Berita

25 Perusahaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia 2024

Giring Erlangga

Perusahaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia
Perusahaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia, Source Image: harianjogja.com

Iberian-Partners.com – Daftar perusahaan dengan gaji terbesar di Indonesia kerap dicari oleh fresh graduate ataupun seorang profesional. Mengingat sebagian besar pekerja menginginkan penghasilan bulanan yang tinggi.

List perusahaan dengan gaji terbesar di Indonesia sendiri jumlahnya terbilang cukup banyak. Hampir di berbagai sektor seperti keuangan, farmasi, otomotif, IT, pertambangan hingga manufaktur mengisi list top 20.

Beberapa perseroan gaji terbesar juga termasuk sebagai salah satu perusahaan tambang terkemuka di Indonesia. Selain itu di dalam daftar tersebut diisi oleh perusahaan swasta ataupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Adapun kami telah merangkum informasi mengenai perusahaan dengan gaji terbesar di Indonesia secara menyeluruh. Untuk mengetahui nama di dalam daftar tersebut, silakan simak ulasan di bawah ini.

Daftar Perusahaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia

Rata-rata perusahaan dengan gaji terbesar di Indonesia membuka lowongan kerja untuk lulusan D3 ke atas. Pasalnya perseroan terkemuka di Tanah Air lebih menginginkan seorang karyawan berkompeten jika dilihat dari latar belakang pendidikan. Meskipun begitu beberapa perusahaan yang memberi gaji besar terkadang membutuhkan lulusan SMK.

Namun perlu diketahui jika dirata-rata, maka perusahaan besar dengan gaji terbesar di Indonesia sebagian besar milik pihak swasta. Pasalnya perseroan swasta hampir menguasai berbagai sektor industri di Indonesia. Berikut adalah 25 perusahaan dengan gaji terbesar di Indonesia.

1. PT Astra International Tbk

PT Astra International Tbk
Source Image: market.bisnis.com

Pada daftar pertama terkait perusahaan dengan gaji terbesar di Tanah Air adalah PT Astra International Tbk. Perseroan ini memang cukup terkenal karena memberikan upah cukup tinggi untuk berbagai posisi.

Rata-rata gaji terbesar diberikan oleh PT Astra International kepada karyawannya mencapai Rp 5.000.000. Namun besaran maksimal penghasilan utama karyawan perusahaan tersebut sekitar Rp 30.000.000 – Rp 45.000.000. Terlebih masih mendapatkan bonus beserta tunjangan menarik.

2. PT Bursa Efek Indonesia

PT Bursa Efek Indonesia
Source Image: pluang.com

PT Bursa Efek Indonesia atau biasa dikenal sebagai Indonesia Stock Exchange adalah sebuah perusahaan di bidang keuangan, terutama dunia saham. Di tempat ini banyak terjadi transaksi terbesar di mana melibatkan perusahaan-perusahaan terkemuka.

Jadi tidak heran bila PT Bursa Efek Indonesia masuk ke dalam daftar perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Karyawan Indonesia Stock Exchange bisa mendapat upah per bulan mencapai Rp 7.000.000 – Rp 18.000.000.

3. Exxon Mobil Indonesia

Exxon Mobil Indonesia
Source Image: sphc.co.id

Exxon Mobil Indonesia dikenal sebagai salah satu perusahaan migas terbesar di Tanah Air sekaligus di dunia. Hampir setiap karyawan di perseroan ini mendapatkan gaji di angka dua digit.

Namun jika dirata-rata, maka karyawan Exxon Mobil Indonesia menerima besar gaji Rp 12.000.000 per bulan. Nominal itu pun belum termasuk dalam tunjangan, insentif ataupun bonus dari perusahaan.

4. PT BFI Finance Indonesia Tbk

PT BFI Finance Indonesia Tbk
Source Image: katadata.co.id

Perseroan dari bidang keuangan memang selalu masuk ke daftar perusahaan dengan gaji terbesar di Tanah Air. PT BFI Finance Indonesia sebagai perusahaan pembiayaan termasuk ke dalamnya.

Besaran gaji karyawan PT BFI Finance Indonesia berada dikisaran antara Rp 5.000.000 – Rp 30.000.000 per bulannya. Namun nominal angkanya masih bisa bertambah karena belum termasuk insentif ataupun bonus.

5. PT Telekomunikasi Indonesia

PT Telekomunikasi Indonesia
Source Image: jobtrenurtika.files.wordpress.com

Hampir semua kalangan masyarakat tidak asing lagi ketika mendengar PT Telekomunikasi. Nama tersebut termasuk ke dalam daftar perusahaan dengan gaji terbesar di Indonesia yang tergabung sebagai BUMN.

Sebagai gambaran saja, gaji seorang Sales Junior Manager di PT Telkom Indonesia mencapai Rp 14.000.000 per bulannya. Sementara untuk upah bulanan maksimalnya sebesar Rp 34.000.000.

6. PT Bank Central Asia Tbk

PT Bank Central Asia Tbk
Source Image: snips.stockbit.com

PT Bank Central Asia atau lebih sering disebut Bank BCA menjadi salah satu perusahaan dengan gaji karyawan tergolong cukup tinggi. Rata-rata karyawannya menerima upah sebanyak Rp 3.400.000.

Namun gaji maksimal seorang Marketing Assistant Manager Bank BCA diangka Rp 16.000.000. Sementara penghasilan maksimum secara keseluruhan di lembaga keuangan ini yaitu Rp 25.000.000.

7. PT Bentoel Internasional Tbk

PT Bentoel Internasional Tbk
Source Image: Medcom.id

PT Bentoel Internasional merupakan bagian dari perusahaan tembakau terbesar di dunia, yaitu British American Tobacco. Perseroan tersebut juga terkenal lantaran memberi gaji besar kepada seluruh karyawannya.

Upah minimal untuk seorang Asisstant Manager saja bisa mencapai angka dua digit, yakni Rp 10.800.000 per bulan. Sebagai salah satu perseroan dengan gaji terbesar di Indonesia, membuat PT Bentoel Internasional menerapkan seleksi karyawan cukup ketat.

8. PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia 1
Source Image: baperanews.com

Termasuk sebagai perusahaan tambang terbesar di Tanah Air, membuat PT Freeport Indonesia memberikan gaji yang besar kepada setiap pekerjanya. Jika dirata-rata, pekerja di perseroan tersebut memperoleh gaji minimum Rp 10.000.000 per bulan.

Sedangkan pada posisi atau jabatan strategis di PT Freeport Indonesia mendapatkan gaji dengan nominal angka mencapai puluhan juta setiap bulannya. Terlebih jumlah nominalnya masih bisa bertambah.

9. PT Coca Cola Amatil Indonesia

PT Coca Cola Amatil Indonesia
Source Image: asiatoday.id

PT Coca Cola Amatil Indonesia merupakan salah satu perusahaan multinasional terbesar yang bergerak di bidang manufaktur serta sales. Perseroan tersebut memproduksi, mendistribusi hingga memasarkan produk The Coca Cola Company.

PT Coca Cola Amatil Indonesia juga termasuk ke dalam daftar perseroan dengan gaji terbesar di Tanah Air. Hampir setiap karyawan di perusahaan multinasional ini mendapat upah di atas angka Rp 6 jutaan.

10. PT Kereta Api Indonesia

PT Kereta Api Indonesia
Source Image: jabarnews.com

PT Kereta Api Indonesia terkenal sebagai perusahaan di bidang jasa transportasi kereta api yang berada di bawah naungan BUMN. Tak hanya melayani pengangkutan penumpang, tetapi juga menyediakan layanan pengangkutan barang.

Rata-rata gaji karyawan PT KAI adalah Rp 4.000.000 per bulannya. Untuk seorang Engineering di tingkat Junior Manager saja bisa mendapatkan gaji Rp 10 juta perbulannya. Selain itu PT KAI juga memberikan fasilitas-fasilitas menarik kepada setiap pegawai di berbagai posisi maupun jabatan.

11. PT Chevron Pacific Indonesia

PT Chevron Pacific Indonesia
Source Image: bisnis.com

PT Chevron Pacific Indonesia adalah perusahaan swasta terbesar di mana bergerak dalam bidang produksi minyak mentah. Perseroan ini telah bermitra dengan pemerintah Indonesia melalui Kontrak Kerja Sama (KKS), Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Selain itu juga PT Chevron Pacific Indonesia termasuk ke dalam top 20 perusahaan dengan gaji terbesar di Tanah Air. Rata-rata pekerja di perseroan penghasil minyak ini mendapat upah berada dikisaran Rp 6.500.000 hingga Rp 50.000.000 per bulan.

12. PT Total Oil Indonesia

PT Total Oil Indonesia
Source Image: kompas.com

Bergerak dalam bidang kimia serta manufaktur, PT Total Oil Indonesia memiliki karyawan dengan jumlah sekitar 93.000 orang. Setiap pekerjanya juga berpengalaman serta profesional pada bidangnya.

Di samping itu PT Total Oil Indonesia berhasil menempati posisi sebagai perusahaan dengan gaji terbesar di Tanah Air. Sebagian besar pekerja di perseroan tersebut memperoleh pendapatan per bulan sebesar Rp 6.820.000.

13. Maersk Indonesia

Maersk Indonesia Perusahaan dengan Gaji Terbesar
Source Image: X

Maersk Indonesia menjadi salah satu perusahaan multinasional dalam bidang logistik yang memberi gaji besar kepada para karyawannya. Rata-rata karyawan di perseroan tersebut mendapatkan penghasilan sebesar Rp 20.000.000 dengan upah minimum Rp 16.000.000.

Maersk termasuk sebagai perusahaan swasta di mana seringkali diincar oleh para fresh graduate ataupun berpengalaman. Mengingat pihak perusahaan tidak hanya memberikan gaji saja, tetapi bonus ataupun tunjangan pun diberikan.

14. PT Eagle High Plantation Tbk

PT Eagle High Plantation Tbk Perusahaan dengan Gaji Terbesar
Source Image: iconomics.com

PT Eagle High Plantation dikenal karena fokusnya terhadap bisnis kelapa sawit. Perusahaan tersebut juga memiliki lingkungan kerja terbilang cukup nyaman. Banyak pelamar kerja kerap menunggu pembukaan lowongan pekerjaan dari PT Eagle High Plantation.

Selain faktor lingkungan kerja, gaji besar di PT Eagle Hight Plantation juga jadi bahan pertimbangan banyak orang ketika hendak mendaftar. Diketahui perusahaan kelapa sawit ini memberi gaji dengan besaran minimal Rp 8.320.000, sedangkan untuk maksimalnya Rp 35.000.000 per bulan.

15. PT Bank Maybank Indonesia

PT Bank Maybank Indonesia Perusahaan Dengan Gaji Terbesar
Source Image: nst.com.my

Tak hanya BCA, perusahaan di bidang keuangan dengan gaji terbesar di Tanah Air lainnya adalah PT Maybank Indonesia. Perseroan perbankan ini memberikan upah kepada karyawannya di atas UMK kota setempat.

Untuk sebagai gambaran, gaji rata-rata karyawan posisi Business Development ataupun Counsultant setaraf Junior Manager, yakni sebesar Rp 5.630.000 per bulan. Nominal angka itu bisa bertambah jika dihitung dengan bonus maupun insentif.

16. PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina Persero Perusahaan Dengan Gaji Terbesar
Source Image: pertamina.com

Di dalam daftar 20 perusahaan dengan gaji terbesar di Indonesia, rasanya kurang lengkap jika tidak ada PT Pertamina (Persero). Perseroan ini memang dikenal khalayak umum karena menerapkan upah tinggi terhadap karyawannya.

Sebagai contoh, gaji minimum pekerja pada bagian hukum ataupun legal tingkat Junior Manager mencapai Rp 8.500.000 per bulan. Sedangkan penghasilan tertinggi di PT Pertamina sebesar Rp 30.000.000.

17. PT Kimia Farma

PT Kimia Farma Perusahaan Dengan Gaji Terbesar
Source Image: linkedin.com

PT Kimia Farma merupakan perusahaan farmasi pertama yang berdiri di Indonesia dan di bawah naungan BUMN. Sejak didirikan, perseroan tersebut telah berkembang dengan menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

Di sisi lain PT Kimia Farma juga menjadi perusahaan farmasi dengan gaji terbesar di Indonesia. Perseroan ini memberikan pendapatan bulanan kepada karyawannya diangka sekitar Rp 9.000.000.

18. AXA Indonesia

AXA Indonesia Perusahaan Dengan Gaji Terbesar
Source Image: mediaasuransinews.co.id

Daftar perusahaan dengan gaji tertinggi di Tanah Air selanjutnya dari pihak swasta, yaitu AXA Indonesia. Perseroan tersebut juga termasuk ke dalam list perusahaan asuransi beserta manajemen terbesar di Indonesia.

Untuk karyawan AXA Indonesia diberikan gaji dengan nominal Rp 4.550.000 per bulan. Sedangkan gaji terbesar di perusahaan ini mencapai Rp 16.000.000. Namun nominalnya dapat bertambah ketika menandatangani kontrak atau perjanjian kerja baru.

19. Danone Group Indonesia

Danone Group Indonesia Perusahaan Dengan Gaji Terbesar
Source Image: challenges.fr

Danone Group Indonesia adalah perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia dengan ambisinya untuk memberikan kesehatan kepada banyak orang. Perseroan ini juga selalu mengutamakan kesejahteraan para karyawannya.

Setiap karyawan dari Danone Group Indonesia memperoleh nominal gaji di atas batas UMR kota setempat. Perusahaan tersebut memberikan upah dengan besaran maksimal mencapai Rp 16.000.000 per bulannya.

20. PT Jakarta International Container Terminal (JICT)

PT Jakarta International Container Terminal
Source Image: beritasatu.com

PT Jakarta International Container Terminal bergerak di bidang layanan bongkar muat peti kemas, baik impor ataupun ekspor. Perusahaan tersebut cukup dikenal karena selalu mengapresiasi kinerja karyawannya.

Hal itu pun terbukti oleh PT Jakarta International Container Terminal yang memberi besaran gaji mencapai Rp 36 juta per bulan untuk posisi staff, Supervisor Rp 60 jutaan, sedangkan Level Senior Staff sebesar Rp 68 juta.

21. Bank DBS Indonesia

Bank DBS Indonesia
Source Image: cermati.com

Selanjutnya masih dari perusahaan perbankan, yakni Bank DBS Indonesia. Lembaga keuangan ini menetapkan gaji karyawan tergolong cukup. Besaran penghasilan pekerja Bank DBS rata-rata Rp 6.000.000 per bulan.

Namun pada posisi tertentu di Bank DBS Indonesia bisa memperoleh gaji Rp 40 juta dalam sebulan. Terlebih pihak perusahaan menyediakan fasilitas tambahan berupa tunjangan, insentif beserta bonus menarik.

22. PT Bank Mandiri Persero Tbk

PT Bank Mandiri Persero Tbk Perusahaan dengan Gaji Terbesar di Indonesia
Source Image: bisnis.com

Besaran gaji seorang pegawai Bank Mandiri terdapat perbedaan di setiap posisi. Namun beberapa orang menganggap lembaga keuangan tersebut memberikan upah di mana bisa melebihi UMR atau UMK wilayah setempat.

Gaji terendah di Bank Mandiri, yaitu sebesar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan untuk posisi Frontliner. Sedangkan jabatan tertentu di lembaga keuangan tersebut bisa mendapatkan penghasilan diangka dua digit.

23. British Petroleum

British Petroleum
Source Image: kliklegal.com

British Petroleum bergerak dalam bidang eksplorasi serta produksi migas dan telah beroperasi di Indonesia kurang lebih selama 70 tahun. Tak hanya mengelola kilang LNG Tangguh di Papua Barat, BP juga mengoperasikan beberapa SPBU, memasarkan minyak pelumas dengan merk Castrol serta berbagai usaha lainnya.

Sebagai salah satu dari ketujuh perusahaan minyak terbesar di dunia, British Petroleum menawarkan gaji cukup besar. Penawaran upah ini juga berlaku bagi para fresh graduate. Besaran gajinya dapat mencapai Rp 10.000.000 hingga Rp 12.000.000 per bulan.

24. HM Sampoerna

HM Sampoerna
Source Image: sampoerna.com

Hanjaya Mandala Sampoerna adalah produsen rokok tertua sekaligus terbesar di Indonesia yang sudah didirikan sejak tahun 1913. Dikenal secara luas dengan produk khasnya, Dji Sam Soe. Tahun 2005 HM Sampoerna diambil alih oleh Philip Morris International.

HM Sampoerna termasuk sebagai perusahaan dengan gaji terbesar di Tanah Air. Untuk gaji seorang peserta program Graduate Traine (GT) bisa mencapai Rp 15.000.000. Sedangkan posisi staff, misalnya accounting menerima upah Rp 11.000.000 – Rp 12.000.000 per bulan.

25. Gojek

Gojek 1
Source Image: kompas.com

Gojek didirikan tahun 2010 menjadi Startup pertama di mana memiliki status decacorn, yaitu Startup dengan valuasi di atas $ 10 miliar AS. Tahun 2021, perusahaan tersebut secara resmi merger dengan raksasa e-commerce, Tokopedia.

Tercatat Gojek masuk kedalam jajaran perusahaan dengan gaji terbesar di Tanah Air. Startup tersebut menawarkan upah untuk seorang data analyst mulai dari Rp 8.000.000 hingga Rp 14.000.000 per bulan.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai daftar perusahaan dengan gaji terbesar di Indonesia. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat menambah wawasan bagi kalian di mana ingin bekerja di korporasi yang memberikan upah tinggi.

Photo of author

Giring Erlangga

Giring Erlangga, lulusan S1 Universitas Gadjah Mada, telah membangun karir sebagai penulis topik pekerjaan dan profesi selama 5 tahun. Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, ia menerjemahkan pengalaman dan pengetahuan akademisnya ke dalam tulisan yang inspiratif dan informatif, membantu banyak orang dalam merancang dan mengembangkan karier mereka.

Baca Juga