Berita

Unplanned Change Adalah, Pengertian, Penyebab dan Contoh

Anang Cahyono

Unplanned Change Adalah
Ilustrasi Unplanned Change Adalah, Source Image: Iberian-Partners.com

Iberian-Partners.com – Sebagaimana diketahui, perubahan masyarakat terjadi secara alami, entah itu direncanakan ataupun tidak direncanakan (unplanned change). Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan unplanned change adalah apa serta apa saja faktor penyebabnya.

Secara garis besarnya, unplanned change adalah suatu perubahan sosial yang terjadi secara spontan atau tidak direncanakan (dikehendaki) sebelumnya. Jika memang sebuah perubahan terjadi tanpa perencanaan, maka dapat dikatakan bahwa masyarakat secara tidak langsung sedang melakukan penyesuaian.

Adapun penyebab adanya unplanned change juga sebenarnya cukup beragam, di antaranya adalah seperti globalisasi, politik hingga ekonomi. Karena perubahan tersebut terjadi di luar jangkauan pengawasan manusia, maka hal ini bisa menimbulkan banyak akibat-akibat sosial yang diharapkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian sedang memahami terkait dengan perbuahan sosial di kehidupan masyarakat Indonesia, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai unplanned change adalah apa disertai penyebab, dampak hingga sejumlah contohnya.

Unplanned Change Adalah

Pengertian Unplanned Change

Seperti sudah disinggung di awal, unplanned change adalah sebuah perubahan sosial yang terjadi secara spontan atau tidak direncanakan (dikehendaki) sebelumnya. Dimana perubahan sosial adalah suatu transformasi yang terjadi di sekitar lingkungan masyarakat.

Nantinya perubahan sosial tersebut bisa berupa berbagai macam aspek, mulai dari perubahan nilai, norma hingga transformasi tingkah laku masyarakat. Suatu perubahan sosial disekitar lingkungan masyarakat tidak terjadi begitu saja tanpa adanya faktor-faktor pendorong.

Bentuk unplanned change biasanya diperjuangkan atau diperdebatkan oleh masyarakat yang terkena dampaknya. Umumnya transformasi tidak direncanakan ini akan ditentang oleh masyarakat yang bersangkutan atau diperdebatkan kehadirannya.

Kendati demikian, perubahan sosial yang tidak direncanakan tersebut tidak selalu mempunyai pengertian sebagai transformasi yang tidak diharapkan. Bisa jadi mereka adalah sebuah transformasi yang ditunggu-tunggu serta diinginkan oleh masyarakat, meskipun terjadi tanpa adanya rencana.

Di banyak kasus, unplanned change bisa diterima oleh masyarakat dengan beragam cara, salah satunya adalah melakukan penyesuaian. Hal tersebut seperti halnya dengan mengubah lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah ada atau mungkin membentuk yang baru.

Penyebab Unplanned Change

Penyebab Unplanned Change

Setelah mengetahui unplanned change adalah apa, maka selanjutnya kalian juga harus mengetahui beberapa faktor penyebabnya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, adanya transformasi di lingkungan masyarakat tidak terjadi begitu saja tanpa adanya faktor-faktor pendorong di belakangnya.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa faktor yang paling kuat untuk mendukung terjadinya perubahan sosial tersebut. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah pembahasan lengkap mengenai beberapa faktor pendorong ataupun penyebab terjadinya unplanned change di Indonesia.

1. Penemuan Baru

Faktor pendorong terjadinya perubahan sosial pertama adalah adanya penemuan baru. Dimana adanya penemuan baru dalam suatu masyarakat tertentu akan membawa perubahan kondisi sosial seperti contohnya budaya baru yang bisa menggantikan atau bahkan berbaur menjadi satu.

2. Dampak Kependudukan

Faktor penyebab unplanned change selanjutnya adalah adanya dampak kependudukan. Dengan kata lain, jumlah penduduk bisa berdampak pada transformasi tidak direncanakan tersebut karena bisa mempengaruhi struktur hingga masyarakat itu sendiri.

3. Munculnya Konflik

Seperti diketahui, konflik, persaingan atau pertentangan terjadi secara alami di dalam suatu kelompok sosial tertentu. Nah, konflik dalam masyarakat tentunya bisa terjadi karena pluralisme atau munculnya mayoritas serta minoritas dalam suatu komunitas tertentu.

4. Adanya Revolusi

Faktor penyebab perubahan sosial berikutnya adalah karena adanya revolusi. Dimana revolusi serta pemberontakan juga ternyata bisa mempengaruhi munculnya transformasi. Hal tersebut dikarenakan fenomena ini adalah sebuah tanda bahwa sesuatu yang baru perlu dilakukan.

5. Bencana Alam

Faktor terakhir penyebab unplanned change adalah karena adanya bencana alam. Dimana terjadinya bencana alam tentunya bisa mempengaruhi terjadinya perubahan sosial. Sebagai contohnya adalah bencana alam yang mengakibatkan pada struktur sosial ataupun kebudayaan.

Dampak Unplanned Change

Dampak Unplanned Change

Ketika hendak mengetahui unplanned change adalah apa, tentunya kalian juga perlu memahami apa saja dampak-dampaknya terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia. Nah, adanya perubahan sosial tidak direncanakan tersebut nantinya bisa berdampak pada beragam aspek, seperti berikut ini.

1. Ekonomi

Dampak pertama adanya perubahan sosial tidak direncanakan tersebut biasanya akan berpengaruh terhadap aspek ekonomi. Adapun beberapa contoh dampak adanya transformasi tidak direncanakan terhadap aspek ekonomi tersebut di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kesenjangan sosial ekonomi.
  • Kerusakan lingkungan.
  • Peningkatan kenakalan remaja.
  • Tidak berfungsinya lembaga sosial secara optimal.

2. Sosial

Selain berdampak terhadap ekonomi, adanya unplanned change juga nantinya akan berdampak pada aspek sosial masyarakat. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa contoh dampak transformasi tidak direncanakan terhadap aspek kehidupan sosial masyarakat.

  • Peningkatan kenakalan remaja.
  • Kerusakan lingkungan.
  • Berkurangnya eksistensi adat istiadat.
  • Tidak berfungsinya lembaga sosial secara optimal.
  • Terjadinya cultural shock.
  • Kesenjangan budaya.
  • Anomi.
  • Munculnya paham duniawi.

3. Politik

Dampak perubahan sosial tidak direncanakan atau tidak dikehendaki terakhir yaitu ada pada aspek politik. Bahkan dampak tersebut juga bisa berpengaruh sangat signifikan terhadap aspek politik. Berikut adalah beberapa dampak unplanned change terhadap aspek politik di Indonesia.

  • Transformasi kepemimpinan.
  • Reformasi politik.
  • Peningkatan aksi anarkis.
  • Transformasi kebijakan.
  • Polarisasi politik.
  • Musyawarah dalam demokrasi berkurang.

Contoh Unplanned Change

Contoh Unplanned Change

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai unplanned change adalah apa, apa saja faktor-faktor penyebabnya hingga bagaimana dampaknya terhadap masyarakat di Indonesia. Seperti diketahui, jika sebuah perubahan terjadi tanpa perencanaan, maka masyarakat secara tidak langsung sedang melakukan penyesuaian.

Nah, penyebab adanya transformasi tidak direncanakan tersebut tentunya bisa berasal dari beragam aspek, mulai dari globalisasi, politik hingga ekonomi. Nah, sebagai bahan gambaran, di bawah ini adalah beberapa contoh bentuk dari unplanned change di dalam lingkungan masyarakat di Indonesia.

1. Gerakan Reformasi 1998

Contoh bentuk perubahan sosial tidak direncanakan pertama adalah gerakan reformasi 1998. Keruntuhan kekuasaan Presiden Soeharto pada tahun 1998 membuat masyarakat geram dengan tingkah laku para elit. Akibat dari pemerintahan yang korupsi, sistem demokrasi di Indonesia lambat laun diadopsi oleh masyarakat dalam menjalankan kehidupan politiknya.

2. Bencana Alam Besar

Contoh bentuk perubahan sosial tidak dikehendaki atau tidak direncanakan selanjutnya adalah adanya kasus-kasus bencana alam besar di Indonesia. Sebagai contoh bencana tsunami Aceh yang memicu kerusakan besar pada tahun 2004. Bencana tersebut telah mengubah banyak sektor kehidupan di masyarakat Aceh dan sekitarnya.

3. Perubahan Akibat Pandemi Covid-19

Pandemi yang terjadi sejak adanya wabah corona di seluruh dunia, termasuk Indonesia juga bisa dijadikan sebagai salah satu contoh bentuk unplanned change. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal, salah satunya adalah membiasakan masyarakat pada kehidupan normal baru.

4. Perubahan Karena Globalisasi

Kemudian globalisasi yang tidak dapat dihalangi juga bisa membuat perubahan berdampak nyata di kehidupan masyarakat. Contohnya dapat dilihat dari segi komunikasi yang saat ini sudah saling terbuka dan nyaris sekali tidak ada halangan sehingga membuat semua orang saling terhubung.

5. Perubahan Karena Kesenjangan Kinerja

Contoh bentuk perubahan sosial tidak direncanakan terakhir adalah seperti adanya perbedaan karena kesenjangan kinerja. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah memahami bahwa budaya kerja sangat dipengaruhi oleh budaya di lingkungan setempat.

Sebagai contoh budaya kerja orang di kota metropolitan sangatlah sibuk serta selalu dilakukan secara cepat. Sementara itu di daerah pekerjaan yang dilakukan dengan lebih santai, tentunya terdapat perbedaan dalam segi kesenjangan kinerja di suatu wilayah.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa unplanned change adalah suatu bentuk perubahan sosial yang terjadi tanpa direncanakan ataupun dikehendaki sebelumnya. Meskipun tidak direncanakan, tentunya transformasi tersebut akan berdampak terhadap segala macam aspek, seperti ekonomi, globalisasi hingga politik.

Demikian sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar unplanned change adalah apa, apa saja faktor penyebabnya, bagaimana dampaknya hingga apa saja contoh-contoh bentuk perubahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin mendalami pemahaman seputar perubahan sosial tidak direncanakan.

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga