Berita

20 Perusahaan Kosmetik di Indonesia 2024

Giring Erlangga

Perusahaan Kosmetik di Indonesia
Perusahaan Kosmetik di Indonesia, Source Image: tugumalang.id

Iberian-Partners.com – Saat ini jumlah perusahaan kosmetik di Indonesia terbilang cukup banyak. Pasalnya kebutuhan masyarakat terhadap produk perawatan maupun kecantikan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Oleh karena itu tak sedikit perusahaan kosmetik di Indonesia mengalami perkembangan yang cepat. Beberapa di antaranya bahkan belum berdiri selama satu dekade, tetapi berhasil meraup keuntungan milyaran rupiah.

Namun untuk sekarang korporasi produk kosmetik di Indonesia belum ada yang berhasil menempati posisi di dalam daftar perusahaan dengan gaji terbesar di Tanah Air. Rata-rata perusahaan tersebut menerapkan gaji karyawan menggunakan acuan UMR kota setempat.

Adapun kami telah merangkum daftar sejumlah nama perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia, baik dari lokal ataupun luar negeri. Untuk mengetahui secara detail terkait hal itu, silakan simak ulasan di bawah ini.

Daftar Perusahaan Kosmetik di Indonesia

Banyak perusahaan kosmetik di Indonesia memiliki produk kecantikan maupun perawatan kualitas terbaik. Seperti salah satunya adalah PT Paragon Technology and Inovation yang merupakan korporasi manufaktur kosmetik terbesar sebagai pemegang merek unggulan seperti Wardah, Make Over dan Emina.

Di sisi lain banyaknya jumlah perusahaan kosmetik di Tanah Air juga tidak terlepas lantaran meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap produk kecantikan serta perawatan. OIeh karena itu selama beberapa tahun belakangan, terus bermunculan merek kosmetik terbaik di Indonesia. Sebagian besar merek terkenal dikelola oleh perusahaan kosmetik yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia).

1. PT Mustika Ratu Tbk

PT Mustika Ratu Tbk
Source Image: emitennews.com

PT Mustika Ratu merupakan produsen kosmetik dan jamu di mana sudah berdiri sejak tahun 1975 oleh Mooryati Soedibyo. Nama tersebut termasuk ke dalam perusahaan kosmetik tertua sekaligus terbaik di Indonesia.

PT Mustika Ratu menjadi salah satu perusahaan kosmetik lokal dengan minat cukup tinggi dari masyarakat lantaran memiliki berbagai produk harga cukup terjangkau. Misalnya ada bedak, foundation, lipstik, maskara hingga eyeliner.

2. PT Paragon Technology and Innovation

PT Paragon Technology and Innovation
Source Image: distriknews.com

PT Paragon Technology and Innovation termasuk ke dalam daftar salah satu perusahaan manufaktur kosmetik nasional terbesar di Indonesia. Korporasi tersebut dikenal karena memiliki merek kosmetik berkualitas terbaik.

PT Paragon Technology and Innovation sendiri berdiri pada 1985 oleh Nurhayati Subakat menggunakan nama awal PT Pusaka Tradisi Ibu. Sampai sekarang, Paragon telah mempekerjakan kurang lebih 7.500 karyawan serta memproduksi produk kosmetik sebanyak 95.000 per tahunnya.

3. PT Mica Jaya Pratama

PT Mica Jaya Pratama
Source Image: cobisnis.com

PT Mica Jaya Pratama atau lebih sering dikenal sebagai nama Mineral Botanica merupakan salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia. Korporasi tersebut pertama kali didirikan oleh pasangan Widy Susindra dan Anita Loeki pada 2010. Produk buatan Mineral Botanica terkenal ampuh untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran.

4. PT Dalea Kreasi Nadisanti

PT Dalea Kreasi Nadisanti
Source Image: brilio.net

PT Dalea Kreasi Nadisanti ini membawahi sebuah brand lokal terbaik di Indonesia, yaitu Rollover Reaction. Merek dagang tersebut sudah berdiri sejak 2016 dengan keunggulan produk-produk kecantikan di mana multitasking.

Sueded Lip and Cheek Cream dari Rollover Reaction pernah menjadi instant hit karena beberapa kegunaannya. Produk tersebut bisa digunakan sebagai lip cream ataupun cream blush.

5. PT Lizzie Parra Kreasi

PT Lizzie Parra Kreasi
Source Image: blpbeauty.com

PT Lizzie Parra Kreasi termasuk ke dalam daftar perusahaan kosmetik lokal terbaik, di mana didirikan tahun 2016. Lokasinya berada di Jalan Limau II, No 3 Jakarta Selatan. PT Lizzie Parra didirikan oleh Elizabeth Christania atau biasa dikenal dengan nama Lizzie Para.

Lizzie Parra menggunakan namanya sendiri terhadap merek perusahaan serta brand kosmetik miliknya. Perusahaan kosmetik lokal ini memiliki sejumlah produk make up, seperti complexion make up mata hingga lipstik.

6. PT Gloria Orgitas Cosmetics

PT Gloria Orgitas Cosmetics
Source Image: goc.co.id

Perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia selanjutnya adalah PT Gloria Origita Cosmetics. PT GOC bergerak di bidang kecantikan dengan memproduksi beragam produk personal care, kosmetik hingga antiseptic. PT Gloria Origita Cosmetics memiliki produk-produk berkualitas terbaik, mulai dari Purbasari, Kanna, Clean Face, Onyx, Origita dan masih banyak lagi.

7. PT Keva Cosmetics International

PT Keva Cosmetics International
Source Image: mengerti.id

PT Keva Cosmetic International adalah sebuah perusahaan yang membawahi beauty brand ESQA. Berdiri sejak 2015, terus konsisten meluncurkan produk kecantikan vegan based di mana diformulasikan menggunakan bahan aman untuk kulit wajah, halal serta tidak melalui tahapan animal testing.

8. PT Ristra Laboratoris Indonesia

PT Ristra Laboratoris Indonesia
Source Image: swa.co.id

Pertama kali didirikan tahun 1981 menggunakan nama PT Dwi Citra Utama sebagai salah satu pelopor kosmetik berbasis medis. Lalu, pada 1991 berganti nama menjadi PT Rista Indolab. Di 2016, Kino mengakuisisi perusahaan tersebut dan mengganti namanya jadi PT Ristra Laboratories Indonesia.

PT Ristra Laboratoris Indonesia memproduksi produk kesehatan serta kecantikan kulit menggunakan konsep cosmetodematology, yaitu setiap produknya telah teruji secara dermatologi serta diformulasikan khusus untuk kulit wanita.

9. Viva Cosmetics

Perusahaan Kosmetik di Indonesia Viva Cosmetics
Source Image: womenpedia.id

Sejak pertama kali didirikan, Viva Cosmetics terus berkembang menjadi salah satu perusahaan kosmetik terkemuka di Tanah Air. Hal itu pun terbukti karena sudah banyak produk kecantikan dari korporasi tersebut digunakan oleh masyarakat Indonesia. Beberapa produknya meliputi eye liner, lipstick, lip balm, blush on, foundation hingga powder.

10. PT Cosmar

PT Cosmar Perusahaan Kosmetik di Indonesia
Source Image: nicelocal.id

PT Cosmar merupakan pabrik produksi produk kosmetik seperti perawatan wajah hingga perawatan kulit. Perusahaan tersebut menerapkan penelitian, pengembangan (R&D) ketika dalam proses produksinya. Selain itu pabrik PT Cosmar juga sudah memenuhi standar kualitas, keamanan serta berizin resmi dari BPOM.

11. PT Fabindo Sejahtera

PT Fabindo Sejahtera Perusahaan Kosmetik di Indonesia
Source Image: topmedia.co.id

Selain PT Mustika Ratu, PT Fabindo Sejahtera juga termasuk ke dalam daftar perusahaan kosmetik tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1968. Sejak pertama kali didirikan, perusahaan tersebut terus melakukan inovasi terbaru demi memenuhi kebutuhan masyarakat pada produk perawatan ataupun kecantikan.

Tak hanya kosmetik, tetap PT Fabindo Sejahtera membuat produk di mana ditujukan kepada anak usia dini, bayi, remaja, orang dewasa hingga lanjut usia. Merek terbaik buatan perusahaan tersebut ialah Fanbo, Rivera, Sofie Bambi.

12. PT Athena Royal Kosmetika

PT Athena Royal Kosmetika Perusahaan Kosmetik di Indonesia
Source Image: athenaroyalkosmetika.com

Pertama kali didirikan tahu 2017, PT Athena Royal Kosmetika telah menjadi salah satu pilar penting dalam industri maklon kosmetik serta skincare di Indonesia. Perusahaan tersebut memiliki tujuan merangkul brand lokal untuk mengembangkan produk-produk kecantikan serta perawatan terbaik di Tanah Air.

13. PT Kosmetikatama Super Indah 

PT Kosmetikatama Super Indah Perusahaan Kosmetik di Indonesia
Source Image: kompasiana.com

PT Kosmetikatama Super Indah merupakan perusahaan di bidang kosmetik di Indonesia dengan merek Inez Cosmetics. Sejak berdiri di tahun 1998, korporasi tersebut mengalami perkembangan cukup pesat. Pasalnya produk buatan PT Kosmetikatama Super Indah banyak digunakan oleh remaja ataupun orang dewasa di Indonesia.

14. PT Victoria Care Indonesia

PT Victoria Care Indonesia Perusahaan Kosmetik
Source Image: serangkab.info

Daftar perusahaan perusahaan kosmetik terbesar di Tanah Air selanjutnya adalah PT Victoria Care Indonesia. Korporasi ini lebih berfokus terhadap produk-produk perawatan kulit berkualitas terbaik. Hal itu pun terbukti karena banyak orang seringkali menggunakan produk dari PT Victoria Care Indonesia.

15. PT Unilever Indonesia

PT Unilever Indonesia Perusahaan Kosmetik
Source Image: Dream.co.id

PT Unilever Indonesia merupakan sebuah perusahaan FMCG di bidang home and personal care serta nutrition and ice cream. Perusahaan ini mendistribusikan produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari shampo, deodoran, parfum hingga sabun mandi.

Selain itu, PT Unilver Indonesia juga memiliki produk kosmetik berkualitas unggulan dengan merek dagang Citra, Pond’s serta Vaseline. Ketiga merek itu digunakan sebagai perawatan ataupun kecantikan. Pabrik PT Unilever sendiri berlokasi di Tangerang, Cikarang hingga Surabaya.

16. PT Martina Berto

PT Martina Berto Perusahaan Kosmetik di Indonesia
Source Image: emitennews.com

Apakah ada perusahaan kosmetik di Indonesia yang terdaftar di BEI? Tentunya ada, yaitu PT Martina Berto. Perusahaan ini telah beroperasi selama puluhan tahun sehingga berpengalaman dalam menciptakan sebuah produk kecantikan ataupun perawatan dengan kualitas terbaik.

Merek kosmetik paling populer dari PT Martina Berto ialah Sari Ayu Marta Tilaar di mana tersedia dalam berbagai kebutuhan perawatan ataupun make up. Mulai dari facial wash, masker wajah, pelembap, foundation, lipstik, lip cream dan masih banyak lagi.

17. PT Skinsol Kosmetik Industri

PT Skinsol Kosmetik Industri
Source Image: id.pinterest.com

PT Skinsol Kosmetik Industri merupakan salah satu perusahaan manufaktur kosmetik terbesar di Jawa Barat. Korporasi ini telah memproduksi merek skincare serta kosmetik unggulan kurang lebih 150 brand.

PT Skinsol Kosmetik Industri terus berkembang dan tumbuh dengan produk-produk andalan berkualitas serta didukung layanan premium bagi customernya. Perusahaan ini juga sudah memenuhi syarat standar produksi maupun uji layak dari BPOM.

18. PT Mandom Indonesia Tbk

PT Mandom Indonesia Tbk
Source Image: mandom.co.id

PT Mandom Indonesia Tbk (TCID) memproduksi serta memperdagangkan produk perawatan kulit, rambut, kosmetik hingga parfum. Perusahaan tersebut terkenal lantaran produknya memiliki kualitas terbaik. Merek produk dari PT Mandom Indonesia, antara lain Pixy, Pucelle, Gatsby, Fresh n Fresh serta Johnny Andrean.

19. PT L’Essential

PT LEssential
Source Image: lombokinsider.com

PT L’Essential merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi beserta penyedia jasa maklon kosmetik maupun skincare sejak tahun 2004. Korporasi ini menggunakan sistem manajemen dan tim R&D sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas tinggi. PT L’Essential memiliki tujuan guna menjadi market leader di industri kecantikan ataupun kesehatan kulit.

20. PT Nayue Kosmetik Indonesia

PT Nayue Kosmetik Indonesia
Source Image: nayuekosmetik.com

PT Nayue Kosmetik berspesialisasi pada pembuatan produk kecantikan OEM & ODM, termasuk riasan, perawatan kulit untuk label pribadi di pasar global. Perusahaan tersebut berkomitmen guna mencapai tujuan secara konsisten dengan mengembangkan tim di seluruh area bisnis.

Berbagai produk kecantikan ataupun perawatan berhasil dikembangkan oleh PT Nayue Kosmetik Indonesia. Mulai dari blush on, concealer, cushion & powder, contour & bronzer, cleansing, body care dan lain-lain.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai daftar sejumlah perusahaan kosmetik di Indonesia. Setiap korporasi di atas memiliki merek produk kecantikan ataupun perawatan berkualitas tinggi serta terbaik. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui tentang perusahaan kosmetik di Tanah Air.

Photo of author

Giring Erlangga

Giring Erlangga, lulusan S1 Universitas Gadjah Mada, telah membangun karir sebagai penulis topik pekerjaan dan profesi selama 5 tahun. Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, ia menerjemahkan pengalaman dan pengetahuan akademisnya ke dalam tulisan yang inspiratif dan informatif, membantu banyak orang dalam merancang dan mengembangkan karier mereka.

Baca Juga