Berita

People Development Adalah, Pengertian, Program dan Makalah

Dwiki Lutfianto

People Development Adalah, Pengertian, Program dan Makalah

Iberian-Partners.com – Salah satu kunci sukses Perusahaan adalah memiliki karyawan atau pegawai yang bisa melaksanakan Jobdesk nya secara optimal. Dalam hal ini, para petinggi Perusahaan seringkali menggunakan istilah People Development.

Sebagai seorang HRD, Branch Manager atau sejenisnya mungkin kamu sudah sering mendengar istilah tersebut. Lantas, tahukah apa pengertian dari People Development itu sendiri?

Dalam proses pengembangan karyawan di suatu Perusahaan, People Development adalah strategi yang harus dilakukan. Dengan strategi ini Perusahaan bisa memperoleh banyak keuntungan, salah satunya memiliki karyawan terbaik dan sanggup melakukan tugasnya demi kelangsungan Perusahaan tempat nya bekerja.

Berikut telah kami siapkan pembahasan terkait pengertian People Development lengkap dengan program, Jobdesk hingga makalah. Tanpa perlu berlama-lama lagi, silahkan simak materi selengkapnya berikut ini.

People Development Adalah

People Development Adalah

Seperti kami sebutkan di atas bahwa dibalik kesuksesan sebuah Perusahaan, tentu tidak lepas dari peran para pegawai atau karyawan nya. Ketika para pekerja bisa melakukan tugasnya dengan baik, maka Perusahaan akan menerima dampak positif nya, entah itu penjualan meningkat, target pasar semakin luas hingga tanda tangan perjanjian kerjasama dengan Client.

Sebagai pimpinan suatu Perusahaan, tentunya kamu sudah mempelajari banyak materi tentang Business Acumen, SWOT dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan pastinya demi kesuksesan Perusahaan.

Selain itu, kamu juga perlu memahami tentang apa itu People Development Strategy. Jadi, People Development adalah suatu strategi yang dilakukan untuk meningkatkan skill, pengetahuan hingga potensi karyawan di suatu Perusahaan.

Menurut beberapa sumber, People Development juga bisa diartikan sebagai upaya Perusahaan dalam mencapai suatu target dimana yang terlibat di dalamnya adalah karyawan serta para petinggi Perusahaan.

Kemudian perlu diketahui juga bahwa People Development tidak serta merta diartikan sebagai strategi. Untuk para perwakilan dari Perusahaan dalam menerapkan strategi ini memiliki nama jabatan nya sendiri, yaitu:

  • Admin People Development
  • People Development Specialist
  • People Development Officer
  • Development Karyawan
  • Employee Development

Masing-masing jabatan di atas nantinya akan menerima Jobdesk untuk membimbing karyawan serta memberikan keterampilan, pengetahuan serta sikap yang dibutuhkan Perusahaan.

Sedangkan untuk Perusahaan yang tidak memiliki jabatan di atas, maka tugas ini akan diberikan pada Audit Manajemen, HRD atau pihak Personalia. Jika strategi ini berhasil, maka Perusahaan akan menerima keuntungan, diantaranya performa Perusahaan meningkat hingga menciptakan banyak karyawan kompeten.

Selain itu, dilakukannya strategi pengembangan karyawan juga memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

  • Tujuan Fungsional

Dalam hal ini strategi pengembangan karyawan memiliki tujuan untuk menjaga kemampuan fungsional berdasarkan kebutuhan Perusahaan

  • Tujuan Sosial

Lalu, strategi pelatihan di atas juga memiliki tujuan untuk memicu rasa tanggung jawab setiap karyawan dalam menjalankan tugasnya.

  • Tujuan Organisasi

Setiap karyawan yang telah menerima pelatihan nantinya bisa mewujudkan efektivitas Perusahaan

  • Tujuan Pribadi

Meningkatkan rasa kepedulian karyawan dalam membantu kesuksesan Perusahaan dengan cara bekerja dengan giat, memberikan impact dan lain sebagainya.

Jika sudah berhasil mencapai semua tujuan di atas, nantinya beberapa jabatan lain seperti Research and Development, Business Support Assistant serta lainnya akan bertugas meningkatkan performa Perusahaan.

Program People Development

Program People Development

Sampai disini kamu sudah tahu pengertian dari istilah di atas, selanjutnya kami bakal membagikan informasi tentang program yang dipilih dalam menerapkan strategi tersebut. Jadi, para HRD, Employee Development, People Development Staff atau sejenisnya nantinya bisa menerapkan beberapa program sebagai berikut:

1. Menyusun Konsep

Program pertama adalah menyusun konsep materi, tema dan lain sebagainya yang akan disampaikan pada karyawan. Pastikan konsep pembelajaran benar-benar berkaitan dan sedang dibutuhkan oleh Perusahaan.

2. Pemberian Materi

Program lainnya adalah penyampaian materi akan dilakukan secara Online maupun Offline. Kedua metode penyampaian materi ini sama-sama efektif, tapi jika ingin lebih praktis sekaligus hemat biaya, kamu bisa memberikan materi secara Online melalui Zoom Meeting kemudian mempelajari makalah People Development bersama-sama.

3. Memperhitungkan Biaya

Dalam program ini juga harus tercatat mengenai rincian biaya operasional, konsumsi, pembelian materi atau kebutuhan lainnya. Program ini dilakukan agar Perusahaan bisa mempersiapkan budget untuk pelatihan karyawan.

4. Menjalin Hubungan Baik

Program lainnya adalah membangun Chemistry serta menjalin hubungan baik dengan para karyawan sekaligus memberikan motivasi pada mereka. Program ini dilakukan agar kedepannya proses pembelajaran bisa berjalan lebih efektif, santai serta mudah diserap oleh karyawan.

5. Metode Penyampaian

Program Peer Coaching atau lebih mudahnya adalah metode penyampaian materi juga menjadi program penting terkait pelatihan People Development. Sebagian besar karyawan mungkin lebih nyaman membicarakan soal pekerjaan dengan sesama karyawan lain.

Oleh karena itu, sebagai orang yang ditugaskan oleh Perusahaan untuk memimpin pelatihan tersebut, kamu perlu mencari metode penyampaian yang nyaman tapi tetap efektif.

Jobdesk People Development

Jobdesk People Development

Jika di atas adalah program-program untuk melakukan pelatihan, maka selanjutnya kami akan menjelaskan apa saja tugas atau Jobdesk para pemimpin pelatihan. Jadi, agar strategi ini bisa sukses, nantinya Perusahaan akan memberi beberapa tugas sebagai berikut:

1. Menjelaskan Target Perusahaan

Jobdesk pertama adalah menjelaskan secara detail target Perusahaan sekaligus apa saja yang dibutuhkan Perusahaan untuk mencapai target tersebut. Informasi ini menjadi acuan dalam menerapkan strategi kedepannya.

2. Memberikan Pelatihan

Jobdesk selanjutnya adalah memulai pelatihan berupa memberikan materi, pelatihan skill dan lain sebagainya. Disini proses pelatihan bisa dilakukan secara Online maupun Offline, sesuai program yang telah disepakati.

3. Monitoring

Setelah memberikan materi pembelajaran, selanjutnya People Development Specialist akan melakukan monitoring hasil pembelajaran. Dalam hal ini masing-masing punya cara untuk Monitoring.

4. Membuat Laporan

Terakhir, Perusahaan akan meminta laporan hasil pelatihan pada para pemimpin program. Dengan laporan tersebut, Perusahaan bisa mengetahui hasil dari pelatihan yang telah dilaksanakan sekaligus memilah karyawan atau pegawai yang kompeten.

Makalah People Development PDF

Jadi, People Development adalah suatu strategi untuk pengembangan karyawan. Ketika suatu Perusahaan memiliki karyawan kompeten, jelas mereka bisa memberikan keuntungan bagi Perusahaan.

Di atas juga sudah kami jelaskan macam-macam program hingga tugas seorang People Development. Nah, bagi kamu yang mungkin menerima tugas untuk menjalankan program pelatihan tersebut, silahkan download lalu pelajari makalah People Development berikut ini:

Melalui Makalah di atas, kamu bisa mempelajari terkait materi, program hingga konsep penyampaian materi. Di dalam Makalah tersebut juga dijelaskan secara lebih lengkap mengenai manfaat hingga ruang lingkup strategi pengembangan Pegawai.

Dampak Strategi Pengembangan Pegawai

Sampai disini kami sudah menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian, program hingga Jobdesk People Development. Dengan adanya strategi tersebut, nantinya bisa memberikan dampak positif, baik bagi Pegawai maupun Perusahaan, diantaranya:

Bagi Pegawai

  • Memahami seluk beluk pekerjaan secara lebih detail
  • Memahami performa Perusahaan tempatnya bekerja
  • Memahami target / misi yang ingin dicapai Perusahaan
  • Menghargai pentingnya kerjasama Tim dalam bertugas
  • Mengetahui problem Perusahaan
  • Menjalin hubungan baik antar sesama Pegawai maupun dengan para petinggi Perusahaan
  • Mengetahui sekaligus mematuhi setiap peraturan serta kebijaksanaan Perusahaan
  • Menerapkan perilaku sesuai kebijakan Perusahaan

Bagi Perusahaan

  • Mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan saat ini
  • Menciptakan pegawai kompeten
  • Siap menghadapi tantangan di masa depan
  • Membuat Perusahaan menjadi lebih Fleksibel (tidak kaku)
  • Mempersiapkan jenjang karir untuk pegawai

Kesimpulan

Seperti sudah kami jelaskan di atas bahwa People Development adalah salah satu bentuk strategi pengembangan pegawai di suatu Perusahaan. Di atas juga sudah kami jelaskan secara lengkap apa tujuan dari program tersebut, baik untuk pegawai maupun Perusahaan.

Tugas seorang Development Staff, HRD atau posisi lain yang ditunjuk untuk memimpin pembelajaran ini harus dilakukan dengan baik. Jika tidak, maka strategi ini mungkin bisa memberi dampak bagi Perusahaan serta pegawai.

Photo of author

Dwiki Lutfianto

Dwiki Lutfianto, lulusan S1 STMIK Amikom Purwokerto, telah mengabdikan diri sebagai penulis berita profesi dan pekerjaan di Iberian-Partners.com selama 3 tahun. Keahliannya merangkum perubahan pasar kerja memberikan perspektif berharga bagi pembaca yang ingin mengikuti tren industri terkini.

Baca Juga