Value adalah hal yang sederhana, namun untuk memiliki atau menerapkan nilai tersebut sangatlah sulit. Diperlukan sebuah langkah dalam membangunnya.

Di bawah ini, kami bantu berikan langkah-langkah dalam membangun prinsip dasar:

Analisis Visi dan Misi Organisasi

Langkah pertamapastikan pahami visi serta misi perusahaan lebih dulu. Tahapan ini perlu dilakukan agar prinsip keyakinan bisa sejalan dengan tujuan dan arah organisasi.

Pertimbangkan Karakter Organisasi

Langkah kedua, pahami karakter perusahaan yang akan dijadikan sebagai keunggulan. Hal tersebut bisa membantu organisasi supaya punya nilai dasar relevan serta memaksimalkan setiap keunggulan yang ada.

Brainstroming dengan Tim

Langkah ketiga, mulai mengajak tim untuk berdiskusi bersama. Diskusikan mengenai nilai-nilai yang memang relevan dengan kebutuhan perusahaan. Kemudian, buatlah daftar berisi nilai-nilai yang sudah didiskusikan.

Mengevaluasi dan Tentukan Prioritas

Langkah keempat, apabila sudah merangkum beberapa nilai-nilai yang didiskusikan, lakukan evaluasi dan buat prioritas nilai-nilai apa saja yang dirasa penting dan sesuai karakteristik perusahaan.

Menggabungkan Core Value

Langkah kelima, terapkan atau gabungkan nilai-nilai prioritas yang menjadi prinsip dasar organisasi. Secara umum, nilai pada organisasi terdiri atas 3-5 nilai utama yang di mana sesuai prinsip-prinsip dasar dari perusahaan.

Mengadakan Sosialisasi

Langkah keenam, apabila tahapan di atas sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah melakukan sosialisasi dengan semua orang yang ada di dalam perusahaan. Pastikan bahwa setiap anggota mengerti dan bisa menjalankan keputusan nilai dari organisasi dalam mengerjakan tugas masing-masing.

Mengintegrasikan Core Value

Langkah ketujuh, mengintegrasikan nilai-nilai yang sudah pada seluruh aspek perusahaan, seperti pengambilan keputusan, strategi, hingga kegiatan operasional. Tahapan ini penting dilakukan agar prinsip dasar perusahaan bisa jadi landasan di setiap tindakan.

Mengevaluasi dan Memperbaiki

Langkah terakhir, mengevaluasi secara berkala agar mengetahui sejauh mana core value telah diimplementasikan. Kamu pun bisa lakukan perbaikan secara berkala agar prinsip dasar semakin relevan untuk mencapai tujuan organisasi.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwasanya Core Value merupakan prinsip atau keyakinan dasar yang ada dalam diri seseorang ketika bekerja. Ada banyak jenis dalam sebuah keyakinan. Sedangkan untuk menerapkan perlu beberapa tahapan.

Kurang lebih itu penjelasan dari kami mengenai pengertian Core Value secara lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu bisa memiliki nilai atau prinsip serta menerapkan di suatu pekerjaan.

Photo of author

Aditya Setyawan

Aditya Setyawan, jurnalis bisnis & keuangan, dikenal analisis tajam & narasi menarik. Lulusan ekonomi, berkontribusi pada media digital, mengedukasi tentang pasar & investasi. Pembicara di seminar, memperkaya literasi keuangan.

Baca Juga