Berita

Grating Adalah, Pengertian, Jenis, Spesifikasi, dan Komponen

Indra Bonit

Grating Adalah, Pengertian, Jenis, Spesifikasi, dan Komponen
Ilustrasi Pengertian Grating, Source Image: surabaya.bajabesi.co.id

Iberian-Partners.com – Dalam dunia konstruksi, ada banyak sekali istilah-istilah yang mungkin jarang kita dengar sebagai orang awam, salah satunya adalah Grating. Nah di pertemuan kali ini kami akan membahas secara lengkap apa yang dimaksud dengan Grating.

Penggunaan material satu ini umumnya digunakan sebagai lantai konstruksi, komponen anak tangga dan juga sebagai penutup drainase. Nah, penting diketahui juga bahwa Grating juga memiliki beberapa komponen, seperti cross bar, bearing bar, cross bar spacing, dan bearing bar spacing.

Lalu untuk soal jenis, terbagi menjadi 2 jenis, yakni Plain Steel dan juga Serrated Steel Grating. Keduanya memiliki pengertian berbeda serta pengaplikasian yang berbeda pula. Walaupun demikian, kedua jenis ini juga memiliki keuntungan yang bisa dirasakan oleh penggunanya.

Jika kalian masih penasaran mengenai pengertian Grating, jenis, spesifikasi, komponen dan keuntungannya. Langsung saja kita masuk ke pembahasan utama yang telah kami rangkum di bawah ini.

Grating Adalah

Grating Adalah

Untuk pembahasan awal disini kami akan langsung menjelaskan lebih dulu mengenai pengertian Grating. Grating adalah rangkaian baja tebal yang dibentuk layaknya sebuah jaring dengan ukuran teratur. Semua komponen besi baja ini dirangkai dengan menggunakan teknik welding atau pengelasan sehingga kuat.

Maka dari itu, Grating sendiri umum digunakan dalam proyek industri maupun konstruksi bangunan besar. Standar spesifikasi yang dimiliki oleh Grating juga dapat kalian ketahui nanti di pembahasan terkait di bawah ini.

Standar Spesifikasi

Standar Spesifikasi

Nah lanjut ke pembahasan berikutnya adalah mengenai standar spesifikasi. Untuk standar spesifikasinya adalah 1”x1/8″x90 cmx6 m serta 1″x3/16”x90 cmx6 m. Namun biasanya ukuran akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak standar spesifikasi pada tabel di bawah ini.

Dimensi/Ukuran Lembar0,9 x 6 m
Cross Bar Spacing4 inch
Cross Bar In Twisted Rod1/4 inch
Bearing Bar Spacing1-3/16 inch
Bearing Bar Thickness1/8 inch dan 3/16 inch
FinishingHot Dip Galvanized

Jenis Grating

Jenis Grating

Setelah kalian mengetahui informasi diatas terkait pengertian dan juga standar spesifikasinya, maka berikutnya kita bahas terkait jenis grating. Grating atau Steel Grating memiliki 2 jenis, yakni Plain Steel dan Serrated Steel. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Plain Steel

Jenis pertama ada Plain Steel. Jenis ini merupakan Grating dengan permukaan rata serta polos. Walaupun terkesan licin, penggunaan komponen ini tidak mampu tergantikan dalam beberapa bidang.

Sebagai contoh, ketika kita membutuhkan produk untuk sebuah pijakan yang diharuskan tanpa menggunakan alas kaki, tentu jenis ini lebih tepat untuk kita pilih, karena permukaannya tidak membuat kaki menjadi sakit.

2. Serrated Steel

Lalu kedua ada Serrated Steel Grating. Jenis satu ini merupakan produk baja dengan permukan bergerigi. Produk ini sangat cocok digunakan di area dimana risiko terpeleset cukup tinggi. Contoh, penggunaan pada area berminyak, lantai industri, area berair atau tangga.

Komponen

Komponen

Selanjutnya kita bahas juga mengenai komponen-komponen pada Steel Grating. Seperti dijelaskan sebelumnya diatas, bahwasanya Grating sendiri memiliki beberapa komponen, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cross Bar

Cross Bar adalah baja melintang diantara jajaran plat baja yang memiliki fungsi sebagai penghubung seluruh plat baja. Proses penyambungan dilakukan dengan teknik pengelasan di setiap titik temu antara Cross Bar dan Bearing Bar. Cross Bar umunya terbuat dari kawat baja ulir yang tebal.

2. Bearing Bar

Kemudian kedua ada Bearing Bar. Bearing Bar adalah sebuah plat baja melintang beraturan serta saling berjajar sebagai komposisi utama. Komponen ini umumnya terbuat dari besi baja kuat.

3. Cross Bar Spacing

Komponen berikutnya adalah Cross Bar Spacing. Cross Bar Spacing adalah jarak spasi yang memisahkan antara Cross Bar satu dengan yang lain. Jarak masing-masing ini sangat teratur sehingga terlihat serasi serta menjadikannya memiliki ketahanan kuat. Semakin sempit jaraknya, maka ketahanan grating akan semakin kuat.

4. Bearing Bar Spacing

Lalu terakhir ada Bearing Bar Spacing. Bearing Bar Spacing merupakan jarak terukur antara bearing bar satu dengan lainnya. Sama dengan Cross Bar Spacing, jika jarak antara bar terlalu dekat, maka ketahanannya juga sudah pasti akan semakin kuat.

Keuntungan Menggunakan Grating

Keuntungan Menggunakan Grating

Penggunaan bahan ini tentunya memiliki beberapa keuntungan. Ada banyak keuntungan ketika digunakan pada konstruksi bangunan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bahan dilengkapi dengan finishing Hot Dip Galvanis, sehingga sangat tahan terhadap korosi. Disamping itu, pemasangannya pun sangat mudah, permukaan tidak licin baik diaplikasikan di out door maupun in door.
  • Ukuran Grating dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen dengan ketentuan tertentu.
  • Memiliki tingkat efisiensi tinggi guna kebutuhan jangka panjang.
  • Ketahanan kuat.
  • Ketahanan reaksi kimia kuat.
  • Ketahanan pada material yang melintas diatasnya juga kuat.
  • Praktis, mudah dipasang tanpa waktu lama.
  • Mudah menyesuaikan kebutuhan karena produk dapat di custom.

Contoh Penggunaan

Contoh Penggunaan

Nah, dalam hal penggunaan, Steel Grating ini umumnya banyak digunakan dalam bidang industri dan bidang lainnya, seperti berikut ini.

1. Lantai Konstruksi Industri

Produk ini umum digunakan sebagai lantai konstruksi industri. Penggunaan produk ini juga bertujuan agar permukaan lantai dalam bangunan lebih aman karena tidak licin. Biasanya dipasangkan di gudang, mess, atau area lainnya.

2. Komponen Anak Tangga

Selain sebagai lantai konstruksi bangunan, grating juga biasa digunakan sebagai komponen anak tangga. Seperti gudang, mess, ataupun tangga darurat yang ada di mall.

3. Penutup Drainase

Lalu terakhir banyak digunakan sebagai penutup drainase atau aliran air yang banyak dijumpai di sudut kota.

Sebenarnya masih ada banyak lagi penggunaan grating selain yang kami sebutkan diatas. Akan tetapi kebanyakan komponen ini banyak digunakan sebagai lantai industri, gudang, penutup aliran air dan juga sebagai komponen anak tangga.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai pengertian Grating, jenis, spesifikasi dan penggunaan. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga