Berita

15 Perusahaan Pelayaran Terbesar di Indonesia 2024

Indra Bonit

Perusahaan Pelayaran Terbesar di Indonesia
Ilustrasi perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia, Source Image: klikpajak.id

Iberian-Partners.com – Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan PT Pelayaran Indonesia atau PELNI. Selain PT PELNI ternyata masih ada banyak perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia yang bisa kalian ketahui.

Nah di pertemuan kali ini kami akan membagikan informasi lengkap terkait perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia. Perusahaan pelayaran memang banyak bergerak dalam dunia industri transportasi serta logistik, baik pengiriman barang antar pulau maupun antar negara.

Hadirnya perusahaan pelayaran Indonesia juga tentu telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, khususnya terkait pengiriman barang via jalur laut. Sebagai negara maritim, adanya transportasi laut juga sangat memudahkan masyarakat untuk tetap saling terhubung.

Ketahui juga bahwa beberapa perusahaan pelayaran juga terbagi menjadi 2 bagian berdasarkan sifat usahanya. Mengetahui lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa daftar lengkap perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia yang bisa kalian simak baik-baik.

Daftar Perusahaan Pelayaran Terbesar di Indonesia

Seperti kami singgung diatas bahwasanya Indonesia memiliki banyak sekali perusahaan pelayaran terbesar yang bergerak di masing-masing bidangnya. Ya, perusahaan pelayaran di Indonesia memang terbagi menjadi 2 jenis, yakni transportasi berikut juga logistik.

Atau bisa kita sebut juga sebagai pelayaran niaga dan pelayaran bukan niaga. Namun di bawah ini kita akan informasikan terkait perusahaan pelayaran niaga, baik untuk angkutan penumpang maupun barang/logistik. Lebih jelasnya silahkan simak daftarnya berikut ini.

1. PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI)

PT Pelayaran Nasional Indonesia PELNI
Source: www.kabarnusantara.co.id

Perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia pertama adalah PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI). PELNI menjadi salah satu perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia yang menyediakan jasa angkutan laut, baik untuk penumpang dan barang.

PELNI juga memiliki armada kapal yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Bukan hanya itu saja, paket wisata ke berbagai destinasi di Indonesia juga disediakan oleh PT PELNI.

2. PT Samudera Indonesia

PT Samudera Indonesia
Source: insight.samudera.id

Berikutnya ada PT Samudera Indonesia. Shipping Company satu ini menyediakan jasa pengiriman barang maupun jasa angkutan laut, baik di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara.

Samudera Indonesia menyediakan armada kapal yang bisa beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina.

3. PT Meratus Line

PT Meratus Line
Source: mimbarmaritim.com

Tidak berbeda jauh dengan perusahaan sebelumnya, PT Meratus Line juga berfokus pada pengiriman barang serta jasa angkutan laut di Indonesia serta kawasan Asia Tenggara. Ada banyak kapal milik Meratus Line yang beroperasi di beberapa pelabuhan, seperti di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam dan Kamboja.

4. PT Pelayaran Tempuran Emas (TEMAS)

PT Pelayaran Tempuran Emas
Source: optika.id

Perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia selanjutnya ada dari PT Pelayaran Tempuran Emas (TEMAS). Perusahaan ini menyediakan jasa pengiriman barang dan angkutan laut, baik di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara.

Kapal-Kapal milik Tempuran Emas juga banyak beroperasi di beberapa pelabuhan, seperti di Indonesia, Thailand, Vietnam dan Singapura.

5. PT Berlian Laju Tanker

PT Berlian Laju Tanker
Source: www.blt.co.id

PT Berlian Laju Tanker (BLT) merupakan perusahaan pelayaran yang lebih berfokus pada pengiriman minyak dan gas bumi, baik di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara. Berlian Laju Tanker memiliki armada kapal yang beroperasi di pelabuhan Indonesia, Malaysia, Singapura dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

6. PT Jayden Lintas Samudera

PT Jayden Lintas Samudera
Source: jaydenlintassamudera.com

PT Jayden Lintas Samudera adalah salah satu perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta angkutan laut. Perusahaan ini beroperasi di kawasan indonesia maupun kawasan Asia Tenggara.

Beberapa armada kapal PT Jayden Lintas Samudera juga kerap beroperasi di banyak pelabuhan di Indonesia maupun pelabuhan di negara-negara kawasan Asia tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, Thailand maupun Filipina.

7. PT Jasa Armada Indonesia

PT Jasa Armada Indonesia
Source: ipcmarine.co.id

PT Jasa Armada Indonesia juga masuk dalam daftar perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di jasa pengiriman barang serta angkutan laut untuk kawasan Indonesia maupun Asia Tenggara.

Untuk wilayah Indonesia, PT Jasa Armada Indonesia memiliki 11 wilayah operasi, mulai dari Pelabuhan Tanjung Priok, Banten, Cirebon, Panjang (Bandar Lampung), Bengkulu, Teluk Bayur, Pangkal Balam, Tanjung Pandan, Palembang, Jambi serta Pontianak & Terminal Kijing.

Sedangkan untuk kawasan Asia Tenggara, armada Kapal PT Jasa Armada Indonesia juga beroperasi di beberapa pelabuhan, seperti di Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.

8. PT Pelayaran Bahtera Adiguna

PT Pelayaran Bahtera Adiguna
Source: facebook.com/pelayaranbahteraadhiguna

Selanjutnya ada PT Pelayaran Bahtera Adiguna. Perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia ini merupakan anak perusahaan dari PT PLN, yang beroperasi di bidang jasa transportasi laut.

Berdiri sejak tahun 2011 lalu, perusahaan milik BUMN ini memiliki bisnis utama sebagai penyedia transportasi muatan batu bara. Selain itu, PT Pelayaran Bahtera Adiguna juga memiliki fokus lain dengan cakupan jasa keagenan kapal dan bongkar muat kapal.

9. PT Adaro Shipping

PT Adaro Shipping
Source: tambang.co.id

Kemudian ada PT Adaro Shipping. Perusahaan pelayaran ini merupakan anak perusahaan dari Adaro Energy yang menggeluti bidang pertambangan batu bara terbesar di Indonesia. Adaro Shipping juga menyediakan jasa pengiriman batu bara dan produk tambang lain, baik di kawasan Indonesia maupun Asia Tenggara.

10. PT Trans Power Marine Tbk

PT Trans Power Marine Tbk
Source: market.bisnis.com

Perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia selanjutnya ada PT Trans Power Marine Tbk. Perusahaan ini menyediakan jasa angkutan laut untuk barang dan penumpang. Kawasan operasi perusahaan ini juga ada di beberapa wilayah Indonesia maupun di kawasan Asia Tenggara.

11. PT Ocean Global Shipping

PT Ocean Global Shipping
Source: theloadstar.com

Berikutnya ada PT Ocean Global Shipping. Perusahaan pelayaran satu ini merupakan perusahaan hasil kerjasama dengan China Ocean Shipping Grop (COSCO). Perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia satu ini juga bergerak di bidang angkutan laut untuk pengiriman internasional maupun dalam negeri.

12. PT Buana Lintas Tbk

PT Buana Lintas Tbk
Source: madingloker.com

PT Buana Lintas Tbk lebih dikenal sebagai perusahaan Tanker yang melayani klien internasional maupun lokal, dimana sebagian besarnya mencakup perusahaan gas dan minyak bumi.

Perusahaan ini memiliki 4 jenis layanan, mulai dari layanan keagenan kapal, penyewaan kapal, penyedia awak kapal dan manajemen kapal. Fokus utama dari perusahaan ini adalah di bidang pelayaran untuk bahan baku energi di tanah air. PT Buana Lintas Tbk sudah memiliki 21 kapal, dengan 3 diantaranya adalah kapal gas, minyak dan Tanker.

13. PT Bina Mitra Bahari

PT Bina Mitra Bahari
Source: maritime-union.com

Perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia berikutnya adalah PT Bina Mitra Bahari. Perusahaan ini bergerak di bidang penyewaan, perdagangan perantara kargo dan keagenan.

14. PT ASDP Indonesia Ferry

PT ASDP Indonesia Ferry
Source: radarbanyumas.disway.id

Selanjutnya ada PT ASDP Indonesia Ferry. perusahaan ini menggeluti bidang jasa angkutan untuk penyeberangan serta sebagai pengelola pelabuhan untuk penyeberangan penumpang, barang maupun kendaraan. PT ASDP Indonesia Ferry juga memiliki fungsi utama, yakni sebagai akses transportasi antar pulau untuk public yang menyatukan beberapa pulau besar.

Industri pelayaran ini juga menawarkan akses transportasi untuk public menuju wilayah yang belum memiliki akses penyeberangan, dengan tujuan untuk mendukung sistem pembangunan yang cepat.

15. PT Djakarta Lloyd

PT Djakarta Lloyd
Source: www.thejakartapost.com

Dan untuk perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia terakhir adalah PT Djakarta Lloyd. Perusahaan pelayaran milik BUMN ini juga bergerak dalam bidang jasa angkutan kargo kontainer untuk transportasi kapal laut.

Disamping melayani jasa angkutan kargo dalam negeri, PT Djakarta Lloyd juga melayani angkutan internasional. Sekarang PT Djakarta Lloyd telah memiliki 14 kapal untuk melayani angkutan kargo, tidak terkecuali angkutan komoditas nikel dan batu bara.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas terkait perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia, disini dapat kami simpulkan bahwasanya perusahaan-perusahaan tersebut juga terbagi menjadi perusahaan BUMN maupun swasta.

Beberapa perusahaan diatas memang kebanyakan bergerak di bidang yang sama, yakni jasa angkutan laut, baik untuk penumpang maupun barang. Jika kalian berminat untuk menggunakan jasa dari beberapa perusahaan diatas, kalian bisa pilih sesuai kebutuhan.

Disini juga penting untuk diketahui bahwa kalian harus selalu memperhatikan kualitas pelayanan, keamanan dan keselamatan yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia tersebut.


Editor: Ari

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga