Berita

Staff Gudang Adalah, Tugas, Tanggung Jawab, Skill dan Syarat

Nanang Handoyo

Staff Gudang Adalah, Tugas, Tanggung Jawab, Skill dan Persyaratan
Ilustrasi Staff Gudang Adalah, Source: Mployee.id

Iberian-Partners.com – Staff gudang adalah salah satu jabatan yang memiliki peran penting di perusahaan, terutama untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik. Karena menjadi faktor penentu pendistribusian keluar masuk barang.

Jadi kelancaran perusahaan dalam pendistribusian barang tidak lepas peran orang gudang, terutama bagi staff gudang yang harus cekatan dalam mengatur keluar masuk barang. Nantinya tugas dari staff gudang akan dibantu oleh helper gudang.

Dimana tugas utama helper adalah membantu staff gudang, tidak heran jika banyak orang bertanya apakah helper dan staff gudang merupakan jabatan yang sama. Pernyataan tersebut jelas salah besar, karena antara keduanya memiliki tanggung jawab berbeda.

Apabila kamu penasaran dan ingin mengetahui lebih mendalam tentang staff gudang itu apa, tugas dan tanggung jawabnya apa saja, untuk ketahui lebih lengkapnya kali ini Iberian-Partners.com mengajak kamu semua untuk membahas artikel sudah dipersiapkan berikut ini.

Staf Gudang Adalah

Staf Gudang Adalah
Source: Midteknologi.com

Staff gudang adalah orang yang bertanggung jawab didalam divisi gudang atau warehouse, posisi ini tidak hanya mengatur setiap barang yang keluar masuk saja. Staf gudang diharuskan memperhatikan keadaan gudang, mengatur pekerja serta membuat laporan mengenai barang yang ada didalam gudang.

Meskipun memiliki job desk terbilang cukup banyak, jabatan ini akan dibantu oleh helper gudang dalam melaksanakan tugas-tugasnya seperti menata, mengatur dan pengecekan barang. Selain itu juga dituntut cekatan dalam bekerja, karena dapat menentukan produktivitas pada divisi tersebut.

Untuk menduduki jabatan staff gudang tidak harus orang yang memiliki gelar pendidikan tinggi, karena kualifikasi dibutuhkan hanya cekatan, pintar dan siap kerja dengan tim. Tidak heran jika posisi ini diminati oleh banyak orang, selain itu jenjang karirnya cukup menjanjikan.

Tugas dan Tanggung Jawab

Tugas dan Tanggung Jawab
Source: Scaleocean.com

Kemudian lanjut membahas mengenai tugas dan tanggung jawab menjadi staff gudang, untuk mengetahui apa tugas dan tanggung jawabnya, dapat simak langsung sebagai berikut.

1. Melakukan Pengecekan Barang di Gudang

Jadi, untuk tugas seorang staff gudang adalah melakukan pengecekan setiap barang didalam gudang. Hal ini wajib dilakukan setiap harinya, karena nantinya kamu bisa mengetahui stok tersedia dan stok sudah habis.

2. Bertanggung Jawab Bongkar Muat Barang

Kemudian bertanggung jawab dalam kegiatan bongkar muat barang, hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak barang masuk, berapa banyak barang tidak layak dan lain sebagainya.

3. Menyetujui dan Menandatangani Surat Penerimaan

Pada umumnya setiap perusahaan akan menerapkan peraturan seperti ini, dimana setiap barang keluar maupun masuk harus ada surat-suratnya termasuk penerimaan barang. Karena pada surat tersebut bisa menjadi bukti sah, jika barang sudah diterima.

4. Membuat Surat Jalan Setiap Barang Keluar

Sama seperti halnya dalam penerimaan barang, ketika barang akan keluar untuk dikirim. Staff gudang harus membuat surat jalan terlebih dahulu, dimana surat jalan tersebut harus disetujui oleh admin gudang dan kepala gudang.

5. Mengatur Penataan Barang

Setiap gudang pastinya dibagi dengan beberapa bagian, oleh karena itu staff gudang harus mengatur serta menata barang serapi mungkin agar lebih mudah di data pada saat pengecekan barang.

6. Mengetahui Stok Masuk dan Keluar

Meskipun staf gudang sudah dibantu oleh helper gudang, akan tetapi wajib untuk mengawasinya agar tidak terjadi mis dalam melakukan pengecekan stok barang. Baik itu barang masuk maupun juga barang keluar.

7. Membuat Laporan Secara Rutin

Tugas wajib harus dilakukan oleh staff gudang adalah membuat laporan secara rutin, karena laporan tersebut nantinya dikumpulkan pada saat melakukan stok opname. Oleh karena itu harus dilakukan secara rutin.

8. Menjalin Komunikasi dengan Divisi Lain

Terakhir adalah menjalin komunikasi dengan divisi lain, hal ini bertujuan agar setiap divisi dapat berjalan dengan lancar. Sebab, jika salah satu divisi mengalami kendala, maka dampaknya akan dirasakan oleh semua divisi pada suatu perusahaan.

Skill Staff Gudang

Skill Staff Gudang
Source: Majoo.id

Meski profesi ini tidak harus mereka yang memiliki gelar pendidikan tinggi, namun skill wajib untuk dikuasai. Jika kamu penasaran dengan skill menjadi staff gudang apa saja, dapat simak diantaranya adalah berikut ini.

  • Harus cekatan dalam bekerja.
  • Memiliki pengetahuan luas.
  • Wajib menguasai perangkat komputer.
  • Mampu berkomunikasi secara verbal maupun non verbal.
  • Memahami kondisi didalam gudang.

Tips Menjadi Staff Gudang

Tips Menjadi Staff Gudang
Source: Majoo.id

Jika kamu salah satu orang yang bekerja di dalam gudang, lalu memiliki keinginan menjadi staff gudang atau baru saja menjabat sebagai staff gudang. Berikut ini kami sampaikan kepada kamu semua beberapa tips jabatan ini.

Tips pertama adalah memahami setiap jenis barang didalam gudang, karena nantinya kamu harus dituntut untuk melakukan pengecekan barang tersedia apa saja.

Membuat laporan secara rinci, semisalnya pengadaan barang. Maka kamu harus Informasikan presentasi keluar barang dan tentukan barang yang akan masuk dan sebaliknya ketika akan mengeluarkan barang.

Mengatur dalam penataan barang sesuai dengan jenis dan ukuran, karena akan mempermudah setiap orang yang bertugas di dalam gudang.

Menjalin komunikasi baik itu ke kepala gudang maupun beberapa staf lain, dengan cara ini setiap pekerjaan yang ada di lingkungan gudang akan berjalan dengan lancar.

Jabatan Umum Didalam Gudang

Jabatan Umum Didalam Gudang
Source: Staffinc.co

Pada umumnya, divisi pergudangan terdapat beberapa jabatan yang tidak hanya staf gudang saja. Masih ada beberapa jabatan lain tersedia didalam sebuah perusahaan, untuk mengetahui lebih jelasnya dapat simak langsung diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kepala Gudang

Pertama adalah kepala gudang, dimana jabatan ini memiliki tugas untuk mengatur dan menyetujui barang keluar masuk dari gudang. Biasanya hal ini berdasarkan rekomendasi dari staff gudang atau laporan perihal keluar masuk barang.

2. Staff Gudang

Selanjutnya adalah staff gudang dimana memiliki tugas cukup banyak, namun untuk tugas wajib pada jabatan ini mengatur setiap kegiatan orang gudang agar berjalan dengan lancar. Lalu masih ada beberapa tugas dan tanggung jawab lain.

3. Helper Gudang

Helper gudang merupakan jabatan yang memiliki peran cukup penting di gudang atau warehouse dimana bertugas untuk membantu pekerjaan staf gudang. Beberapa tugasnya adalah mengatur barang, pengecekan barang dan memberikan laporan ke staff gudang.

4. Admin Gudang

Kemudian ada admin gudang, bagian ini memiliki tugas untuk membantu kepala gudang atau supervisor dalam urusan administrasi gudang seperti pengadaan barang dan lain sebagainya.

Gaji Staff Gudang

Gaji Staff Gudang
Source: Magnate.id

Lalu membahas mengenai gaji staf gudang, untuk besaran yang dikenakan memang tidak bisa dipastikan berapa besar. Karena itu semua akan merujuk dari kebijakan perusahaan dan juga UMP yang sudah ditetapkan masing-masing wilayah.

Namun kamu semua tidak perlu bingung, karena pada pembahasan kali ini kami akan informasikan besaran gaji di beberapa wilayah kota besar. Agar mengetahui lebih jelasnya simak langsung sebagai berikut.

  • Karawang berkisaran Rp 5.176.179.
  • Bekasi berkisaran Rp 5.137.575.
  • Jakarta berkisaran Rp 4.901.798.
  • Bogor berkisaran Rp 4.639.429.
  • Surabaya berkisaran Rp 4.525.479.
  • Bandung berkisaran Rp 4.048.462.

Sedangkan untuk rata-rata gaji staff warehouse di beberapa kota besar lain berkisaran Rp 3.412.917. Besar kemungkinan akan lebih besar, tergantung dari kapasitas dari perusahaan tersebut apakah besar atau tidak.

Syarat Menjadi Staff Gudang

Syarat Menjadi Staff Gudan
Source: Undefined.photos

Apabila kamu berminat dengan pekerjaan ini, pastikan terlebih dahulu apakah kamu lolos kualifikasi atau tidak. Bila ingin ketahui lebih lengkapnya, silahkan simak langsung seperti dibawah ini.

  • Memiliki pengalaman bidang terkait.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK Sederajat.
  • Mampu berkomunikasi yang baik.
  • Memiliki kemampuan supply chain, manajemen stok barang dan logistik.
  • Bertanggung jawab dan jujur.
  • Terbiasa deadline dan mencapai target.
  • Cepat, tegas, rajin, dan komunikatif.
  • Dapat mengoperasikan perangkat komputer, terutama Ms. Word dan Microsoft Excel.

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan tentang staff gudang adalah sudah disampaikan diatas, maka dapat menarik kesimpulan jika jenis pekerjaan ini memang banyak. Akan tetapi dari itu semua mendapat gaji besar dan pekerjaan akan dibantu oleh helper gudang.


Editor: Aziz

Photo of author

Nanang Handoyo

Nanang Handoyo, alumni S1 Universitas Negeri Semarang, telah berkontribusi sebagai penulis berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Dengan pendekatan analitis dan penuh insight, Nanang menghadirkan artikel-artikel yang memperkaya pemahaman pembaca tentang trend karir dan pasar kerja saat ini.

Baca Juga