Berita

Social Media Officer Adalah, Pengertian, Tugas, Gaji dan Keahlian

Indra Bonit

Social Media Officer Adalah, Pengertian, Tugas, Gaji dan Keahlian
Ilustrasi Social Media Officer, Source Image: www.ippf.org

Iberian-Partners.com – Dalam dunia digital working, kita tentu tidak asing dengan salah satu profesi satu ini, yaitu Social Media Officer. Social Media Officer adalah profesi penting dalam dunia digital yang menghandle akun konten bisnis skala besar maupun rumahan.

Kita tahu bahwa Social Media kerap kali dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Seperti iklan promosi, kebutuhan konten dan lain sebagainya. Perusahaan yang menggeluti dunia ini, tentunya membutuhkan seseorang dengan skill terbaik untuk dipekerjakan.

Berbicara soal gaji Social Media Officer, kemungkinan mereka bisa mendapatkan gaji besar, antara 3-7 juta per bulannya. Namun, penting diketahui juga bahwa individu dengan pengalaman lebih tentunya bisa meraup gaji lebih besar dibandingkan dengan non-pengalaman.

Untuk itu, pihak perusahaan juga lebih mengutamakan mereka yang berpengalaman lebih dalam bidang ini. Nah untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pengertian Social Media Officer, langsung saja kita masuk ke inti pembahasan yang sudah kami siapkan berikut ini.

Social Media Officer Adalah

Social Media Officer Adalah

Sebelum kita masuk ke pembahasan lainnya, disini kami akan informasikan lebih dulu apa yang dimaksud dengan Social Media Officer. Social Media Officer adalah profesi pekerjaan di dunia digital yang bertugas mengelola konten serta bertanggung jawab pada akun konten dalam skala besar atau kecil.

Pekerjaan ini juga banyak dibutuhkan karena berguna untuk membantu bisnis mencapai tujuan, dan meraih lebih banyak konsumen melalui berbagai platform sosial media. Sebutan lain untuk profesi ini adalah admin media sosial.

Berbicara sedikit mengenai tugas, nantinya Social Media Officer akan bertugas untuk melakukan unggahan konten secara berkala, kemudian menjawab pertanyaan di kolom komentar, serta berinteraksi langsung dengan para konsumen.

Tugas dan tanggung jawab Social Media Officer adalah perpaduan antara Public Relation Officer dan Customer Service. Bahkan, mereka juga harus mengetahui data lengkap traffic serta interaksi audiens terhadap akun bisnis tersebut.

Dari data tersedia, nantinya perusahaan bisa mengatur rencana serta strategi terbaik agar bisnis tersebut dapat berkembang di kedepannya.

Tugas Social Media Officer

Tugas Social Media Officer

Lanjut ke pembahasan berikutnya adalah mengenai tugas dan tanggung jawab seorang dengan profesi ini. Sebuah perusahaan terkadang membutuhkan tenaga kerja berpengalaman atau non-pengalaman untuk menghandle pekerjaan ini.

Sebenarnya, berpengalaman atau tidak bukanlah masalah, asalkan mereka memahami kinerja sosial media lengkap dengan algoritma dan tren viral konten. Bagi yang tertarik dengan profesi ini, kalian bisa mengetahui lebih dulu tugas dan tanggung jawabnya berikut ini.

1. Mengelola Akun Media Sosial

Tugas pertama yang harus dilakukan oleh SMO adalah mengelola akun media sosial. Perusahaan biasanya memiliki banyak akun platform sosial media, sebut saja seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, LinkedIn, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan pengelolaan yang baik dalam hal konten di setiap minggu atau bulan, tentunya ini akan berimbas baik pada bisnis yang dijalani. SMO juga wajib membuat list khusus untuk mengunggah konten pada platform dalam waktu tertentu.

Ada perbedaan waktu dalam mengunggah konten masing-masing platform sosial media, tergantung daripada jam ramai audiens. Hal ini membutuhkan rencana tepat dan tidak bisa dilakukan sembarangan.

2. Melakukan Riset Target Konsumen

Tugas berikutnya adalah melakukan riset target konsumen. Target konsumen atau audiens tentunya harus jelas guna pemasaran produk sesuai dengan tujuan perusahaan tersebut. Konten tepat tidak akan banyak ditonton apabila salah sasaran.

Sebagai contoh, perusahaan bisnis tas gunung dengan target audiens anak muda pecinta alam. Target sudah jelas tentu akan lebih memudahkan pembuatan konten sesuai dengan style anak muda pecinta alam.

3. Fokus Keperluan Pemasaran

Setiap harinya, SMO tentu akan berkutat dengan audiens, maka itu akan otomatis mengetahui kebutuhan pasar serta keinginan audiens. Hasil dari konten berupa insight, traffic, impression, grafik dan lain yang ada dalam tools memberikan data dengan akurat.

4. Berinteraksi dengan Audiens

Sebagai admin, menjawab setiap komentar yang muncul di setiap konten dibuat menjadi hal penting. Disini SMO juga harus menjawab setiap komentar dengan bahasa sopan dan sabar. Karena biasanya akan muncul komentar beragam dan terkadang diluar topik.

Sebagai jembatan antara perusahaan dengan audiens, SMO harus bisa merangkai kata yang bagus dan bersikaplah akrab dengan para audiens, agar nantinya branding terbangun dengan citra positif.

5. Evaluasi Performa Pemasaran

Unggahan konten bisa menimbulkan beragam reaksi dari pada audiens. Nah disini, admin juga bertugas mengevaluasi dari konten yang ada. Dengan begitu, admin dapat melihat apakah ada peningkatan penjualan atau tidak.

Perusahaan tentu memiliki target sendiri dan itu dapat tercapai atau sebaliknya. Apabila target tercapai, berarti konten memang disukai dan menimbulkan keinginan untuk membeli produk tersebut.

Jika tidak, artinya konten kurang optimal dan memerlukan strategi anyar. Maka, disini konten harus tepat sasaran serta tahu tujuan pemasaran agar hasilnya maksimal.

6. Membuat Laporan Semua Platform

Untuk tugas terakhir adalah membuat laporan semua platform. Laporan di setiap platform memiliki performa sendiri-sendiri sehingga harus mampu menyajikan data yang lengkap.

Kualifikasi dan Keahlian Sebagai Social Media Officer

Kualifikasi dan Keahlian Sebagai Social Media Officer

Di pembahasan berikutnya kami akan informasikan mengenai kualifikasi dan keahlian yang harus dimiliki oleh seseorang dengan profesi Social Media Officer. Pertama kita akan informasikan lebih dulu mengenai skill atau keahliannya.

Ada beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh Social Media Officer, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Ahli dalam sosial media management
  • Basic analytics
  • Copywriting
  • Social Media Advertising
  • Business Skill

Untuk menjadi SMO yang handal, beberapa skill diatas tentunya wajib untuk dimiliki. Karena hal ini bisa sangat berpengaruh dalam kemajuan bisnis yang dihandelnya. Lanjut ke informasi berikutnya yakni mengenai kualifikasi.

Umumnya setiap perusahaan yang membutuhkan SMO akan menetapkan beberapa kualifikasi. Dimana kualifikasi ini harus dipenuhi oleh semua kandidat yang melamar pekerjaan tersebut. Adapun kualifikasi dibutuhkan diantaranya:

  • Berusia 25 tahun
  • Pendidikan minimal S1 di bidang IT / Digital Marketing
  • Berpengalaman sebagai Social Media Officer lebih diutamakan
  • Fresh graduate dipersilakan melamar
  • Menguasai Social Media Analytics & Google Analytics
  • Menguasai digital Ads and Campaign
  • Menguasai social media marketing
  • Mampu memetakan trend di sosial media
  • Memiliki Keterampilan dalam komunikasi dan organisasi

Gaji Social Media Officer

Gaji Social Media Officer

Setelah kita mengetahui lebih dalam terkait pengertian Social Media Officer, tugas, dan tanggung jawabnya, selanjutnya kita bahas soal gaji. Besaran gaji didapat oleh seseorang dengan profesi ini bisa dikatakan cukup besar.

Perlu diketahui juga bahwa gaji SMO juga akan tergantung dari UMR masing-masing daerah. Admin media sosial yang bekerja secara freelance atau kantoran akan tergantung pada perjanjian awal. Semuanya memiliki kriteria gaji berbeda-beda.

Nah adapun kisaran gaji Social media Officer baik berpengalaman atau fresh graduate adalah sebagai berikut.

1. Berpengalaman

Gaji untuk admin media sosial berpengalaman kemungkinan besar berada di kisaran Rp 7 juta sampai dengan Rp 10 juta keatas. Nominal gaji didapat juga tidak menentu, tergantung dari job desk dan jenis perusahaannya.

Walaupun demikian, profesi ini juga menjadi salah satu profesi dengan masa depan cerah serta gaji yang besar. Tak heran jika banyak orang berminat menjadi admin media sosial.

2. Fresh Graduate

Kemudian untuk gaji fresh graduate berkisar antara Rp 3 juta sampai dengan Rp 5 juta. Biasanya mereka juga akan mendapatkan beberapa bonus, tunjangan dan lain sebagainya. Jadi nominal tersebut bukan menjadi patokan utama, bisa juga lebih rendah atau lebih tinggi.

Info Loker Social Media Officer

Info Loker Social Media Officer

Di informasi terakhir kami akan informasikan kepada kalian mengenai lowongan kerja Social Media Officer. Seperti dikatakan bahwa profesi ini sangat banyak diminati dan banyak juga dibuka oleh beberapa perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing.

Jika kalian membutuhkan informasi loker SMO, kalian dapat langsung mengunjungi halaman ini. Disana ada banyak sekali loker dari banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang untuk mengisi posisi di Social Media Officer.

Kalian bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai gaji, benefit, kualifikasi dibutuhkan dan juga cara melamarnya. Setiap harinya kami akan selalu mengupdate loker terbaru dari perusahaan-perusahaan di Indonesia, baik swasta maupun BUMN.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas terkait pengertian Social Media Officer, disini dapat disimpulkan bahwa pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang banyak diminati oleh orang-orang. Selain memiliki gaji besar, jam kerja juga cukup fleksibel jika bekerja secara freelance.

Social Media Officer menjadi salah satu jenis pekerjaan menarik dengan karir yang bagus di masa depan. Nah itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga

Tinggalkan komentar