Berita

Business Acumen Adalah, Pengertian, Contoh dan Manfaat

Dwiki Lutfianto

Business Acumen Adalah, Pengertian, Contoh dan Manfaat

Iberian-Partners.com – Dalam Dunia bisnis, salah satu skill yang harus dimiliki adalah Business Acumen. Skill atau kemampuan tersebut bisa menjadi kunci kesuksesan dalam membangun bisnis yang dijalani.

Tapi, tahukah kamu apa itu Business Acumen? Pengertian tentang istilah tersebut bakal kami jelaskan secara lengkap melalui artikel. Bagi kamu yang sedang merencanakan suatu bisnis, wajib simak artikel ini sampai akhir.

Ketika bisa menguasai skill ini, maka benefit yang akan kamu peroleh adalah kesuksesan dalam berbisnis. Bukan hanya itu, kemampuan Business Acumen juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan bagi kamu yang berstatus sebagai Karyawan.

Berikut adalah pembahasan lengkap mengenai apa itu Business Acumen Skills hingga contoh Business Acumen yang bisa dijadikan acuan. Bukan hanya itu, kami juga telah menyediakan link download materi Business Acumen PDF untuk dipelajari lebih dalam mengenai kemampuan tersebut.

Business Acumen Adalah

Business Acumen Adalah

Beberapa orang lebih memilih membangun usaha dari nol daripada bekerja dengan suatu Perusahaan. Selain bisa menghasilkan Active Income secara maksimal, memiliki usaha sendiri juga bisa memaksimalkan kreativitas serta inovasi tanpa harus mendapatkan persetujuan dari atasan.

Ada banyak kisah Pengusaha sukses di Indonesia yang mengawali karir nya dari Nol. Tapi untuk mencapai titik kesuksesan nya, mereka tentu sudah melalui banyak rintangan, mulai dari perjuangan dalam menghadapi kompetitor hingga cara mengelola keuntungan agar bisnis bisa terus berjalan.

Entah itu Pengusaha, Karyawan maupun pekerja Freelance pastinya ingin mendapatkan penghasilan besar. Dari hasil yang diperoleh, seseorang bisa memenuhi kebutuhan hidup, berinvestasi atau dijadikan modal untuk membuka peluang usaha baru.

Bicara mengenai sumber penghasilan, pernahkah kamu mendengar istilah Business Acumen? Dilansir dari beberapa sumber, Business Acumen atau Ketajaman Bisnis adalah skill seseorang dalam mendatangkan uang dalam suatu bisnis.

Menurut sumber lain, skill Ketajaman Bisnis juga menjadi salah satu skill wajib yang harus dimiliki pemimpin Perusahaan. Dengan begitu, pemimpin bisa menyelamatkan Perusahaan dari masa krisis atau Pailit.

Sebenarnya kemampuan ini tidak hanya penting bagi Pengusaha, melainkan bagi karyawan maupun pekerja Freelance pun penting mempelajari skill tersebut. Kamu bisa mengikuti training atau pelatihan secara Financial Acumen.

Financial Acumen adalah konsep pembelajaran supaya para peserta bisa mendapatkan penghasilan atau uang. Dengan begitu, selain punya Active Income, kamu juga bisa meraup Passive Income dari bisnis lain.

Skill Ketajaman Bisnis yang dimiliki nantinya berperan sebagai “armada” yang bakal membawa kamu ke tingkatan kinerja lebih tinggi serta mengasah kemampuan kepemimpinan suatu usaha.

Kemudian beberapa orang juga bertanya apakah skill ini merupakan Nature atau Nurture? Tidak sedikit yang beranggapan skill Ketajaman Bisnis diperoleh secara turun temurun dari Orang Tua atau siapapun, padahal tidak melulu seperti itu.

Kemampuan ini bisa kamu peroleh dengan banyak berlatih, terus menganalisa peluang usaha dan berbagai metode lain. Kendati demikian, lambat laun skill tersebut bakal meningkat dan kamu bisa menjabat sebagai Business Support Assistant di Perusahaan atau mengembangkan usaha pribadi secara optimal.

Contoh Business Acumen

Contoh Business Acumen

Setelah menyimak pengertian tentang Business Acumen, selanjutnya kami bakal menjelaskan tentang contoh Business Acumen berdasarkan talenta potensial, diantaranya:

1. Pemahaman Tentang Bisnis

Pertama, Ketajaman Bisnis bisa dimiliki oleh orang-orang dengan pemahaman lebih terkait bisnis yang dijalani atau yang dijalankan oleh Perusahaan tempat nya bekerja. Kemampuan tersebut nantinya bisa menjadi modal dalam menganalisa usaha, memaksimalkan peluang hingga menentukan target pasar.

2. Problem Solving

Kedua, Problem Solving adalah kemampuan seseorang dalam menemukan jalan keluar dari suatu masalah. Orang-orang yang memiliki pemikiran luas serta bisa melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang biasanya mampu menemukan solusi lebih cepat.

Kemampuan seperti itu jelas sangat dibutuhkan dalam Dunia Bisnis, sebab masalah yang terjadi bisa cepat ditemukan penyebabnya dan segera dilakukan penanganan sebagai solusinya. Dengan begitu, Perusahaan atau bisnis tidak akan mengalami kerugian akibat masalah yang terjadi, karena segera diatasi.

3. Kreatif

Contoh Business Acumen selanjutnya adalah Kreatif. Orang-orang dengan kreatifitas tinggi bisa menciptakan inovasi-inovasi baru untuk bisnis maupun Perusahaan tempat nya bekerja. Ide tersebut tentunya adalah ide-ide yang mampu meningkatkan penghasilan Perusahaan atau keuntungan bisnis.

4. Mengutamakan Kepuasan Pelanggan / Client

Selain itu, contoh Ketajaman Bisnis juga bisa dilihat dari cara seseorang memberikan pelayanan pada pelanggan atau Client bisnis nya. Memprioritaskan kepuasan pelanggan / Client adalah contoh sikap Business Acumen, karena ketika pelayanan memuaskan, maka itu bisa membuka peluang kerjasama dan mendatangkan keuntungan untuk kedua belah pihak.

5. Komunikasi yang Baik

Menurut kami, komunikasi yang baik juga bisa menjadi contoh skill Business Acumen. Komunikasi sangat dibutuhkan ketika membicarakan bisnis, perjanjian kerjasama maupun suatu hal lainnya.

Ketika memiliki kemampuan komunikasi, maka lawan bicara akan merasa dihargai. Selain itu, segala penjelasan terkait usul atau pendapat juga lebih mudah dipahami oleh lawan bicara, dimana hal ini jelas akan mengurangi risiko miss komunikasi yang kerap berdampak Negatif.

6. Berpikir Kritis

Pemikiran Kritis atau Critical Thinking sangat dibutuhkan bagi seorang pimpinan Perusahaan. Kemampuan ini mampu memperkirakan segala kemungkinan, entah itu kemungkinan baik maupun buruk.

Kemampuan berpikir kritis juga bisa membantu seseorang dalam mencari peluang bisnis dari kekurangan kompetitor atau di market tertentu. Selain itu, Critical Thinking juga bisa membaca risiko bisnis di kemudian hari berdasarkan beberapa faktor.

7. Memiliki Financial Skill

Financial Skill adalah contoh Business Acumen, entah itu di Dunia Bisnis maupun dalam pekerjaan. Adanya kemampuan ini, seseorang bisa mengelola keuangan dengan baik, mulai dari pemasukan, pengeluaran, investasi dan lain sebagainya sehingga mudah untuk dibuat laporan mingguan, bulanan maupun tahunan.

Materi Business Acumen PDF

Di atas adalah beberapa contoh Business Acumen, jadi silahkan tingkatkan skill-skill di atas supaya kamu bisa menguasai kemampuan Business Acumen atau Ketajaman Bisnis. Kemudian jika ingin mempelajari lebih dalam tentang Ketajaman Bisnis, silahkan download materi nya melalui link di bawah ini:

Kamu bisa membaca materi Business Acumen PDF di atas dan mulai menerapkan nya di lingkungan pekerjaan. Jika ada beberapa hal yang kurang dipahami, kamu bisa mengikuti kelas khusus untuk pelatihan Ketajaman Bisnis.

Manfaat Business Acumen

Manfaat Business Acumen

Di atas sudah kami singgung mengenai beberapa manfaat jika memiliki skill Ketajaman Bisnis ketika berprofesi sebagai Pengusaha maupun karyawan Perusahaan. Berikut telah kami siapkan informasi lebih lengkap perihal manfaat Business Acumen bagi diri sendiri, Perusahaan maupun bagi sekitar, antara lain:

1. Memaksimalkan Peluang Usaha

Ketajaman Bisnis adalah kemampuan khusus untuk mendapatkan uang dari suatu peluang usaha. Artinya, ketika punya kemampuan ini, kamu akan bergerak lebih cepat sebelum kompetitor menyadari peluang usaha tersebut.

2. Menghargai Pendapat Orang Lain

Ketika punya skill Ketajaman Bisnis, manfaatnya bagi diri sendiri adalah kamu menjadi lebih menghargai pendapat orang lain. Bukan tanpa alasan, setiap usul atau pendapat mungkin saja memiliki poin penting yang berkaitan dengan sumber pendapatan.

Kesimpulan

Demikianlah pengertian dari Business Acumen yang bisa kami jelaskan. Memiliki kemampuan di atas bisa menjadi modal utama dalam menjalankan suatu bisnis.

Tapi ingat, dalam menerapkan skill Ketajaman Bisnis kamu tetap harus mengimbangi nya dengan riset, analisis SWOT, kebutuhan Modal dan lain sebagainya. Kamu bisa mempelajari materi yang telah kami bagikan di atas untuk mengasah kemampuan Ketajaman Bisnis.

Photo of author

Dwiki Lutfianto

Dwiki Lutfianto, lulusan S1 STMIK Amikom Purwokerto, telah mengabdikan diri sebagai penulis berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Keahliannya merangkum perubahan pasar kerja memberikan perspektif berharga bagi pembaca yang ingin mengikuti tren industri terkini.

Baca Juga