Berita

Jewellery Representative Adalah, Pengertian dan Pengalaman

Rizal Tanjung Cemerlang

Jewellery Representative Adalah
Ilustrasi Jewellery Representative, Source Image: Iberian-Partners

Iberian-Partners.com – Jewellery Representative adalah seorang yang cukup penting bagi suatu perusahaan, terutama di bidang barang mewah. Pasalnya pihak terkait secara tidak langsung menjadi jembatan kesuksesan kegiatan operasional.

Jewellery Representative adalah jembatan karena kerap bersinggungan serta berinteraksi dengan calon pembeli secara langsung. Nantinya pihak terkait harus meyakinkan calon pembeli dengan sejumlah informasi yang edukatif terkait perhiasan.

Kendati memiliki peran vital, nantinya hal-hal yang menanti di depan Jewellery Representative adalah tantangan. Itulah mengapa seorang representative perusahaan perhiasan harus memiliki kemampuan mumpuni.

Supaya dapat meyakinkan semua pihak bahwa Jewellery Representative adalah profesi yang cukup penting, maka Kami telah menyediakan penjabarannya secara lengkap. Adapun tugas, pengalaman, hingga loker tersebut ada di dalam pembahasan berikut ini.

Jewellery Representative Adalah

Pengertian Jewellery Representative Adalah

Jewellery Representative adalah individu yang berperan sebagai perantara dalam proses jual beli perhiasan, baik bagi produsen maupun perusahaan. Dengan serangkaian tugas-tugasnya, pihak terkait harus mampu melakukan komunikasi secara persuasif.

Adapun peran utama Jewellery Representative adalah memberikan deskripsi secara edukatif seputar perhiasan. Mulai dari cincin, kalung, gelang, hingga anting-anting menjadi beberapa produk yang nantinya akan ditawarkan kepada calon pembeli.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang perantara Jewellery juga harus memiliki kemampuan penunjang. Nantinya kemampuan tersebut akan berguna ketika sedang menjalankan tugas dari perusahaan maupun produsen perhiasan.

Tugas Jewellery Representative

Setelah mengetahui definisi singkat mengenai perantara Jewellery, maka perlu Anda ketahui juga beberapa tugasnya. Adapun serangkaian tugas perantara perhiasan tersebut mencakup edukasi hingga proses pemilihan produknya secara lengkap.

Supaya bisa mendapatkan gambaran tentang sepak terjangnya, berikut adalah daftar beberapa tugas Jewellery Representative.

  • Memberikan informasi akurat tentang suatu perhiasan kepada calon pembeli.
  • Memberikan informasi objektif tentang suatu perhiasan kepada calon pembeli.
  • Memberikan rekomendasi perhiasan terbaik berdasarkan selera, anggaran, hingga kebutuhan.
  • Menjalin kerjasama secara profesional dengan sejumlah produsen, toko, perusahaan, hingga distributor perhiasan.
  • Melakukan proses identifikasi terhadap kualitas perhiasan.
  • Melakukan negosiasi dengan calon pembeli untuk menemukan opsi harga perhiasan terbaik serta menguntungkan.
  • Mampu memenuhi target penjualan perhiasan sesuai ketentuan.

Itulah daftar beberapa tugas ketika Anda menjalani profesi sebagai seorang perantara Jewellery bagi suatu perusahaan. Mengingat keterlibatannya dalam kegiatan jual beli perhiasan, maka sang perantara perlu memiliki kemampuan mumpuni.

Kemampuan Jewellery Representative

Kemampuan Jewellery Representative

Salah satu kunci sukses menjadi seorang perantara jual beli Jewellery adalah memiliki kemampuan sesuai kebutuhan tugas. Dengan skill tersebut, maka bukan tidak mungkin karir profesi sebagai seorang representative perusahaan bisa terus berkembang.

Lantas, apa yang harus dimiliki oleh seorang perantara perhiasan tersebut? Supaya dapat diketahui oleh semua pihak, berikut adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Jewellery Representative.

1. Mengetahui Tentang Perhiasan

Kemampuan pertama yang harus dimiliki oleh seorang perantara Jewellery adalah wawasan luas tentang perhiasan. Pasalnya profesi tadi akan sering terlibat dalam proses identifikasi kualitas hingga dimintai rekomendasi akan suatu produk.

Dengan menimbang selera, anggaran, hingga kebutuhan calon pembeli, maka seorang representative perusahaan dapat memilihkan produk terbaik. Itulah mengapa wawasan terkait perhiasan penting untuk dimiliki.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang perantara Jewellery adalah cakap dalam berkomunikasi. Nantinya skill tersebut akan dibutuhkan seorang representative suatu perusahaan untuk menjelaskan suatu produk.

Selain itu, pihak representative suatu perusahaan juga harus mampu meyakinkan calon pembelinya. Itulah mengapa kemampuan komunikasi secara persuasif juga dibutuhkan oleh seorang Jewellery Representative.

3. Kemampuan Bernegosiasi

Kemampuan terakhir yang harus dimiliki oleh seorang perantara Jewellery adalah mahir dalam bernegosiasi. Sebagai pihak representative suatu perusahaan, tentunya pihak terkait dituntut memenuhi target penjualan.

Tentunya seorang perantara perhiasan harus mampu melakukan tawar menawar guna menemukan produk di harga terbaik. Itulah mengapa seorang perantara Jewellery perusahaan harus mahir bernegosiasi.

Apabila Anda memiliki kemampuan di atas, maka bukan tidak mungkin perjalanan menjadi seorang perantara Jewellery dapat berjalan lancar. Kendati demikian, profesi tersebut tetap memiliki cerita suka dukanya tersendiri.

Pengalaman Kerja Jewellery Representative

Pengalaman Kerja Jewellery Representative

Meskipun jarang terdengar, nyatanya banyak orang yang sudah memiliki pengalaman dalam menjalani profesi sebagai seorang perantara Jewellery tersebut. Adapun sejumlah pihak tadi juga membagikan cerita pengalamannya di berbagai media.

Seperti profesi pada umumnya, pengalaman kerja sebagai Jewellery Representative juga memiliki suka dukanya tersendiri. Dengan mengetahui cerita pengalamannya, maka Anda bisa menjadikan poin pentingnya sebagai bahan pertimbangan sebelum melamar.

Jadi, ketika pertama kali mendaftar lowongan kerja sebagai seorang Jewellery Representative, Anda harus mengikuti tahapan seleksi administratif dengan mengumpulkan sejumlah berkas sesuai ketentuan pihak perusahaan.

Ketika seorang kandidat diterima dalam lowongan kerja tersebut, nantinya akan ada panggilan dari pihak HRD perusahaan maupun produsen perhiasan melalui beberapa kontak. Adapun panggilan tersebut ditujukan supaya kandidat dapat mengikuti tahapan seleksi perantara Jewellery lanjutan.

Ketika dinyatakan lolos dalam tahapan administratif, selanjutnya kandidat akan menjalani seleksi wawancara. Pertanyaan wawancaranya pun seputar tujuan, motivasi, kesiapan untuk memenuhi target, hingga kesiapan waktu kerja.

Apabila dinyatakan lolos dalam seleksi wawancara tersebut, maka Anda sudah resmi menjadi seorang Jewellery Representative. Selanjutnya kandidat lolos diwajibkan mengikuti pelatihan guna menambah wawasan seputar Jewellery.

Lantas, berapa gaji seorang perantara perhiasan bagi suatu perusahaan?

Biasanya ketika awal bekerja, gaji minimal seorang Jewellery Representative adalah Rp 2,1 Juta – Rp 4,5 Juta per Bulan. Nominal tadi belum termasuk benefit lainnya, seperti tunjangan, fasilitas, hingga bonus ketika telah mencapai target penjualan perhiasan.

Kendati memiliki gaji serta berkesempatan mendapatkan bonus, terdapat sejumlah tantangan ketika menjalani profesi sebagai perantara penjualan Jewellery. Adapun tantangan yang dimaksud adalah ketika melayani calon pembeli.

Contohnya adalah ketika calon pembeli sudah diberikan uang kembalian pasca transaksi, tetapi pihak tersebut merasa belum mendapatkannya. Alhasil, seorang Jewellery Representative yang bertugas terkena omelan.

Belum lagi ketika pelanggan ingin menjual perhiasan tetapi tidak memiliki surat lengkap. Mau tidak mau seorang representative toko maupun perusahaan harus memberikan edukasi dengan penuh rasa sabar.

Tidak tutup target penjualan perhiasan adalah momok utamanya. Pasalnya di awal pekerjaan si perantara sudah memiliki komitmen untuk bisa tutup target. Jelas hal tersebut akan berimbas pada karir seorang Jewellery Representative.

Info Loker Jewellery Representative

Setelah membaca seluruh pengalaman kerja Jewellery Representative di atas tentunya sebagian dari Anda memiliki minat untuk mendaftar lowongan kerjanya. Adapun loker tersebut dapat ditemukan melalui berbagai media resmi.

Jika kebetulan Anda sedang mencari informasi lowongan kerja Jewellery Representative, maka www.iberian-partners.com sudah menyediakannya melalui halaman ini.

Tidak hanya mendapatkan informasi seputar lowongan kerjanya, bahkan hal penting seperti kualifikasi, berkas, hingga cara melamar sebagai perantara jual beli Jewellery tadi juga tersedia di dalamnya.

Kesimpulan

Setelah membaca seluruh informasi di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa Jewellery Representative adalah individu yang berperan sebagai perantara dalam proses jual beli perhiasan. Selain itu, pihak terkait juga harus memiliki kemampuan serta wawasan luas.

Sekian pembahasan www.iberian-partners.com mengenai perwakilan perusahaan dalam kegiatan jual beli perhiasan. Apabila ingin mendapatkan informasi hingga pengertian istilah terkait pekerjaan lainnya, cek update selanjutnya dari Kami.

Photo of author

Rizal Tanjung Cemerlang

Rizal Tanjung, lulusan S1 Universitas Negeri Yogyakarta, telah mengukir jejak karir cemerlang sebagai penulis topik pekerjaan dan karir di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Keahlian dan dedikasinya dalam menelusuri serta menyajikan informasi terkini dan relevan terkait dunia kerja telah menjadikannya sumber referensi yang dihargai. Passion Rizal dalam menulis dan analisis yang tajam, memastikan pembaca mendapatkan perspektif berharga untuk mengembangkan karir mereka.

Baca Juga