Berita

Operator Produksi Adalah, Tugas, Skill, dan lowongan

Nanang Handoyo

Operator Produksi Adalah, Tugas, Skill, dan lowongan
Ilustrasi Operator Produksi Adalah, Source: Kitalulus.com

Iberian-Partners.com – Bekerja di perusahaan besar adalah impian banyak orang, dimana setiap posisi yang ada menawarkan gaji cukup besar dan salah satu contohnya operator produksi.

Menjadi seorang operator produksi tidak hanya melakukan pengecekan setiap produk sudah jadi, terdapat beberapa tugas lain seperti memberi arahan, cek mesin dan masih banyak lagi lainnya.

Peran dari seorang operator produksi memang berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dari perusahaan tersebut. Tidak heran jika setiap perusahaan ketika membuka lowongan kerja pada bagian ini, lebih mengutamakan orang yang memiliki pengalaman.

Meskipun sudah banyak orang mengetahui dengan pekerjaan ini, tapi banyak orang diluar sana masih belum begitu paham dengan operator produksi. Pada pembahasan kali ini Iberian-Partner akan membahas yang bisa kamu simak sebagai berikut.

Operator Produksi Adalah

Operator Produksi Adalah
Source: Lumina.mba

Operator produksi adalah seseorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengoperasikan peralatan serta mesin dengan tujuan untuk mempermudah dalam proses pembuatan, merakit, mengemas dan juga memasarkan.

Posisi pekerjaan ini memang sangat penting sekali dalam kemajuan sebuah pabrik atau perusahaan sedang dijalankan. Pada umumnya operator produksi akan bekerja di dalam pabrik ataupun warehouse, tergantung dimana kamu bekerja.

Setelah mengetahui pengertian dari pekerjaan satu ini, pastinya ingin mengetahui lebih detail akan tugas yang harus dikerjakan selama menjalani kerja di dalam pabrik. Untuk mengetahui itu semua, simak pembahasan ini sampai selesai.

Tugas Operator Produksi

Tugas Operator Produksi
Source: Kitalulus.com

Sesuai ketentuan telah ditetapkan, pekerjaan satu ini memiliki beberapa tugas penting harus dilakukan. Jika ingin mengetahui informasi lebih lengkap dapat simak langsung diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengawasi Mesin Produksi

Jadi tugas pertamanya adalah mengawasi setiap mesin-mesin digunakan untuk memastikan mesin tersebut berjalan lancar. Hal ini tentunya juga menjadi faktor kecepatan dalam memproduksi.

Jika terjadi kerusakan, maka kepala operator akan lapor ke teknisi agar segera diatasi secepatnya. Dengan melakukan hal ini, maka produktivitas tetap memenuhi target sesuai dengan rencana telah ditentukan.

2. Melakukan Pengecekan Produksi

Menjadi operator produksi memang tidak mudah, karena banyak tugas telah di emban selama jam kerja berlangsung. Selain mengawasi mesin agar berjalan dengan lancar, profesi pekerjaan ini juga bertugas untuk melakukan pengecekan setiap produksi.

Karena setiap perusahaan pastinya melakukan sortir akan setiap produk yang dikerjakan disaat ini. Meskipun produksi menggunakan mesin, tidak semua produksi sesuai apa yang diharapkan.

3. Memahami Kebijakan Produksi

Setiap perusahaan pastinya memiliki rencana atau aturan dalam memproduksi suatu barang, jadi operator produksi harus melaksanakan setiap rencana-rencana sudah di siapkan.

Dengan melaksanakan itu semua, maka proses produksi akan berjalan sesuai dengan rencana dan sesuai target. Karena pada umumnya, perusahaan akan memasang target yang harus dipenuhi masing-masing jabatan.

4. Memantau Kerja Karyawan

Setiap operator produksi tidak hanya memperhatikan mesin produksi, pengecekan produksi saja. Dimana itu merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab yang wajib dilakukan dalam menjalankan tugasnya.

Jabatan seperti ini juga bertugas untuk memantau setiap karyawan dalam melakukan pekerjaan sesuai SOP perusahaan. Dengan menerapkan hal ini, maka produktivitas perusahaan akan lebih berkembang.

5. Menjaga Keamanan Lingkungan Kerja

Tidak hanya memastikan produktivitas berjalan lancar dan sesuai dengan target, posisi ini juga bertugas dan memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan lingkungan kerja.

Dengan menjaga lingkungan kerja, maka dapat dipastikan keadaan akan berjalan dengan lancar. Sebab, pekerjaan akan berjalan dengan lancar tanpa adanya sebuah masalah apapun.

6. Memberi Arahan Ke Karyawan

Agar semua dapat berjalan lancar, maka seorang operator wajib untuk memberi arahan setiap karyawan akan melakukan pekerjaan sesuai dengan SOP dari perusahaan.

Sebab, setiap karyawan pasti pernah melakukan kesalahan atau lupa. Jadi, memberi arahan dan peringatan seperti tersebut. Itu bukan berarti sok tahu ataupun hal lain, melainkan mengingatkan saja agar tidak terjadi suatu hal yang tidak di inginkan.

7. Membuat Laporan

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, masih ada banyak tugas harus dilakukan diantaranya adalah membuat laporan sehari-hari dimana laporan tersebut akan diserahkan ke supervisor dan supervisor bisa melanjutkan tugas sebagaimana seperti semestinya.

Dengan membuat laporan hasil kerja, maka bisa menjadi data bagi supervisor untuk menentukan apakah bawahan memenuhi target atau tidak. Dalam pembuatan laporan juga harus jelas dan detail.

Skill Wajib Dimiliki Operator Produksi

Skill Wajib Dimiliki Operator Produksi
Source: Jagajarak.wordpres.com

Setiap orang yang menjabat menjadi operator produksi wajib menguasai beberapa skill atau teknik dasar dengan tujuan mempermudah dalam menjalankan tugasnya. Untuk mengetahui skill yang dibutuhkan apa saja, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jadi skill pertama harus dikuasai adalah mampu menganalisa dengan baik, jika kamu menguasai skill ini maka pekerjaan terasa lebih mudah.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik, entah itu verbal maupun juga non verbal.
  • Setiap operator produksi diharuskan untuk menguasai semua mesin tersedia dan menguasai perangkat komputer.
  • Mengetahui luas setiap mesin yang digunakan, jadi kamu tidak bingung ketika mesin mengalami masalah.

Diatas merupakan beberapa skill harus dimiliki oleh orang yang memiliki jabatan seperti ini. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan sekali kepada kamu semua untuk menguasai semua skill sudah kami sampaikan seperti diatas.

Gaji Operator Produksi

Gaji Operator Produksi
Source: Samiintansi.com

Melihat dari tugas dan tanggung jawab seorang operator produksi terbilang cukup banyak, lantas berapa besar gaji akan diterima setiap bulannya? Untuk besaran penghasilan akan diterima memang tidak bisa dipastikan berapa besar, tergantung dari bagian mana.

Pada umumnya setiap orang memiliki profesi sebagai operator produksi mendapatkan gaji antara Rp 4.2 juta sampai Rp 5.2 juta per bulan, besaran gaji tersebut berlaku untuk daerah Jakarta dan sekitarnya sesuai dengan UMP sudah ditetapkan.

Untuk luar daerah Jabodetabek, kemungkinan besar gaji yang ditawarkan kurang dari Rp 5 juta rupiah dan itupun tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Sedangkan untuk tunjangan diberikan, masing-masing tergantung dari kebijakan perusahaan.

Lowongan Kerja Operator Produksi

Lowongan Kerja Operator Produksi
Source: Tanpakoma.com

Setelah mengetahui besaran gaji seorang operator produksi, tidak menutup kemungkinan jika banyak orang tertarik akan pekerjaan seperti tersebut. Sebelum kamu mencari lowongan pekerjaan tersebut, sebaiknya ketahui apa saja kualifikasi dibutuhkan.

Tetapi yang pasti syarat menjadi operator produksi adalah kemampuan analisis baik, mampu mengoperasikan mesin dan komputer, menguasai bahasa asing dan masih banyak lagi persyaratan lainnya.

Setelah memahami itu semua, maka langkah selanjutnya tinggal mencari lowongan kerja tersebut. Untuk mempermudah kamu dalam mencari loker tersebut, kamu bisa akses saja halaman ini dimana banyak informasi loker diseluruh Indonesia.

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan sudah disampaikan seperti diatas, operator produksi adalah seorang yang paling bertanggung jawab atas produksi dari suatu perusahaan. Semoga saja dengan adanya penjelasan tersebut dapat membantu semua orang sedang mencari informasi tentang pekerjaan tersebut.


Editor: Ari

Photo of author

Nanang Handoyo

Nanang Handoyo, alumni S1 Universitas Negeri Semarang, telah berkontribusi sebagai penulis berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan pendekatan analitis dan penuh insight, Nanang menghadirkan artikel-artikel yang memperkaya pemahaman pembaca tentang trend karir dan pasar kerja saat ini.

Baca Juga