Berita

Setting Boundaries Adalah, Pengertian, Manfaat dan Cara

Anjar Rizki

setting boundaries adalah
Ilustrasi Setting Boundaries Adalah, Source image: Canva

Iberian-Partners.com – Jika sedang merasa kecewa atau frustrasi terhadap beberapa hal tidak sesuai apa yang diinginkan. Maka, sudah saatnya menerapkan setting boundaries untuk melindungi atau menjaga diri kita agar lebih baik.

Dengan adanya istilah setting boundaries, maka ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh kita. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menerapkan istilah tersebut karena masih memikirkan permasalahan yang sedang dialaminya.

Sebenarnya, istilah setting boundaries ini sama saja dengan membangun batasan diri kita untuk lebih baik. Dalam hal ini, segala permasalahan bisa dilupakan tanpa merugikan orang lain.

Jika kalian ingin mendalami istilah setting boundaries, maka kami akan menjelaskan mulai dari pengertian, manfaat, contoh permasalahan dan cara membentuk yang benar. Untuk penjelasan istilah tersebut secara lengkap, kalian bisa simak dan ikuti terus pembahasan di bawah ini.

Pengertian Setting Boundaries

Pengertian Setting Boundaries

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih mendalam, ada baiknya kita memahami pengertian dari istilah setting boundaries. Sehingga akan tahu maksud dan tujuan menjalankan istilah tersebut.

Setting boundaries atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai pembentukan batasan adalah proses di mana seseorang menentukan batasan pribadi mereka terhadap orang lain. Batasan ini penting untuk menjaga kenyamanan dan ruang pribadi, serta mengkomunikasikan kebutuhan seseorang tanpa terlalu banyak dipengaruhi.

Batasan pribadi ini mencakup dari berbagai aspek, seperti fisik, emosional, intelektual, material dan waktu. Dengan beberapa aspek tersebut terdapat banyak contoh yang sering terjadi kepada kehidupan manusia.

Batasan ini bisa berubah seiring berjalannya waktu dan berbeda-beda antar individu, tergantung pada kondisi maupun perkembangan masing-masing. Oleh karena itu, pembentukan batasan pribadi ini harus dilakukan secara rutin.

Manfaat Setting Boundaries

Manfaat Setting Boundaries

Dalam kehidupan sehari-hari, menetapkan batasan merupakan langkah penting untuk menjaga keseimbangan dan kesejahteraan diri. Tentunya, dengan adanya batasan pribadi membantu kita untuk mengidentifikasi kemampuan dan preferensi pribadi.

Penerapan batasan pribadi sangatlah penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari bersama orang lain. Adapun beberapa manfaat setting boundaries, antara lain:

1. Meningkatkan Rasa Hormat

Menetapkan setting boundaries memungkinkan kita untuk menghargai diri sendiri. Ketika kita jelas bisa memilah perbuatan toleransi dan apa yang tidak, mungkin dalam kepribadian mulai bisa menghormati apa keinginan kita. Sehingga bisa menciptakan rasa harga diri dan kepercayaan diri yang lebih besar.

Bukan hanya diuntungkan oleh diri sendiri, tetapi kita juga harus menghormati orang lain yang sedang menjalani kehidupan bersama-sama. Tentunya, kita harus berbuat baik kepada siapapun agar orang tersebut bisa menghormati kita juga.

2. Mengurangi Stres

Jika sedang mengalami permasalahan yang menyangkut kepribadian kita, tentu masa-masa memikirkan sampai stres akan dirasakan. Untuk menghindari peningkatan stres, penerapan batasan diri adalah solusinya.

Karena di saat masalah itu terjadi, penerapan setting boundaries membantu kita mengurangi rasa stres. Sehingga kita lebih fokus pada ada yang benar menurut kita dan tidak memikirkan keinginan orang lain.

3. Meningkatkan Hubungan Personal

Ketika berbicara dengan orang lain, ada batasan sehat untuk menjaga atau menghindari kesalahpahaman. Adanya batasan pribadi, membantu kita menghormati orang lain untuk memperkuat hubungan.

Untuk meningkatkan hubungan personal, penerapan setting boundaries harus dilakukan setiap hari agar mengetahui kesalahan kita maupun orang tersebut. Sehingga ketika ada ucapan yang tidak mengenakan dari kita atau orang lain bisa saling memaafkan.

4. Mendorong Pertumbuhan Pribadi

Manfaat membentuk setting boundaries selanjutnya yaitu mendorong pertumbuhan pribadi dengan membatasi kebutuhan maupun keinginan kita. Sehingga di saat berkumpul dengan banyak orang tidak perlu banyak ucapan yang mengakibatkan kesalahpahaman.

5. Mampu Mengendalikan Rasa Kecewa

Manfaat terakhir yaitu mampu mengendalikan rasa kecewa yang terlalu berlebihan pada diri sendiri. Sebagai solusinya, bisa menghibur diri dengan bermain bersama keluarga maupun teman dekat yang memang mengerti kepribadian kalian.

Contoh Setting Boundaries

Contoh Setting Boundaries

Apabila sering bertemu atau berkomunikasi dengan banyak orang, mungkin akan sering mengalami kesalahpahaman yang mengakibatkan kita merenung diri. Hal tersebut bisa disebabkan kalian belum bisa membatasi diri sendiri terhadap keinginan orang lain.

Sebenarnya, ada banyak sekali contoh kejadian yang membutuhkan pembentukan batasan pribadi. Berikut adalah contoh setting boundaries yang mungkin kalian sedang mengalaminya:

  • Ketika sedang berkumpul dengan banyak teman, tiba-tiba kita merasa dikucilkan atau diabaikan begitu saja.
  • Ketika berada di lingkungan kerja, tidak ada sama sekali rekan kerja yang membantu atau memberikan arahan kepada kalian.
  • Ada orang yang berusaha mengambil keputusan secara sepihak, sehingga timbul rasa kekecewaan terlalu mendalam.

Cara Membentuk Setting Boundaries

Cara Membentuk Setting Boundaries

Jika kalian merasa tidak enakan atau people pleaser kepada orang lain, maka penting untuk menciptakan batasan pribadi yang benar terlebih dahulu. Sehingga nantinya bisa terbuka dengan orang lain dan bisa menghargai pendapatnya.

Akan tetapi, masih banyak orang mengalami kesulitan membentuk batasan pribadi untuk diri sendiri. Tenang, kami telah membagikan tips membentuk setting boundaries yang benar:

1. Bersikap Tegas

Tips pertama yaitu kalian harus berani menolak hal yang membuat tidak nyaman, contohnya kata-kata tidak atau gak. Sikap ini akan membantu untuk menghentikan seseorang yang sudah terlalu jauh ikut campur permasalahan atau kehidupan kalian.

2. Introspeksi Diri

Tips kedua yaitu introspeksi diri terlebih dahulu untuk mengetahui kekurangan maupun kesalahan di saat berkomunikasi dengan orang lain. Namun di saat introspeksi diri, kalian tidak boleh terlalu dalam menyalahkan diri sendiri apalagi kalau melibatkan orang lain. Hal tersebut bisa mengakibatkan tingkat stres akan meningkat.

3. Berani Bertindak

Tips kedua yaitu berani bertindak karena tidak semestinya segala perilaku maupun perbuatan bisa diterima oleh orang lain. Oleh karena itu, di saat kalian merasa dipojokkan sebisa mungkin berani bertindak, seperti menjauh dari orang tersebut.

Sebagai informasi tambahan bahwa pembentukan setting boundaries sulit dilakukan oleh orang yang sudah berumur. Selain itu, jika kalian masih ketergantungan ekonomi dengan orang tua sangat sulit untuk membentuk batasan pribadi.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan, boundaries adalah sebuah batasan yang kita buat untuk orang lain agar tidak terlalu terbuka. Akan tetapi, pembentukan batasan ini membutuhkan waktu yang tidak singkat, di mana setiap orang harus bangkit meningkatkan kepercayaan diri.

Demikian penjelasan dari kami terkait setting boundaries adalah yang meliputi pengertian, manfaat, contoh dan cara membentuk. Semoga penjelasan ini menjadi informasi yang bisa merubah kalian agar memiliki batasan pribadi.

Photo of author

Anjar Rizki

Anjar Rizki adalah penulis berbakat di bidang berita profesi dan pekerjaan untuk Iberian-Partners.com. Lulus dari Universitas Islam Purwokerto dengan gelar S1, Anjar telah mengembangkan karirnya selama 6 tahun dengan keahlian menulis yang luar biasa.

Baca Juga