Berita

5 Perbedaan Gaji D3 dan D4, Lebih Besar dan Baik Mana?

Anang Cahyono

Perbedaan Gaji D3 dan D4
Ilustrasi Perbedaan Gaji D3 dan D4, Source: kaltimnow.id

Iberian-Partners.com – Salah satu pertanyaan umum paling sering muncul di kalangan para mahasiswa adalah perbedaan gaji antara lulusan Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4). Secara garis besarnya, komposisi mata kuliah antara D3 dan D4 tidak jauh berbeda.

Mungkin banyak orang berpikir bahwa mempunyai gelar D4 akan memberikan penghasilan lebih besar dibandingkan dengan D3. Namun, apakah anggapan terkait perbedaan gaji antara lulusan D3 dan D4 tersebut sudah benar? Atau justru malah kebalikannya?

Untuk mengulik perbedaan gaji D3 dan D4, tentunya kalian harus memahami dasar-dasar ataupun sejumlah faktor yang memengaruhinya. Selain itu, jenis hingga jenjang karir juga nantinya bisa memengaruhi besaran upah seorang lulusan D3 maupun D4.

Maka dari itu, apabila di antara kalian ingin mengetahui perbedaan gaji kedua gelar tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Nah, artikel ini akan membahas secara rinci mengenai perbedaan gaji D3 dan D4 disertai elemen penting di dalamnya.

Perbedaan Gaji D3 dan D4

Daftar Perbedaan Gaji D3 dan D4
Source: kaltimtoday.co

Pendidikan tinggi telah lama dianggap sebagai jalan menuju peluang karir lebih baik dengan gaji lebih besar. Namun, banyak orang bertanya-tanya apakah lulusan D3 dan D4 benar-benar mendapatkan gaji berbeda setelah menyelesaikan masa studinya atau tidak.

Seperti sudah disinggung di awal, untuk melihat perbedaan upah antara D3 dan D4, tentunya kalian harus melihatnya dari berbagai macam sudut pandang. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah perbedaan gaji D3 dan D4 untuk semua jurusan di bawah ini.

1. Konteks Pendidikan

Perbedaan utama antara gaji lulusan D3 dan D4 terletak pada tingkat pendidikannya. Dimana lulusan D3 biasanya mempunyai pendidikan lebih spesifik dan terfokus, sementara D4 sebenarnya merupakan sebuah jenjang pendidikan vokasi yang setara dengan sarjana (S1).

Tentunya konteks pendidikan tersebut mampu memengaruhi jenis pekerjaan yang bisa mereka dapatkan serta seberapa tinggi posisi dapat mereka capai. Dengan begitu, konteks pendidikan dapat menjadi sebuah perbedaan seorang lulusan D3 maupun D4 dalam mendapatkan upah.

2. Gaji Awal

Perbedaan paling signifikan selanjutnya antara D3 dan D4 yaitu dari segi gaji awal mereka di dalam dunia kerja. Secara umum, lulusan D4 cenderung mendapatkan penghasilan awal lebih besar apabila dibandingkan dengan lulusan D3, entah itu dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Di Indonesia sendiri, gaji lulusan D3 berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulannya. Sementara untuk D4 akan mendapatkan gaji sedikit lebih besar, yaitu di kisaran Rp 5.000.000 sampai Rp 15.000.000 per bulannya, tergantung pada sejumlah faktor seperti jenis industri hingga pengalaman.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab jenjang pendidikan mampu mencerminkan kedalaman pengetahuan serta keterampilan lebih baik oleh para lulusan D4. Meskipun begitu, perbedaan tersebut tidak selalu bersifat mutlak, karena terdapat beberapa faktor yang bisa memengaruhi besaran gajinya.

3. Jenjang Karir

Meskipun lulusan D4 mungkin mempunyai modal awal lebih baik dalam hal pendapatan, namun D3 dapat mengatasi perbedaan tersebut dengan pengalaman kerja secara solid serta keterampilan kuat. Jadi, lulusan D3 bisa memulai karir lebih awal dibandingkan D4.

Bahkan, lulusan D3 juga berkesempatan untuk membangun basis pengalaman lebih kuat untuk memajukan karir mereka. Akan tetapi, dalam jangka waktu panjang, lulusan D4 mempunyai potensi lebih besar untuk naik pangkat lalu mencapai posisi manajerial maupun spesialis.

4. Industri dan Profesi

Perbedaan gaji lulusan D3 dan D4 terakhir akan sangat berkaitan dengan industri maupun profesi mereka tekuni. Sebagian besar industri mungkin cenderung lebih menghargai gelar D4 karena kompleksitas pekerjaannya sedikit lebih tinggi.

Sedangkan industri lain biasanya lebih membutuhkan keterampilan praktis yang bisa dimiliki oleh lulusan D3. Maka dari itu, perbandingan gaji antara kedua lulusan universitas tersebut harus dilihat dari konteks industri maupun profesi tertentu.

5. Perubahan Dinamika Pasar

Hal penting terakhir perlu diketahui ketika ingin melihat perbandingan gaji D3 dengan D4 yaitu dari segi dinamika pasar. Dimana dinamika pasar kerja sebuah industri maupun perusahaan tentunya bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Tuntutan akan keterampilan tertentu bisa menggeser preferensi perusahaan terhadap lulusan D3 maupun D4 sebagai lulusan setara sarjana. Maka dari itu, penting bagi individu untuk tetap mengikuti tren serta memperbarui keterampilan mereka sesuai kebutuhan pasar.

Faktor yang Memengaruhi Gaji D3 dan D4

Faktor yang Memengaruhi Gaji D3 dan D4
Source: online-pajak.com

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah perbedaan gaji antara lulusan D3 dan D4 pada sebuah industri maupun perusahaan di Indonesia. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, gaji seorang karyawan atau pegawai nantinya akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Dimana faktor tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh seorang individu ketika hendak mencari sebuah lowongan pekerjaan (loker) di suatu perusahaan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai beberapa faktor yang memengaruhi gaji D3 serta D4.

1. Bidang Studi

Faktor utama mampu memengaruhi besaran gaji D3 dan D4 di sebuah perusahaan yaitu bidang studi. Biasanya bidang studi dengan tingkat teknis atau yang mempunyai permintaan tinggi di pasar kerja cenderung memberikan upah lebih tinggi, entah itu bagi lulusan D3 maupun D4.

2. Perusahaan

Kemudian jenis industri ataupun perusahaan juga nantinya ikut serta dalam memberikan perbedaan gaji kedua gelar lulusan tersebut. Di Indonesia sendiri, perusahaan besar atau multinasional cenderung menawarkan gaji lebih besar dibandingkan dengan perusahaan kecil maupun startup.

3. Pengalaman Kerja

Faktor penting lainnya mampu memengaruhi besaran pendapatan D3 maupun D4 adalah pengalaman kerja. Dimana semakin banyak pengalaman seseorang di dalam dunia kerja, maka akan semakin tinggi pula gaji yang bisa diperoleh, entah itu dalam bentuk magang, part time maupun full time.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa perbandingan penghasilan lulusan D3 dan D4 dapat dilihat dari berbagai macam konteks, mulai dari pendidikan, jenjang karir, industri hingga perubahan dinamika pasar. Selain itu, terdapat sejumlah hal penting mampu memengaruhi besaran gaji seorang karyawan di sebuah perusahaan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar perbedaan gaji D3 dan D4 dari berbagai macam segi seperti pendidikan, perusahaan hingga pengalaman kerja. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin membandingkan upah antara D3 dengan D4.


Editor: Ari

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga