Berita

Venture Capital Officer Adalah, Pengertian, Gaji, Tugas, dan Skill

Indra Bonit

Venture Capital Officer Adalah, Pengertian, Gaji, Tugas, dan Skill
Ilustrasi Venture Capital Officer Adalah, Source Image: www.alphajwc.com

Iberian-Partners.com – Dalam bisnis keuangan atau pendanaan, kita mungkin jarang mengenal salah satu profesi ini, yakni Venture Capital Officer. Disini kami akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, tugas dan tanggung jawabnya.

Kita tahu bahwa di Indonesia ada banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan atau pendanaan. Nah, setiap perusahaan tersebut tentunya akan membutuhkan seseorang untuk melakukan tugas sebagai proyeksi keuntungan, verifikasi, serta beberapa lagi lainnya.

Profesi tersebut dikenal dengan nama Venture Capital Officer. Selain memiliki tugas penting sebagai penyalur investor, Venture Capital juga memiliki peran yang berkaitan dengan permodalan pada bisnis startup. Tugas-tugas tersebut nanti akan kami bahas secara lengkap.

Selain itu, ada juga beberapa informasi-informasi penting lain yang nanti bisa kalian simak dan pahami. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi lebih baik langsung saja kita simak informasi lengkap yang telah kami siapkan berikut ini.

Venture Capital Officer Adalah

Venture Capital Officer Adalah

Pada pembahasan pertama kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai pengertian Venture Capital Officer. Sebelum masuk ke penjelasan, kalian wajib mengetahui apa itu Venture Capital.

Venture Capital merupakan sebuah jenis pendanaan yang diberikan kepada para perusahaan/startup oleh investor. Disini pihak investor juga harus jeli dalam memberikan pendanaan kepada pihak startup, agar nantinya prospek keuntungan didapat juga besar atau sebanding.

Nah sedangkan untuk pengertian Venture Capital Officer adalah seseorang yang bertugas untuk memproyeksikan keuntungan dari kepemilikan yang didapat dari startup yang diberikan dana. Selain itu, profesi ini juga bertugas untuk melakukan analisa kelayakan usaha, melakukan due diligence, memonitoring dan penagihan.

Melihat tugas-tugas tersebut, bisa dikatakan profesi ini hampir serupa dengan Marketing Kredit. Karena Venture Capital Officer juga diharuskan untuk mencari atau menjaring banyak calon pasangan usaha atau nasabah potensial.

Tugas dan Tanggung Jawab Venture Capital Officer

Tugas dan Tanggung Jawab Venture Capital Officer

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai pengertian Venture Capital Officer, berikutnya kita masuk ke pembahasan berikutnya mengenai tugas serta tanggung jawabnya. Diatas sudah kami singgung sedikit mengenai tugas, namun untuk lebih lengkapnya simak penjelasan tugas serta tanggung jawab di bawah ini.

1. Mencari Calon Nasabah Potensial

Seperti kami informasikan bahwa Venture Capital Officer memiliki kesamaan dengan Marketing Credit. Jadi, disini seseorang dengan profesi tersebut diharuskan untuk mencari calon nasabah potensial.

Namun, nasabah disini bukanlah perorangan melainkan sebuah perusahaan atau startup potensial.

2. Menganalisa Kelayakan Usaha Calon Nasabah

Kemudian tugas serta tanggung jawab berikutnya adalah melakukan analisa dari kelayakan usaha calon nasabah. Para investor tentunya hanya mau memberikan pendanaan kepada nasabah dengan usaha yang layak serta berpeluang mendapatkan keuntungan besar di masa depan.

Maka dari itu, ketika mendapatkan calon nasabah, Venture Capital Officer juga harus menganalisa lebih dulu usaha calon nasabah. Apakah usaha tersebut berjalan lancar serta berkembang atau tidak. Jika iya, maka pendanaan dapat diberikan oleh para investor.

3. Melakukan Due Diligence

Due Diligence adalah sebuah kegiatan pemeriksaan secara detail yang dilakukan oleh konsultan hukum pada perusahaan untuk mendapatkan fakta material guna mencari informasi kondisi perusahaan tersebut.

Nah disini Venture Capital Officer memiliki peran untuk melakukan hal tersebut. Bukan tanpa alasan tentunya, agar pihak investor bisa mengetahui seluk beluk perusahaan dengan detail serta bisa menjadi bahan pertimbangan apakah perusahaan layak mendapatkan pendanaan atau tidak.

4. Membuat Proposal Investasi

Tugas berikutnya yaitu membuat proposal investasi. Ya, VCO nantinya wajib untuk membuat proposal investasi ketika perjanjian kedua belah pihak, antara calon nasabah dengan investor telah disepakati.

Hal ini dilakukan agar data-data terkait investasi bisa sebagai gambaran untuk kerjasama selanjutnya.

5. Monitoring dan Penagihan

Dalam perjanjian pembiayaan, kita tentu akan selalu dihadapkan dengan dengan yang namanya pembayaran angsuran serta penagihan. Ketika ada beberapa nasabah bermasalah dalam pembayaran angsuran, tentu disini VCO harus melakukan penagihan.

Namun sebelum itu, monitoring menjadi hal utama agar nantinya tidak terjadi sesuatu seperti telat bayar atau bahkan gagal bayar.

Kualifikasi dan Skill Venture Capital Officer

Kualifikasi dan Skill Venture Capital Officer

Lanjut ke pembahasan berikutnya adalah mengenai kualifikasi dan skill yang harus dimiliki oleh Venture Capital Officer. Setiap orang yang memilih untuk menjalani profesi ini, tentunya mereka diharuskan untuk memiliki beberapa keahlian, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki keahlian dalam promosi serta menjaring nasabah
  • Memiliki komunikasi yang baik
  • Memahami laporan keuangan dengan baik
  • Detail serta memiliki database market luas
  • Mampu mengoperasikan Ms. Office maupun lainnya.
  • Kemampuan problem solving yang baik

Keahlian atau skill diatas tentu menjadi hal wajib untuk bisa dikuasai oleh seseorang yang menyandang profesi sebagai Venture Capital Officer. Jika kalian berminat melamar pekerjaan di posisi ini, kalian juga harus mengetahui apa saja kualifikasi dibutuhkan, diantaranya:

  • Pria/wanita
  • Usia minimal 25 tahun sampai maksimal 35 tahun
  • Pendidikan minimal S1 diutamakan jurusan Ekonomi/Akuntansi
  • Berpengalaman minimal 3 tahun di lembaga keuangan/perbankan sebagai marketing kredit
  • Bersedia melakukan perjalanan ke luar kota
  • Mampu bekerja secara individu
  • Mampu bekerja di bawah tekanan

Gaji Venture Capital Officer

Gaji Venture Capital Officer

Selanjutnya kita akan informasikan juga mengena gaji. Ya, gaji menjadi salah satu informasi penting yang kerap dicari oleh banyak orang ketika akan melamar sebuah pekerjaan. Untuk profesi ini, penting diketahui bahwa besaran gaji didapat akan tergantung pada UMR atau daerah tempatnya bekerja.

Secara umum, gaji VCO bisa mendapatkan gaji antara Rp 3-7 juta per bulan. Besaran gaji tersebut juga bisa bertambah dengan adanya pemberian bonus, insentif maupun tunjangan lainnya.

Akan tetapi terkait bonus maupun tunjangan didapat akan berbeda-beda tergantung kebijakan dari perusahaan tempatnya bekerja. Disini kami juga tidak bisa memberikan informasi secara pasti karena keterbatasan informasi akan poin tersebut.

Informasi Loker Venture Capital Officer

Informasi Loker Venture Capital Officer

Jika kalian berminat melamar kerja sebagai VCO, kalian bisa langsung mengunjungi halaman ini. Ada beberapa perusahaan pendanaan yang kerap membuka loker untuk mengisi kekosongan posisi ini. Informasi lengkap dibutuhkan juga tersedia disana.

Informasi seperti gaji, kualifikasi, berkas persyaratan, serta prosedur melamar pekerjaan bisa kalian dapatkan dengan mudah. Kami sendiri juga selalu mengupdate banyak lowongan pekerjaan di hampir semua perusahaan di seluruh Indonesia, baik itu swasta maupun BUMN.

Loker spesifik untuk lulusan pendidikan SMA/SMK, D3, S1 sampai S2 juga tersedia. Bahkan loker khusus magang maupun part time khusus Mahasiswa bisa kalian dapatkan di website kami.

Kesimpulan

Mengenai penjelasan diatas terkait Venture Capital Officer, disini bisa disimpulkan bahwa posisi ini sangatlah berperan penting dalam perusahaan. Disini mereka akan ditugaskan untuk mencari calon nasabah potensial dari perusahaan atau startup.

Selain itu, mereka juga harus melakukan analisa, verifikasi serta kelayakan perusahaan tersebut sebelum bisa diberikan pendanaan oleh para investor. Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Photo of author

Indra Bonit

Indra Bonit, lulusan S2 Universitas Indonesia, telah membangun karir menulis selama 7 tahun, fokus pada topik lowongan kerja dan gaji. Keahliannya menginspirasi banyak pencari kerja, memadukan penelitian mendalam dengan pengalaman nyata.

Baca Juga

Tinggalkan komentar