Berita

Legal Officer Adalah, Pengertian, Tugas, Skill, Gaji dan Lowongan

Anang Cahyono

Legal Officer Adalah
Ilustrasi Legal Officer, Source: medium.com

Iberian-Partners.com – Legal officer adalah pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya profesi ini memang memegang peranan penting dalam perizinan hukum supaya perusahaan terhindar dari permasalahan pelanggaran hukum.

Melalui sekilas penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa legal officer adalah orang yang harus mengerti dan memahami hukum, dalam hal ini yaitu para lulusan sarjana hukum. Di suatu perusahaan, mereka mempunyai tugas cukup kompleks, entah itu secara internal maupun eksternal.

Terdapat beberapa hal yang menarik untuk dibahas terkait profesi legal officer, mulai dari jenjang karir, kisaran gaji bulanan dan lain sebagainya. Perlu diketahui, posisi tersebut juga seringkali dibutuhkan oleh beberapa perusahaan BUMN guna membatu terkait urusan legalitas hukum.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian berencana ingin menjalani pekerjaan dengan profesi tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu seluk beluknya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai legal officer adalah apa disertai tugas, gaji hingga info loker terbarunya.

Legal Officer Adalah

Pengertian Legal Officer
Source: investopedia.com

Sebelum membahas apa saja tugas-tugas hingga tanggung jawab legal officer, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian maupun definisinya. Sesuai namanya, legal officer atau petugas hukum adalah sebuah peran yang seringkali ditemukan dalam suatu perusahaan guna mengurus seluruh permasalahan legal.

Adapun jenis permasalahan legalisasi tersebut terbagi menjadi berbagai macam hal, seperti operasional bisnis setiap harinya, pengembangan produk hingga ketentuan penggunaan produk. Hampir seluruh kegiatan perusahaan ataupun organisasi bisnis saat ini membutuhkan perizinan dari pihak berwenang.

Secara garis besarnya, tugas utama seorang legal officer adalah menangani masalah hukum, entah itu secara internal maupun eksternal. Mereka juga nantinya bertugas dalam melindungi perusahaan agar terhindar dari masalah hukum, baik itu untuk skala kecil, menengah maupun besar.

Pada umumnya, legal officer bisa dipekerjakan secara langsung oleh perusahaan, agensi maupun jenis organisasi bisnis lainnya. Nantinya mereka akan melapor secara langsung kepada anggota staf tingkat atas seperti kepala staf hukum atau chief legal officer di suatu perusahaan.

Tugas Legal Officer

Tugas Legal Officer
Source: bursadvocates.com

Setelah memahami legal officer adalah apa, maka selanjutnya tinggal mencari tahu apa saja tugas-tugas beserta tanggung jawabnya. Seperti sudah disinggung di awal, petugas hukum mempunyai tanggung jawab dalam mengurus masalah legalitas, salah satu contohnya adalah izin usaha.

Di dalam sebuah perusahaan, mereka berkedudukan langsung di bawah direksi serta staf ahli direksi. Tentunya posisi tersebut memudahkan seseorang berkoordinasi dengan bagian internal perusahaan. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tugas beserta tanggung jawab legal officer.

1. Memberi Konsultasi Hukum

Salah satu alasan utama kenapa perusahaan atau instansi memerlukan jasa ahli hukum adalah karena mereka membutuhkan adanya peran konsultan. Pasalnya, dalam setiap langkah yang perusahaan ambil, nantinya akan selalu ada risiko yang menghampiri.

Dimana risiko fatal bisa saja terjadi, terutama jika berkaitan dengan masalah hukum. Maka dari itu, sebuah perusahaan membutuhkan jasa ahli yang memahami bidang tersebut. Sebagai seorang konsultan, legal officer membantu menjelaskan peraturan hukum secara detail.

2. Memproses Legalitas Dokumen

Tanggung jawab selanjutnya adalah memproses semua legalitas dokumen di sebuah perusahaan. Nantinya mereka akan bertugas untuk meninjau, memproses, memperbaiki kontrak, sertifikat saham, surat perjanjian maupun berbagai macam hal lainnya terkait legalitas dokumen.

3. Melakukan Penelitian Hukum

Badan hukum yang bekerja di perusahaan juga nantinya mempunyai tugas untuk melakukan penelitian. Seorang petugas hukum akan meneliti serta melakukan evaluasi terhadap prosedur pengelolaan bisnis.

4. Mengarahkan Karyawan

Jobdesk legal officer berikutnya adalah mengarahkan karyawan. Dalam hal ini, mereka akan memberikan arahan hukum kepada pihak pelaksana kegiatan di sebuah perusahaan. Tujuannya yaitu agar produk maupun produk perusahaan sudah memenuhi persyaratan hukum.

5. Mengidentifikasi Risiko

Tugas beserta tanggung jawab terakhir adalah menganalisis tindakan maupun keputusan perusahaan guna mengidentifikasi risiko yang dapat muncul karena permasalahan hukum. Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk memberi saran supaya perusahaan dapat terhindar dari risiko.

Skill Wajib Legal Officer

Skill Wajib Legal Officer
Source: fox13memphis.com

Selain harus mengetahui legal officer adalah apa hingga apa saja tugas-tugas beserta tanggung jawabnya, maka kalian juga harus memahami apa saja skill wajib dimilikinya. Menjadi seorang petugas hukum bukanlah sebuah profesi yang mudah untuk dijalani atau dilakukan.

Pasalnya, posisi tersebut menuntut seseorang untuk mempunyai keterampilan ataupun keahlian tertentu supaya bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan optimal. Daripada penasaran, di bawah ini adalah beberapa skill wajib dimiliki oleh legal officer di sebuah perusahaan.

1. Cakap Berkomunikasi

Skill paling dasar wajib dimiliki oleh legal officer adalah kemampuan berkomunikasi. Sebab, komunikasi sangat penting guna mendukung karir seorang petugas hukum, entah itu komunikasi verbal maupun nonverbal. Saat menjalankan pekerjaannya, mereka dituntut untuk menghadapi orang dengan beraga karakter berbeda.

2. Kepemimpinan

Kemudian keterampilan memimpin juga sangat penting dikuasai oleh seorang petugas hukum. Nantinya mereka harus mempunyai ketegasan serta tidak mudah terpengaruh oleh tekanan dari pihak luar. Selain itu, skill kepemimpinan juga bisa menjadi bekal untuk berhadapan dengan klien dengan beragam sifat maupun karakter.

3. Pengetahuan Hukum Luas

Skill wajib dimiliki berikutnya adalah mempunyai pengetahuan luas di bidang hukum. Maka dari itu, seseorang yang ingin menjalani profesi tersebut sebaiknya mempunyai latar belakang pendidikan relevan, salam hal ini yaitu lulusan jurusan hukum.

4. Keterampilan Negosiasi

Keahlian dalam bernegosiasi juga menjadi salah satu kualifikasi sangat penting bagi seorang ahli hukum. Di dalam berbagai macam kesempatan, keterampilan negosiasi seseorang akan diuji, terutama ketika mereka berkesempatan untuk melakukan kesepakatan bisnis, perjanjian, kontrak saham dan lain sebagainya.

5. Keterampilan Analisis

Keterampilan analisis atau mengidentifikasi masalah adalah keahlian dasar yang harus dikuasai. Dalam kinerjanya, mereka harus melakukan riset serta penelitian untuk berbagai macam kasus. Tentunya hal tersebut akan sangat terdukung ketika mereka mempunyai keterampilan analisis secara baik.

6. Teliti & Kritis

Sebagai seorang ahli hukum, mereka dituntut untuk mempunyai sikap krisis dan ketelitian tinggi dalam bekerja. Dimana bersikap kritis sangat dibutuhkan dalam membaca sebuah kontrak, terlebih lagi berkaitan dengan perjanjian maupun kerjasama. Untuk mengimbanginya, mereka juga harus bekerja secara teliti agar menghindari sikap ceroboh.

7. Menguasai Bahasa Asing

Skill wajib dimiliki legal officer terakhir adalah menguasai bahasa asing. Pasalnya, menjadi seorang petugas hukum memungkinkan mereka bertemu dengan berbagai klien dari luar negeri. Oleh karena itu, apabila mempunyai kepiawaian dalam berbicara bahasa asing, maka hal tersebut akan sangat membantu pekerjaan berjalan lancar.

Jenjang Karir Legal Officer

Jenjang Karir Legal Officer
Source: linkedin.com

Salah satu alasan kenapa banyak mahasiswa lulusan hukum tertarik menjalani profesi legal officer adalah karena jenjang karir jelas di masa mendatang. Bahkan, menjadi petugas hukum juga memberikan kesempatan kepada seseorang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar seperti BUMN maupun instansi swasta.

Pada tahap awal, mereka akan berada di posisi junior pada entry level. Dimana posisi tersebut dapat diartikan sebagai jabatan paling rendah serta biasanya diisi oleh mahasiswa lulusan baru alias fresh graduate. Petugas dengan jabatan ini biasanya mempunyai pengalaman kerja dari 0 sampai 2 tahun.

Jika mendapatkan promosi kenaikan jabatan, petugas akan diangkat sebagai senior. Nantinya posisi senior diisi oleh pekerja dengan pengalaman minimal 3 tahun. Sementara untuk posisi tertinggi dari profesi ini yaitu chief legal officer sebagai kepala departemen dengan tanggung jawab menangani semua urusan hukum di perusahaan.

Gaji Legal Officer

Gaji Legal Officer
Source: sukabumiupdate.com

Seperti sudah disinggung sebelumnya, salah satu hal menarik dibahas dari legal officer adalah gaji pokok bulanannya. Tentunya informasi terkait gaji tersebut menjadi hal penting untuk diketahui, terutama bagi kalian yang ingin meniti karir di bidang hukum pada suatu perusahaan.

Melansir dari beragam sumber terpercaya, seorang staf legal officer dengan posisi entry level bisa mendapatkan gaji di angka Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000 per bulan. Sementara untuk posisi senior mendapatkan gaji lebih besar, yaitu Rp 8.000.000 sampai Rp 10.000.000 per bulannya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa nominal gaji di atas bukanlah jumlah pasti. Dimana nantinya gaji seorang petugas hukum akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, mulai dari UMR setempat, latar pendidikan, pengalaman, level pekerjaan hingga ukuran atau skala perusahaan,

Sebagai informasi tambahan, perusahaan multinasional atau BUMN terkadang memberikan upah lebih tinggi untuk fresh graduate legal officer. Sementara untuk perusahaan menengah ke bawah, mungkin mereka hanya bisa membayar setengah dari total nominal gaji di atas.

Info Loker Legal Officer

Info Loker Legal Officer
Source: staysafeonline.org

Mengingat gaji legal officer tergolong cukup besar, maka tak heran apabila banyak orang tertarik untuk melamar pekerjaan dengan posisi tersebut. Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak perusahaan ataupun organisasi bisnis lainnya yang membuka lowongan kerja untuk posisi tersebut.

Apabila di antara kalian tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai legal officer, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu info loker terbarunya melalui halaman ini. Namun, perlu diingat bahwa setiap perusahaan biasanya mempunyai kriteria maupun kualifikasi tertentu untuk masing-masing calon kandidat.

Oleh karena itu, sebelum melamar kerja sebagai petugas hukum, pastikan kalian sudah memenuhi semua syarat beserta ketentuannya. Selain itu, jangan lupa untuk melampirkan CV lamaran kerja secara lengkap agar bisa menjadi nilai tambah di mata HRD suatu perusahaan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Iberian-Partners.com seputar legal officer adalah apa dilengkapi tugas, tanggung jawab, skill wajib dimiliki, jenjang karir hingga gaji beserta info loker terbarunya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin melamar kerja sebagai seorang petugas hukum.


Editor: Ari

Photo of author

Anang Cahyono

Anang Cahyono, lulusan S1 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, telah mengukir karir sebagai penulis topik karir dan pekerjaan di website Iberian-Partners.com selama 4 tahun. Dengan keahliannya, Anang berhasil menyajikan berbagai insight berharga mengenai dunia kerja yang membantu banyak pembaca dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

Baca Juga