Berita

Frontliner Bank BRI Adalah, Pengertian, Tugas, Karir dan Gaji

Dwiki Lutfianto

Frontliner Bank BRI Adalah, Pengertian, Tugas, Karir dan Gaji
Ilustrasi: Frontliner Bank BRI Adalah, Pengertian, Tugas, Karir dan Gaji, source: X @kontakBRI

Iberian-partners.com – Ada beberapa jabatan atau posisi dalam sistem kerja di Bank BRI, salah satunya adalah Frontliner. Meskipun jabatan ini di cukup penting, ternyata banyak orang belum tahu pengertian atau definisi dari seorang Frontliner.

Ketika bekerja di Bank BRI dan ditugaskan untuk mengisi jabatan sebagai Frontliner, kamu akan menerima tugas dan tanggung jawab dalam melayani nasabah. Jika begitu, apakah Frontliner sama dengan Customer Service? Mengingat tugas seorang CS di Bank adalah melayani segala kebutuhan nasabah.

Tidak, jabatan Frontliner di salah satu Bank BUMN ini berbeda dengan Customer Service. Ada beberapa perbedaan antara Frontliner dan Customer Service, satu diantaranya adalah dari jenisnya. Di dalam Bank, posisi Frontliner terbagi menjadi beberapa jenis. Sedangkan Customer Service hanya ada satu.

Lantas, apa sebenarnya pengertian Frontliner di Bank BRI secara umum? Apa saja tugas dan kewajiban seorang Frontliner? Bagaimana jenjang karir nya? Berapa kisaran Gaji setiap bulan nya? Semua pertanyaan tersebut bakal kami jawab lewat pembahasan berikut ini.

Frontliner Bank BRI Adalah

Frontliner Bank BRI Adalah
source: stabilitas.id

Dalam Dunia pekerjaan, apakah kamu pernah mendengar istilah Frontliner? Di beberapa Perusahaan, khususnya Bank, sudah mempekerjakan seseorang untuk mengisi posisi atau jabatan sebagai Frontliner.

Hampir semua Bank di Indonesia sudah menerapkan posisi tersebut, tak terkecuali Bank BRI. Sementara itu, Frontliner Bank BRI bisa dikatakan sebagai wajah Perusahaan, karena mereka merupakan orang pertama yang berinteraksi langsung dengan nasabah Bank BRI.

Dalam arti lain, Frontliner Bank BRI adalah seseorang yang memiliki peran penting dalam pelayanan nasabah Bank BRI. Penampilan rapi serta tutur sapa sopan adalah kunci kesuksesan seorang Frontliner di Bank BRI maupun Bank lainnya.

Disamping itu, tidak sedikit orang salah mengartikan bahwa Frontliner Bank BRI adalah Customer Service. Disini perlu kami jelaskan bahwa posisi Customer Service di Bank berbeda dengan Frontliner.

Seperti kami singgung di atas bahwa Frontliner di Bank terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Satpam

Pertama, di setiap Kantor Bank BRI pastinya memiliki seorang Satpam untuk berjaga di depan pintu masuk dan siap membantu nasabah dalam mengambil nomor antrian sesuai dengan keperluannya masing-masing.

2. Teller

Kedua, Teller di Bank BRI juga berada di bawah Departemen Frontliner. Seorang Teller akan bertugas melayani kebutuhan nasabah yang ingin menabung, penarikan tunai, pembayaran angsuran dan lain sebagainya.

Jenis Frontliner ini bisa di isi oleh karyawan Magang di Bank BRI. Khusus untuk Frontliner Magang, mereka akan diberi tugas dan kewajiban yang berbeda dengan Frontliner BRI yang sudah berstatus pegawai tetap.

3. Customer Service

Ketiga, Customer Service masuk ke dalam jenis Frontliner di Bank. Seorang Customer Service di Bank BRI akan mengemban tugas memberi pelayanan nasabah terkait informasi pengajuan Pinjaman, pembuatan rekening, mengurus ATM yang terblokir dan lain sebagainya.

Sampai disini bisa kita ketahui kalau Frontliner Bank BRI adalah sebutan untuk orang-orang yang bertugas di bagian pelayanan nasabah. Ketiga posisi di atas adalah jenis-jenis Frontliner di Bank.

Maka dari itu, antara Frontliner dan Customer Service adalah dua jabatan berbeda, dimana Customer Service merupakan bagian di dalam Frontliner. Sedangkan Frontliner sendiri adalah wadah atau tempat bagi karyawan Bank yang bekerja di bagian pelayanan sebagai wajah Perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan Tanggung Jawab
source: jatimpedia.id

Setelah mengetahui pengertian Frontliner di Bank Rakyat Indonesia lengkap dengan jenis-jenis Frontliner di Bank, sekarang kita lanjut ke tugas dan tanggung jawab seorang Frontliner. Di atas merupakan penjelasan singkat terkait fungsi dari setiap jenis Frontliner.

Nah, seorang Frontliner, khususnya yang bertugas di Bank BRI nantinya wajib melaksanakan tugas dan kewajiban berikut ini:

  • Menjaga hubungan baik dengan setiap nasabah Bank BRI
  • Menarik nasabah baru di Bank BRI melalui skill komunikasi yang dimiliki
  • Responsive pada setiap kebutuhan nasabah maupun calon nasabah Bank BRI
  • Menjadi penyedia solusi dari masalah yang dialami nasabah
  • Melakukan komunikasi dengan nasabah Bank BRI
  • Menciptakan kesepakatan dari hasil negosiasi dengan nasabah maupun calon nasabah Bank BRI
  • Membantu nasabah dalam melakukan transaksi keuangan secara Offline di Kantor Bank BRI
  • Bersedia membantu divisi atau departemen terkait demi keberlangsungan Perusahaan
  • Memahami sekaligus menguasai produk dan jasa Bank BRI, sehingga seorang Frontliner bisa memberi penjelasan secara detail pada nasabah yang membutuhkan
  • Memiliki sikap ramah dan sopan pada semua nasabah Bank BRI
  • Profesional (bisa mengendalikan emosi dalam kondisi apapun)
  • Memiliki sifat Empati pada setiap kondisi
  • Menjaga penampilan bersih, rapi dan wangi
  • Murah senyum

Skill yang Harus Dimiliki

Skill yang Harus Dimiliki
source: jobscan.co

Melihat tugas dan kewajiban Frontliner di Bank Rakyat Indonesia cukup banyak, maka dari itu pekerjaan ini juga membutuhkan skill tertentu, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi

Skill komunikasi, baik Verbal maupun Non Verbal sangat dibutuhkan oleh seorang Frontliner Bank BRI. Manfaat daripada Skill ini adalah memberikan pelayanan terbaik hingga membicarakan permasalahan antara pihak Bank dengan nasabah. Disamping itu, manfaat dari kemampuan komunikasi Non Verbal adalah untuk membaca gesture tubuh, ekspresi wajah dan lain sebagainya. Dengan begitu, lulusan S1 Psikolog mungkin cocok menjalani pekerjaan ini.

2. Pendengar yang Baik

Skill wajib dari seorang Frontliner Bank BRI adalah bisa menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, Frontliner bisa dengan cepat merespon pertanyaan nasabah maupun memberikan saran bahkan solusi ketika nasabah mengalami masalah.

3. Kemampuan Problem Solving

Problem Solving adalah skill untuk menemukan solusi dari suatu masalah dengan cepat. Tapi skill ini juga harus diimbangi dengan rasa Empati, sehingga Frontliner bisa menganalisa masalah yang dialami sekaligus menjaga hubungan dengan nasabah tetap baik.

4. Cepat Beradaptasi

Skill Resiliensi atau cepat beradaptasi adalah skill wajib lainnya bagi seorang Frontliner di Bank maupun di Perusahaan. Dalam bertugas, seorang Frontliner pastinya memiliki rekan kerja dari berbagai divisi, seperti Marketing, Staff Office atau lainnya. Jika tidak memiliki skill ini, maka risiko nya adalah kehilangan kenyamanan dalam bekerja sehingga mempengaruhi pelayanan terhadap nasabah.

5. Pemikiran Kritis

Critical Thinking adalah skill atau kemampuan untuk berpikir kritis. Skill ini diperlukan oleh Frontliner di Bank BRI dalam menghadapi suatu masalah. Dengan adanya skill ini, Frontliner bisa menemukan solusi setelah mengetahui akar masalah, menganalisa situasi hingga mempertimbangkan segala kemungkinan terjadi.

6. Bisa Mengoperasikan Komputer

Bisa mengoperasikan komputer adalah syarat wajib ketika ingin menjadi Frontliner di Bank BRI. Sebab, nantinya Frontliner akan diberi tugas mempelajari produk Bank BRI, membuat laporan administrasi, memasukkan data nasabah dan lain sebagainya. Ada 3 (tiga) skill komputer dasar yang harus dimiliki Frontliner, yaitu:

  • Microsoft Word
  • Microsoft Excel
  • Power Point

Jenjang Karir Seorang Frontliner di Bank

Jenjang Karir Seorang Frontliner di Bank
source: greatnusa.com

Jika melihat skill yang harus dimiliki setiap Frontliner, jelas posisi ini tidak boleh diisi orang sembarangan. Maka dari itu, dari pihak Bank BRI pun menjanjikan jenjang karir cemerlang untuk para Frontliner.

Jika ada Loker Frontliner di Bank BRI lalu kamu mengirimkan lamaran dan berhasil diterima, maka kamu bisa memiliki jenjang karir sebagai berikut:

1. Staff

Pertama kali masuk, kamu akan ditempatkan sebagai Frontliner Staff dan bertugas melayani nasabah dalam transaksi keuangan maupun memberikan informasi yang dibutuhkan.

2. Supervisor

Jika selama menjadi Frontliner Staff kamu bisa menjaga kinerja dengan baik, maka akan ada peningkatan karir menjadi Frontliner Supervisor. Disini kamu akan menerima tugas untuk mengawasi hingga memberi arahan pada Frontliner Staff supaya bisa mencapai target. Ketika menjabat sebagai Frontliner Supervisor, skill komunikasi dengan nasabah, rekan kerja hingga atasan sangat dibutuhkan.

3. Manager

Terakhir, seorang Manager Bank BRI juga bisa berangkat dari karir Frontliner. Posisi ini dapat diperoleh apabila kinerja selama menjadi Frontliner Supervisor selalu berhasil mencapai target, minim melakukan kesalahan serta punya impact besar bagi Bank BRI.

Gaji dan Tunjangan Frontliner

Gaji dan Tunjangan Frontliner
source: kitalulus.com

Gaji serta Tunjangan Frontliner Bank Rakyat Indonesia adalah informasi yang pastinya ingin kamu ketahui. Melihat peranan nya dalam Perusahaan maupun Bank, mungkin kamu bertanya-tanya, berapa kira-kira Gaji yang diperoleh para Frontliner? Apa saja Tunjangan dari Bank Rakyat Indonesia untuk Frontliner?

Gaji pegawai Bank BRI pastinya berbeda-beda, tergantung jabatan nya. Bagi seorang Frontliner di Bank Rakyat Indonesia, mereka akan menerima Gaji sekitar Rp. 3.700.000 sampai Rp. 4.000.000 per bulan. Pemberian Gaji nantinya ditentukan lagi berdasarkan jenis dan jenjang karir Frontliner.

Kemudian jika berhasil naik jabatan menjadi Supervisor bahkan Manager, tentu saja Gaji bulanan nya juga akan naik, bisa sampai 20 juta per bulan. Selain Gaji, Frontliner juga akan memperoleh beberapa Tunjangan sebagai berikut:

  • Tunjangan BPJS Ketenagakerjaan
  • Tunjangan Hari Raya
  • Tunjangan Akhir Tahun
  • Tunjangan Intensif
  • Tunjangan Transportasi
  • Bonus Target
  • Uang Makan
  • Cuti
  • Tunjangan Lembur

Bank Rakyat Indonesia menyediakan program rekrutmen BRILiaN Future Leader. Kamu bisa mengikuti program tersebut jika ingin berkarir sebagai Frontliner maupun posisi lainnya.

Kesimpulan

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kalau pengertian Frontliner Bank BRI secara umum adalah seorang yang bertugas melayani nasabah secara langsung. Di atas juga sudah kami jelaskan apa saja tugas serta tanggung jawab seorang Frontliner.

Jika ingin menjalani pekerjaan ini, pastikan kamu sudah memiliki beberapa skill di atas. Ingat, tanggung jawab pekerjaan ini tidaklah mudah, bahkan memegang peran penting sebagai wajah Perusahaan. Maka dari itu, diperlukan orang-orang dengan kemampuan komunikasi, problem solving hingga kecerdasan emosional yang bagus.


Editor: Ari

Photo of author

Dwiki Lutfianto

Dwiki Lutfianto, lulusan S1 STMIK Amikom Purwokerto, telah mengabdikan diri sebagai penulis berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Keahliannya merangkum perubahan pasar kerja memberikan perspektif berharga bagi pembaca yang ingin mengikuti tren industri terkini.

Baca Juga