Berita

15 Perusahaan Jerman di Indonesia Terlengkap 2024

Giring Erlangga

Perusahaan Jerman di Indonesia
Perusahaan Jerman di Indonesia, Source Image: otomotif.bisnis.com

Iberian-Partners.com – Perusahaan dari Jerman turut serta meramaikan perindustrian di Indonesia. Hampir di setiap industri ada korporasi asal negara tersebut, mulai dari manufaktur, konstruksi, minyak, asuransi hingga farmasi.

Namun perusahaan Jerman di mana paling populer di Indonesia adalah sektor perindustrian otomotif. Beberapa contoh korporasi pada industri tersebut ada BMW, Porsche, Volkswagen dan Mercedes-Benz.

Selain itu perusahaan Jerman di Indonesia bidang manufaktur seperti Adidas juga banyak dikenali oleh masyarakat Tanah Air. Dapat dipastikan bahwa setiap korporasi dari negara tersebut unggul dalam hal kecanggihan teknologi maupun sistemnya.

Adapun kami telah menyiapkan daftar sejumlah nama-nama perusahaan Jerman di Indonesia, baik baru ataupun sudah lama beroperasi. Untuk membahas lebih detail mengenai namanya, silakan simak ulasan berikut.

Daftar Perusahaan Jerman di Indonesia

Sebagai salah satu negara maju di Eropa, Jerman memiliki sejumlah perusahaan besar yang beroperasi di Indonesia. Beberapa korporasi asal Negeri Panzer ini bahkan namanya sudah mendunia. Mengingat sebagian besar perusahaan Jerman menggunakan teknologi-teknologi termutakhir.

Daftar perusahaan Jerman di Indonesia menjadi salah satu hal di mana seringkali dicari oleh masyarakat Tanah Air. Hal itu biasanya akan dijadikan sebagai sebuah referensi guna mendapatkan info lowongan kerja. Adapun list perusahaan Jerman di Indonesia bisa kalian dapatkan di bawah ini.

1. Mercedes-Benz

Mercedes Benz
Source Image: dapurpacu.id

Pada daftar pertama tentang perusahaan asal Jerman yang ada di Indonesia, yaitu Mercedes-Benz. Tentunya banyak masyarakat Tanah Air tidak asing lagi jika mendengar namanya. Mercedes-Benz merupakan perusahaan otomotif dari Jeman di mana memproduksi kendaraan seperti, mobil, bus hingga truk.

Mercedes-Benz menjadi salah satu merek otomotif tertua di dunia yang masih bertahan hingga sekarang. Produk dari perusahaan tersebut dikenal sebagai kendaraan dengan teknologi serta keamanan tingkat tinggi. Mobil dari Mercedes-Benz banyak dirakit ataupun diproduksi di berbagai negara, salah satunya yaitu Indonesia.

Produk mobil Mercedes-Benz memiliki harga relatif tinggi, karena fasilitas terbilang mewah serta terdapat teknologi canggih. Namun dengan harganya cukup mahal, tetapi tidak membuat produknya sepi peminat. Justru sebaliknya, banyak warga Indonesia membeli kendaraan-kendaraan buatan Mercedes-Benz.

2. BMW

BMW
Source Image: kompas.com

Masih dari dunia otomotif, sekarang ada BMW perusahaan asal Jerman yang juga beroperasi di Indonesia. Sebagian besar masyarakat tentunya sudah familier bila mendengar nama perusahaannya. Bavarian Motor Works (BMW) merupakan korporasi otomotif dari Jerman memproduksi mobil beserta motor.

BMW merupakan perusahaan induk dari merek mobil MINI hingga Rolls-Royce (dulunya bernama Rover). Korporasi asal Jerman itu telah memiliki kantor cabang di mana tersebar hampir disetiap negara. Di Indonesia, BMW hadir sejak tahun 1976 telah menggandeng pabrik rakitan Tanah Air untuk memproduksi kendaraan.

Kualitas produk otomotif dari BMW memang tidak perlu diragukan, karena sudah terjamin berkualitas terbaik. Sebagian besar produk terbarunya dilengkapi fitur teknologi canggih. Oleh karena itu tak sedikit masyarakat Indonesia seringkali menggunakan kendaraan buatan perusahaan asal Jerman itu.

3. Volkswagen

Volkswagen
Source Image: pasardana.id

Daftar perusahaan asal Jerman di Indonesia selanjutnya adalah Volkswagen. Produsen otomotif ini sudah hadir di Tanah Air pada tahun 1952 melalui PT Piola sebagai agen tunggal serta importir. Di tahun 1971, agen tunggal serta importir Volkswagen diambil alih oleh PT Garuda Mataram Motor.

Semenjak kehadirannya, mobil buatan Volkswagen begitu banyak diminati oleh masyarakat kalangan atas di Indonesia. Pasalnya produk buatannya dikenal dengan gaya classy di mana membuatnya nampak lebih elegan. Sedangkan jenis mobil Volkswagen paling populer di Indonesia adalah Volkswagen Polo, Volkswagen Tiguan Allspace serta Volkswagen T-Cross.

4. Porsche

Porsche
Source Image: adira.co.id

Negara seperti Jerman memang unggul dalam bidang teknologi, hal itu pun dibuktikan dengan adanya perusahaan kendaraan seperti Porsche. Korporasi otomotif tersebut sukses menguasai pasar mobil hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun produk kendaraan Porsche lebih ditujukan kepada masyarakat kalangan ke atas.

Porsche masuk ke pasar mobil di Indonesia di tahun 2002 melalui perusahaan distributor, yakni PT Eurokars Artha Utama. Merek kendaraan roda empat ini berkantor pusat di wilayah Stuttgart, Jerman. Porcsche memiliki spesialisasi pada kendaraan sport, SUV hingga Sedan.

Sama seperti BMW maupun Mercedes-Benz, produk buatan Porsche yang dipasarkan di Indonesia dipatok harga tergolong tinggi. Mengingat berbagai fitur dengan teknologi canggih diterapkan terhadap mobil produksi dari perusahaan Jerman ini. Selain itu Porsche juga masih termasuk sebagai anak perusahaan Volkswagen.

5. Adidas

Adidas Perusahaan Jerman di Indonesia
Source Image: topcareer.id

Adidas merupakan perusahaan asal Negara Jerman yang memproduksi sepatu berkualitas terbaik. Merek tersebut memiliki ciri khas sebuah lambang dengan garis tiga strip pada setiap desain produk buatannya. Adidas sendiri telah menjadi produk ternama di mana memasarkan produknya di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Di Indonesia sendiri pengguna sepatu buatan dari perusahaan asal Jerman, Adidas jumlahnya terbilang cukup banyak. Hal itu dikarenakan merek tersebut memiliki kenyamanan tersendiri ketika dipakai untuk beraktivitas sehari-hari.

Sejak didirikan tahun 1920, Adidas terus melakukan inovasi terbaru agar produknya dapat bersaing dengan merek-merek lainnya. Selain itu jumlah pekerja di perusahaan tersebut mencapai ribuan orang.

6. Allianz

Allianz
Source Image: allianz.co.id

Kemudian ada perusahaan asuransi Jerman di Indonesia, yakni Allianz. Korporasi tersebut sepenuhnya diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK). Allianz tidak hanya menyediakan asuransi konvensional, tetapi juga memiliki layanan asuransi syariah.

Allianz di Indonesia menawarkan berbagai jenis asuransi, termasuk asuransi jiwa, asuransi perjalanan hingga asuransi kendaraan. Perusahaan asal Jerman ini mempunyai bisnis dalam bidang keuangan lainnya, seperti manajemen risiko serta investasi. Seiring berjalannya waktu, Allianz berkembang dengan cepat menjadi perusahaan terkemuka di Indonesia hingga dunia.

Allianz sendiri didirikan tahun 1890 di Munich, Jerman. Perusahaan tersebut awalnya dikenal sebagai Allianz Versicherung-Aktiengesellschaft, mulai beroperasi dengan menawarkan asuransi jiwa. Untuk sekarang, Allianz tergabung sebagai salah satu anggota indeks saham DAX di Bursa Efek Frankfurt.

7. Bayer

Bayer Perusahaan Jerman di Indonesia
Source Image: mediaindonesia.com

Bayer merupakan perusahaan Jerman yang juga beroperasi di Indonesia sudah sejak lama. Secara badan hukum pendirian PT Bayer Indonesia diresmikan pada tahun 1957. Sejak pengukuhannya, perusahaan farmasi ini telah sukses memasarkan berbagai produk mulai dari medis hingga obat-obatan.

Perusahaan farmasi Jerman di Indonesia ini berkontribusi besar terhadap obat-obatan resep guna terapi serta pengobatan perempuan. Selain itu juga Bayer berfokus terhadap bisnis unit radiologi di mana memasarkan media kontras serta sebuah alat kesehatan guna diagnostic imaging.

Bayer menjadi perusahaan farmasi asal Jerman di Indonesia di mana seringkali membuka lowongan kerja untuk mengisi sejumlah posisi. Beberapa loker tersedia di korporasi tersebut seperti Supervisor Manufaktur, Data Scientist, IT Security, Coordinator, Supply Chain Management dan masih banyak lagi.

8. Bosch

Bosch
Source Image: bosch-presse.de

Bosch adalah perusahaan asal Jerman bergerak dalam bidang engineering dan teknologi. Korporasi tersebut didirikan tahun 1886, memproduksi berbagai macam peralatan mekanik maupun elektronik untuk rumah tangga hingga aplikasi industri. Bosch terkenal dengan karena produknya memiliki kualitas tinggi, seperti alat listrik, mesin cuci, oven dan lain-lain.

Selain itu juga Bosch juga mengembangkan serta melakukan inovasi terhadap teknologi baru seperti sensor beserta sistem kendali untuk aplikasi mobil hingga peralatan rumah tangga. Perusahaan Jerman di Indonesia dengan kantor pusat di Stuttgart ini didaulat sebagai penyuplai komponen otomotif terbesar di 2011.

9. DHL

DHL Perusahaan Jerman di Indonesia
Source Image: shutterstock.com

Daftar perusahaan Jerman di Indonesia kali ini berasal dari bidang kurir serta logistik multinasional, yaitu DHL. Korporasi tersebut berlokasi di Bonn, Jerman serta Oslo, Norwegia. DHL secara resmi beroperasi di 220 negara dengan jumlah pekerjanya mencapai 285.000 orang.

DHL termasuk ke dalam daftar perusahaan jasa pengiriman barang terbaik di dunia. Hal itu dibuktikan dengan ketepatan waktu ketika mengirimkan paket milik pelanggannya secara aman. Di Indonesia, beberapa masyarakat sudah sering menggunakan jasa pengiriman dari DHL.

10. Siemens

Siemens Perusahaan Jerman di Indonesia
Source Image: id.wikipedia.org

Kemudian ada Siemens perusahaan Jerman di Indonesia bergerak di bidang produk, jasa kelistrikan serta elektronika. Jenis produknya pun terbagi menjadi beberapa kategori, di antaranya produk bangunan, produk pabrik industri, energi, otomasi, penerangan, kesehatan, logistik hingga transportasi.

Siemens berpusat memiliki kantor pusat di Berlin dan Munchen, Jerman. Perusahaan ini telah beroperasi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Siemens juga kerap membuka lowongan kerja pada beberapa posisi. Apabila kalian ingin mendaftarnya, maka bisa melakukan pendaftaran di situs resmi perusahaan tersebut.

11. PT B Braun Medical

PT B Braun Medical
Source Image: bbraun.co.id

Selain Bayer, perusahaan farmasi asal Jerman di Indonesia yakni ada PT B Braun Medical. Korporasi tersebut didirikan tahun 1839 Negara Jerman dan dimiliki oleh keluarga Braun. Hingga saat ini, PT B Braun Medical telah beroperasi di negara seperti Prancis, Italia, Swiss, Hungaria, Malaysia, Amerika Serikat, hingga Brazil.

PT B Braun Medical memproduksi berbagai keperluan medis seperti alat suntik, obat-obatan hingga produk infus. Hadirnya perusahaan farmasi asal Jerman di Indonesia ini membuka lapangan pekerjaan dalam jumlah cukup banyak. PT B Braun Medical sering menyediakan lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi.

12. PT Oiltanking Karimun

PT Oiltanking Karimun
Source Image: tanknewsinternational.com

PT Oiltanking adalah perusahaan asal Jerman penyedia layanan logistik terminal tangki untuk produk minyak bumi, gas serta bahan kimia. Berdiri sejak 1972, korporasi ini merupakan anak usaha Marquard & Bahls AG. PT Oiltanking Karimun sendiri berkantor pusat di Hamburg, Jerman.

Perusahaan minyak dari Jerman ini telah hadir di Indonesia pada tahun 2016. PT Oiltanking Karimun memiliki orientasi pelanggan yang kuat serta menyediakan infrastruktur di mana dibuat secara khusus. Selain itu PT Oiltanking Karimun berfokus terhadap layanan aman, efisien hingga andal dalam membangun maupun mengoperasikan fasilitasnya.

13. PT Hensel Electric Indonesia

PT Hensel Electric Indonesia Perusahaan Jerman
Source Image: hensel-electric.de

Hensel Electric adalah perusahaan terkemuka asal Jerman di mana mengkhususkan diri dalam jasa pembuatan instalasi listrik inovatif serta sistem distribusi daya guna peralatan fasilitas gedung. Didirikan di 1931, korporasi tersebut telah mempekerjakan pekerja sebanyak 900 orang, 600 di antaranya berada di Jerman.

Selain itu PT Hensel Electric tidak hanya beroperasi di Jerman saja, tetapi di berbagai negara termasuk Indonesia. Bagi beberapa masyarakat Tanah Air mungkin akan merasa asing bila mendengar nama perusahaan tersebut.

Namun dapat dipastikan bahwa selama beroperasi di Indonesia, PT Hensel Electric selalu memberikan kualitas pelayanan terbaik. Hal itu pun membuatnya memiliki pelanggan setia cukup banyak.

14. BASF

BASF Perusahaan Jerman di Indonesia
Source Image: businesstoday.in

BASF didirikan pada 6 April 1865 di Mannheim, Baden, Jerman, awalnya diberi tanggung jawab untuk membangun pabrik gas serta penerangan jalan untuk dewan. Setelah berdiri secara resmi, perusahaan ini mulai memproduksi bahan kimia di mana dibutuhkan dalam produksi pewarna, termasuk asam maupun soda.

Di 1965 strategi bisnis BASF berubah, menjadi lebih fokus pada segmen pembuatan produk bernilai tinggi seperti obat, pestisida, pupuk hingga pelapis. Kemudian tahun 1976, membuka kantor perwakilan di Indonesia di mana fokus dengan segmen bisnis di bidang bahan kimia.

Sejak saat itulah BASF telah menjadi salah satu perusahaan Jerman di Indonesia dengan perkembangan cukup cepat. 2016 tercatat memiliki karyawan sebanyak 662 orang. BASF berhasil mencapai penjualan sebesar 470 juta Euro di Indonesia.

15. PT Ifm Indonesia

PT Ifm Indonesia
Source Image: voi.id

Daftar perusahaan asal Negara Jerman di Indonesia, yaitu PT Ifm Electronic. Didirikan tahun 1969 di Essen, siap menjadikan visi Indonesia 4.0 menjadi nyata. Ifm Electronic hadir di Tanah Air melalui PT Ifm Electronic Indonesia pada 10 Oktober 2022, tetapi baru meresmikan kantornya di tanggal 3 Agustus 2023 melalui Opening Office Ceremony.

PT Ifm Indonesia sendiri mempunyai tujuan untuk mewujudkan industri manufaktur efisien maupun unggul di masa depan. Oleh karena itu perusahaan tersebut pun berpartisipasi di dalam pameran Manufacturing Indonesia 2023.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan mengenai daftar perusahaan Jerman di Indonesia. Demikianlah ulasan singkat ini, semoga dapat menambah wawasan kalian tentang korporasi dari negara tersebut.


Editor: Ari

Photo of author

Giring Erlangga

Giring Erlangga, lulusan S1 Universitas Gadjah Mada, telah membangun karir sebagai penulis topik pekerjaan dan profesi selama 5 tahun. Dengan keahlian dan dedikasi tinggi, ia menerjemahkan pengalaman dan pengetahuan akademisnya ke dalam tulisan yang inspiratif dan informatif, membantu banyak orang dalam merancang dan mengembangkan karier mereka.

Baca Juga