Freelance

6 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Upload Video

Indra Bonit

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Upload Video
Ilustrasi Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan upload video, Source Image: www.qoala.app

Iberian-Partners.com – Cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload Video sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja, masih ada beberapa pengguna Facebook yang tidak mengetahui jika Facebook ternyata bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi tambahan.

Facebook menjadi salah satu situs jejaring sosial sangat populer di seluruh dunia, dimana sampai saat ini sudah memiliki lebih dari 3 milyar pengguna. Pihak Facebook juga selalu melakukan update untuk memberikan pengalaman menarik bagi semua penggunanya, salah satunya adalah bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang.

Cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload Video memang sudah banyak diketahui. Akan tetapi para pengguna masih belum dapat memaksimalkan hal tersebut, sehingga pendapatan uang dihasilkan bisa dikatakan kurang maksimal. Dalam hal ini, kami akan membagikan beberapa poin penting agar uang dihasilkan lebih maksimal.

Perlu diketahui bahwa dengan upload video di Facebook, kita dapat memanfaatkan beberapa layanan lain sebagai pendukung, seperti Ad Breaks, FB Pro, Facebook Audience Network dan beberapa lagi lainnya. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita masuk ke pembahasan lengkap yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Dapatkan Uang dengan Upload Video Facebook

Dapatkan Uang dengan Upload Video Facebook

Sebenarnya cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload Video sudah diperkenalkan beberapa tahun sebelumnya. Hanya saja, banyak para pengguna tidak sadar akan hal tersebut.

Bagi mereka yang sudah mengetahuinya, tentunya ini bisa menjadi salah satu pekerjaan freelance yang dapat meraup uang hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Namun, ketika kalian menekuni dunia ini, konsisten sangat diperlukan.

Kita juga harus bisa melihat beberapa poin-poin penting lain agar setiap video yang kita upload selalu dilihat oleh banyak orang. Kemudian usahakan juga untuk selalu membuat konten video original karena akan menjadi nilai plus tersendiri.

Seperti kami sampaikan juga diatas sebelumnya, bahwasanya ada beberapa cara agar setiap video yang kita upload dapat menghasilkan uang. Seperti dengan berjualan, pemasangan Ad Breaks, Patreon dan lain sebagainya.

Cara kerja setiap metode kami sebutkan juga berbeda-beda. Untuk itu kalian harus simak pembahasan kali ini agar mengetahui cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload Video.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Upload Video

Lanjut ke pembahasan utama mengenai cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video. Di bawah ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi cara mendapatkan uang dari Facebook yang mungkin dapat kalian coba. Yuk, langsung saja simak penjelasannya.

1. Ad Breaks

Ad Breaks

Cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video pertama adalah dengan memanfaatkan layanan tambahan dengan nama Ad Breaks. Ad Breaks adalah salah satu fitur layanan monetisasi dari FB berbentuk iklan pendek resmi atau pun iklan in stream.

Syarat Ad Breaks

Agar dapat memanfaatkan fitur layanan ini, kalian juga tentunya harus mengikuti beberapa persyaratan. Untuk mengetahui persyaratannya, silahkan simak berikut ini.

  • Pengguna telah memenuhi persyaratan kelayakan FB, seperti memiliki halaman FB aktif serta memenuhi kebijakan konten FB.
  • Memiliki Fanspage dengan pengikut minimal 10.000 pengikut.
  • 60 hari terakhir wajib memiliki konten video dengan durasi rata-rata 3 menit dengan memiliki jumlah view 30.000 selama 1 menit.
  • Memiliki video sesuai untuk monetisasi, yakni video berdurasi minimal 1 menit serta memenuhi kebijakan monetisasi.
  • Lokasi negara mendukung penggunaan fitur layanan Ad Breaks.

Aktivasi Ad Breaks

Setelah kalian sudah memenuhi semua persyaratan diatas, maka selanjutnya kalian dapat segera melakukan aktivasi untuk dapat mendapatkan uang di Facebook dengan upload video. Untuk caranya adalah seperti di bawah ini.

  • Pertama login ke akun Facebook kalian lebih dulu.
  • Setelah itu, pilih menu Pengaturan/Settings.
  • Pilih Monetization.
  • Pada menu ini akan tersedia 3 pilihan, yakni Ad Breaks, Payout Settings & Eligbility.
  • Jika halaman Facebook sudah dapat dimonetisasi, maka tanda dollar akan berubah menjadi hijau.
  • Penting diingat bahwa proses persetujuan tidak akan langsung serta memerlukan waktu yang cukup lama.
  • Setelah video dapat dipasang iklan, maka pendapatan akan dapat cair melalui bank yang telah bekerjasama dengan Facebook.

Sebagai informasi tambahan, perlu diingat bahwa jumlah uang didapat tidak akan full 100%. Karena pihak Facebook akan memotong sebagian penghasilan tersebut sebagai imbalan penggunaan fitur Ad Breaks tersebut. Untuk rinciannya adalah 55% untuk pengguna sedangkan 45% untuk pihak Facebook.

2. FB Pro

FB Pro

Cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video berikutnya adalah dengan menggunakan FB Pro. FB Pro adalah Facebook versi premium yang menawarkan kelengkapan fitur tambahan berikut benefit eksklusif bagi para penggunanya.

Beberapa tahun ini, Facebook telah mengembangkan fitur serta algoritma yang memungkinkan para pengguna FB Pro dapat menghasilkan uang melalui platform ini. Hal ini dapat dilakukan dengan menentukan strategi maupun tindakan yang tepat serta efektif.

Platform FB Pro sendiri menawarkan beragam cara bagi para pengguna agar bisa mendapatkan uang, yakni sebagai berikut:

  • Iklan Reel FB: Disini pengguna dapat menempatkan iklan langsung di Reel yang mereka upload dan bagikan secara publik. Penghasilan dari iklan akan dibagi antara pengguna serta Facebook.
  • Membership: Pengguna dapat menawarkan keanggotaan berbayar kepada para pengikut. Keanggotaan ini bisa memberikan akses ke konten eksklusif seperti video, kelas online, maupun podcast.
  • Super Chat: Para pengguna FB Pro dapat membiarkan para pengikut membayar untuk menyoroti pesan mereka di live streaming mereka.
  • Super Stickers: Para pengguna bisa membiarkan para pengikut membeli stiker khusus guna mendukung mereka.

Syarat Monetisasi Fitur di FB Pro

Untuk dapat menggunakan semua fitur-fitur monetisasi di FB Pro, ada beberapa persyaratan harus dipenuhi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Memiliki akun FB telah aktif selama 6 bulan minimal
  • Memiliki minimal 100 pengikut
  • Memiliki konten original, menarik, berkualitas
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Menggunakan FB Pro

Untuk mendapatkan penghasilan dari FB Pro, tentunya kalian harus melakukan beberapa langkah-langkah, diantaranya:

  • Membangun basis pengikut aktif. Disini kalian juga harus fokus dalam membagikan konten relevan serta menarik bagi target penonton kalian.
  • Mengoptimalkan fitur monetisasi FB Pro. Pastikan kembali bahwa kalian sudah memahami serta mengoptimalkan fitur tersebut.
  • Pelajari serta ikuti kebijakan monetisasi Facebook untuk mendapatkan uang darwi FB Pro. Pelajari semua hal berkaitan dengan kebijakan monetisasi sehingga bisa lebih maksimal untuk memanfaatkan fitur-fitur tersedia.
  • Bangun kemitraan serta berkolaborasi dengan mereka agar dapat menjadi sumber penghasilan signifikan.
  • Tingkatkan keterlibatan serta interaksi dengan para pengikut agar penghasilan dapat lebih maksimal.

3. Facebook Audience Network

Facebook Audience Network

Cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur Facebook Audience Network. Perlu diketahui bahwa ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang dari upload video Facebook.

Salah satunya adalah dengan mengunggah video melalui program Facebook Audience Network. Guna memenuhi syarat ini, pengguna perlu memenuhi kriteria tertentu, seperti jumlah follower yang besar serta video-video yang wajib memenuhi standar komunitas Facebook.

4. Platform Patreon

Platform Patreon

Kemudian kita juga bisa memanfaatkan Patreon atau Platform Crowfunding. Disini ketika kalian sudah mengupload video Facebook dan mendapatkan banyak interaksi dari para pengikut, disini kalian bisa meminta dukungan langsung dari pengikut kalian menggunakan Patreon.

Dengan ini, orang-orang dapat memberikan sumbangan atau dukungan finansial secara langsung kepada kita. Atau sebagai dukungan agar kita dapat terus membangun serta membagikan konten-konten menarik serta berkualitas.

5. Jual Produk/Jasa Pribadi

Jual Produk Jasa Pribadi

Cara berikutnya adalah dengan menjual produk atau jasa layanan pribadi. Disini kalian bisa membuat video lalu kemudian menguploadnya di reels agar pengikut lain bisa melihat dan berminat untuk membeli produk atau jasa kalian.

Disini kalian dapat rutin mengupload video serta membagikannya di berbagai platform lain atau di grup, fans page yang kalian miliki. Namun dengan catatan, group atau fanspage kalian memiliki banyak pengikut aktif dengan interaksi yang kuat di setiap video yang dibagikan.

6. Kolaborasi dengan Brand atau Sponsor

Kolaborasi dengan Brand atau Sponsor

Cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video terakhir adalah dengan melakukan kolaborasi dengan brand atau sponsor. Apabila memiliki basis penggemar yang kuat, kalian dapat menjalin kerjasama dengan merek atau sponsor tertentu untuk mempromosikan produk mereka dalam video.

Hal ini memerlukan kerjasama yang baik serta transparansi terkait dengan sponsor atau konten promosi.

Kesimpulan

Ketika ingin menekuni bidang ini, tentunya kalian harus memahami beberapa poin-poin penting agar pendapatan lewat upload video Facebook bisa maksimal. Paling penting disini, kalian harus selalu membuat konten video original berkualitas dan menarik.

Usahakan juga maksimalkan semua fitur maupun platform diatas agar penghasilan yang diperoleh lebih maksimal. Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kami sampaikan mengenai cara mendapatkan uang dari Facebook dengan upload video, semoga bermanfaat serta bisa menjadi referensi kalian.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga