Berita

Sales Taking Order Adalah, Pengertian, Tugas, Skill dan Gaji

Anang Cahyono

Sales Taking Order Adalah
Ilustrasi Sales Taking Order, Source: mas-software.com

Iberian-Partners.com – Seperti diketahui, sales merupakan bagian dari perusahaan dengan tanggung jawab melakukan kegiatan penjualan produk ataupun jasa kepada para pelanggan. Hingga kini, tersedia cukup banyak jenis pekerjaan sales, salah satunya adalah sales taking order.

Bagi para pelaku bisnis, istilah sales taking order atau juga dikenal sebagai sales TO mungkin sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Sales taking order adalah suatu jenis pekerjaan spesifik di bidang sales yang mempunyai tugas dan peran berbeda dari pekerjaan sales lainnya.

Secara garis besarnya, sales taking order adalah jenis pekerjaan yang menunjang proses penjualan produk di suatu perusahaan. Tugas penting tersebut menjadikan seorang sales TO wajib mempunyai beberapa keterampilan hingga kemampuan dalam proses penjualan suatu produk maupun jasa.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian tertarik untuk menjalani pekerjaan tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai sales taking order adalah apa disertai tugas, gaji hingga info loker terbarunya.

Sales Taking Order Adalah

Apa Itu Sales Taking Order
Source: hadirr.com

Sebelum pembahasan tugas dan tanggung jawab hingga kisaran gajinya, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian maupun definisinya. Seperti sudah disinggung di awal, sales taking order atau sales TO adalah sebuah profesi dengan tanggung jawab penting berkaitan dengan pesanan pelanggan.

Nantinya sales TO mempunyai tugas dalam mencatat pesanan dari pelanggan untuk kemudian diserahkan kepada distributor atau perusahaan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sales TO tidak berfokus dari penjualan calon pelanggan, melainkan kepada para pelanggan yang sudah bertujuan memesan produk ataupun jasa.

Cukup berbeda dengan microfinancing sales section head, sales taking order nantinya tidak membawa produk untuk ditawarkan secara langsung kepada para pelanggan. Artinya, sales TO hanya mencatat jumlah pesanan dari pelanggan lalu memastikan telah didistribusikannya pesanan tersebut.

Tugas Sales Taking Order

Tugas Sales Taking Order
Source: leadg2.thecenterforsalesstrategy.com

Setelah mengetahui sales taking order adalah apa, maka selanjutnya tinggal mencari tahu apa saja tugas beserta tanggung jawabnya. Dari pengertian atau definisi tersebut dapat diartikan bahwa sales TO adalah suatu pekerjaan yang berhubungan secara langsung dengan pelanggan.

Perlu diketahui bahwa tugas sales TO tidak hanya terbatas pada pengambilan atau penerimaan pesanan dari pelanggan saja. Namun, mereka juga mencakup beberapa tugas beserta tanggung jawab lainnya dengan tujuan utama meningkatkan penjualan, di antaranya yaitu seperti berikut.

1. Mencatat Pesanan Pelanggan

Tugas utama seorang sales TO adalah mencatat pesanan pelanggan secara detail, mulai dari jenis produk hingga jumlah pesanan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab seorang sales TO lebih sering mendapatkan pesanan pelanggan dalam jumlah besar.

Selain itu, tugas sales TO juga bisa mencakup promosi produk dengan harga terbaik supaya pelanggan tertarik memesan produk sebanyak-banyaknya. Faktor ini juga biasanya akan membantu sales TO dalam memenuhi target perusahaan seperti minimal pemesanan produk ataupun jasa.

2. Menyelesaikan Transaksi

Setelah mencatat kebutuhan pelanggan, tugas sales TO selanjutnya adalah menyelesaikan transaksi jual beli tersebut. Pada umumnya, sistem pembayaran yang digunakan oleh transaksi sales TO adalah bentuk kredit. Meskipun begitu, terdapat juga yang melakukan pembayaran secara langsung.

3. Memantau Kondisi Produk

Tugas sales TO berikutnya adalah memantau serta memeriksa kondisi barang. Apabila produk sudah dalam kondisi tidak layak digunakan seperti kedaluwarsa atau rusak, maka sales TO akan melakukan proses retur atau mengganti produk dengan stok yang lebih baru.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Karena berinteraksi secara langsung bersama pelanggan, maka profesi sales TO juga akan berperan sebagai perwakilan perusahaan. Hal ini akan membuat sales TO harus menjalin hubungan baik dengan para pelanggan agar mereka menjadi pelanggan setia serta ingin terus bertransaksi ke depannya.

5. Analisa Produk Kompetitor

Tugas sales taking order terakhir adalah memantau serta menganalisis produk dari para kompetitor, mulai dari kualitas, tingkat penjualan hingga strategi pemasarannya. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan penjualan produk di kemudian hari.

Skill Wajib Sales Taking Order

Skill Wajib Sales Taking Order
Source: binaracademy.com

Selain harus mengetahui sales taking order adalah apa beserta apa saja tugas-tugasnya, kalian juga harus memahami apa saja skill wajib dimilikinya. Hal ini dikarenakan setiap kemampuan sales TO akan mendukung performa serta efisiensi mereka dalam menjalankan pekerjaannya.

Secara garis besarnya, terdapat beberapa kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seseorang yang menjalani profesi sebagai sales TO. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah kemampuan beserta keterampilan wajib dimiliki oleh seorang sales taking order di suatu perusahaan.

1. Komunikasi

Kemampuan komunikasi menjadi skill penting untuk sales TO miliki agar bisa berinteraksi dengan calon pelanggan. Maksud komunikasi dalam hal ini yaitu mereka mampu menyampaikan informasi secara tepat serta mendengarkan pelanggan dengan baik agar meminimalisir adanya miskomunikasi.

2. Persuasif

Skill wajib dimiliki sales TO selanjutnya adalah keterampilan persuasif atau mempengaruhi lawan bicaranya. Artinya, sales TO harus bisa membuat pelanggan tertarik untuk melakukan transaksi maupun pembelian dalam jumlah besar sehingga mampu membuat untung perusahaan.

3. Problem Solving

Setiap jenis pekerjaan ataupun profesi tentu mempunyai masalah dan tantangannya masing-masing, termasuk pekerjaan sales TO. Dalam menjalankan pekerjaannya, mereka mungkin akan menghadapi beragam masalah.

Beberapa contoh kasus yang mungkin seringkali dialami oleh sales TO yaitu seperti klien tidak bersahabat, penolakan dan lain sebagainya. Nah, mereka harus bisa meminimalisir masalah tersebut lalu mencari solusi terbaik dengan kemampuan problem solving yang baik.

4. Teliti

Skill wajib dimiliki sales taking order terakhir adalah ketelitian tinggi. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sales TO akan ditugaskan untuk mencatat pesanan banyak pelanggan ataupun toko secara sekaligus. Di dalam prosesnya, tentunya dibutuhkan adanya ketelitian tinggi untuk meminimalisir kesalahan pencatatan pesanan pelanggan.

Jenjang Karir Sales Taking Order

Jenjang Karir Sales Taking Order
Source: linkedin.com

Kurang lengkap rasanya apabila sudah memahami sales taking order adalah apa, namun belum mengetahui bagaimana jenjang ataupun prospek karirnya. Melansir dari pengalaman sales TO senior, menjalani profesi tersebut ternyata memiliki berbagai benefit serta keunikannya tersendiri.

Secara garis besarnya, prospek karir seorang sales TO sebenarnya akan sangat bergantung kepada perusahaan yang mempekerjakannya. Jadi, nantinya mereka harus mempertimbangkan jenis bidang perusahaan, apakah prospek perusahaan sedang bagus hingga bagaimana masa depan perusahaan tersebut.

Apabila sales TO melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal, maka tidak menutup kemungkinan jika nantinya perusahaan memberikan penawaran kenaikan pangkat. Pada intinya, prospek karir profesi ini akan bergantung kepada performa sales TO itu sendiri.

Gaji Sales Taking Order

Gaji Sales Taking Order
Source: amppaymentsystems.com

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sales taking order adalah apa disertai dengan tugas, tanggung jawab hingga jenjang karirnya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mencari tahu berapa estimasi gaji bulanan hingga tunjangan-tunjangan yang diberikan perusahaan untuk sales TO.

Menurut hasil riset dari tim Iberian-Partners.com, rata-rata gaji sales TO di Indonesia berada di kisaran Rp 2.725.000 sampai Rp 3.962.000 per bulannya. Perlu diingat, besaran gaji bulanan sales TO tersebut bisa saja berubah tergantung dengan besaran UMR di wilayah mereka bekerja.

Selain itu, perkiraan penghasilan bulanan tersebut hanyalah sebuah estimasi dari gaji pokok sales TO saja. Dengan kata lain, mereka berkesempatan mendapatkan tambahan penghasilan dari kenaikan gaji, bonus penjualan serta berbagai macam bonus gaji tambahan lainnya.

Info Loker Sales Taking Order

Info Loker Sales Taking Order
Source: liveabout.com

Untuk menjalani profesi sebagai sales taking order, seseorang perlu memenuhi sejumlah syarat beserta kompetensi tertentu. Adapun sejumlah persyaratannya tersebut di antaranya yaitu seperti riwayat pendidikan minimal SMA/SMK/sederajat hingga S1 dari berbagai macam jurusan.

Nah, jika tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai seorang sales TO, kalian bisa melihat info loker terbaru di sejumlah perusahaan melalui halaman ini. Perlu diingat, ketika ingin melamar pekerjaan untuk mengisi posisi sales TO, pastikan kalian menguasai beberapa kemampuan serta keterampilan seperti sudah kami jelaskan sebelumnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sales TO mempunyai cukup banyak perbedaan dengan sales canvasing, entah itu dari tugas, target konsumen dan lain sebagainya. Dimana profesi ini sebenarnya mempunyai fokus utama terkait target penjualan kepada para pelanggan yang siap untuk membeli produk ataupun jasa tertentu.

Demikian sekiranya ulasan dari Iberian-Partners.com seputar sales taking order adalah apa dilengkapi dengan tugas, tanggung jawab, jenjang karir, gaji bulanan hingga info lowongan kerja terbarunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin mendaftar kerja sebagai sales TO.


Editor: Ari

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga