Berita

Operasional Say Bread Adalah, Pengertian, Tugas, Karir dan Gaji

Bayu Grahita

Operasional Say Bread Adalah
Operasional Say Bread Adalah, Source Image: Iberian-Partners.com

Iberian-Partners.com – Operasional Say Bread adalah salah satu pekerjaan yang belakang ini banyak diperbincangkan pencari kerja. Lantaran, posisi kerja ini terbilang memiliki tugas dan tanggung jawab ringan serta memiliki gaji besar.

Tugas dan tanggung jawab operasional Say Bread erat kaitannya dengan penjualan, menganalisa pasar atau kompetitor hingga memecahkan masalah. Di samping itu, perannya penting dalam mengurus koordinasi antar tim terkait produk roti yang menjadi bagian dari grup Indomaret.

Meskipun begitu, sebagian orang belum mengetahui secara keseluruhan mengenai apa itu operasional Say Bread. Padahal posisi kerja ini, hampir sama dengan staff pemasaran atau sales suatu produk.

Bagi yang ingin tahu apa itu operasional Say Bread, tugas, tanggung jawab hingga lowongan kerjanya. Silakan simak pembahasan Iberian-Partners.com di bawah ini sampai selesai.

Operasional Say Bread Adalah

Pengertian Operasional Say Bread Adalah

Operasional Say Bread adalah manajer yang berperan penting dalam promosi dengan tujuan meningkatkan penjualan produk roti Say Bread. Posisi kerja ini nantinya akan ditempatkan di gerai modern, salah satunya Indomaret.

Operasional Say Bread bisa juga disebut sebagai head promotor, karena mengatur strategi sebagai bentuk upaya agar masyarakat mendapatkan brand awareness. Salah satu peran pentingnya adalah melakukan promosi dengan tujuan peningkatan penjualan produk Say Bread.

Di samping itu, posisi kerja ini harus mampu menganalisa kompetitor dan kebutuhan masyarakat terkait produk roti. Sehingga, produk dari Say Bread bisa bersaing di pasaran dengan mengutamakan kualitas tertinggi.

Tugas dan Tanggung Jawab Operasional Say Bread

Tugas dan Tanggung Jawab Operasional Say Bread

Mengingat produk Say Bread merupakan salah satu bagian dari grup Indomaret, maka operasional say Bread memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak jauh dari produk tersebut. Secara tidak langsung, pekerjaan ini memiliki peran penting terhadap pencapaian penjualan target yang diinginkan gerai.

Bagi Anda ingin menjadi operation Say Bread, adapun beberapa tugas dan tanggung jawabnya yang perlu diketahui sebagai berikut:

Manajemen Produk Say Bread

Tugas pertama operasional Say Bread pertama adalah manajemen produk roti Say Bread di gerai Indomaret supaya berjalan dengan lancar. Hal ini erat kaitannya dengan kedaluwarsa, jumlah barang hingga naik turunnya harga sesuai kebijakan pusat.

Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan penjualan adalah salah satu tugas dari operasional Say Bread, di mana perannya dibutuhkan untuk mempromosikan produk roti tersebut. Di samping itu, bisa juga mengusulkan promo seperti potongan harga pada momen tertentu berdasarkan ketentuan yang telah dibuat.

Menganalisa Pasar dan Kompetitor

Menganalisa kebutuhan pasar dan kompetitor adalah salah satu tanggung jawab operation Say Bread, supaya produk mampu bersaing dengan lainnya. Selain itu, tujuannya agar mengetahui strategi yang harus dilakukan sehingga masyarakat mendapatkan produk dari brand awareness.

Membuat Laporan Penjualan

Tanggung jawab lain operation Say Bread adalah membuat laporan penjualan per bulan, hal ini bertujuan agar perusahaan mengetahui perkembangan sales di wilayah tersebut. Di samping itu, adanya laporan penjualan bisa menjadi solusi ke depannya untuk melakukan promo harga ataupun membuat produk roti baru.

Memecahkan Masalah

Memecahkan masalah adalah tugas dan tanggung jawab terakhir operation Say Bread, biasanya masalah terjadi akibat kerugian apabila produk belum terjual dan sudah kedaluwarsa. Di samping itu, perannya penting untuk mendukung adanya kesalahan perhitungan jumlah produk atau pendapatan per bulannya.

Syarat Menjadi Operasional Say Bread

Syarat Menjadi Operasional Say Bread

Sebagai bagian yang bertanggung jawab terhadap usaha mencapai target penjualan, ketika ingin menjadi operation Say Bread terdapat sejumlah persyaratan. Syarat tersebut ditetapkan oleh perusahaan guna mendapatkan kandidat yang sesuai dengan standar operasional pekerjaan.

Tidak hanya laki-laki saja, tetapi perempuan yang mempunyai kemampuan dalam hal kepemimpinan bisa melamar kerja sebagai operation Say bread. Namun, ada beberapa syarat umum lain untuk menjadi operation Say Bread di antaranya:

  • Maksimal usia kandidat 25 tahun.
  • Minimal pendidikan S1/S2 dengan IPK minimum 3.00.
  • Mampu bekerja individu atau dengan tim.
  • Kandidat lebih disukai apabila memiliki pengalaman 1 sampai 2 tahun di bidang pemasaran produk atau sales.
  • Memiliki keterampilan komunikasi dengan baik, guna menarik perhatian pembeli.
  • Selalu berpenampilan menarik.

Syarat di atas bisa juga berbeda-beda bergantung pada penempatan sesuai provinsi domisili atau pemilik gerai Indomaret. Di samping itu, operation Say Bread juga terkadang membuka lowongan kerja untuk fresh graduate di wilayah tertentu.

Gaji Operasional Say Bread

Gaji Operasional Say Bread

Mengingat tugas dan tanggung jawab operation Say Bread tidak begitu, berat upah yang diterima pun bisa dikatakan sesuai dengan UMK/UMR pada penempatan wilayah. Rata-Rata gaji operation Say Bread berkisar Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000.

Nominal tersebut belum termasuk uang lembur atau insentif, ketika operation Say Bread mencapai bahkan melampaui target penjualan. Di samping itu, adapun beberapa benefit yang didapatkannya meliputi:

  • Penempatan sesuai domisili kandidat.
  • Tunjangan training bagi kandidat yang penempatannya di luar cabang asal.
  • Tunjangan tempat tinggal bagi yang penempatannya di luar cabang asal.
  • Uang atau transportasi ke cabang penempatan.
  • BPJS Kesehatan serta Ketenagakerjaan.
  • Gaji program Supervisor Trainee.

Info Loker Operasional Say Bread Terbaru

Info Loker Operasional Say Bread Terbaru

Setelah mengetahui pengertian, tugas, tanggung jawab, syarat dan besaran gaji operation Say Bread. Bagi Anda yang tertarik dengan pekerjaan tersebut, tentunya membutuhkan lowongan kerjanya bukan?

Jika iya, pada halaman ini terdapat daftar lowongan kerja operation Say Bread terbaru. Tim Iberian-Partners.com akan selalu memperbaharui lama tersebut, apabila PT Indomarco Prismatama membuka loker seluruh cabang di Indonesia.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai pengertian, tugas, tanggung jawab, syarat, gaji beserta lowongan kerja operation Say Bread. Kesimpulannya, operasional Say Bread adalah pengurus koordinasi antar tim serta penjualan produk roti Say Bread yang merupakan bagian dari grup Indomaret.

Mungkin itu saja pembahasan dari Iberian-Partner.com mengenai pengertian operation Say Bread. Semoga dengan adanya informasi di atas, Anda telah mengetahui pengertian hingga gaji pekerjaan tersebut.

Photo of author

Bayu Grahita

Bayu Grahita, alumnus Universitas Udayana, telah menulis topik berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan keahlian dan pengalamannya, Bayu memberikan wawasan baru tentang tren industri, membantu pembaca navigasi pasar kerja.

Baca Juga