Berita

Spaneng Adalah, Pengertian dan Cara Mengatasi

Aditya Setyawan

Spaneng Adalah

Iberian-partners.com – Selain diartikan sebagai nama pulau, Jawa adalah sebuah suku yang berada di Indonesia dan menjadi mayoritas. Besarnya suku ini dikarenakan adanya banyak kosa kata menarik, salah satunya Spaneng.

Bagi kamu yang berada di luar Pulau Jawa, tentu saat mendengar kata Spaneng tidak mengerti artinya. Namun, bagi yang sudah menetap lama di salah satu daerah Jawa tentu sudah paham, bahkan sering mendengarnya.

Meski sudah paham dengan artinya, kata Spaneng sendiri tidak terlalu sering didengar atau diucapkan. Hal ini dikarenakan ada beberapa tempat khusus yang sering muncul kosa kata tersebut.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Spaneng? Apakah berkaitan dengan suatu pekerjaan atau apa? Agar kamu tahu dengan arti kata ini, kami akan berikan penjelasan secara lengkap di artikel ini.

Pengertian Spaneng

Pengertian Spaneng

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi bahwasanya istilah Spaneng adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Jawa. Dalam kamus bahasa Jawa, kota kata ini diartikan sebagai Bingung atau Tegang.

Kata Spaneng sendiri telah lama digunakan dan sampai sekarang ini masih ramai dipakai di kalangan masyarakat. Terlebih lagi, dengan adanya perkembangan zaman, maka kota kata tersebut telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Meski telah tersebar, namun arti kota kata Spaneng tidak berubah.

Dengan pengertian di atas, tentu kata Spaneng didasari oleh beberapa hal. Dalam bahasa Indonesia, kata Tegang memiliki arti yakni sebuah perasaan yang terasa mencekam. Dimisalkan di suatu kalimat yakni, “dalam ruang ujian, semua siswa merasa tegang“.

Dari contoh kalimat di atas, bisa kita ketahui bahwa sebuah perasaan tegang didasari oleh suatu pekerjaan yang sedang dihadapi. Tidak hanya siswa, namun orang yang bekerja di perusahaan atau instansi sering mengucapkan kata Spaneng.

Cara Mengatasi Agar Tidak Spaneng

Cara Mengatasi Agar Tidak Spaneng

Selain penjelasan di atas, perlu diketahui juga bahwasanya hampir semua kosa kata dalam bahasa Jawa merupakan kata serapan dari bahasa Jepang dan Belanda. Hal ini dikarenakan, Jawa menjadi salah satu daerah yang ikuti terjajah oleh dua bangsa tersebut.

Untuk kata Spaneng sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni Spanning. Artinya pun sama yakni ketegangan. Apabila kamu mengecek di dalam kamu bahasa Belanda, maka akan temukan artinya.

Dalam dunia kerja, tentu rasa tegang adalah sesuatu yang biasa. Meski begitu, kita harus mengatasi perasaan tersebut agar tidak berlarut-larut. Di bawah ini kami akan berikan tips atau cara atasi agar tidak Spaneng:

Mematangkan Persiapan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan persiapan yang matang. Dengan cara ini maka bisa membuat kamu lebih berani menghadapi segala sesuatu. Kamu bisa mulai dengan persiapkan solusi serta cara atasi berbagai kondisi yang akan dihadapi.

Percaya Diri

Langkah kedua, selain mematangkan persiapan, kamu bisa memiliki sikap percaya diri dengan memberanikan diri dengan apa yang akan terjadi. Apabila punya sikap ini, kamu akan merasa yakin akan kemampuan dalam menghadapi pekerjaan atau kondisi di masa mendatang.

Tidak hanya itu, berfikir positif juga penting dilakukan agar bisa menghadapi segala hal dengan lebih tenang serta tepat apabila ingin menentukan atau mengutarakan sesuatu.

Berdiskusi dengan Rekan Kerja

Langkah ketiga, kamu bisa berdiskusi dengan orang lain atau rekan kerja. Cara ini pun merupakan hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan. Jika melakukan cara ini, maka setiap orang bisa merasa lebih tenang dan nyaman.

Bahan diskusi tidak hanya berupa permasalahan yang akan dihadapi, namun bisa juga berbagi pengalaman yang sebelumnya dihadapi.

Melakukan Relaksi

Langkah terakhir, kamu bisa lakukan relaksi secara mandiri. Cara ini adalah tips paling sederhana yang bisa dilakukan apabila merasa spaneng. Ada beberapa tahapan melakukan relaksi, yakni dengan lakukan teknik pernapasan, mendengarkan lagu, hingga meditasi.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwasanya spaneng adalah kosa kata dari bahasa Jawa yang punya arti tegang. Istilah ini sering diucapkan oleh seseorang yang merasa kurang percaya diri atau tidak bisa lakukan pekerjaan.

Untuk mengatasi rasa tegang, diperlukan cara. Antara lain caranya adalah memantangkan persiapan, percaya diri, berdiskusi dengan rekan kerja, atau lakukan relaksi. Dengan artikel yang telah kami buat, semoga bisa membuat kamu mengerti apa arti dari spaneng.

Photo of author

Aditya Setyawan

Aditya Setyawan, jurnalis bisnis & keuangan, dikenal analisis tajam & narasi menarik. Lulusan ekonomi, berkontribusi pada media digital, mengedukasi tentang pasar & investasi. Pembicara di seminar, memperkaya literasi keuangan.

Baca Juga